Skip to main content

3 Sebab Wanita Penghuni Neraka

Assalamu'alaikum wr. wb.

Pernah nggak membaca hadits berikut:
        "Sesungguhnya penduduk surga yang paling sedikit adalah wanita."  (HR. Muslim dan Ahmad)

     Pada hadits lain menyebutkan: "Aku melihat ke dalam surga maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah fuqara' (orang-orang fakir) dan aku melihat ke dalam neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penghuninya adalah wanita." (HR. Bukhari dan Muslim).

      Lalu, pertanyaannya. Mengapa wanita menjadi penghuni surga paling sedikit? Apa sebabnya? Dan, solusi apa yang bisa ditempuh, agar tidak menjadi salah satu wanita penghuni neraka?

       Terkadang, kita (wanita) tanpa disadari melakukan tindakan yang dapat menjerumuskan ke dalam api neraka. Padahal, yang dilakukan hanya perkara sepele. Sebagaimana terdapat pada penggalan hadits di atas, bahwa penghuni neraka terbanyak adalah wanita. Naudzubillahimindzalik.

Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menyeret wanita ke dalam api neraka:
1).  Kufur Terhadap Suami.
     Kufur yang dapat menyeret pada api neraka bukan hanya karena kufur kepada Allah SWT, akan tetapi dapat disebabkan kufur kepada suami. Wanita (istri) kerap mengabaikan persoalan-persoalan sepele dan sederhana kepada suaminya, tidak menjalankan kewajibannya terhadap sang suami dengan baik.
       Suatu ketika Nabi dan para sahabatnya akan melakukan Shalat Gerhana Matahari, tiba-tiba Nabi melihat surga dan neraka. Ketika melihat neraka, tampak penghuninya kebanyakan wanita. Para sahabat pun bertanya, "Mengapa (demikian) wahai Rasulullah?". Rasulullah SAW menjawab, "Karena kekufuran mereka." Lalu sahabat pun bertanya lagi, "Apakah mereka kufur kepada Allah SWT?", Baginda menjawab, "Mereka kufur terhadap suami-suami mereka, kufur terhadap kebaikan-kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka selama waktu yang panjang, kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak dia sukai) niscaya dia akan berkata, "Aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu." (HR. Bukhari).
       Betapa sedikitnya wanita yang mau mensyukuri pemberian dari suaminya, bahkan terkadang sebagian wanita (istri) yang mendorong suaminya untuk melakukan hal yang dilarang Allah karena merasa apa yang telah diberikan oleh suami tidak cukup dan tidak sebanding dengan suami-suami orang lain. Naudzubillah.

2).  Wanita Berpakaian Seronok.
       Di era digital sekarang ini, semakin banyak tersebar gambar-gambar ataupun foto vulgar yang menampakkan aurat, dan kebanyakan pelakunya adalah wanita. Bahkan wanita yang berpakaian akan tetapi pada hakikatnya mereka telanjang. Nabi SAW bersabda, "... dan wanita-wanita yang berpakaian tetapi hakekatnya mereka telanjang, melenggak-lenggokkan kepala mereka karena sombong dan berpaling dari ketaatan kepada Allah dan suaminya, kepala mereka seakan-akan seperti bunggul unta. Mereka tidak masuk surga dan tidak mendapatkan wanginya surga padahal wanginya bisa dirasakan dari jarak perjalanan sekian dan sekian." (HR. Muslim dan Ahmad).
       Sungguh disayangkan, jika hidup di dunia yang sementara ini hanya menyeret diri sendiri ke neraka yang kehidupan lebih panjang dan selamanya.

3).  Wanita Penggibah
          Gibah atau ngomongin orang, hal ini biasanya sering dilakukan oleh kaum wanita. Maka tidak heran jika wanita disebut "suka ngerumpi", sebab kerjaan mereka suka ngumpul membicarakan orang lain. Bahkan tidak sedikit wanita (istri) membuka aib rumah tangganya sendiri, menjelek-jelekkan anak sendiri, hingga membicarakan kekurangan suami pada orang lain.
            Seringnya yang terjadi pada penggibah adalah mereka membicarakan aib orang lain bahkan yang mungkin belum tentu kebenarannya, sehingga menimbulkan fitnah.

       Semoga kita (wanita) tidak termasuk salah satu diantara wanita yang disebutkan di atas, dan dari itu Rasulullah saw mendatangi kaum wanita dan menyampaikan nasehat tentang akhirat, "Bersedekahlah kamu semua. Karena kebanyakan kamu adalah kayu api Jahannam!", maka berdirilah seorang wanita yang duduk di antara wanita-wanita lainnya yang kedua pipinya berubah menjadi kehitaman. Ia bertanya, "Mengapa demikian, wahai Rasulullah?" Baginda menjawab, "Karena kamu banyak mengeluh dan kamu kufur terhadap suami!" (HR. Bukhari).

Baca juga: Tips Agar Menjadi Makhluk yang Lebih Baik
     
     Jadi, jelaslah mengapa wanita diperintahkan untuk memperbanyak bersedekah, semua itu agar wanita dapat menyelamatkan dirinya dari api neraka.


Comments

  1. Semoga perempuan disekitar kita, keluarga, adik, kakak, dan istri terhindar dari api neraka.

    ReplyDelete
  2. sebaik baiknya perhiasan, adalah wanita yang solehah...semoga artikel ini bisa membuat wanita tersadar dan sebagai pengingat untuk kebaikan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.

Popular posts from this blog

Berpenghasilan dari Tulisan Bermakna

http://www.indosiar.com/shows/sayembara-sinema-indonesia-kispembacaaku
     Suka menulis dan ingin punya penghasilan? Inilah saatnya unjuk taring. Setelah FTV pada  beberapa stasiun televisi di Indonesia membuka kesempatan untuk penulis di seluruh Indonesia seperti Trans7, SCTV dan lainnya, maka Indosiar pun membuka kesempatan yang sama.
     Di sepanjang perjalanan hidup, kadang yang kita temui bukan hanya sukanya saja, akan tetapi duka pun hadir menjadi pelengkap. Dan dari sanalah kita belajar untuk menyikapi hidup dengan penuh kesabaran. Dan, Indosiar memberi kesempatan itu kepada penulis agar orang lain dapat memetik hikmah dari apa yang terjadi, dibuat dalam bentuk sinopsis.
     Berbicara soal sinopsis, menurut KBBI Offline Sinopsis merupakan ikhtisar dari sebuah karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu atau kata lain abstraksi atau rringkasan. Jadi, intinya sinopsis itu sebuah karangan sebab akibat yang ditulis ke dal…

Anyang-anyangan Menyerang, Basmi dengan Prive Uri-Cran

Assalamu'alaikum wr. wb.

     Halo pembaca setia, kali ini saya akan membahas mengenai Anyang-anyangan. Sebelum membahas lebih lanjut apa itu anyang-anyangan, penyebab hingga cara mengatasinya, saya punya pertanyaan. Pernahkah Anda mengalami hal ini? Rasa ingin buang air terus menerus, akan tetapi urine yang keluar hanya sedikit. Nah, hal semacam itulah yang disebut dengan Anyang-anyangan.

       Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya, namun volumenya sedikit-sedikit. "Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah dalam penyimpanan air seni di kandung kencing," jelasnya.

       Anyang-anyangan atau bahasa ilmiahnya Cylisis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang pada saluran kemih, dan dapat juga dikatakan sebagai gejala Infeksi Saluran Kemih, dimana a…

Pentingnya Berhati-hati Saat Pergi

Assalamu'alaikum wr. wb

      Hallo pembaca setia, semoga selalu sehat dan lancar rezkinya. Apalagi di bulan yang penuh berkah ini, apalagi kalau bukan bulan Ramadhan. Oh iya, saya mau berbagi informasi dan tips nih buat kalian yang hobi jalan atau mungkin berbelanja. Tapi sebelumnya saya mau sedikit bercerita tentang pengalaman suami saya.
      Sabtu, 27 Mei 2017. Suami saya pergi mengambil barang pesanan ke gudang. Sekitar  jam tujuh berangkat dari rumah dan jam sembilan lebih lima belas tiba di gudang pakaian.  Cukup lama berkeliling mencari pesanan lainnya hingga kemudian dirasa cukup barulah suami saya memutuskan untuk pulang. Saat itu kondisi di sana tidak terlalu ramai, namun menurut penuturan suami saya entah mengapa pengunjung yang tadinya tidak ramai tiba-tiba membuat jalan yang ditempuh terasa sempit.

     Setibanya suami di rumah, saya merasa ada yang aneh dengan tas kecil yang disandangnya. Tampak seperti ada benda yang hendak keluar dari dalam tas itu. Dan benar saj…