Tips Membuat Roti Sehat untuk Keluarga

Wednesday, February 14, 2018
Membuat roti sehat untuk keluarga. Hmmm, bikin roti? Pasti udah kebayang repotnya gimana. Mulai dari menyiapkan loyang, nge-mixer, menguleni bahan hingga kalis, sampai ke proses pemanggangan. "Udah ah, mending beli aja!" Begitulah sebuah jalan keluar yang ditempuh saat ingin menikmati roti tapi nggak mau ribet dan repot di dapur.

Dok. Pribadi

Oiya, teman-teman pasti suka dong makan roti? Sebagaimana hasil survei secara online yang saya lakukan ke beberapa teman komunitas, diantaranya ada yang lebih memilih membeli ketimbang membuat roti sendiri, dan tentu saja dengan alasan yang beranekaragam, yakni:
1. Kalau beli lebih praktis dan ekonomis.
2. Nggak bisa bikin roti.
3. Pernah bikin roti tapi ternyata lamanya minta ampun, akhirnya beli saja karena lebih praktis.

Roti merupakan makanan sementara yang dapat dikategorikan sebagai pengganti nasi, kalau di keluarga saya biasanya disebut sebagai pengganjal perut ketika tidak sempat mengkonsumsi nasi. Namun, apa jadinya jika roti yang kita atau mungkin keluarga kita konsumsi tersebut mengandung bahan berbahaya? Duh, nggak kebayang sudah berapa juta kuman sumber penyakit yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang tidak sehat.

Roti seperti apa yang dikatakan sehat untuk dikonsumsi?
Jadi, untuk masalah roti saya rasa nggak akan menimbulkan masalah jika memperhatikan hal penting seperti bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti. Agar saya dan keluarga dapat menikmati roti yang sehat, tentu saja saya harus mengolah sendiri. Dan berikut tips sebelum membuat roti sehat ala saya, caelah ... lagaknya :D

1. Gunakan peralatan yang bersih dan kering.
Ada baiknya gunakan peralatan yang sudah dibersihkan sebelumnya, ini tujuannya agar kotoran/ debu yang menempel pada pada alat untuk memasak tidak ikut tercampur adonan roti. Dan gunakan alat yang kering, tujuannya agar roti yang akan diolah tidak bantet.

2. Gunakan bahan-bahan pembuat roti yang masih bagus.
Terkadang ada loh sebagian bu ibu yang beli bahan yang murah namun ternyata expired-nya sebentar lagi (pengalaman jangan terulang :D). Nah, ada baiknya gunakan bahan yang masa expired-nya masih lama.

3. Cuci tangan dan berdoa sebelum memulai.
Agar hasil roti sehat untuk dimakan, ada baiknya mencuci tangan terlebih dulu, dan jangan lupa berdoa agar saat proses pembuatan roti tidak terjadi hal buruk apapun.

"Tapi kan, bikin roti ribet. Butuh waktu berjam-jam!"  ooh ..., itu dulu. Di jaman now, ngapain masih berjam-jam di dapur hanya ingin bikin roti, ada kok alat canggih nan modern untuk membuat roti.

"Pasti alatnya sama aja seperti alat pembuat roti kebanyakan. Cuma bisa manggang doang!"

Nah, kalau gitu kenalan dulu sama alat yang satu ini, sebab tak kenal maka tak tahu, alat itu bernama Re-Bread Gold Bread Maker, yakni mesin pembuat roti. 


Re-Bread Gold Bread Maker

Mesin Re-Bread ini merupakan salah satu produk yang diluncurkan oleh PT. Readboy Indonesia, yang juga telah meluncurkan produk lainnya seperti Re-Noodle (mesin pembuat mie) bahkan Re-Rice Live Rice Maker (mesin penggiling beras) yang baru-baru  ini diluncurkan.

Sebenarnya sejarah di balik peluncuran mesin Re-Bread ini berawal dari kisah nyata yang dialami oleh Bu Jenny Widjaja selaku CEO PT. Readboy Indonesia. Dimana Bu Jenny Widjaja mendapati roti anaknya di dalam laci yang tersimpan selama tiga minggu masih awet.

Dok. Pribadi


Tepatnya jumat tanggal 2 Februari 2018 lalu saya beserta teman blogger lainnya menghadiri undangan dari PT. Readboy Indonesia dalam acara Cooking Show/ Cooking Class. Dimana acaranya menghadirkan dua orang chef, yakni chef Andrian dan Chef Dwi, dan turut dihadiri oleh Bu Jenny Widjaja selaku CEO PT. Readboy Indonesia.

Setelah memperkenalkan diri, chef Andrian dan Chef Dwi langsung mendemonstrasikan cara membuat roti menggunakan Re-Bread (mesin pembuat roti), mulai dari tahapan memasukan bahan dengan cara berurutan, baru kemudian bahan diolah hingga proses pemanggangan masih hanya dengan menggunakan satu mesin yaitu Re-Bread.

Dok. Pribadi

Sebenarnya sudah lama saya jatuh hati sama mesin pembuat roti ini saat melihat tayangan di televisi tahun lalu, namun belum kesampaian membelinya. Akan tetapi, saya masih punya keinginan untuk dapat memiliki mesin canggih Re-Bread ini, lumayan bisa membuat roti yang sehat di rumah untuk keluarga, apalagi mesin Re-Bread ini punya banyak keunggulan, beberapa diantaranya:

  1. Re-Bread Gold Design terbaru berteknologi Eco Back, Self Timer, dan hemat listrik.
  2. Memiliki self timer yang dapat diatur waktu kematangannya.
  3. Dalam 1 alat berfungsi untuk mengadon, fermentasi hingga memanggang.
  4. Di desain dengan material terbaik plastik Food Grade dan anti panas. 
  5. Terdapat 22 tombol menu pilihan, yakni: nomor 1-9 tombol variasi roti sesuai resep, nomor 10 tombol untuk memasak roti, dan nomor 11-22 tombol variasi penggunaan alat. Dan, masih banyak keunggulan lainnya.

Duuh ... jadi makin jatuh hati nih sama Re-Bread, soalnya saat saya melihat proses membuat roti yang didemokan oleh Chef Andrian dan Chef Dwi sangatlah mudah dan praktis, sebab buat roti dengan satu jari. 

"Masa sih bikin roti hanya dengan satu jari?" Kalau masih belum percaya, bisa datang langsung ke PT. Readboy Indonesia, saya yakin setelah melihat sendiri mesin itu akan jadi jatuh cinta 😍


Hanya dengan 3 langkah mudah (Dok. Pribadi)

Oiya, Re-Bread ini selain bikin roti yang sehat, juga bisa bikin selai, bubur, bahkan Macaroni Schotel loh. Matengnya juga rata.

Macaroni Schotel (Dok. Pribadi)

"Waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk bikin roti lebih murah dari bikin nasi dengan mesin Re- Bread ini" ujar Bu Jenny Widjaja.

Dok. Pribadi

Harga Re-Bread
Harga mesin Re-Bread ini Rp. 2.480.000 (Retail Price), dan selama promo harga hanya Rp. 1.980.000.
"Duh, harganya mahal!" Oh, tentu tidak, sebab menurut saya harganya sudah sepadan dengan kualitas, apalagi ada banyak keunggulan dan bonus yang didapat selain bonus utama yaitu Sehat.
Mau sehat? Mulailah dari menu makanan yang akan kita makan.

Buat teman-teman yang masih penasaran atau mungkin ingin melihat langsung (kali aja minat buat beli) bisa datang langsung ke PT. Readboy Indonesia Jl. Boulevard Artha Gading, Sentra Bisnis Artha Gading Blok A7D No.17 Kelapa Gading, Jakarta.

  • Costumer Service: (021) 296 36 296
  • Website: www.rbshop.id
  • Email: info@readboy.id
  • Fanpage: readboyshop
  • Twitter: @elvanasira
  • Instagram: @elvanasira.

Yang mau lihat chef Andrian dan chef Dwi mendemonstrasikan cara membuat roti, ada di video berikut ya



18 comments on "Tips Membuat Roti Sehat untuk Keluarga"
  1. wah enak ini apalagi yang mau niat usaha di bidang perkuean
    aneka kue yang hits dan rupa rupa manja bisa dibuat dengan asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Dan hanya dengan satu alat ini saja udah bisa makan roti yg sehat. Gak perlu alat lainnya spt mixer, loyang, oven. Krn alat ini sdh komplit

      Delete
  2. Harganya lumayan mahal ya, tapi hasilnya memang bagus untuk kesehatan. Dengan membuat roti sendiri di rumah, sudah pasti terjamin kesehatan dan kebersihannya juga, secara kita yang bikin, jadi kita tau bahan-bahan yang digunakan. Kalo saya, mending beli deh, repot, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga, menurut saya itu sdh harga standar, sebab dalam satu alat itu sdh komplit

      Delete
  3. Suami n anakku doyan banget roti nih mba duh masuk wishlist nih hahaha drpd beli mulu mending bikin y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo mbak, mana tau bisa buka usaha jg dengan Re-Bread ini

      Delete
  4. enggak nyangka ternyata bener-bener mudah pakai alat pembuat roti macam Re-Bread ini..Wah, celengan mana celengan..mupeng sayaa..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, mudah, praktis dan menyehatkan

      Delete
  5. Sekarang bikin roti jadi gak ribet, hemat waktu dan biaya kalau pakai Re-Bread ini ya mbk :D

    ReplyDelete
  6. Harganya kubilang malah murah banget dibanding merek lain. Tp dulu pernah coba bikin roti pake alat gini, cm merknya beda sih mba, dan gagal wkwkwkwk.. Ntah apa yg salah.. Rotinya ga baguslah hasilnya. :D. Mungkin ttp hrs belajar lg walo pake mesin gini. Komposisi bahan ada yg ga pas kurasa

    ReplyDelete
  7. Enakan buat roti sendiri kan ya... hehehe... tau bahan dan apa yang dimasukkan ke tubuh.

    ReplyDelete
  8. Dengan Re-Bread membuat roti jauh lebih sehat dan praktis yah.

    ReplyDelete
  9. Anak perempuanku sll suka roti hmpir setiap hr bekelnya roti, klo punya alat ini, seneng kali anakku y

    ReplyDelete
  10. Praktis banget punya re-bread ini. Bisa disetting jamnya lagi mau mateng jam berapa. Cemplang-cemplung, pencet, tinggal tidur deh. Besoknya bangun roti hangat siang terhidang.

    ReplyDelete
  11. Aaahhh ini sih mesin pembuat roti impian, aku dulu sempat kepengen banget beli mesin Re-Bread ini mba, karena selalu gagal kalo bikin roti.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.

Auto Post Signature