Wisata Instagrammable di Kota Tua Jakarta

Friday, December 22, 2017
Kota Tua Jakarta. Image: dolandolen.com

Seperti halnya New York City di Amerika yang terkenal sebagai kota yang tak pernah tidur, Jakarta pun menjadi kota metropolitan yang memiliki ikon wisata yang menarik untuk dijelajahi, terlebih saat malam hari. Suasana malam tidak harus selalu identik dengan riuh-rendah pesta atau deretan kuliner malam yang menggiurkan. Ternyata, Anda juga bisa berwisata malam sambil mengenal sejarah dengan mengunjungi Kota Tua Jakarta.

Kota Tua, Ikon Sejarah Kota Jakarta
Kota Tua yang dalam bahasa Belanda dikenal dengan nama Oud Batavia, adalah kawasan wisata sejarah di Jakarta yang sangat sering dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Di zaman penjajahan Belanda, kawasan ini merupakan pusat pemerintahan Hindia-Belanda serta dimanfaatkan sebagai pusat perdagangan di benua Asia. Kota Tua menjadi ikon sejarah Jakarta sejak diresmikan sebagai situs warisan sejarah oleh Gubernur Ali Sadikin pada tahun 1972.

Destinasi Wisata di Kawasan Kota Tua
Museum Fatahillah adalah salah satu museum yang terdapat di Kota Tua dan menjadi daya tarik utama di kawasan wisata ini. Museum lainnya yang berada di kawasan ini adalah Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Indonesia, dan Museum Bahari.

Di samping itu, terdapat sejumlah situs peninggalan kolonial lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, seperti Stasiun Kota Jakarta, Jembatan Kota Intan, dan Meriam Si Jagur yang berada di depan Museum Fatahillah. Anda dapat pula merasakan suasana Jakarta tempo doeloe dengan berkunjung ke Cafe Batavia atau berjalan-jalan di sekitar Gereja Sion, gereja tertua yang sudah ada sejak abad ke-17. Dengan suasana yang klasik, Anda bisa berfoto-foto keren untuk update status di Instagram Anda.

Meriam si  Jagur Kota Tua


Jakarta Night Trail
Image: renjanatuju.wordpress.com

Beberapa komunitas pencinta sejarah di Jakarta mengusung kegiatan wisata jelajah malam bertajuk “Jakarta Night Trail” yang diadakan secara berkala. Anda pun bisa ikut bergabung dalam kegiatan ini. Sesuai namanya, Jakarta Night Trail akan mengajak Anda untuk menjelajahi kawasan Kota Tua di malam hari.

Rute perjalanan Jakarta Night Trail dimulai di depan Alun-alun Fatahillah. Selanjutnya, Anda bisa memilih rute untuk dilalui dengan berjalan kaki atau bersepeda. Jika memilih untuk berjalan kaki, Anda akan diajak menyusuri Taman Fatahillah, Jembatan Kota Intan, Stasiun Kota Tua, dan Gedung Cipta Niaga. Rute perjalanan bagi yang bersepeda akan dilanjutkan hingga Pelabuhan Sunda Kelapa, Menara Syahbandar, dan Museum Bahari atau Pasar Ikan.

Transportasi dan Penginapan
Kawasan Kota Tua yang meliputi wilayah Kelurahan Taman Sari, Pinangsia, Roa Malaka, dan Tambora di Jakarta Utara dan Jakarta Barat ini sangat mudah dijangkau dari berbagai titik di kota Jakarta. Untuk bisa sampai di kawasan wisata, ada banyak pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan, mulai dari angkutan kota, mikrolet, kopaja, metromini, Transjakarta, ataupun kereta komuter.

Sementara untuk penginapan, sejumlah hotel dapat dengan mudah Anda temukan di sekitar lokasi wisata. Bagi Anda yang mencari hotel di Jakarta dengan harga terjangkau dan memiliki fasilitas lengkap, Airy Rooms bisa menjadi pilihan utama. Airy Rooms merupakan jaringan hotel bujet dan guest house terbesar di Indonesia yang properti hotelnya sudah tersebar di berbagai kota sehingga mudah ditemukan.

Airy Rooms menawarkan kemudahan dalam pemesanan dan pembayaran kamar hotel yang tersedia. Anda bisa memesan melalui aplikasi atau situs resminya, kemudian membayar reservasi via transfer, kartu kredit, atau di gerai Indomaret. Setelah proses selesai, Anda bisa langsung menempati kamar hotel yang sudah dilengkapi dengan tempat tidur nyaman, pendingin ruangan, TV layar datar, serta air minum dan layanan WiFi gratis.
8 comments on "Wisata Instagrammable di Kota Tua Jakarta"
  1. sudah lama sekali saya tidak mampir ke kota tua
    sejak kantor di pindah ke tangerang.
    liburan ini mungkin pengen main kesana
    katanya sekarang sudah enak dan nyaman

    ReplyDelete
  2. Pingin nyobain Jakarta Night Trail nya.

    ReplyDelete
  3. entar kalau kejakarta mau nyoba jalan2 ke sini ahh...siapatau bisa dapat foto2 kece

    ReplyDelete
  4. Minggu lalu (18/12) baru dari sana saya hehe. Sekarang kota tua memang lebih kece sih jadi lumayan instagramable. Dari sore sampai malam tetap ramai pengunjung. Tinggal isi museum fatahilah aja sih yang menurut saya perlu diupdate koleksinya.

    ReplyDelete
  5. Pengen banget mengulang mengeksplore kawasan Kota Tua dan sekitarnya, terus nyobain nginep di Airy Rooms bareng keluarga kecil, hehehe.... Jadi ngiler setelah baca postingan ini...

    ReplyDelete
  6. Kota Tua memang mempesona, setiap sisinya selalu ada cerita yang bisa dibagikan

    ReplyDelete
  7. Waduh... Pengen banget bisa ke tempat yang tersohor ini. Semoga nanti ada kesempatan

    ReplyDelete
  8. Kota tua emang selalu menjadi alternatif liburan seru, murah meriah dan instagramable juga ya mba hehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.

Auto Post Signature