Weekend dengan Merayakan Hari Ayam dan Telur Nasional

Monday, October 16, 2017
          Beberapa hari sebelumnya saya mendapat undangan dari mbak Vira Elyansyah selaku panitia untuk menghadiri acara Hari Ayam dan Telur Nasional di Aula Institute Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) cilandak - Jakarta Selatan pada tanggal 15 Oktober 2017, karena karya tulis saya yang berjudul "Khasiat Ayam dan Telur yang Belum Banyak Diketahui" termasuk kategori 30 submission pertama pada lomba blog. Senang, itu yang saya rasakan. Maka, mulailah saya dan suami menyusun rencana untuk dapat menghadiri undangan tersebut, karena pada hari itu juga akan ada pengumuman pemenang lomba nulis blog.

          Sedikit terlambat dari jadwal kami datang ke acara tersebut, sebab suami saya harus isi absen terlebih dulu di tempat ia bekerja, karena siang ia sudah harus siap masuk kerja. Untunglah sebelumnya suami melihat MAPS, sehingga jalan pintas ke lokasi didapatkan. Sesampai di lokasi acara, tepatnya di dalam gedung Aula, mayoritas ibu-ibu telah memenuhi tempat untuk melakukan kegiatan senam jantung sehat. Dan, saya pun ikut masuk dalam barisan :D.





          Di sebelah kiri tempat kami senam, saya melihat anak-anak sangat serius mewarnai secarik kertas bergambar seekor ayam dan telur, ternyata itu lomba mewarnai. Usai senam, barulah kami menuju kursi untuk mendengarkan penjelasan mengenai pentingnya konsumsi daging ayam dan telur. Ketua Panitia Pusat Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) 2017, yakni Bapak Ricky Bangsaratoe, SH menyatakan bahwa ini untuk pertama kalinya HATN mengadakan kompetisi blog. Beliau pun tidak menyangka jika peserta yang mengikuti lomba mencapai 123 orang dengan jumlah artikel yang masuk mencapai 139 artikel.


           Usai mendengar kata sambutan dari Bapak Ricky Bangsaratoe, SH selanjutnya penjelasan mengenai manfaat dari mengkonsumsi ayam dan telur yang disampaikan oleh Bapak Drh. Rakhmat Nuriyanto, selain itu beliau juga memaparkan mengenai ada empat pola hidup sehat atau disingkat dengan 4P, yakni: 
  1. Pola Pikir
  2. Pola Tidur/ Istirahat.
  3. Pola Makan, dan
  4. Pola Gerak Fisik/ Olahraga.

          Selain itu, beliau (Bapak Drh. Rakhmat Nuriyanto) juga memberi penjelasan mengenai dampak akibat dari kurangnya asupan protein hewani, diantaranya:
  1. Menghambat Pertumbuhan.
  2. Menghambat Kecerdasan.
  3. Produktivitas Berkurang, dan
  4. Lebih Mudah Sakit.
          Mengenai konsumsi daging ayam dan telur, sebagian masyarakat berpendapat mengenai bahwa mengkonsumsi telur dapat menyebabkan bisul, alergi serta kolesterol. Kandungan kolesterol tinggi dalam telur membuat banyak orang menghindarinya. Namun, ketakutan itu sebenarnya sangat berlebihan. Padahal, faktanya: Telur merupakan sumber protein hewani termurah. Selain itu, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh kita.

          Sebelum mengakhiri untuk masuk pada sesi pengumuman pemenang lomba, Bapak Drh. Rakhmat Nuriyanto mengajak kami semua yang hadir untuk menyanyikan lagu "Ayam dan Telur", dimana lagu tersebut merupakan karya dari Dr. Drh. Soehadji (alm). Menurut cerita yang saya dapat dari beliau, lagu ini sempat hilanbertahun-tahun dan baru ketemu copy-nya di kantor Pinsar Indonesia pada tahun 2016. Lagu yang dikarang pada tahun 1990an dengan aransemen oleh musisi terkenal Is Haryanto ini, dimaksudkan agar nasyarakat lebih banyak mengkonsumsi daging ayam dan telur, sehingga badan menjadi sehat kuat, pikiran penuh energi.


Ayam dan Telur

Karya Dr. Drh. Soehadji

Lor telor telor telor
Telor kampung atau ayam negeri 
Reng goreng goreng goreng
didadar atau di "mata sapi"
Nak enak enak enak, untuk makan setiap hari
Membuat badan sehat kuat, pikiran penuh energi

Yam ayam ayam ayam
Ayam kampung apa ayam negeri
Reng goreng goreng goreng, disayur juga enak sekali
Nyam nyam nyam nyam nyam, nyaman kalau setiap hari
Nak enak enak enak enak, daging ayam penuh gizi

Kotek kotek kotek 2x  anak ayam berkotek
Kuku kuku ruyuk 2x suara ayam jantanku
Petok petok petok, suara induk ayam, tak mau ketinggalan
Itulah semua kemurahan Tuhan, nikmat untuk manusia

          Usai bersuka ria dengan menyanyikan lagu "Ayam dan Telur" yang diiringi dengan irama musik, berikutnya sesi tanya jawab. Seluruh peserta yang hadir sangat antusias mengajukan pertanyaan bahkan saat sesi menjawab pertanyaan dari Bapak Drh. Rakhmat Nuriyanto, termasuk saya, hehehe .... Alhamdulillah dapat dorprize dari mengajukan pertanyaan, saya kira saat sesi menjawab yang bakalan dapat dorprizenya. Terima kasih panitia.

          Nah, usai sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang kompetisi blog, dimana diumumkan oleh Bapak Bambang Suharno, selaku perwakilan dewan juri. Dimana nama dan alamat blog pemenang diantaranya:
  • Juara 1 oleh Anissa Muthia Saptadji, http://anissams.id/ayam-telur--menu-keluarga/
  • Juara 2 oleh Bapak Abdul Kholis, https://giya-menulis.blogspot.co.id/2017/09/ayam-goreng-dan-telur-bumbu-pedas17.html#more

  • Juara 3 oleh Elva Susanti, http://www.mbakelva.com/khasiat-ayam-dan-telur-yang-belum-banyak-diketahui/

Lalu berfoto bersama dengan para juri dan panitia.



          Alhamdulillah karya saya menjadi pemenang ke-3. Acara kompetisi blog juga didukung oleh Ceva Animal Health Indonesia dan Trow Nutrition Indonesia. Usai pengumuman kompetisi blog, kemudian pengumuman peserta yang saat mengikuti senam jantung sehat tidak melakukan kesalahan dalam gerakan, dan terakhir pengumuman pemenang lomba mewarnai oleh anak-anak.


          Oh iya, pada akhir acara tersebut, bagi peserta yang mendapat kupon cek kesehatan gratis bisa langsung cek kesehatan pada stand yang telah tersedia. Asik ya, ada cek kesehatannya juga.


          Harapan saya, semoga dengan adanya acara ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya mengkonsumsi daging ayam dan telur yang dapat menyehatkan dan mencerdaskan. Kalau saya sudah sedia daging ayam dan telur untuk dikonsumsi, kalau kamu??


Sumber Image: FP Ceva Animal Health Indonesia dan dokumen pribadi.
Video: Dokumen Pribadi. 
6 comments on "Weekend dengan Merayakan Hari Ayam dan Telur Nasional"
  1. lirik lagu telur dan ayamnya lucu ya, bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, serunya nyanyinya itu, iringan musiknya juga keren

      Delete
  2. Di rumah aku telur adalah menu favorit, Mbak. Enggak pernah dibosenin, enggak pernah ditolak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telur memang menjadi favorit ya mbak, di keluarga saya jg

      Delete
  3. wooohh ada Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) 2017, baru tahu saya. seru juga ya acaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru apalagi pas acara tanyajawab,

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.

Auto Post Signature