Kembalinya Preman Pensiun Versi Layar Lebar

Sunday, January 13, 2019

Apa, preman pensiun kembali? Siapa saja mereka? Mungkin diantara teman-teman ada yang heran dan bingung dengan preman ini, siapa mereka, dan mengapa preman yang sudah pensiun ini kembali! 

Preman! Tentunya yang ada di kepala kita adalah orang yang bertubuh kekar, menakutkan, suka ugal-ugalan dan hal buruk lainnya. Sehingga si Preman ini selalu dicap buruk oleh masyarakat, meskipun pada suatu ketika mereka (si preman) ingin berubah menjadi lebih baik, namun tetap saja kehadiran Preman menjadi momok tersendiri. 

Kalau bicara soal preman pensiun, siapa nih yang suka nonton tayangan Preman Pensiun di televisi? Alhamdulillah, beberapa hari lalu saya bisa menghadiri Gala Premiere Film Preman Pensiun bersama komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) di Epicentrum XXI. 


Pict. Ani Berta

Tidak hanya kekocakan filmnya saja, bahkan para pemain film preman pensiun pun turut dihadirkan pada saat itu. Film Preman Pensiun menjadi serial televisi favorit pada masanya, karena hal inilah yang pada akhirnya Pak Aris Nugraha sang sutradara dan penulis naskah Preman Pensiun menjadi tertantang untuk dapat menghadirkan film tersebut menjadi versi layar lebar. 

"Sudah tiga tahun serial Preman Pensiun tidak ditayangkan lagi. Tentunya banyak penggemar yang rindu dengan kehidupan Muslihat (Epy Kusnandar) bersama mantan anak buahnya" 




Kisah di Balik Preman Pensiun 

Film Preman Pensiun ini diawali dengan kembali Gobang (yang diperankan oleh Dedi Moch Jamasari) ke pasar setelah hampir tiga tahun lamanya ia pulang kampung untuk membuka usaha peternakan lele. 

Tentu saja kehadiran Gobang disambut dengan pertanyaan rekan-rekannya, yakni Ujang (M Fajar Hidyatullah), Dikdik (Andra Manihot), dan Bohim (Kris Tato), yang ternyata kembalinya Gobang karena ia ingin menyelidiki kasus pengeroyokan yang telah menewaskan adik iparnya. Sebagai seorang kakak, tentunya Gobang sangat iba melihat adiknya menjadi janda, dan keponakannya tanpa ayah. 



Tidak hanya keseruan saja yang disajikan oleh film yang diproduksi MNC Pictures ini, akan tetapi juga terdapat adegan yang menegangkan, yakni saat penyelidikan kematian adik ipar yang dilakukan oleh Gobang. 

Gala Premiere film Preman Pensiun yang akan dirilis di dua kota, Jakarta dan Bandung ini menceritakan kisah tentang keluarga Muslihat dan Esih (Vina Ferina) pun menarik diikuti, termasuk pertemuannya kembali dengan Kinanti (Tya Arifin) anak Kang Bahar (almarhum Didi Petet). Kelucuan hubungan Dikdik dan Imas (Soraya Rasyid) serta kekompakan Pipit (Ica Naga) dan Murad (Deny Firdaus) tentunya ikut melengkapi kisah di film Preman Pensiun tersebut. 

Bandung dipilih sebagai kota kedua gala premier film Preman Pensiun karena memiliki nilai historis tersendiri. Sama seperti versi serial televisinya, Bandung dijadikan kota utama berlangsungnya syuting film Preman Pensiun dikarenakan latar belakang budaya Sunda juga yang menjadi pertimbangan pihak rumah produksi untuk melakukan gala premier di Bandung, Jawa Barat.

Kisah di film Preman Pensiun dibuat lebih kompleks namun  tentu saja tidak meninggalkan ciri khas versi serial televisinya. Komedi satir yang dikemas dalam dialog-dialog yang ringan serta pas, masih kental disajikan di film Preman Pensiun yang bisa disaksikan keluarga Indonesia. 
“Setiap Pertanyaan Harus Terjawab Di Kamu, Setiap Persoalan Harus Selesai Di Kamu" -KANG BAHAR- 

Aris Nugraha selaku penulis skenario sinetron Preman Pensiun mengatakan jikalau sebenarnya cerita serial Preman Pensiun tersebut sebenarnya sudah habis di session ketiga, jadi adanya film ini adalah melanjutkan cerita dari serial televisi ke versi layar lebar. Keren deh pokoknya! 

Film Preman Pensiun ini memberikan beberapa pelajaran bermakna, diantaranya:

  • Jangan biarkan dendam merajai.
  • Diskusi merupakan jalan terbaik dalam menyelesaikan masalah. 

Dan masih banyak pelajaran berharga lainnya yang dapat dipetik. 

Lalu, bagaimana dengan kisah akhir Gobang? Apakah ia berhasil menemukan siapa pembunuh adik iparnya tersebut? Apakah ia akan kembali ke kampung halamannya lagi? 

Buat teman-teman yang penasaran dengan Film Preman Pensiun bisa saksikan di bioskop pada tanggal 17 Januari 2019. Daaan, bisa saksikan link trailernya di Channel Youtube MNCP Movie Film Preman Pensiun



Tiga Langkah Perawatan Pakaian Agar Wangi dan Rapinya Awet

Saturday, January 5, 2019
Tiga Produk Perawatan Pakaian Agar Wangi dan Rapinya Awet

Halo Mamah kece! Adakah yang punya pengalaman serupa? Dimana pakaian kurang wangi, kurang rapi! Jika iya, berarti kita senasib soal pakaian, hehe .... 

Menjaga kesegaran dan kebersihan, mulai dari badan, muka, hingga pakaian yang akan dikenakan merupakan keharusan setiap wanita, agar ia selalu tampil memesona. Jika tubuh dapat dirawat dengan penggunakan produk skin care, tentunya pakaian juga butuh diberi perawatan, seperti detergen yang tepat untuk setiap jenis kain, pewangi serta pelicin pakaian agar lebih lama rapi dan wanginya. 

Berbicara tentang hal perawatan pakaian, YURI dari PT Joenoes Ikamulya Indonesia pada bulan Februari tahun 2018 lalu, telah meluncurkan paket perawatan pakaian yang komplit. Mulai dari detergen, softener hingga pelicin/spray (untuk menyetrika pakaian), yakni Biosoft Hijab. 
"Wow, berarti cuma buat hijab aja donk!" 
Tentu saja tidak, Biosoft Hijab ini selain untuk hijab juga bisa digunakan untuk kain halus lainnya loh! 

Aman dan Nyaman Menggunakan Biosoft Hijab.

Keistimewaan dari Biosoft Hijab ini sudah nggak diragukan lagi, sebab sudah terverifikasi halal dari Lembaga MUI. Jadi saya nggak perlu cemas bila ingin dipakai setiap hari. Ada beberapa kombinasi Biosoft Hijab yang dapat membuat pakaian lebih awet dan tahan lama wanginya, sebagai berikut:  
1. Biosoft Hijab Detergent + Softener. 

Tiga Produk Perawatan Pakaian Agar Wangi dan Rapinya Awet

Detergen ditambah dengan Softener ini hadir dengan kemasan 900 ml. Yang dibuat khusus untuk hijab, kerudung rambut, scarf, syal dan pakaian lainnya yang terbuat dari kain halus seperti sutra, wool, katun halus, polyester, dan lainnya. 

Di toko biasanya dibandrol sekitar harga Rp. 30.000-an (Harga setiap wilayah masing-masing berbeda). Warnanya transparant, bentuknya liquid, wanginya enak banget. Aman digunakan di tangan sebab nggak bikin panas. Tentunya sangat membantu dalam urusan mencuci pakaian. 

2. Biosoft Hijab Pewangi + Softener. 

Tiga Produk Perawatan Pakaian Agar Wangi dan Rapinya Awet

Kemasannya juga 900 ml. Soal harga, tentunya sedikit lebih murah dari detergen yang terkesan berat di tangan. Cairannya berwarna putih kental seperti susu. Sangat bermanfaat untuk menghindari bau apek pada pakaian, terlebih saat mendung dan pakaian kurang mendapat sinar matahari. Dan, ada kemasan refillnya juga loh! 

3. Biosoft Hijab Pelicin Kain Halus. 

Tiga Produk Perawatan Pakaian Agar Wangi dan Rapinya Awet

Pelicin ini dengan kemasan 500 ml. Bentuknya cair namun segar. Baik digunakan untuk melicinkan kain saat disetrika. Sehingga pakaian pada saat dipakai tampak fresh nggak berbau dan juga pakaian menjadi lebih rapi. 

Tips Merawat Pakaian. 
1. Periksa seluruh isi kantong. Sebelum pakaian dimasukkan ke mesin cuci, ada baiknya periksa terlebih dulu seluruh isi kantong, apakah terdapat sisa debu atau kotoran, atau mungkin benda lainnya yang apabila dibiarkan dapat merusak serat pakaian. 

2. Pisahkan Setiap Kategori Jenis Kain. 
Agar saat pencucian hasilnya maksimal, ada baiknya pisahkan pakaian berdasarkan kategorinya, seperti pakaian putih, polos, berwarna, mudah luntur dan tidak mudah luntur, tentu saja semua harus diatur. Jangan sampai pakaian yang berbeda kategorinya tercampur, sebab dapat mempengaruhi warna pakaian lainnya.

3. Perhatikan Trik Menjemur. Idealnya menjemur pakaian di tempat teduh atau tidak terpapar sinar matahari secara langsung dapat membuat warna pakaian lebih tahan lama, dan jangan lupa membalik pakaian, yang mana bagian dalam menjadi bagian luar, kemudiam gantung dengan rapi. 

Tips mencuci hijab 

1. Pisahkan antara hijab dengan jenis pakaian kotor lainnya, serta jenis pakaian yang mudah luntur lainnya.

2. Rendam hijab dalam ember berisi air yang sebelumnya telah dicampur dengan Biosoft Hijab Detergent + Softener selama 15 -20 menit, lalu kucek dengan tangan. Jangan mencuci hijab dengan menggunakan mesin cuci. 

3. Selanjutnya tambahkan Biosoft Hijab Pewangi + Softener pada pembilasan yang terakhir, jika dianggap perlu. 4. Jangan menjemur pakaian/ hijab langsung di bawah panas matahari dan hindari dari pemakaian penjepit, sebab dapat meninggalkan bekas kerutan saat sudah kering. 

5. Pilihlah hijab yang akan disetrika, sebab tidak semua model dan jenis hijab bisa disetrika. Pakailah Biosoft Hijab Pelicin kain halus agar tampilan. 

Produk YURI sangat memudahkan aktifitas mencuci saya di rumah. Jadi untuk urusan bau apek dan membersihkan pakaian kotor, saya sudah percayakan pada deterjen, softener dan pelicin dari Biosoft Hijab. Dijamin nyaman, terhindar bau tak sedap, daaan pakaian menjadi wangi sepanjang hari. 

Masih nggak percaya? Bisa dibuktikan sendiri loh! Selamat mencoba! Untuk info produk Biosoft Hijab lebih lengkapnya, bisa cek di web www.yuri-dee.com dan www.yurishop.co

Tragedi Seventeen dan Lirik Lagunya yang Berjudul "Kemarin"

Monday, December 24, 2018

Innalillahi wainnailaihi rojiun.
Bismillah, tulisan ini hanya sebagai peringatan untuk diri ini agar lebih berhati-hati terutama dalam mendendangkan lirik lagu. Namun, bisa jadi semua terjadi hanya kebetulan. Wallahu'alam. 
Seventeen. Sebenarnya saya nggak begitu banyak kenal artis, baik penyanyi, Grup Band, maupun pemain sinetron. Grup band Seventeen, pernah saya dengar, namun nggak begitu hapal dengan lagunya, begitu juga lagu-lagu lainnya.

Yang membuat saya ingin menulis ini, karena saya kembali ingat tentang kalimat "Ucapan adalah DOA". Semoga ulasan saya berikut, tidak mengundang provokasi, sebab saya hanya menyampaikan pendapat. Syukur kalau diterima.

Di media sosial, terutama twitter, sedang hangat diperbincangkan mengenai lirik lagu Seventeen yang berjudul "Kemarin", yang mana lagu tersebut sangat mengena dengan apa yang dialami oleh Ifan Seventeen selaku vokalis, yang mana dari keempat personel Seventeen, kini hanya menyisakan Ifan sang vokalis.

Sebelumnya, Bani (bas), dan Herman (gitar) sudah terlebih dulu ditemukan meninggal dunia pada Minggu, 23 Desember 2018, kemudiam disusul oleh drummer band Seventeen, Windu Andi Darmawan, yang ditemukan meninggal dunia pada Senin, 24 Desember 2018.

Saya pun penasaran, sehingga mendengarkan video yang mendadak banyak tersebar di media sosial itu. Merinding, itulah yang saya rasakan. Video yang penampilannya hanya berupa figura grup band seventeen yang backgroundnya serba hitam. Wallahu 'alam.



Lagu "Kemarin" ini sebenarnya sudah lama rilis, yakni 21 Desember 2016, Namun, kemudian menjadi viral ketika kejadian yang menimpa grup band Seventeen, dan digandang-gandang jika lagu "Kemarin" itu menggambarkan yang terjadi pada Ifan Seventeen sang vokalis grup band seventeen, SENDIRI dan yang lain PERGI SELAMANYA.

Hikmah dan Tetap Waspada

Takdir di tangan-Nya, manusia merencana namun Tuhan Maha menentukan segalanya.

Dikutip dari video youtube, jika lagu "Kemarin" ini sebenarnya lagu yang diciptakan oleh HermanSeventeen (alm) untuk mengenang almarhum KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur), namun siapa sangka, di bulan yang sama dengan tahun berbeda, Ifan menjadi 'Sendiri' sebagaimana lirik lagu yang dinyanyikannya tersebut. Wallahu 'alam.

Saya jelaskan, jika saya tidak mau menyinggung soal musiknya, namun lebih ke lirik lagunya.

Ada beberapa artis yang lirik lagunya tentang patah hati, hingga kemudian ia terus dilanda patah hati, sebagaimana video yang saya ambil dari salah satu stasiun TV yang membahas perihal yang sama, yakni mengenai dampak dari apa yang diucapkan, meskipun hanya sebatas lirik lagu, seperti Cita Citata dengan judul lagunya "Sakitnya tuh disini", Zaskia Gotik dengan lagunya "Satu Jam Saja", dan masih banyak artis lainnya. 


Dari kejadian tersebut, kembali saya tegaskan jika saya tidak menyinggung tentang musiknya, namun kepada isi lirik lagunya. Cobalah, buat lirik lagu yang bisa membangkitkan semangat hingga yang dapat membangkitkan jiwa toleransi.

Namun, kembali lagi kepada-Nya. Bahwa apa yang terjadi sebagai peringatan agar kita lebih banyak bersyukur dan mendekatkan diri pada-Nya.

Wujudkan Impian Memiliki Buah Hati Bersama SamMarie

Friday, December 21, 2018

Buah hati, siapa sih yang tidak ingin memilikinya? Tentu saja setiap pasangan suami istri mendambakan kehadirannya. Buah hati atau anak merupakan anugerah terindah dari Tuhan, yang mana kelahirannya selalu disambut dengan suka cita, terlebih jika sang anak lahir dalam keadaan sehat dan normal. Akan tetapi, pada kenyataannya tidak semua pasangan yang disegerakan untuk dapat memiliki harta terindah tersebut. Sehingga segala cara dilakukan, agar anak yang didambakan hadir di dalam kandungan, baik dengan cara tradisional (read: obat-obatan alami, urut, dan lainnya) hingga dengan cara bayi tabung.  
Ngomong-ngomong soal bayi tabung, tentunya sebelum melakukan program ini hendaklah kita memperhatikan banyak hal, agar bayi tabung yang direncanakan berjalan lancar tanpa hambatan. Mungkin diantara kita masih ada yang merasakan ke khawatiran tentang bayi tabung ini, khawatir sakit hingga khawatir gagal, namun pada hakikatnya kita serahkan pada Sang Pencipta. Tetap yakin dan optimis bahwa semua akan baik-baik saja. 


Sharing Tentang Kehamilan di RSIA SamMarie Basra 


RSIA SamMarie Basra. Ini merupakan pertama kalinya saya berkunjung ke RSIA SamMarie Basra pada tanggal 16 Desember 2018 yang beralamat di Aula Lt. 1 RS SamMarie Basra tentunya kunjungan saya tersebut untuk mengikuti acara seminar "Wujudkan Impian Memiliki Buah Hati". Acara tersebut berlangsung juga dalam rangka memperingati HUT ke-8 RSIA SamMarie Basra. 



Seminar ini dimulai dengan menayangkan video Safety Briefing oleh tim K3 RSIA SamMarie Basra, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama. 


Waspada Infeksi Saluran Kemih dan Kelamin 

Disadari ataupun tidak, kesehatan saluran kemih dan kelamin terkadang kurang diperhatikan dengan baik. Padahal, apabila dibiarkan dapat terjadi infeksi pada saluran kemih dan kelamin, sehingga besar kemungkinan dapat menyebabkan sukar hamil. Sebagaimana yang disampaikan oleh dr. Gita Nurul Hidayah, Sp.OG.
"Infeksi saluran kencing terjadi karena kuman masuk ke dalam saluran kemih dan bergerak menuju uretra". 

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan infeksi bakteri yang menyerang pada daerah saluran kemih, infeksi ini biasa disebut dengan anyang-anyangan. Beberapa gejala terjadinya infeksi saluran kemih, yakni: Air seni yang keluar seperti darah atau berwarna keruh, si penderita akan sering merasa ingin kencing, jika sudah kencing air seni yang dikeluarkan tidak akan keluar banyak bahkan disertai rasa sakit, perut bawah di sekitar kemaluan akan terasa kram serta tidak nyaman, dan lainnya. Apabila ini dibiarkan saja, maka tentunya akan berdampak pada sukarnya seorang istri untuk bisa hamil. Sehingga, diperlukan ketelatenan untuk berusaha mengobatinya 


Hindari Rasa Cemas 


Menurut Hana Talitha Rahma, S. Psi., M. Psi, Psikolog jika kecemasan sebagai perintang keberhasilan kehamilan. Cemas, tentunya siapapun dapat bersikap cemas, terlebih pasangan suami-istri yang usia pernikahannya telah memasuki usia 4 tahun, namun belum dikaruniai seorang anak. Sehingga pada akhirnya menimbulkan sederetan kecemasan, cemas kapan ditanya punya anak, cemas terhadap apa yang akan dikatakan tetangga karena belum punya anak, hingga kecemasan-kecemasan lainnya yang apabila dibiarkan dapat berakibat fatal. 



Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pasangan suami-istri agar dapat mengurangi rasa cemas, yakni: tetaplah bersyukur atas karunia-Nya, lakukan hal positif seperti berolahraha, nonton bersama, berwisata dan masih banyak lainnya. 


Profil Singkat RSIA SamMarie Basra

SamMarie Healthcare Group (SMHG) merupakan sebuah himpunan (group) perusahaan swasta nasional bidang kesehatan yang terdiri dari SamMarie Family Healthcare - Wijaya, Tramedifa GTPD - Cipinang, RSIA SamMarie Basra - Pondok Bambu, Rucitra Skin & Healthcare - Tebet. 

SMHG diprakarsai oleh dr. Hj. Komariah Zagloel; Prof. Dr. dr. H. T. Z. Jacoeb, Sp.OG-KFER; Dr. dr. Hj. Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp.KK (K); Ir. Yusuf Effendi Pohan, MPA; dan Ir. Cut Intan Djuwita, MSc. Pada tanggal 10 Oktober 2004 didirikan Klinik SamMarie Basra di Jalan Basuki Rachmat No. 31, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur 13430. Lalu pemrakarsa mendirikan PT SamMarie Primafiat pada tahun 2007 dan mulai mendirikan rumah sakit di lokasi yang sama pada tahun 2009, dan sejak tanggal 1 Desember 2010 Klinik SamMarie Basra telah ditingkatkan menjadi RSIA SamMarie Basra. 

Kini dengan tekad menjadi penyedia layanan kesehatan dibidang wanita dan anak terbaik di Indonesia dengan mutu internasional, RSIA SamMarie Basra terus berbenah diri dalam memberikan pelayanan dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu dan efisien bagi masyarakat. 


Visi dan Misi

  • Visi 
Meningkatkan kesehatan dan ikut mengurangi kematian perempuan dan anak melalui layanan terpadu bermutu internasional dengan unggulan fertilitas dan menoandropause. 


  • Misi 
  1. Memenuhi standar mutu internasional dalam layanan kesehatan perempuan dan anak. 
  2. Menyediakan tenaga terampil dengan pengetahuan terkini dalam layanan kesehatan perempuan dan anak. 
  3. Menjadi pusat pendidikan dan pelatihan bagi dokter spesialis dan perawat tingkat mahir. 
  4. Menjadi pusat rujukan bagi pemberi layanan kesehatan lain, terutama dalam hal fertilitas dan menoandropause. 
  5. Menjadi pusat rujukan bagi pemberi layanan kesehatan untuk kegawatdaruratan bayi dan anak. 



Tujuan dan Motto 

Tujuan didirikannya RSIA SamMarie Basra ini ialah dimana RSIA SamMarie Basra memperkenalkan layanan terpadu yang berkualitas prima dan profesional. Selain itu juga, engantisipasi persaingan pasar bebas. 

Meningkatkan pendidikan dan pengetahuan bagi dokter spesialis dan perawat. 

Victor Wirawan, Sosok Elon Musk Indonesia

Thursday, December 20, 2018

Victor Wirawan? Elon Musk? Apa sih hubungan keduanya? Mungkin diantara teman-teman ada yang bertanya-tanya terkait judul tulisan saya. Alright! Saya akan menjelaskannya. 

Victor Wirawan adalah Elon Musk Indonesia. Pernah dengar atau tahu tentang Elon Musk? Dikutip dari wikipedia, Elon Musk ini merupakan tokoh bisnis, penemu, dan industrialis Amerika Serikat, ia telah mendirikan beberapa perusahaan teknologi populer, termasuk SpaceX yang bergerak di teknologi antariksa; Tesla Inc. yang bergerak di bidang otomotif; OpenAI, SolarCity, Neuralink, serta beberapa perusahaan lainnya. 

Lalu, apa hubungannya dengan Pak Victor Wirawan? Tentu saja ada. Jika di Amerika Serikat memiliki Elon Musk, di Indonesia pun juga ada, yakni Victor Wirawan, Elon Musk-nya Indonesia. 

Mengenal Lebih Jauh Victor Wirawan 

Pict: @victorwirawan

Sore, tanggal 17 Desember 2018, tepatnya sekitar jam 17.31 WIB, saya bersama beberapa orang teman blogger kembali mengunjungi Kantor AKI Grup FORESTA BUSINESS LOFT 1 NO 17 JL. BSD RAYA UTAMA, tentunya untuk menemui Pak Victor Wirawan. Tentunya itu bukanlah pertemuan pertama kali saya dengan beliau, sebab beberapa waktu yang lalu saya pun pernah bertemu beliau saat memperkenalkan karyanya, yakni Baran Energy


Pict: @victorwirawan

Pict: @victorwirawan

Buat teman-teman yang penasaran seperti apa itu Baran Energy, apa saja manfaatnya, tentu saja bisa baca-baca di ulasan saya yang berjudul "Cerdas Menggunakan Energi dengan Baran Energy

Pertemuan kami kali ini tentunya lebih santai, sebab ngobrol sembari menikmati secangkir teh, kemudian dilanjut dengan makan malam. Dari pertemuan kedua inilah saya mengetahui seperti apa perjuangan beliau dalam mewujudkan terobosan energi terbarukan, Baran Energy. Yang tentunya penuh perjuangan serta tantangan tersendiri, namun berkat tekad yang kuat, akhirnya terwujud. 

Bakat bisnis dari Pria kelahiran Malang ini sebenarnya sudah terasah sejak kecil, tepatnya saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang mana saat itu Pak Victor Wirawan muda perlahan mulai mengenal dunia bisnis. Berawal dari hobinya mengadu ikan cupang, ia kemudian berbisnis di sela istirahat sekolah, yakni dengan berjualan ikan cupang. Karena bisnisnya tersebut besar harapan untuk maju, beliau kemudian semakin mengembangkan usaha bisnis ikan Cupang, bahkan tak tanggung-tanggung dengan mengembangbiakkan serta menjual ikan cupang ekspor. Tentunya ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi anak seusianya kala itu. 

Kegagalan Membuatnya Semakin Mandiri 

"Kegagalan adalah cambuknya orang-orang sukses" 
Tepat di usianya yang ke-19 tahun, Victor Wirawan kemudian memulai bisnis rokok yang berlokasi di wilayah Jawa Timur. Keberaniannya dalam mendirikan pabrik rokok ternyata hanya bermodal nekat serta ide. Lalu, bagaimana soal dana? Tentunya beliau peroleh dari orang lain. Namun disayangkan, pabrik rokok yang didirikannya hanya bertahan tiga tahun, ia bangkrut. 

Dari kegagalan tersebut, pria kelahiran tahun 1983 ini belajar banyak hal, yakni tentang trik memasarkan produk, karena kebangkrutan yang ia alami terdahulu berawal dari proses pemasaran. Tepat di tahun 2007, Victor Wirawan akhirnya dipercaya oleh salah satu lembaga negara untuk mengelola proyek Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), yakni sebanyak 10.000 unit rumah. 

Dari kepercayaan yang diberikan kepadanya tersebut, pria muda yang meskipun terlihat tengil, suka makan di kaki lima dan suka menggunakan kaos oblong serta celana jeans ini kemudian mencoba untuk memulai membangun seperti rumah, jembatan dan infrastruktur lainnya, sehingga dari pengalaman yang didapatkannya selama membangun, kemudian akhirnya terjun ke bisnis properti, dimana ia menjadi investor sekaligus mengelola bisnis tersebut. 


Pict: dokumen pribadi

Nah, saat mengembangkan bisnis di bidang properti itulah yang kemudian ide brilian Pak Victor Wirawan kembali mencuat, yakni perumahan yang menggunakan energi terbarukan, Baran Energy. 
"Sayangnya, karya saya ini dianggap ingin menyaingi perusahaan besar energi listrik seperti PLN" ucap Pak Victor Wirawan. 
Padahal, hakikatnya beliau tidak ingin menyaingi, namun ingin membantu agar konsumsi terhadap listrik (PLN) terbantukan dengan adanya baran energy dan membantu banyak orang. Semoga terwujud ya, Pak! 


Nah, buat teman-teman yang masih ingin mengetahui banyak hal tentang Baran Energy dan Pak Victor Wirawan, bisa berselancar di akun @baranenergy dan Instagramnya @victorwirawan

Auto Post Signature