Skip to main content

Yang Mesti Dilakukan Saat Menghadapi Detik-detik Sidang



Berita ini saya dapatkan dari salah seorang teman di dunia maya, kemarin siang. Kasihan si korban, tak disangka jika kejadian naas itu menimpanya. Dan, bagai mimpi terburuk di siang bolong. Di mesin segi empat berwarna merah, korban menyimpan data-data penting, tugas skripsi, lenyap. Kebayang nggak sih, karya tulis yang hampir rampung itu hilang? Dan apa jadinya, jika file tersebut belum ditemukan juga, padahal dia akan ujian skripsi bulan ini, sedangkan filenya hanya tersimpan disatu tempat itu saja? Tentunya membuat si penulis skripsi harus mengulang dari awal. Huft …, tak bisa saya bayangkan lelahnya gimana.

Jadi, dari peristiwa di atas dapat saya tarik kesimpulan, bahwa apapun pekerjaan kita yang berhubungan dengan data-data penting, hendaknya membuat salinan di flashdisk khusus, meskipun memiliki laptop pribadi. Nggak perlu flashdisk yang kapasitasnya hingga 36 GB, flashdisk 8 GB saja itu sudah lumayan untuk menampung berbagai data, dan tentunya cari flashdisk yang berkualitas, jangan sampai tergiur dengan harga murah tapi tak menjamin keselamatan data kita.

Demikianlah info dari saya, dan bagi teman-teman yang mendapati  atau mengetahui keberadaan laptop tersebut, dapat menghubungi ke nomor yang sudah tertera pada scan poto akun facebook si korban yang telah saya lampirkan pada tulisan ini.
***

Berikut, ada beberapa tips dari saya agar dapat menghadapi ujian skripsi dengan tenang tanpa harus berdebar begitu hebat, diantaranya:
1.     Jika ada teman yang lebih dulu sidang skripsi, dan memungkinkan para peserta lainnya memasuki wilayah sidang, maka yang harus kita lakukan: siapkan buku khusus dan pena. Catat poin-poin penting yang sering ditanyakan oleh dosen penguji.
2.    Setelah kita mengetahui hal penting yang diujikan, maka baca lagi skripsi kita. Buatlah pertanyaan demi pertanyaan yang hampir serupa pada poin-poin penting tersebut, lalu buatlah jawaban sendiri namun berdasar hasil logis skripsi kita.
3.     Ketika tibalah waktunya kita yang menghadapi ujian skripsi tersebut, malam sebelum sidang keesokan harinya hendaklah tidur lebih awal, dan sebelum tidur jangan lupa minum susu beruang (Bukan Promo). Karena lebih murni tanpa pemanis, membuat tubuh lebih fit.
4.     Pukul empat pagi, sebelum melakukan shalat Subuh, baca kembali isi skripsi dan tulisan yang telah kita pelajari sebelumnya. Membaca atau belajar di pagi hari sangat bagus, karena pada saat itu otak kita masih fresh dalam mencerna apa yang akan kita pelajari.
5.       Usai shalat Subuh, catat di secarik kertas apa saja yang harus dipersiapkan, lalu kemasi ke dalam tas. Mengapa harus dicatat? Karena kapasitas daya ingat setiap orang itu berbeda-beda. Setidaknya dengan mencatat akan mengurangi resiko tertinggalnya barang yang seharusnya dibawa.
6.        Sebelum berangkat, mintalah restu orangtua. Karena doa orangtua sebagai pintu gerbang menuju kesuksesan sang anak.
7.      Tiba di ruang sidang ujian, jangan gugup, rileks dan tentunya memulai dengan berdoa. Jika kita awali kegiatan dengan berdoa, in syaa Allah semuanya akan lancar hingga titik terakhir. Asal yakin, tak ada yang tak mungkin!
8.     Terakhir, setelah usai mengikuti sidang skripsi, ucapkanlah terima kasih kepada dosen penguji, dan dosen pembimbing. Karena bagaimanapun juga mereka telah meluangkan waktu untuk membimbing dan menguji kita.

Selamat mencoba!
 

Comments

  1. masyah. luaar biasa ilmu tanbpenbgetahuannya. sangat bermanfaat untuk saya mbak. apalagi yekarang masuk semester tujuh akan menjalankan yang namanya skripsi. menyusun dengan sempurna hingga nilai yang trrterbaik. tapi kala skripsi sudah menghantui saya masih grgana bagaimana awal mula skripsi rus saya susun dan mulai. skispsimasimasih tabu dan mengawang di ingatan saya, namun dengan sedikit saya membaca punya kaka kelas, hanya sekilas menerawang masih ,masih buyat dipikran saya, harus bagaimana menemui yang berlebelkan skripsi. uuhh menghembus nafas terasa berat yang rus aku susun skriskripsi itu. yakin kata mbak insyaAllah bisa. :)h hang rbirbiAll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbak, semoga sukses skripsinya. Saya dulu juga sempat begitu, tapi kalau diikuti ya bakal gegana mikirinnya. Malah teman satu tim belajar sempat berpantun agar kami sama-sama nggak gegana. "Jalan-jalan ke Kayu Aro, orang wisuda kito wisuda pulo."
      ===
      *Kayu Aro: Nama tempat wisata di Kabupaten Kerinci-Jambi.
      *Arti kata dari Kito dan Pulo: Dalam arti bahasa Indonesia, Kita dan Pula.

      Delete
  2. Sangat bermanfaat...
    Teruslah berkarya dan berbagi...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.

Popular posts from this blog

Berpenghasilan dari Tulisan Bermakna

http://www.indosiar.com/shows/sayembara-sinema-indonesia-kispembacaaku
     Suka menulis dan ingin punya penghasilan? Inilah saatnya unjuk taring. Setelah FTV pada  beberapa stasiun televisi di Indonesia membuka kesempatan untuk penulis di seluruh Indonesia seperti Trans7, SCTV dan lainnya, maka Indosiar pun membuka kesempatan yang sama.
     Di sepanjang perjalanan hidup, kadang yang kita temui bukan hanya sukanya saja, akan tetapi duka pun hadir menjadi pelengkap. Dan dari sanalah kita belajar untuk menyikapi hidup dengan penuh kesabaran. Dan, Indosiar memberi kesempatan itu kepada penulis agar orang lain dapat memetik hikmah dari apa yang terjadi, dibuat dalam bentuk sinopsis.
     Berbicara soal sinopsis, menurut KBBI Offline Sinopsis merupakan ikhtisar dari sebuah karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu atau kata lain abstraksi atau rringkasan. Jadi, intinya sinopsis itu sebuah karangan sebab akibat yang ditulis ke dal…

Anyang-anyangan Menyerang, Basmi dengan Prive Uri-Cran

Assalamu'alaikum wr. wb.

     Halo pembaca setia, kali ini saya akan membahas mengenai Anyang-anyangan. Sebelum membahas lebih lanjut apa itu anyang-anyangan, penyebab hingga cara mengatasinya, saya punya pertanyaan. Pernahkah Anda mengalami hal ini? Rasa ingin buang air terus menerus, akan tetapi urine yang keluar hanya sedikit. Nah, hal semacam itulah yang disebut dengan Anyang-anyangan.

       Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya, namun volumenya sedikit-sedikit. "Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah dalam penyimpanan air seni di kandung kencing," jelasnya.

       Anyang-anyangan atau bahasa ilmiahnya Cylisis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang pada saluran kemih, dan dapat juga dikatakan sebagai gejala Infeksi Saluran Kemih, dimana a…

Pentingnya Berhati-hati Saat Pergi

Assalamu'alaikum wr. wb

      Hallo pembaca setia, semoga selalu sehat dan lancar rezkinya. Apalagi di bulan yang penuh berkah ini, apalagi kalau bukan bulan Ramadhan. Oh iya, saya mau berbagi informasi dan tips nih buat kalian yang hobi jalan atau mungkin berbelanja. Tapi sebelumnya saya mau sedikit bercerita tentang pengalaman suami saya.
      Sabtu, 27 Mei 2017. Suami saya pergi mengambil barang pesanan ke gudang. Sekitar  jam tujuh berangkat dari rumah dan jam sembilan lebih lima belas tiba di gudang pakaian.  Cukup lama berkeliling mencari pesanan lainnya hingga kemudian dirasa cukup barulah suami saya memutuskan untuk pulang. Saat itu kondisi di sana tidak terlalu ramai, namun menurut penuturan suami saya entah mengapa pengunjung yang tadinya tidak ramai tiba-tiba membuat jalan yang ditempuh terasa sempit.

     Setibanya suami di rumah, saya merasa ada yang aneh dengan tas kecil yang disandangnya. Tampak seperti ada benda yang hendak keluar dari dalam tas itu. Dan benar saj…