Tutorial Sederhana Membuat Blog

         Awalnya saya tidak mengerti sama sekali apa itu blog, bagaimana cara membuat blog dan fungsinya. Namun, karena keingintahuan saya tersebut akhirnya saya mencari informasi pada beberapa link kepenulisan mengenai nge-blog. Seiring berjalannya waktu, saya mulai menikmati aktivitas nge-blog. Pada blog, saya bisa menuangkan semua informasi yang saya peroleh dari beberapa berita terkini seperti grup komunitas dan lain sebagainya. Bagi sebagian orang yang belum mengetahui tentang seluk beluk blog, menganggap bahwa nge-blog hanya membuang-buang waktu, padahal dari nge-blog kita pun bisa mendapatkan penghasilan, baik itu dari sponsor, nge-review dan masih banyak lagi. Jadikan aktivitas menulis sebagai hobi yang sekaligus menjadi profesi. Menulis butuh keuletan dan ketekunan dalam memposting kabar terbaru. Menulis juga berproses yang membutuhkan kesabaran. Yang berminat untuk memulai nge-blog, berikut adalah tutorial membuat blog:
  • Mempunyai alamat Gmail.
Ingat antara Gmail dengan Email itu berbeda, jadi buat alamat Gmail terlebih dulu (Simpan baik-baik alamat Gmail dan password yang akan digunakan).



  • Setelah punya alamat Gmail, lanjut ke tahapan membuat blog sebagai berikut:
1). Login ke akun blog menggunakan alamat gmail yang telah dibuat sebelumnya.


2). Setelah login, akan tampak dua pilihan yang bisa digunakan sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini (Profile Google+ dan Profil Blogger) dan keterangan dari masing-masing gambar tersebut terdapat pada bagian atas gambar. Maka klik buat profil google+

3). Klik lanjutkan.

Setelah itu akan tampak seperti gambar berikut


4). Karena ini merupakan blog baru, maka akan tampak seperti gambar berikut.

          Jika saat kita menuliskan alamat url seperti tampak pada gambar di atas terjadi kesalahan/ timbul tanda seru, itu berarti alamat tersebut tidak dapat dipakai dan itu berarti kita harus mencari alamat yang baru hingga menimbulkan tanda centang yang menunjukkan alamat tersebut dapat dipakai oleh si pemilik blog.

Baca juga Cara Menanam Link Pada Blog.

5). Cari alamat url lain, hingga terdapat tanda centang seperti gambar berikut (Menunjukkan bahwa alamat tersebut dapat dipakai)

6). Setelah berhasil dan timbul keterangan seperti gambar berikut (Abaikan saja), karena itu mengarahkan kita pada proses pembelian domain. Namun, jika ada yang ingin blognya berdomain, saran saya bisa beli di Dewaweb atau di Idcloudhost, sebab anggaran tidak lebih dari Rp. 150K (Untuk sekarang ini). Apalagi pada hari/ waktu-waktu tertentu, ada discound.


7). Selanjutnya, tinggal membuat tulisan pada blog kita.



          Setelah nulis, jangan lupa klik Publikasi agar apa yang kita tulis dapat dibaca oleh orang lain.

Sekian tutorial membuat blog, semoga bermanfaat dan mudah mengikuti langkah-langkahnya. Saya menerima kritik dan saran jika pada apa yang saya tulis terdapat kesalahan. 



Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Tutorial Sederhana Membuat Blog"

  1. Mantap nih. Jadi biar ngerasain ngeblog itu seperti apa. Apalagi sudah disediakan tutorialnya disini, tinggal dipraktekin aja dan rasakan manfaat positifnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Silakan dishare agar yang lain juga tahu cara membuat blog. Terima kasih

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.