Festival Tabot, Festival Tahunan Bengkulu

Tanggal 1 Muharram Tabot mengambil tanah
Dalam gerga boneka tanah terletak
Ratusan doll menggelegar 
Selamo sepuluh hari itu

         Sepenggal syair di atas merupakan lagu khas daerah Bengkulu dalam rangka penyambutan bulan Muharram, yakni dengan menggelar Festival Tabot yang diselenggaran dari tanggal 1 hingga 10 Muharram setiap tahunnya. Disetiap wilayah Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dalam rangka menyambut bulan Muharram tersebut, seperti yang ada di Bengkulu, yakni dengan mengadakan perayaan Festifal Tabot. FestivalTabot dimaknai sebagai simbol perjuangan dan untuk mengenang gugurnya cucu Nabi Muhammad SAW yang bernama Syaid Agung Husein bin Ali bin Abi Thalib.

          Festival Tabot selalu ramai dikunjungi, baik warga dari Bengkulu maupun dari luar daerah. Karena Festival ini hanya diselenggarakan selama 10 hari Muharram dalam setahun. Ada banyak kegiatan yang berlangsung selama 10 hari tesebut, diantaranya:


          Selain itu, berbagai macam lomba juga diselenggarakan
       
          Ketika kecil, saya dan adik selalu diajak Bapak dan Mak nonton Festival Tabot. Namanya juga anak-anak, siapa sih yang tak senang diajak jalan-jalan? Tentunya pada senang :D. Berbagai macam atraksi yang diperlihatkan, dan yang paling membuat saya seru ingin melihat lebih dekat, yakni saat Doll ditabuh. Irama musik yang keluar dari Doll bagi saya memiliki ciri khas tersendiri, dan tak bosan-bosan ingin mendengarnya. Para penabuh Doll begitu kompak dan bersemangat.


          Berbagai macam tarian dan atraksi lainnya juga ada dalam rangka meramaikan Festival Tabut






          Festival ini akan berakhir besok pada tanggal 30 September 2017 (10 Muharram), yang ditandai dengan terbuangnya Tabot. Acara Tabot terbuang akan dimulai pada jam 10.00 WIB. Yang belum sempat nonton Festival Tabot, masih ada hari ini dan esok, dan yang buat di luar kota Bengkulu, catat waktunya ya setiap tanggal 1 hingga 10 Muharram, mana tahu tahun depan bisa nonton bareng temen, ataupun keluarga.


          Bagaimana? Seru bukan acara Festival Tabut Bengkulu? Itulah festival tahunan yang selalu diadakan di kota kelahiran saya. Di daerahmu ada kegiatan apa saja dalam menyambut bulan Muharram?

Sumber Image: @mildaini dan Googleimage

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Festival Tabot, Festival Tahunan Bengkulu"

  1. tampak menarik, festival begini bagus untuk mengenalkan seni budaya.

    ReplyDelete
  2. Baru tau ada festival semacam ini di Bengkulu. BTW, itu Tabot atau Tabut ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau nonton datang aja di tanggal 1 - 10 Muharram tahun depan, karena festival ini setiap tahunnya selalu diadakan. Tabot Om.

      Delete
    2. Jauh, hehehe, nunggu liputannya aja di blog keren ini om, hehehe

      Delete
  3. Wah setahunsekali ya. Smeoga tahun depna bisa ikutan dan liat langsung ah. Aamin :)
    Makasih ya telah berbagi ya mba

    ReplyDelete
  4. wah keren, ya, mbak ada festival tahunannya di Bengkulu. di tempat saya ada juga tapi kayaknya belum terlalu diekspos

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.