Saatnya Unjuk Bakat Menjadi Penulis FTV SCTV

Friday, January 8, 2021
Peluang kirim sinopsis FTV SCtV

Halo pembaca setia elvanasira, balik lagi nih dengan Saya yang akan kasih info menarik buat kalian yang ingin menjadi penulis buat FTV. Biasanya yang Saya share mengenai kesempatan menulis FTV buat Indosiar, nah kali ini kesempatan kalian buat menulis FTV SCTV dalam program 'Catatan Harianku'. 


By the way, diantara kalian siapa sih yang kerap nonton film Catatan Harianku di SCTV? Sebuah film drama yang menyajikan cerita berbeda dan segar dalam setiap episodenya. Film yang tayang setiap Senin hingga Jumat sore pukul 14.45 WIB dibintangi oleh beberapa selebriti berbakat seperti Yuki Kato, Rachel Amanda, Tissa Biani, Indah Permatasari, Morgan Oey, Megan Domani dan masih banyak lainnya.


Saya sudah beberapa kali nonton, dan ada beberapa episode yang bikin mewek hingga kutak sanggup menahan air mata, cengengnya Saya 😂. But, bukan itu yang akan Saya bahas kali ini, namun sebuah info menarik buat kalian yang ingin mencoba mengirimkan karya tulisnya ke FTV SCTV dalam program Catatan Harianku tersebut.


Baca juga: Rangkuman Kepenulisan Untuk FTV


FTV SCTV Program Catatan Harianku Buka Peluang 

Seperti yang Saya jelaskan sebelumnya, jika FTV SCTV membuka peluang buat kalian yang ingin mengirimkan karyanya ke program Catatan Harianku, dan tentunya saja akan ada fee buat kalian yang karyanya lolos difilmkan. So, kirim karyamu sebanyak-banyaknya supaya besar kesempatan buat lolos. Aamiin.


Untuk mekanismenya bisa kalian cek pada banner berikut:

Peluang kirim sinopsis FTV SCTV


Ingat ya, ini dalam bentuk sinopsis, bukan skenario yang kalian kirimkan. Selain itu, kisah yang ditulis tidak dalam fase rumah tangga seperti FTV ikan terbang (tau donk yang Saya maksud 😁), tapi kisahnya bisa seperti jelang pernikahan. Selain itu, kisah yang ditulis mesti mengandung cerita yang menyedihkan dan tragis. Nah, supaya lebih paham, ada baiknya nonton dulu bagi yang belum pernah nonton, supaya tahu cerita yang seperti apa yang diterima. Untuk panjang cerita minimal 2 halaman dengan spasi 1.5 dan tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan gunakan bahaya alay ya😂.


Jika sinopsis sudah dibuat, jangan lupa untuk dicek terlebih dulu, kemudian buat dalam format Ms. Word (.docs) lalu kalian submit pada isian formulir di link http://bit.ly/DearCatatanHarianku dengan mengisi data yang jelas dan benar.


Nah, itu aja info dari Saya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

39 comments on "Saatnya Unjuk Bakat Menjadi Penulis FTV SCTV"
  1. Wahhh makasih banget infonya mba Elva, ntar aku infoin ke temen yang demen nulis skenario buat ftv. Makasih ya

    ReplyDelete
  2. Saya pernah tertarik untuk belajar menulis naskah, tapi kok ya sepertinya sulit. Harus belajar dari 0, akhirnya saya urungkan niat. Tapi kalau melihat peluang besar seperti ini, rasanya pengen belajar kembali, hehe

    ReplyDelete
  3. Hwaaah info yang sangat menarik nih. Peluang buat cerita kita difilm kan ya kak.

    ReplyDelete
  4. Wah, belum pernah tahu kayak apa menulis sinopsis untuk difilmkan, apalagi harus sedih dan tragis. Musti baca-baca artikel blognya mb Elva nih. Kuliat banyak tips-tips buat nulis Sinopsis. Meluncur...

    ReplyDelete
  5. keren mba elva... aku belum pede dan sanggup utk nulis sinopsis gitu. aku doakan bisa tembus seleksi ya mbak

    ReplyDelete
  6. Pasar penontonnya pasti tinggi nih. Hihii. Hebat euy Mba Elva. Inspirasi bisa didapat dari mana saja pastinya ya mba.

    ReplyDelete
  7. Kesempatan bagus nih bagi para penulis cerita, siapa tahu karya-karyanya makin melejit setelah diterima di FTV

    ReplyDelete
  8. Keren deh mbak elva ini. Kalau aku pribadi masih susah nulis cerita fiksi atau faksi begitu. Makanya belum pernah nyoba kirin sinopsis beginian.

    ReplyDelete
  9. Wah, baru tahu ada serial ini di sctv. TV di rumah setelnya upin ipin, hihihi. Makasih banyak infonya kak, harus nonton dulu ini

    ReplyDelete
  10. Menarik bgt ka, mengingatkanku pada impian saat masih sekolah dulu. Kebetulan suka nulis fiksi jadi hobinya berkhayal terus ditulis.

    ReplyDelete
  11. Waow, ada peluang baru buat penulis nih! Menulis cerita yang bisa ditayangkan di TV. Meskipun saya jarang banget nonton TV sih. Hehe...

    ReplyDelete
  12. Bagus sih ikutan program2 kirim sinopsis untuk program catatan harianku...cuma kalo aku sendiri nyerah deh, nulis aja masih serampangan mbak elv...hehehe :)

    ReplyDelete
  13. Peluang yang baik nih bagi para penulis cerita fiksi eh berdasarkan pengalaman pribadi malah ya... zaman now serba mudah ya, kita dengan mudahnya terhubung ke stasiun televisi untuk turut membuat cerita. Nice share

    ReplyDelete
  14. Wah ini cucok buat yang suka bikin fiksi ya Mba. hadiahnya lumayan banget juga.. Btw ini deadlinenya kapan mba? hihihi... kayak yang mau ngirim naskah aja nih aku ...

    ReplyDelete
  15. asalamualaikum mbak Elva, salam kenal ..
    saya coba mencari format tulisan FTV nya tapi kok tidak ketemu ya, boleh minta tolong untuk di share link nya...COba lihat di group JPI kok sepertinya sinopsisnya panjang panjang sekali..
    makasih ya mbak..semoga keluarga mbak Elva sehat selalu

    ReplyDelete
  16. wah dibintangi Tissa Biani, hmm aku mau share ke teman-teman ya Kak :) Menarik nih

    ReplyDelete
  17. Wah informatif sekali mbak Elva..langsung tak bintangin nih mau coba juga bikin sinopsis cerita Catatan Harianku ..makasih banyak ya mba infonya

    ReplyDelete
  18. Saya belum pernah nonton mbak. udah lama nggak nonton SCTV karena siarannya nggak ketangkap antena di rumah saya.

    ReplyDelete
  19. Wah, ini peluang yang harus dicoba. Beberapa kali saya pernah kirim printout sinopsis bahkan sudah jadi naskah skenario ke beberapa PH. Tidak ada kabar. Susah ternyata menembus PH. Semoga event SCTV ini membuka kesempatan. Terima kasih infonya, Kak Elva.

    ReplyDelete
  20. wah menarik banget mba tulisannya kali ini, jadi pengen nulis pengalaman saya supaya bisa difilemkan juga hahaha

    ReplyDelete
  21. Wah kayak apa ya nulis skenario? Udah biasa nulis blog soalnya. Penasaran sih tapi menantang. Btw bel pernah tau ada blogger yang nulis skenario juga.

    ReplyDelete
  22. Kalau soal nonton FTV di SCTV waaah..aku paling demen... :) Ceritanya seger2, kadang lucu kisah percintaannya. Yang romantis juga ada. Pemainnya terkenal dg akting keren. Oh gitu ya ini cara kirim naskah cerita FTV..makasih infonya, Elva.

    ReplyDelete
  23. Replies
    1. Coba aja, krn program filmnya jg masih berjalan

      Delete
  24. Tanya dong, kak.
    Untuk tahu sinopsis kita diterima atau enggak, biasanya maksimal nunggu berapa lama, yak? Terima kasih. hehe

    ReplyDelete
  25. Berarti sebatas sinopsis aja, ya, ini, kak? Nggak perlu buat cerita kayak cerpen? Please dijawab, kak. Soalnya ada ide.

    ReplyDelete
  26. ka itu brti cuma bisa kirim 1 cerita aja dong tiap gmail orang? soalnya kan itu google formulir
    biasanya kan google formulir cuma bisa dipake 1 kali aja gmn tuh???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai akun gmail lainnya jika ingin mengirim cerita lagi

      Delete
  27. kalau untuk link ftv drama sctv ,linknya apa ya kak Elva,soalnya pengen jadi seorang penulis drama,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya link contoh sinopsis apa link filmnya?

      Delete
  28. mengapa saya hanya bisa mengirim sinopsis sekali saja

    ReplyDelete
  29. mengapa saya hanya bisa mengirim sinopsis sekali saja

    ReplyDelete
  30. Ka mau nanya sinopsisnya dibuat menggunakan PDF atau microsoft word

    ReplyDelete
  31. Kalau ngirim ceritanya kayak cerpen gitu kira2 bisa dipertimbangkan ga ya ka. Soalnya aku udh kirim, trs panjang ceritanya 10 lembar 😕🙄 aku udh ngirim sejak tgl 23 maret kemaren kak soalnya.

    ReplyDelete
  32. Kak mau nanya dong,, memang harus sedih ma tragis gitu? Klo ada komedinya boleh kan y??

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature