Kisah Ibu Muda dengan Kain Kassa Bermalam di Tubuh

Thursday, January 18, 2018

Hari ini saya dikejutkan oleh pemberitaan salah satu teman dumay alias dunia maya, bernama Nafilah. Mbak Nafilah ini berdomisili di Segeram Kidul Indramayu. Hal ini sengaja saya abadikan di blog, untuk menjadi pelajaran buat saya pribadi serta calon ibu muda lainnya. Meskipun mungkin hal ini sudah pernah terjadi pada pasien-pasien lainnya. 

Jadi ceritanya begini, Mbak Nafilah lahiran anak pertama ke bidan terdekat pada tanggal 21 September 2017 lalu. Next, pasca lahiran hingga anaknya gede Mbak Nafilah merasa ada yang tidak beres pada tubuhnya, setiap datang bulan haidnya tidak lancar, daerah V mengeluarkan bau yang tak sedap dan yang lebih membuat dia curiga dari daerah miss V mengeluarkan warna kecoklatan (seperti mau suci saat haid) namun keluar terus menerus hampir selama empat bulan. Di dalam perut dia juga merasakan ngilu seperti ditusuk jarum. Karena merasa ada yang tidak beres pada dirinya, akhirnya Mbak Nafilah mencoba berobat.

Mbak Nafilah belum ngeh pada kondisi tubuhnya saat itu, ia mengira sakitnya hanya sakit biasa. Namun, setelah berobat herbal dan tak berapa lama dari usaha pengobatan yang dilakukan tersebut tepatnya kemarin (17 Januari 2018) sesuatu yang mengejutkan keluar dari daerah miss V, yakni kain kasa. Astagfirullah!



Dari beberapa komentar yang disampaikan oleh ibu muda lainnya yang juga pernah mengalami hal serupa, yakni kain kassa berada di dalam tubuh, tepatnya dekat miss V. Namun, kemungkinan karena kassa pada Mbak Nafilah ini terlalu dalam dimasukin dan tidak adanya konfirmasi dari bidannya mengenai kain kassa yang dimasukan itu, sehingga hal tersebut tak diketahui oleh Mbak Nafilah dan berdampak tidak sehat pada tubuhnya.


Beberapa kesaksian yang dilontarkan beberapa ibu-ibu yang pernah mengalami hal serupa tapi tak sampai berakibat fatal/ lama:
1.  Urfi Urfiyah Qomar
“Saya pernah ngalami, untungnya hanya satu bulan. Soalnya, Kassanya alhamdulillah keluar sendiri. Satu bulan aja rasanya sudah tak karuan, apalagi kalau sampai berbulan-bulan lamanya seperti yang Mbak Nafilah alami. Ini terjadi karena waktu pasca lahiran jahitannya robek, sehingga harus dijahit ulang”.
2.  Dahlia Lionk.
“Saudara saya ada yang mengalami hal ini, pasca melahirkan tak lama kemudian saudara saya mengalami perut yang amat sakit, duduk sakit, hingga orang yang berada di sekitarnya mencium bau busuk dari tubuh saudara saya. Saat diperiksa, ternyata sumpelan kassa belum dibuang. Dan, ketika ditelusuri ternyata bidannya lupa membuat/ mencopot kain kassanya”.
3.  Ninot Dieliea.
“Aku waktu lahiran anak kedua juga ngalamin seperti itu karena bayinya gede 4 kg, tapi setelah 4 hari kassa itu keluar lagi. Mungkin kamu dimasukin kassanya terlalu dalam”.

Menurut keterangan beberapa ibu yang pernah mengalami yang namanya lahiran, bahwa bidan memang kasih kassa namun setelah satu jam kassa tersebut dicabut kembali. Nah, Mbak Nafilah ini tidak ada pemberitahuan sama sekali dari bu bidannya. “Lah wong saya ndak tahu apa-apa, ndak diberi tahu apa-apa dan masih awam soal iki”.

Sebagai tim medis harusnya memberitahu bahkan izin dong pada pasiennya jika ada sesuatu yang dimasukan ke dalam tubuhnya dan benda tersebut harus keluar hingga berapa lamanya, sebab tidak semua pasien yang tahu hal ini, seperti saya yang tahu tentang ini pun saat membaca curhatan salah seorang teman di media sosial. Kalau gak, ya saya pun tak tahulah.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat kita khususnya para ibu-ibu untuk selalu berhati-hati.


8 comments on "Kisah Ibu Muda dengan Kain Kassa Bermalam di Tubuh"
  1. Ah lagi lagi dan lagi kejadian seperti ini terjadi, tapi salut, baik buat yang ngalamin kejadiannya atau mbak yang nulis ini, biasanya kalo kejadian seperti ini main langsung lapor malpraktik...

    Saya seorang tenakes, tepatnya perawat. Dan sebagai seorang tenakes saya sangat menyayangkan hal tersebut terjadi.

    Mudah mudahan hal ini menjadi pembelajaran ya mabk, baik untuk kami tenakes juga untuk warga masyarakat, biar saling mengingatkan satu sama lain.

    Nice sharing mbak ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Semoga kejadian ini bisa jadi pelajaran buat kita semua dan menjadi tambahan ilmu utk saya yang memang masih awam tentang ini

      Delete
  2. Masyaallah ngeri banget ya...
    Udah berjuAng mati2an ngelahirin eh harus menambah sakit lagi karena bidan lupa ngeluarin kain kasa. Bener2 deh kok bisa gitu ya seteledor gitu..bahaya loh..ngelus dada saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dijadiin pelajaran aja buat kita agar lebih tahu dan berhati-hati.

      Delete
  3. Waaduuh.. Kok serem y bisa ada kassa disitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, moga jadi pelajaran buat kita agar lebih hati2

      Delete
  4. Ngeri, buat pelajaran deh
    Thanks for sharing mba :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.

Auto Post Signature