Skip to main content

Modus yang Terungkap Kembali

Assalamu'alaikum wr. wb.


Sungguh sangat miris melihat dunia kepenulisan yang akhir-akhir ini tengah hingar-bingar dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab, penipuan. Sama halnya yang pernah terjadi di tahun lalu, sekarang hal serupa terulang lagi.



Untuk para penulis pemula, dan pembelajaran buat kita semua. Pintar-pintarlah jadi Penulis. Mengapa saya katakan demikian, karena penulis itu karyanya “Mahal” loh. Jadi, kita ya harus pintar-pintar saat hendak mengirimkan naskah, pintar-pintar ketika ingin mengikuti event. Jangan sampai kita terpengaruh begitu saja, dengan mudahnya mengirimkan naskah yang sudah capek-capek ditulis siang-malam, ke penerbit bahkan ke event yang nggak jelas. Bisa-bisa karya kita di pakai untuk kepentingan pribadi mereka. Kan rugi! Rugi tenaga, rugi waktu dan banyak kerugian lainnya. 

Jika ingin mengikuti event, ya dilihat dulu eventnya itu. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming hadiah, seperti yang terjadi pada beberapa teman yang sudah mengalami. Mereka sudah kirim naskah, ternyata oh ternyata penipuan berkedok event. Lah, wong sebuah karya itu “Mahal” ide. Apalagi kalau eventnya mengharuskan transfer sejumlah uang sebagai tanda jadi. Gimana coba, belum apa-apa sudah transfer uang. Banyak kok majalah-majalah yang mengadakan event, nggak sampai harus mentransfer, seperti: Majalah Femina. Di event majalah femina, naskah penulis yang lolos dibayar mahal loh. Jadi, kenapa nggak coba ikut eventnya yang diadakan setiap tahun. Atau bahkan ke majalah-majalah yang sudah tenar lainnya.

Juga, jika ingin membuat buku atau novel, lebih baik diselidiki dulu deh penerbitnya. Jangan sampai hasil “Capek” hanya dibayar dengan modus. Atau bila perlu jalan-jalanlah ke toko buku, di sana banyak kok buku yang mencantumkan nama dan alamat email penerbit. Namun, tetap harus diselidiki juga. Nah, kalau sudah yakin, baru deh kirim pesan melalui email, mereka menerima naskah yang mau dibukukan apa enggak. 

Namun, meskipun begitu, masih ada sebenarnya penerbit online yang jujur. Karena tidak semua penerbit itu adalah abal-abal. Jadi, berhati-hatilah. Karena seperti kata Bang Napi: “Kejahatan bukan terjadi hanya karena ada niat pelaku, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah!”

Dan foto ini bukan untuk menjatuhkan oknum tertentu, hanya sebagai bukti bahwa penipuan bermodus penerbitan itu memang benar adanya, bukan hanya dongeng belaka. Tetap waspada.

Comments

Popular posts from this blog

Berpenghasilan dari Tulisan Bermakna

http://www.indosiar.com/shows/sayembara-sinema-indonesia-kispembacaaku
     Suka menulis dan ingin punya penghasilan? Inilah saatnya unjuk taring. Setelah FTV pada  beberapa stasiun televisi di Indonesia membuka kesempatan untuk penulis di seluruh Indonesia seperti Trans7, SCTV dan lainnya, maka Indosiar pun membuka kesempatan yang sama.
     Di sepanjang perjalanan hidup, kadang yang kita temui bukan hanya sukanya saja, akan tetapi duka pun hadir menjadi pelengkap. Dan dari sanalah kita belajar untuk menyikapi hidup dengan penuh kesabaran. Dan, Indosiar memberi kesempatan itu kepada penulis agar orang lain dapat memetik hikmah dari apa yang terjadi, dibuat dalam bentuk sinopsis.
     Berbicara soal sinopsis, menurut KBBI Offline Sinopsis merupakan ikhtisar dari sebuah karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu atau kata lain abstraksi atau rringkasan. Jadi, intinya sinopsis itu sebuah karangan sebab akibat yang ditulis ke dal…

Anyang-anyangan Menyerang, Basmi dengan Prive Uri-Cran

Assalamu'alaikum wr. wb.

     Halo pembaca setia, kali ini saya akan membahas mengenai Anyang-anyangan. Sebelum membahas lebih lanjut apa itu anyang-anyangan, penyebab hingga cara mengatasinya, saya punya pertanyaan. Pernahkah Anda mengalami hal ini? Rasa ingin buang air terus menerus, akan tetapi urine yang keluar hanya sedikit. Nah, hal semacam itulah yang disebut dengan Anyang-anyangan.

       Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya, namun volumenya sedikit-sedikit. "Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah dalam penyimpanan air seni di kandung kencing," jelasnya.

       Anyang-anyangan atau bahasa ilmiahnya Cylisis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang pada saluran kemih, dan dapat juga dikatakan sebagai gejala Infeksi Saluran Kemih, dimana a…

Pentingnya Berhati-hati Saat Pergi

Assalamu'alaikum wr. wb

      Hallo pembaca setia, semoga selalu sehat dan lancar rezkinya. Apalagi di bulan yang penuh berkah ini, apalagi kalau bukan bulan Ramadhan. Oh iya, saya mau berbagi informasi dan tips nih buat kalian yang hobi jalan atau mungkin berbelanja. Tapi sebelumnya saya mau sedikit bercerita tentang pengalaman suami saya.
      Sabtu, 27 Mei 2017. Suami saya pergi mengambil barang pesanan ke gudang. Sekitar  jam tujuh berangkat dari rumah dan jam sembilan lebih lima belas tiba di gudang pakaian.  Cukup lama berkeliling mencari pesanan lainnya hingga kemudian dirasa cukup barulah suami saya memutuskan untuk pulang. Saat itu kondisi di sana tidak terlalu ramai, namun menurut penuturan suami saya entah mengapa pengunjung yang tadinya tidak ramai tiba-tiba membuat jalan yang ditempuh terasa sempit.

     Setibanya suami di rumah, saya merasa ada yang aneh dengan tas kecil yang disandangnya. Tampak seperti ada benda yang hendak keluar dari dalam tas itu. Dan benar saj…