Hope: Festival Bumi Rafflesia Mampu Mengguncang Dunia

Image: @mediacenterbkl

Siapapun boleh berharap, karena dengan sebuah harapan 
mampu membangkitkan jiwa-jiwa yang tertidur.

     Kalimat di atas mungkin berlebihan, tapi tak apalah karena sesungguhnya saya manusia yang masih dianugerahi sebuah pengharapan.

     Bicara soal Bumi Raflesia, mungkin sebagian orang tahu, atau mungkin juga tidak tahu sama sekali. Yups! Bumi Rafflesia merupakan julukan untuk salah satu provinsi di Indonesia, yakni Bengkulu. Provinsi Bengkulu beribu kota di Bengkulu. Terletak di bagian Barat Daya Pulau Sumatera.

     Baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 21-23 Juli 2017, Provinsi Bengkulu melaksanakan agenda dari Dinas Pariwisata Bengkulu, yakni rencana mewujudkan event Wonderful Bengkulu/ Visit Bengkulu 2020. Pada acara kali ini, ada empat kegiatan utama yang dilangsungkan, yakni:

Bengkulu Coffee Festival
Gelaran Bengkulu Coffee Festival menjadi tempat berkumpulnya para produsen kopi untuk memamerkan produk andalan hingga pengolahan kopi itu sendiri. Berikut foto sumber @mediacenterbkl


Fun Bike Around the City
Merupakan acara bersepeda santai dengan melintasi objek wisata Kota Bengkulu, dimana peserta diberi kupon yang setelahnya akan diundi)
Image: @mediacenterbkl

Familiarization Trip (FamTrip)
Dimana para peserta diajak untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Bengkulu, melihat konservasi Bunga Bangkai, Bunga Rafflesia Arnoldi, serta mengunjungi museum Bengkulu, Rumah Bung Karno hingga masih banyak lainnya dengan dipandu oleh Alesha Wisata sebagai tour guide.

Image: @mediacenterbkl
Bengkulu Triathon 2017
Pada acara ini para atlet ditantang untuk berenang sejauh 1,5 km dari atas kapal KRI Banda Aceh yang berada di tengah laut menuju tepi pantai Tapak Paderi, kemudian dilanjut dengan mengayuh sepeda sejauh 40 km, menyusuri pusat kota Bengkulu. Next, dilanjut dengan berlari 10 km di sepanjang pantai, Finish di area Spot Center Pantai Panjang.
Image: @mediacenterbkl
     Dan tak lupa pula, pada acara kali ini para Blogger baik Blogger Bengkulu maupun luar kota Bengkulu turut diundang. Masyarakat yang turut serta menyaksikan acara tersebut begitu antusias.
Image: @mediacenterbkl
     Lalu, mengapa pada judul saya buat "Hope: Festival Bumi Rafflesia Mengguncang Dunia?", itu karena saya berharap dengan adanya festival seperti ini, Bengkulu benar-benar semakin dikenal dan dekat di hati kita semua. Sebab, di Bengkululah tersimpan kenangan indah cinta antara presiden Soekarno dan ibu Negara Fatmawati (wanita penjahit Sang Saka Merah Putih). Sebab, sedikit sekali yang tahu sejarahnya.

Tulisan ini untuk menjawab tantangan Blogger Bengkulu dalam #NulisSerempak tentang #FestivalBumiRafflesia
Logo BoBe (Blogger Bengkulu)

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Hope: Festival Bumi Rafflesia Mampu Mengguncang Dunia"

  1. Bunga Raflesianya lagi mekar banget ya indah sekali

    ReplyDelete
  2. wow rame juga ya, enaknya punya komunitas sesama bloger di kota sendiri, bisa berbagi kemangat senang seperti ini. dan memajukan kota sendiri.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak seneng banget. Sehingga kita pun bisa mengenalkan daerah kita ke publik

      Delete
  3. Festival bumi raflesia seru ya Mba.. Oy daku dulu sering juga nemu bunga raflesia di lampung, tp sayang jaman SMP dulu jarang jeprat jepret foto.. skrg mah udh jarang nemuin bunga bangkai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman SMP dulu mbak kan zamannya belum ada hp secanggih sekarang :D. Kalau sudah booming hp canggih dan blog mungkin sudah jeprat jepret buat tulisan :)

      Delete
  4. bener banget, jangan pernah berhenti bermimpi dan berharap, semoga Bengkulu menjadi salah satu ikon wisata nasional di kemudian hari, aamiinnnn

    ReplyDelete
  5. Semoga dengan adanya kegiatan ini dan mengundang banyak blogger-blogger terkenal Bengkulu bisa ccepat dikenal oleh masyarakat luas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Sehingga terkenal ke manca negara ya mbak :)

      Delete
  6. Wahh ternyata euforia Festival Bengkulu Rafflesia sampe juga ya mba Ke Depok, seneng deh walaupun ga tinggal di Bengkulu, masih inget dan cinta ama kampung halaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai dong mbak. Apalagi keluarga masih pada tinggal di Bengkulu, jadi kesempatan nian bisa balik2 ke Bengkulu lagi :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.