Lampu Alternatif Ala Coba-coba

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Jumpa lagi dengan saya.   Sebelumnya saya pernah melakukan tanya jawab kepada semua teman di media sosial, baik grup kepenulisan (WA) maupun grup Facebook. Ya, tentang alat apa aja yang dinyalakan ketika lampu mati di malam hari, soalnya kalau di siang hari kan gak perlu pakai penerangan. :D.

Pertanyaannya, silakan dijawab satu pertanyaan berikut:
Di saat mati lampu pada malam hari, apa yang teman-teman nyalakan?
a.         Hp
b.         Lilin
c.         Petromak
d.         Jika ada alternatif lain, sebutkan … 

Dan, inilah beberapa jawaban yang saya kutip dari mereka:
1. [7:29 pagi 27/06/2016] Anis Fadilah: Hp, terus cari lilin.

2. [7:31 pagi 27/06/2016] Ria: Hp, lilin. Kadang kalau tak ada lilin, buat dari kapas dan minyak kelapa.

3. [7:32 pagi 27/06/2016] Syawal: Dulu waktu belum ada hp nyalain korek gas atau kayu.

4. [7:40 pagi 27/06/2016] Jarni: Senter kecil.

5. [12:06 siang 27/06/2016] Teh Leny: Magic Proyektor. 

Dan masih banyak komentar sama lainnya.

Dari sekian banyak data yang terkumpul, ternyata di malam hari saat mati lampu, banyak yang menggunakan handphone sebagai penerangan. Mengapa demikian? Karena benda itu selalu ada di dekat kita.  Namun, teman-teman pasti tahu bahkan memiliki yang namanya Power Bank? Yaps, power bank yang biasa digunakan sebagai alat cas handphone di saat darurat atau perjalanan jauh. Tapi,  pernah nggak sih power bank dialihfungsikan? Ini saya coba ketika malam tiba-tiba mati lampu, di saat lagi berbuka puasa padahal. Masa berbuka dengan menu gelap-gelapan, entar yang ada malah keliru. Mau menyeruput minuman, malah ter-seruput minyak goreng *Lah, minyak goreng dari mana datangnya coba. :D

Alat yang diperlukankan tidak banyak, hanya power bank dan lampu USB, seperti gambar berikut:

Cara kerja, colokkan lampu USB ke USB power bank. Maka, hasil yang akan didapat seperti pada gambar berikut:

Silakan mencoba dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Lampu Alternatif Ala Coba-coba"

  1. kalo ini mah lampunya terang bingits.. aq punya agak besar dikit biasanya di pasang di lapy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nggak perlu pake yang bakar2an kaya lilin yang terkadang bahaya jika lengah.

      Delete
  2. Hasil kuesioner yg ada d grup WA blogger jakarta mana, nih? Kok enggak ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin belum sempat masukin, mau ditambahkan nanti. Thank's

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.