Tips Agar Tetap Tampil Cantik Saat Mudik.

Thursday, March 29, 2018

Selalu Tetap Tampil Cantik diSaat Mudik


Mudik adalah momen yang dilakukan oleh perantau yang jauh dari keluarga. Dan tentunya sangat ditunggu-tunggu, terutama saya dan suami😁. Setidaknya setahun sekali mudik, tapi pernah juga sih dua tahun nggak mudik, karena ada beberapa hal yang nggak memungkinkan kami untuk pulang. 

Biasanya, kalau mudik ada beberapa amunisi yang saya sertakan ke dalam koper, agar bisa tetap tampil gaya saat berlebaran di kampung halaman, diantaranya:

  • Kerudung dan aksesoris.

Kerudung biasanya saya bawa warna dan motif yang netral sehingga fleksibel untuk saya gunakan pada berbagai acara. Jika kerudung berbahan tipis, saya juga sertakan dalaman. Dan untuk menunjang penampilan saat berhijab, saya juga lengkapi dengan asksesoris berupa bros yang disesuaikan dengan busana.

  • Bawa alas kaki yang nyaman.

Untuk alas kaki, ketika mudik saya biasanya membawa dua pasang, yakni alas kaki dengan hak yang tidak terlalu tinggi (<5cm) dan alas kaki yang tidak memakai hak. Namun, buat teman-teman yang senang menggunakan hak yang lebih tinggi, ada baiknya gunakan selop terbuka. Selop terbuka dengan hak yang lebih tinggi, cocok dipadukan dengan busana kain dan tunik, atau celana palazzo dan tunik.

  • Bawa atasan dan bawahan secukupnya.

Ketika berlebaran di kampung halaman, tentu saja kita akan bertemu keluarga besar dan tak jarang juga mendapat undangan makan di rumah mereka. Maka, saya lebih senang memakai busana yang nyaman dan santun. Untuk busana, selain kaftan atau maxi dress ada baiknya membawa satu blus dan dua tunik polos dengan warna netral berbahan sutra atau crepe sifon yang tidak terlalu berat namun tetap terkesan mewah.

Untuk celana, bawalah dua model celana panjang bahan seperti palazzo dan pensil. Namun, jika memungkinkan dan masih ada ruang, teman-teman bisa membawa kain sutra lilit 7/8 yang terkesan modern dan gaya.

  • Pakaian 'penyelamat'.

Nah, untuk pakaian penyelamat ini teman-teman bisa bawa celana jeans dan kaus, lalu lapisi dengan outer berbahan rayon atau kaus. Pilihlah warna netral serta ukuran yang tidak terlalu ketat, seperti midi outer, long outer, atau batwing outer. Sebab, sehari-hari di kampung halaman, tentu tidak mungkin kita melulu menggunakan busana santun berupa tunik, maxi dress, ataupun kaftan.

  • Kosmetik.

Untuk kosmetik, usahakan beberapa kosmetik selalu ada di dalam tas, seperti compact powder, pensil alis, maskara, 1-2 warna lipstik, serta eyeshadow berwarna netral.

  • Skin care.

Bawa juga skin care seperti pembersih wajah, tabir surya, krim malam, toner, krim mata, facial spray dan juga body lotion.

  • Travel toiletries kit.

Untuk perlengkapan mandi, saya biasanya bawa sampo, sabun, sikat gigi, pasta gigi, handuk kecil. Ya meskipun saya bisa membeli di jalan, namun saya lebih suka bawa sendiri. Dan tak lupa pula sisir mungil, jepit/ karer rambut, serta parfum ukuran mini.

  • Tas.

Saat bersilaturahmi, rasanya tidak lengkap jika tidak menenteng tas. Untuk tas, teman-teman bisa bawa dua tas, yakni ukuran sedang yang bisa dipakai untuk sehari-hari, misalnya model hobo yang simpel ataupun model tote. Sedangkan tas satunya lagi, berupa clutch mungil atau wrislet bag untuk dibawa ketika hadiri jamuan yang lebih resmi. Pilih warna tas yang netral, seperti abu-abu, perak, hitam, putih atau beige agar cocok jika dipadukan dengan berbagai busana.

  • Perlengkapan shalat.

Nah, untuk barang yang satu ini tentunya nggak boleh ketinggalan. Untuk perlengkapan Shalat, teman-teman bisa pilih bahan satin atau sutra dengan hiasan bordir atau dapat disesuaikan dengan selera. Dan tentu saja bisa diserasikan dengan sajadah.

Nah, itulah beberapa perlengkapan yang bisa kita jadikan list yang perlu dibawa ketika mudik. Kalau teman-teman, apa aja sih yang wajib dibawa? 🤗


Tips Cegah Penularan TBC

Wednesday, March 21, 2018

Tips Cegah Penularan TBC


Dok. Kemenkes RI


"Duh ini orang kok nggak tutup mulut sih mau batuk!" gumam saya saat seorang pasien puskesmas batuk tanpa menutup mulut yang berdiri tepat di belakang saya.

Saat saya menoleh ke belakang, saya pun dengan spontan bilang dengan tersenyum, berharap yang ditegur tidak tersinggung "Mbak, kalau batuk tolong ditutup dong!"

Eh yang ditegur malah sinis lihat saya. Ya sudahlah!

Apa ada teman-teman yang pernah alami hal serupa? Dimana ada yang batuk tapi nggak menutup mulutnya? Duh, semoga kita bukan menjadi salah satunya ya☺, coba deh kita bayangkan apa yang orang-orang di sekitar kita rasakan jika kita batuk sembarangan tanpa tutup mulut! Dan bayangkan juga, bagaimana perasaan kita jika ada yang batuk tanpa menutup mulut, eh ke arah kita pula😕. 

Teman-teman tahu nggak, jika batuk terus menerus tanpa diobati bisa menjadi TBC.

Tentang TBC.

Alhamdulillah tanggal 19 Maret 2018 saya berkesempatan untuk bisa menghadiri acara Workshop Blogger “Peduli TBC,Indonesia sehat" dalam rangka peringatan Hari Tuberkulosis (TBC) sedunia tahun 2018 yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung Prof Dr Suyudi Kemenkes RI Kuningan.



Sebagian teman-teman mungkin sudah ada yang tahu jika TBC itu singkatan dari Tuberkulosis. Buat yang belum tahu, baca terus ya ulasan berikut☺.

Tuberkulosis ini disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium tuberculosis), dimana sebagian besar kuman TBC menyerang paru, akan tetapi dapat juga mengenai organ atau bagian tubuh lainnya seperti misalnya tulang, kelenjar, kulit, dan lain-lain.

Dalam kesempatannya, dr. Pandu Riono menghimbau untuk memperhatikan etiket batuk sebagai pencegahan penularan #TBC. Seperti menutup mulut ketika sedang batuk. 


Dok. Kemenkes RI

Gejala utama dari TBC adalah batuk, akan tetapi selain batuk ada beberapa gejala lainnya, yakni:
  • Demam Meriang (demam yang tidak terlalu tinggi).
  • Batuk Berdahak (dapat bercampur darah).
  • Nyeri Dada.
  • Berkeringat tanpa Sebab (terutama pada sore-malam hari).
  • Nafsu Makan Menurun.
  • Berat Badan Menurun.

Apabila batuk terus menerus dan ditambah adanya dengan adanya gejala lain tersebut, maka segera periksa TBC ke Puskesmas terdekat.

Oiya teman-teman, sekadar info yang saya peroleh saat mengikuti acara workshop tersebut, jika saat batuk ataupun bersin hendaknya kita menjaga etiket batuk. Yang mana etiket batuk diantaranya:
  • Gunakan masker.
  • Tutup hidung dan mulut dengan menggunakan lengan.
  • Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau saputangan.
  • Segera buang tisu yang sudah dipakai.
  • Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.
Kenapa? Karena bakteri (kuman) TB ini ditularkan melalui udara, apalagi jika orang tersebut seorang pasien TB aktif.

Kenapa kita harus menjaga etiket saat batuk? Karena bakteri (kuman) TB ditularkan melalui udara, apalagi seorang tersebut merupakan pasien TB aktif. Duh😥.

Perlu diketahui, bahwa kontak TB ada 3, yakni: 
1. Saat bicara: 0-210 partikel.
2. Saat batuk: 0-3500 partikel.
3. Saat bersin: 4500-1 juta partikel.

Selain itu, bakteri TB dapat bertahan di tempat tertutup yang gelap dan lembab, dan juga kuman bisa bertahan beberapa jam hingga bulan.

Faktor Risiko Memudahkan Penularan TBC

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mudahnya penularan TBC, yakni:
  • Jumlah percikan dahak dalam udara dan lamanya menghirup udara tersebut.
  • Tinggal di daerah padat penduduk.a
  • Daya tahan tubuh rendah seperti HIV/AIDS, usia lanjut, anak dan pada orang dengan malnutrisi (gizi buruk). HIV merupakan faktor risiko yang paling kuat bagi yang terinfeksi TBC menjadi sakit TBC.
  • Kontak erat dengan pasien TBC.
  • Orang yang bekerja dengan bahan kimia yang berisiko menimbulkan paparan infeksi paru.
  • Hanya sekitar 10% yang terinfeksi TBC akan menjadi sakit TBC.

Nah, dikarenakan faktor-faktor inilah seharusnya kita dapat menjaga etiket batuk. Jangan sampai menyebar ke keluarga kita bahkan orang lain.

"Duh, ngeri ya TBC!"😰

Untuk itulah, jika kita mengalami salah satu gejala yang telah saya sebutkan sebelumnya, ada baiknya segera periksakan ke dokter, sebab faktanya TBC bisa disembuhkan asal sesegera mungkin diobati.

Seperti yang dialami oleh Pak Edi Junaidi, salah satu mantan penderita TBC. Ia menceritakan kisah betapa 'sedihnya' saat ia dikucilkan oleh masyarakat bahkan sampai keluarga sendiri.

Akan tetapi, berkat tekadnya untuk bisa sembuh akhirnya beliau berobat hingga sembuh. Bahkan mendapat sertifikat atas kesembuhannya itu.👍 Nah, dari pengalaman Pak Edi Junaidi memberikan pelajaran berharga buat saya, bahwa sakit apapun itu haruslah segera diobati sebelum menjadi parah. Kalau teman-teman punya cerita apa nih tentang TBC? Yuk berbagi pengalaman dan tips buat memotivasi orang banyak dalam menghentikan penyebaran Tuberkulosis☺.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa cek kontaknya ya:
Twitter: TBIndonesia

Facebook: TBIndonesia

Optik Tunggal, Solusi Tepat Memilih Kacamata

Sunday, March 18, 2018

Optik Tunggal, Solusi Tepat Memilih Kacamata



"Duh, kok nggak PeDe ya pakai kacamata yang ini!"


"Model yang ini malah bikin wajah jadi tambah bulat"

Seperti itulah yang pernah saya alami saat mencoba-coba kacamata. Pernah sih minta pendapat suami, tapi suami juga ikut bingung mau pilih frame yang cocok seperti apa untuk saya 😂. Kemudian, nyoba lagi di tempat lain, lumayan bagus sih frame kacamata yang ditawarkan, dan harga pun terbilang murah, tapi sayang nggak ada garansinya saat kacamata mengalami kejadiaan naas🙊 duuh.

Pernah juga nyobain kacamata, tapi kok nggak pede dan akhirnya batal sudah untuk menggunakan kacamata😐.


Apa ada teman-teman yang mengalami seperti saya? Semoga saja tidak ya 😁.


Dalam hal pemilihan kacamata, sebelum membeli ada baiknya kita cermati terlebih dulu kira-kira kacamata yang seperti apa yang dibutuhkan dan cocok untuk kita, jangan sampai kacamata yang digunakan malah membuat penampilan jadi norak ataupun  nggak bagus. Bisa nggak PeDe kemana-mana😂.


Bingkai kacamata yang dipilih secara tepat, tentu saja dapat menutupi kekurangan wajah. Sehingga membuat wajah jadi kelihatan ideal bahkan menjadi kacamata gaya pribadi.


Berikut beberapa tips pemilihan kacamata yang tepat yang bisa teman-teman gunakan untuk dijadikan patokan, diantaranya:

  • Wajah berbentuk segitiga/ triangel

Untuk wajah dengan bentuk segitiga, teman-teman bisa memilih bingkai kacamata dengan bagian atasnya lebih lebar dibandingkan dengan bagian bawah. Seperti jenis bingkai nylor atau half frame. Hal ini tentu saja dapat meminimalkan lebar dagu dan menyeimbangkan sisi atas dengan bagian bawah wajah. Namun dengan catatan, pemilihan bingkai dengan gagang yang lebar merupakan hal yang perlu dihindari.

  • Wajah Oval✅

Untuk wajah berbentuk oval, bentuk bingkai kacamata apapun tentu saja akan cocok digunakan dan dapat mengikuti trend fashion kacamata. Akan tetapi, hal yang perlu dihindari adalah bingkai berbentuk ekstrim dan lebarnya melebihi bagian terluas wajah.

  • Wajah Oblong/ panjang✅

Untuk teman-teman yang berwajah Oblong/ panjang, tentu saja dapat memilih bingkai kacamata yang lebih rendah. Hal ini tentunya akan membuat wajah tampak lebih lebar dan pendek. Meskipun begitu, tentunya ada hal yang perlu dihindari, yakni pemilihan bingkai kacamata yang lebih lebar dari wajah.

  • Wajah berbentuk hati/ Heart✅

Untuk teman-teman yang wajahnya berbentuk hati, tentunya dapat memilih bingkai kacamata yang dapat meminimalkan bentuk bingkai bagian depan, dimana hal ini dapat membuat dahi dan rahang seimbang serta dapat meminimalkan lebar dahi dan menarik mata ke bagian bawah wajah. Bingkai kacamata yang dapat digunakan seperti frameless atau frame tanpa bingkai. Akan tetapi, hal yang perlu dihindari adalah pemilihan bingkai dengan posisi gagang kacamata yang tinggi.

  • Wajah berbentuk bulat✅

Untuk teman-teman yang memiliki wajah bulat, ada baiknya memilih bingkai kacamata bentuk persegi atau kotak dengan posisi gagang kacamata tinggi. Sebab, kacamata bentuk persegi atau kotak akan membuat wajah kelihatan lebih panjang. Pemilik wajah bulat ini tentunya harus menghindari bingkai bundar dan gagang kacamata tebal dan berwarna gelap.

  • Wajah berbentuk kotak✅

Untuk pemilik wajah berbentuk kotak ini, tentunya dapat memilih bingkai kacamata berbentuk oval atau bundar, sebab kacamata bulat ini untuk menyamarkan garis wajah dan membuat wajah lebih panjang. Hal yang perlu dihindari adalah memilih bingkai kotak.

  • Wajah berbentuk wajik/ Diamond✅

Untuk teman-teman yang wajahnya berbentuk wajik/ diamond ini tentunya dapat memilih bingkai kacamata dengan bagian atas lebih lebar dibanding dengan bagian bawahnya. Hal ini tentu saja dapat mengurangi bentuk wajah yang bersudut. Teman-teman dapat memilih bingkai kacamata half frame/ nylor.


Setelah mengetahui bentuk wajah yang teman-teman miliki, barulah tentukan jenis kacamata seperti apa yang akan dibeli.


"Hmmm... Tapi, masih bingung nih sama tempat yang cocok untuk beli kacamata"


Tenang aja, teman-teman bisa memilih kacamata sesuai yang dibutuhkan di Optik Tunggal.



Mengapa Harus di Optik Tunggal?

Nah, buat teman-teman yang masih penasaran, berikut beberapa alasan yang membuat Optik Tunggal menjadi pilihan tepat dalam memilih kacamata, yakni:

  • Terpercaya dan Berpengalaman🔑
  • Memiliki Banyak Cabang🔑
  • Pelayanan Profesional dan Ramah 🔑
  • Pilihan Frame Kacamata Berkualitas dan Bervariasi🔑
  • Pemegang Lisensi Zeiss Resmi🔑
  • Garansi All Risk 1 Tahun🔑
  • Ganti lensa dibayar🔑
  • Bisa Berbelanja Secara Online🔑


Untuk frame, teman-teman nggak perlu khawatir, sebab ada banyak Pilihan Frame kacamata di Optik Tunggal yang dapat kita pilih sesuai selera serta kebutuhan dan tentunya dengan harga yang bersahabat di kantong. Selain itu, kita pun akan merasa nyaman memilih kacamata yang diinginkan, sebab selain memiliki pilihan kacamata berkualitas, di optik tunggal kita juga dilayani dengan pelayanan terbaik. Keren ya!👍




"Tapi ada nggak garansinya?"


Tenang aja, kan tadi sudah saya jelaskan juga jika di optik tunggal lensa kacamata bergaransi.🤗


Optik Tunggal sudah menjadi #optikpilihan yang insyaa Allah dapat mengatasi kegalauan teman-teman dalam menentukan pilihan kacamata yang tepat untuk digunakan. Kesehatan mata vs Fashion. So, untuk mata, apa sih yang tidak?


#loveyoureyes

Buat teman-teman yang masih penasaran dengan Optik Tunggal atau ingin lihat frame kacamata model apa aja yang ada, teman-teman bisa kunjungi langsung ke akun media sosial Optik Tunggal berikut👇

Facebook: @optiktunggalofficial
IG: @optiktunggal
Youtube: Optik Tunggal Official
Website: www.optiktunggal.com

Jangan sampai kejadian ini Kamu alami! Yuk kepoin Youtube berikut: 
Sumber: 

  • Pengalaman Pribadi
  • www.optiktunggal.com
  • youtube optiktunggal
  • Image: optiktunggal

Sinopsis FTV Penjual Roti Berjamur

Saturday, March 17, 2018

Hai temans, balik lagi nih saya mau kasih info mengenai langkah-langkah yang dilakukan saat akan membuat skenario, yakni membuat sinopsis. Mungkin diantara teman-teman sudah ada yang tahu bahkan pernah bikin sinopsis, ya kan ya kan?😄. Tapi, nggak ada salahnya dong saya bahas dikit mengenai apa itu sinopsis menurut 'pandangan' saya.
Jadi gini nih teman-teman, sinopsis itu bisa dikatakan garis besar dari cerita yang akan kita angkat. Tujuannya, agar cerita yang kita tulis tidak melebar kemana-mana. Ibarat kompas gitu😁. Dan berikut adalah sinopsis saya saat bikin karya FTV untuk MNCTV.

Penjual Kue Berjamur

Premis
Hera merasa uang hasil berjualan kue keliling sangat kecil, apalagi di kota besar saingannya banyak. Tanpa sengaja di jalan ia bertemu Karisa, teman semasa sekolah. Karisa seorang pengusaha kue,  Hera merasa iri melihat kesuksesan temannya itu, lalu berencana meminjam uang untuk modal. Ingin mendapat untung besar, Hera kemudian mengolah kembali kue yang sudah berjamur. Hingga akhirnya Hera meninggal akibat termakan perbuatannya sendiri.

Potensi Konflik
  • Hera berjualan kue keliling. Namun hasil yang didapat tidak sebesar apa yang diharapkannya.
  • Pulang dari pasar, Hera bertemu Karisa, teman sekolah yang telah menjadi pengusaha kue yang sukses.
  • Hera meminjam modal pada Karisa, dengan memberi jaminan motor yang ia pinjam pada orang lain.
  • Tak ingin keluar banyak modal, Hera melakukan cara yang licik, dengan mengolah kembali kue yang berjamur.
  • Kian hari keuntungan kian banyak, Hera semakin bersemangat membeli kue yang sudah berjamur dan mendaur ulang kembali menjadi kue yang lezat.
  • Karena ketahuan dan ingin membuktikan bahwa kue yang dijual itu layak dimakan, Hera akhirnya melahap dengan rakus di depan warga.
  • Akibat kebanyakan memakan kue expired, Hera akhirnya meninggal.


Proses Penguburan

  • Tikar pembalut jenazah Hera tiba-tiba dipenuhi jamur.
  • Trio cangkul kelelahan, sudah tiga kali menggali kubur karena setiap digali makam ditumbuhi jamur jenis Laktarius.
  • Semua warga menganggap tragedy yang menimpa Hera merupakan teguran agar lebih hati-hati ketika membeli makanan dan tidak berbuat seperti Hera.

Setelah sinopsis selesai dibuat, maka tahap selanjutnya adalah membuat plot yang mana contohnya akan saya share edisi berikut ya, agar nggak bosan bacanya 😁. 

Catatan: setiap stasiun FTV punya kriteria sinopsis yang berbeda-beda, tapi intinya tulis garis besar cerita yang akan kita sajikan. Sebab, setiap tulisan akan menemukan jodohnya masing-masing, eh kok malah bahas jodoh😂

Tips Foto Keren Hanya Bermodal Smartphone

Tuesday, March 13, 2018
"Duh, kok tangan berasa kram ya?"
"Yaah ... baru beberapa kali foto-foto, baterainya udah lobet. Huf!"


Itulah dua gelintir pengalaman buruk yang pernah saya alami. Buruk kenapa? Karena saya tak bisa mengabadikan moment yang mungkin tak bisa diulang, duuh😥. Apalagi hobi saya yang suka foto-foto, saat asik-asiknya berfoto ria, nemu lokasi yang keren buat foto selfie, eh batrainya habis. Nasib ... nasib...!

Dua tahun lalu suami ajak beli handphone, tapi kok belum lama dipakai baterainya udah nggak kuat, tangan juga lebih cepat pegal padahal baru sebentar dipakai buat chattingan. Dan, terpaksa harus nyari HaPe lagi buat mendukung segala aktivitas saya yang hobi nge-vlog maupun nge-blog, bahkan foto-foto. Saat bingung nyari handphone yang cocok, eh ketemu solusinya, yakni Smartphone Advan G2.

Oiya, sebelum saya menjelaskan tentang apa saja yang membuat saya jadi jatuh hati pada Advan G2, saya mau berbagi tips agar bisa mendapatkan hasil foto keren hanya bermodal smartphone. Simak terus ya😉

Smartphone dan Perkembangan Zaman.
Tak dapat dipungkiri, jika seiring perkembangan zaman teknologi, beragam fitur unggulan kamera DSLR saat ini sudah dapat ditemukan pada kamera smartphone. Yang mana pemakaiannya juga lebih mudah karena bisa dibawa kemana-mana. Terlebih lagi menangkap momen menggunakan kamera smartphone kini bukan hanya menjadi sekadar hobi saja, melainkan sudah menjadi sebuah profesi. 

Suatu hari saya melihat instagram teman, ia menggunggah foto di timeline-nya. Hasil jepretannya bagus dan warnanya juga bersih. Ada berbagai foto hingga video yang diunggah, mulai dari kuliner, saat ia melakukan perjalanan liburan dan masih banyak lagi. Membuat saya berdecak kagum😍.

Penasaran? Ya dong penasaran. Soalnya saya salah satu yang sangat hobi foto-foto hingga mem-video segala aktivitas maupun hal yang saya anggap menarik. Dan, saya berharap moga suatu saat bisa belajar teknik mem-foto maupun mem-video yang dapat membuat hasil jepretan saya makin menarik. Dan alhamdulillah, tanggal 10 Maret 2018 baru-baru ini saya bisa ikut belajar teknik mem-foto yang dapat menghasilkan jepretan menarik hanya dengan modal Smartphone, dimana acara tersebut di selenggarakan oleh @kompakersdepok yang bertempat di Gedung Felfest IFC UI Depok.
Workshop Dasar Fotografi.
Dalam kegiatan workshop yang saya ikuti, ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan, diantaranya: kamera, lensa yang tepat, tripod dan aksesori, perlengkapan lighting (lampu, reflektor, blocker, difuser), serta properti foto.

Untuk mendapatkan hasil foto yang keren, hal yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan, dimana jam yang tepat untuk memotret yakni pada jam 08.00 hingga jam 10.00 dan pada jam 15.00 hingga jam 17.00. 
Pada kesempatannya, Titus O. Mainassy (pemateri workshop) memberikan trik:
1. Rule of Third.
Dimana aturan ini digunakan sebagai pondasi keseimbangan elemen foto.

2. Cahaya
Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, maka waktu yang tepat untuk memotret di jam 08.00 s/d 10.00 Dan jam 15.00 s/d 17.00.

3. Peka.
Dimana kita harus peka terhadap apa yang akan difoto, sebisa mungkin apa yang difoto tersebut memiliki makna.

4. Moment.
Setiap peristiwa takkan pernah kembali. Nah, disinilah peran potography, untuk mengabadikan momen yang mungkin takkan terulang.

5. Timing.
Dimana kita harus bisa menentukan waktu pada objek yang mau diambil.

6. Aplikasi.
Untuk aplikasi, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit foto, diantaranya: Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Snapseed, dan masih banyak lagi.

Keunggulan Smartphone Advan G2

Setiap smartphone memiliki keunggulannya masing-masing, namun keunggulan produk Advan produk lokal ini membuat saya berdecak kagum, yakni Advanced G2. Keunggulan tersebut diantaranya:

1. Hasil selfie bagus.
Siapa sih yang nggak suka selfie di jaman now? Pasti pada suka. Dengan Advanced G2 ini, hasil foto selfie yang akan kita dapatkan tentu saja lebih bagus, sebagaimana slogannya "selfie in detail".

2. Desain Elegan.
Meskipun Advan G2 ini produk lokal, namun desainnya tak kalah menarik dari produk Internasional.

3. Bobot enteng.
Siapa yang pernah alami tangan pegel megang/ mainan handphone? Saya pernah ☝😁. Apalagi saat meliput kegiatan acara komunitas dan chattingan, pegelnya bukan main. Nah, produk Advan G2 ini memiliki bobot yang ringan, sehingga tangan nggak perlu alami adegan pegel meskipun seharian chattingan.

4. Baterai tahan lama.
Ini sering banget saya alami, saat asik memotret, eh baterainya habis apalagi jika digunakan untuk mem-video. Terpaksa deh momen indah yang mau diabadikan terlewat begitu aja😐. Namun, dengan menggunakan Advan G2 ini, kita nggak perlu repot-repot bawa powerbank lagi, sebab baterai Advan G2 tahan lama.

5. Sinyal stabil.
Untuk masalah sinyal, teman-teman nggak perlu khawatir. Advan G2 ini sinyalnya stabil dimanapun kita berada.

Tidak hanya itu saja, kelebihan Advan G2 yang bikin saya semakin berdecak kagum, ternyata smartphone Advan G2 ini memiliki kelebihan lain yang bikin teman-teman nggak bakalan menyesal deh, diantaranya:
* Terdapat Fitur anti theft, dimana fitur ini dapat melacak hp jika terselip.

* Fade in: dimana kita dapat membuka HP hanya dengan deteksi wajah.

*Privacy system: dimana kita dapat menyimpan file rahasia. Pokoknya aman deeh!

Nah, buat teman-teman yang masih penasaran sama produk Advan G2 ini, teman-teman bisa cek di Instagramnya @AdvanIndonesia atau datang langsung ke gerai Advan ya.
Terima kasih komunitas KOMPAKERSDEPOK dan Mbak Ade atas undangannya. Selain dapat ilmu saya juga mendapat teman baru dan juga oleh-oleh.

Tutorial Bikin Video Menggunakan Smartphone Bersama Kang Dudi

Friday, March 9, 2018
Dok. Komunitas ISB
"Kok hasil videonya butek kaya air keruh gitu? Ini juga gambarnya miring-miring" ucap saya pada diri sendiri saat membuat video ketika berada di tempat wisata.

Sayang sungguh sayang, momen indah di tempat wisata tak bisa saya abadikan dengan baik. Padahal, saya belum tentu bisa balik lagi ke lokasi itu, jauuuh😩.

Pernah suatu ketika liat teman share video, duuuh videonya kok bikin jatuh cinta, kece abis dan hasil nggak bikin meringis seperti tragedi saya yang gagal abadikan momen jalan-jalan ke objek wisata. Karena penasaran, saya tanya-tanya bagaimana cara dia bikin video semenarik itu. Tapiiii, itulah saya, saya bisa jika langsung dipraktekkan, kalau cuma teori ingatnya hari ini esok lusa udah lupa lagi. Duuuh😣

Tapi ibaratnya pucuk dicinta ulam pun tiba, minggu lalu saya mendapat info dari ISB, itu loh komunitas Indonesian Social Blogpreneur, akan mengadakan workshop keren. Tapi eh tetapi, harus melewati tahap seleksi. Bayangkan, peserta yang akan dipilih hanya 30 orang saja. Saat mendaftar, saya sempat harap cemas kalau-kalau tidak terpilih, duuh padahal kepengen banget bisa mendapatkan kesempatan itu.

Saat berselancar ke komunitas ISB, ternyata sudah keluar pengumuman nama-nama yang terpilih untuk ikut acara tersebut. Alhamdulillah, saya menjadi salah satu peserta terpilih itu.😍 Terima kasih ISB.

Mbak Ani Berta, Founder ISB (Dok. Pribadi)

Belajar Bikin Video Menggunakan Smartphone Bersama Kang Dudi Iskandar.
Alhamdulillah saat acara tanggal 4 Maret 2018 lalu saya diberi kesehatan sehingga bisa menghadiri workshop dari Kang Dudi Iskandar dengan tema 'Bikin Video Menggunakan Smartphone' yang berlangsung di Burger King Plaza Festival bersama teman blogger, Komunitas ISB dan juga CNI.

Kang Dudi menjelaskan mengenai perbedaan antara Youtuber dengan Vlogger, jika kekuatan di vlog ada 'aku'nya, sedangkan Youtuber tidak.

Sebelum memulai materi, Kang Dudi memperkenalkan diri serta aktivitasnya sebagai fotografer serta vlogger. Kang Dudi juga menyampaikan jika aplikasi edit video untuk android diantaranya: Kinemaster, Filmora Go, Power Director, Viva movie, Power Director, Legend.

📷Ada 5 cara shot, yakni:

  1. Close up muka.
  2. Close up aktivitas.
  3. Wide shot.
  4. Side shot.
  5. Over the shoulder shot.
"Tiap shot tahan napas selama 10 detik" kata Kang Dudi.

Setelahnya kami diminta untuk men-download aplikasi Legend dan Aplikasi Power Director. Jika aplikasi Legend ini untuk membuat animasi teks, berbeda dengan Power Director yang digunakan untuk mengedit video seperti memasukan beberapa kumpulan video, foto serta memasukan bagian dari aplikasi Legend tadi kemudian mengedit serta memotong bagian video yang dianggap tidak gunakan.

Dok .Komunitas ISB

Pada penyampaian materi, Kang Dudi juga mempraktekan cara penggunaan kedua aplikasi tersebut dengan diikuti para blogger. Kang Dudi juga merekomendasikan Power Director merupakan aplikasi yang wajib di download, sebab berlangganan Power Director hanya Rp. 60.000 saja sekali bayar untuk selamanya selama email yang didaftarkan masih berlaku.

Tidak hanya saat membuat tulisan, kita menggunakan rumus 5w + 1h akan tetapi ketika akan membuat video vlog juga dapat digunakan agar video yang akan dibuat lebih terarah.

Aplikasi Legend
Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk membuat tampilan video lebih 'bernuansa' dengan fitur gaya tulisan yang beragam dan tentu saja kita dapat menyisipkan gambar/ foto apapun sebagai background.


Aplikasi Power Director
Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, kita tinggal memasukan video yang ingin dipotong, kemudian jika ingin menambahkan foto kita dapat menambahkan saja. Terlebih lagi ingin menambahkan musik, ada beberapa rekomendasi yang dapat dipakai diantaranya:

  1. Bensound.com ✅
  2. Freemusicarchive.org ✅
  3. Joshwoodward.com ✅
  4. Freesoundtrackmusic.com ✅




Setelah klik "New Project" kita isi nama project yang diinginkan lalu kita dapat menentukan ingin menentukan Project Aspect Ratio dalam bentuk Landscape atau Potrait, disesuaikan saat proses pengambilan foto maupun video itu sendiri.

Setelah edit-edit, potong memotong video next proses penyimpanan. Nah, untuk penyimpanan ini kita dapat memilih save file pada galeri, sehingga hasil editing tadi otomatis ke-save. Bagaimana teman-teman? Mudah kan bikin videonya?

Udah ah, daripada dibaca aja, mending langsung praktek😃.
Dan, taraaaa... Inilah hasil video saya setelah belajar bikin video bareng Kang Dudi dan teman-teman blogger, nonton yuuuk!😁


Oiya, selain dapat ilmu, alhamdulillah dapat oleh-oleh juga dari ISB yang bekerjasama dengan CNI. CNI ini menyediakan berbagai produk-produk kesehatan CNI dan juga berbagai jenis produk CNI lainnya yang tentu saja dapat menunjang gaya hidup sehat kita. Apalagi bu ibu rumah tangga, CNI juga menjual produk peralatan rumah tangga dan pastinya dengan harga terjangkau.

Entah kebetulan atau gimana, barang yang saya peroleh ini adalah barang impian saya bulan lalu. Mengapa saya bilang barang impian? Sebab, saya kepengen banget punya, tapi belum kesampaian karena uang buat beli, ada-ada aja kegunaannya, *eh jadi curcol😂
Ayo kita bikin video vlog😉!

Berkat Prive Uri Cran Cegah Anyang-anyangan Selama Perjalanan

Wednesday, March 7, 2018

Berkat Prive Uri-CranCegah Anyang-anyangan Perjalanan Jadi Menyenangkan

Tanpa terasa bulan Maret di tahun 2018 akan berlalu *masih lama kalee😂* tapi bagi saya yang sudah lama tak pulang ke kampung halaman tentu saja pengennya waktu cepat berputar agar bisa segera berkumpul bersama keluarga, terutama di hari lebaran. Apalagi sudah dua tahun ini nggak pulang, setahun lagi tetap nggak pulang juga, maka saya tak ubahnya seperti bang Toyib (itu loh, yang lagunya tiga kali puasa tiga kali lebaran nggak pulang-pulang)😱, sudah lama, kan? Gimana nggak lama, itu semua berawal kekhawatiran saya pada kejadian beberapa tahun yang lalu.

Curhat dulu deh kalau gitu...
Jadi, di tahun 2015 saya dan suami memutuskan untuk berlebaran di kampung halaman, tepatnya hari raya Idul Fitri. Jadwal penerbangan kami saat itu pada pukul 06.00 Wib. Karena jarak antara tempat tinggal kami (Depok) dengan bandara Soekarno-Hatta cukup jauh, maka kami berangkat mulai pukul 02.00 Wib. Sudah bisa dibayangkan, saat mata masih dalam 5 watt sudah harus melek 360 derajat😂. 

Sesampainya di bandara, tim informasi memberi tahu jika pesawat akan mengalami delay. Terpaksa menunggu. Dan, tujuan kami saat itu adalah pulang ke kampung halaman suami lebih dulu, Kerinci-Jambi. Tahu kan daerah Kerinci? Itu loh, wilayah yang terkenal dengan gunung tertinggi ke-5 di Indonesia, yang makanan khasnya dodol kentang.

Setelah hampir satu jam menunggu, akhirnya bagian informasi mengumumkan jika pemberangkatan menuju Bandara Sultan Thaha sekitar sepuluh menit lagi dan para penumpang harus bersiap, termasuk saya dan suami. Ingin rasanya sebentar saja ke toilet, untuk sekadar buang air kecil, tapi karena merasa sudah nggak keburu lagi, akhirnya saya batalkan niat saya untuk buang air kecil. "Soekarno-Hatta ke Jambi cuma satu jam-an aja, masih bisa ditahan hingga tiba di sana" pikir saya.

Setibanya kami di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, ternyata mobil travel yang sudah kami pesan sudah datang, dan parahnya sudah lama menunggu. Saya baru ingat, sesuai janji penjemputan harusnya memang sekitar jam 07.00, tapi eh tetapi karena delay jadinya tidak sesuai skenario, dan salahnya kami lupa memberi informasi ke supir travel,  parah beuh.

Untuk menghindari adegan marah-marahan seorang supir pada penumpangnya, terpaksalah saya dan suami masuk ke mobil. Padahal, saat itu saya sedang menahan pipis. Saya kira mobil travel langsung berangkat ke tujuan, tapi ternyata tidak, mobil berhenti di loket. Huaah, saya sangat bersyukur, itu berarti ada kesempatan saya buat buang air kecil. Sambil berlari-lari kecil saya langsung menuju kamar mandi.

Lega? Ya tentu saja lega, sebab sudah ditahan dari beberapa jam lalu. Tapi😥, ada rasa yang tidak nyaman saat saya buang air kecil. Harusnya urine yang saya keluarkan banyak, ternyata jumlahnya lebih sedikit dari biasanya. Bahkan, rasanya pun berbeda. Terasa perih saat saya buang air kecil, dan itu berlanjut dengan rasa ingin buang air kecil kembali. Duuh, nggak nyaman banget rasanya. Akhirnya, saya balik lagi ke kamar mandi hingga beberapa kali sampai mobil berangkat.

Suami saya melihat saya udah keringat dingin, dikira karena saya nggak kuat dengan AC mobil, padahal itu karena saya menahan-nahan buang air kecil yang berulang-ulang. Saya ingat-ingat, sebelum berangkat sengaja tidak minum air mineral, untuk menghindari adegan keluar-masuk kamar mandi, tapi setelah mengalami perih saat buang air kecil, barulah saya sadar jika penyebab sakit buang air kecil yang saya rasakan itu dikarenakan saya terlalu lama menahan pipis. Duh, kapok dah!

Dari kejadian itu, saya jadi teringat sama teman yang pernah curhat jika dia pernah buang air kecil disertai rasa sakit dan perih, karena takut hal fatal terjadi dia tanya-tanya ke dokter, ternyata yang dia alami merupakan gejala awal infeksi saluran kemih atau lebih akrab disebut dengan anyang-anyangan. Saya pikir, anyang-anyangan terjadi hanya pada orang-orang tertentu saja, seperti usia lanjut, tapi nyatanya tidak. Semua orang bisa terkena resiko mengalami anyang-anyangan, baik orang dewasa, anak-anak bahkan ibu hamil😰, duh nggak lagi deh nahan pipis.

Baca juga: Informasi Mengenai Anyang-anyangan.


Setelah kejadian itu, saya lebih mawas dan tidak menunda-nunda jika ingin buang air kecil, meskipun dalam perjalanan saya usahakan tidak menahannya. Untuk mengobati anyang-anyangan yang saya derita, saya obati dengan Prive Uri-Cran. Apalagi ketika melakukan perjalanan jauh, Prive Uri-Cran setia menemani. Sehingga, saya lebih nyaman, serta tak ada lagi adegan menahan rasa sakit buang air kecil sebagaimana yang pernah saya alami. Dan, tentu saja saya sedia Prive Uri-Cran Kapsul dan Sachet.






Prive Uri-Cran Cranberry Extract


Diantara teman-teman mungkin bertanya-tanya, apa itu Prive Uri-Cran dan apa alasan saya memilih Prive Uri-Cran untuk mengobati anyang-anyangan yang saya derita? Oke, saya akan menjelaskannya.

Ada sebanyak 80% kasus anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri E-Coli, dimana bakteri E-Coli ini dapat menempel pada saluran kemih. Dan Esktrak Cranberry merupakan bahan alami yang dapat mencegah bakteri E-Coli ini menepel di saluran kemih.

"Tapi kan, nyari Cranberry tidak semudah itu? Gimana dong?"

Tenang teman-teman, sekarang kita nggak perlu repot-repot lagi nyari buah Cranberry. Soalnya, ekstrak Cranberry ini sudah tersedia dalam bentuk kapsul dan serbuk dalam kemasan Prive Uri-Cran.

Prive Uri-Cran merupakan suplemen makanan yang mengandung ekstrak Cranberry. Buah Cranberry dengan nama ilmiah vaccinium oxycoccos ini adalah salah satu tanaman jenis berry yang termasuk dalam tanaman semak atau tanaman yang biasa tumbuh liar yang banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Buah Cranberry telah lama diteliti dan digunakan di Amerika yang efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-Coli pada dinding saluran kemih dan membuangnya bersama air kencing, sehingga mencegah bakteri tersebut menularkan inveksi.
Khasiat dari buah Cranberry ini sudah terkenal di dunia sebagai solusi alami untuk mengatasi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Dimana hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis secara acak sempurna yang menyatakan bahwa jus buah Cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kemih.

Pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah Cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kemih. Selain kaya akan serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yakni salah satu sumber antioksidan polifenol, buah Cranberry juga mempunyai kadar vutamin C yang cukup tinggi, sehingga buah Cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jangtung serta dapat mencegah penyakit berbahaya lainnya seperti kanker dan penyakit jantung.

Oiya teman-teman, beberapa tahun terakhir lalu hingga kini, Cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan serta digunakan sebagai antioksidan.

Untuk mengatasi anyang-anyangan yang diderita, kita tak perlu lagi bersusah payah mencari dan mendapatkan buah Cranberry hingga pergi ke benua Amerika, sebab semua manfaat Cranberry bisa kita dapatkan di dalam Prive Uri-Cran, baik kapsul maupun yang sachet. Dalam kemasannya ini, Prive Uri-Cran menjadi solusi praktis yang mudah serta aman dalam mengatasi anyang-anyangan.

"Saya sudah minum, tapi kok belum ada perubahan?"

Tentu saja belum ada perubahan jika minumnya tidak teratur. Maka, untuk hasil maksimal, sebaiknya konsumsi 2 gelas (@150ml) jus Cranberry per hari selama kurang lebih 10 hari untuk Prive Uri-Cran dalam bentuk Scahet, atau 1-2 kapsul per hari untuk Prive Uri-Cran dalam bentuk kapsul.


Mengapa Saya Perlu Memelihara Kesehatan?


Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan kesehatan manusia terganggu, seperti misalnya faktor pola makan dan pola hidup yang buruk.

Dari apa yang pernah saya alami, membuat saya lebih menjaga pola makan maupun pola hidup, sebab saya tidak mau mengalami anyang-anyangan berulang. Bikin repot, bikin susah tentunya terhadap diri sendiri. Bahkan sebuah fakta yang saya ketahui dari googling, jika ternyata wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih dibanding pria. Masyaa Allah. 😰


Setelah mengetahui fakta tersebut, apakah kita harus berdiam diri? Tentu saja tidak. Pernah dengar pepatah mengatakan "mencegah lebih baik daripada mengobati"? Yups, meskipun itu pepatah lama, tapi apa salahnya diterapkan. Sebab, sehat itu mahal loh. Dan, cara mencegah anyang-anyangan yang bisa kita lakukan adalah:


  1. Jangan menahan hasrat untuk buang air kecil. Saat kita merasa ingin buang air kecil, jangan ditahan-tahan meskipun sebentar, segera lakukan. Sebab, ini biasanya yang sering sekali dilakukan, awalnya ditahan, akhirnya keterusan, sehingga anyang-anyangan menyerang ✅
  2. Jangan memakai pakaian dalam terlalu ketat ✅ 
  3. Saat buang air (BAK maupun BAB) basuhlah organ intim dari arah depan ke arah belakang, tujuannya agar bakteri yang berasal dari saluran pembuangan tidak berpindah ke organ intim✅
  4. Gunakan air bersih untuk membasuh organ intim, apalagi saat bepergian sangat penting membawa air bersih kedalam botol, sebab berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami saya pernah kesulitan mendapat air untuk cebokan, jadi terpaksa nyari air dulu 😪✅
  5. Setelah buang air (BAB dan BAK) dan membasuh organ intim, segera keringkan organ intim dengan tissu, sebab bakteri sangat suka berkembang pada pakaian dalam yang lembab maupun basah ✅
  6. Rajin minum air putih. Nah, ini biasanya jarang dilakukan, apalagi saat perjalanan jauh, padahal rajin minum air putih menjadi salah satu cara untuk mengatasi susah buang air kecil ✅
  7. Jangan langsung duduk di kursi yang baru saja ditinggalkan oleh orang lain. Sebab, tidak ada yang dapat menjamin ada atau tidaknya bakteri yang tertinggal sesaat setelah tempat duduk itu ditinggalkan. Maka beri jeda beberapa saat sebelum memutuskan untuk duduk di tempat yang sama ✅
  8. Saat ingin buang air (BAK maupun BAB) di toilet umum, jangan pernah langsung duduk di toiletnya (jika toilet duduk), tapi basuhlah dudukan toilet terlebih dulu dengan air lalu keringkan dengan tissu, baru kemudian buang air kecil/ besar ✅
  9. Jangan menggunakan air yang ada di ember/ bak untuk membasuh organ intim karena belum terjamin kebersihannya, apalagi di toilet umum ✅
  10. Rajin konsumsi buah-buahan, sebab buah-buahan dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh, salah satu buah yang disarankan adalah buah Cranberry ✅

Penyebab Anyang-anyangan dan Cara Mengatasinya

Anyang-anyangan merupakan penyakit yang tidak serta merta muncul begitu saja. Anyang-anyangan sama seperti penyakit lainnya yang kemunculannya memiliki beberapa faktor, dan faktor penyebab anyang-anyangan tersebut diantaranya:

  1. Bakteri. Bakteri penyebab anyang-anyangan dan infeksi saluran kencing adalah Bakteri E-Coli ✅
  2. Kebersihan organ intim yang kurang terjaga ✅
  3. Dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh bisa menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan. Sebab, saat tubuh kekurangan cairan maka produksi urine juga semakin berkurang. Seseorang yang dehidrasi sering merasa ingin buang air kecil akan tetapi volume urine yang dikrluarkan sedikit ✅
  4. Diabetes. Penderita diabetes juga rentan terkena anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih ✅
  5. Alat kontrasepsi. Menggunakan alat kontrasepsi (khususnya KB spiral) juga bisa menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan ✅
  6. Kehamilan. Ketika bayi di dalam kandungan makin membesar, maka kandungan akan menekan kantung kemih. Kantung kemih yang tertekan inilah menjadi penyebab wanita hamil merasakan ingin buang air kecil secara terus menerus ✅
Duuh, ngeri ya😰? Untuk itu kita harus melakukan tindakan agar terhindar dari anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih. Dan berikut merupakan cara mengatasi anyang-anyangan:
  1. Saat terkena anyang-anyangan, banyak-banyaklah minum air putih agar buang air kecil menjadi lancar serta lebih banyak. Sebab, semakin lancar dan banyak urine yang keluar saat buang air kecil, rasa sakitnya akan perlahan berkurang ✅
  2. Minum seduhan air hangat yang dicampur sedikit gula dan perasa air jeruk nipis untuk meredakan rasa sakit akibat anyang-anyangan ✅
  3. Minum Prive Uri-Cran secara teratur. Sebab, ekstrak Cranberry yang terdapat di dalam suplemen ini mampu menyembuhkan dan mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan anyang-anyangan ✅
Apabila cara di atas sudah dilakukan namun anyang-anyangan yang diderita tidak kunjung sembuh, maka segera ke dokter sebab bisa saja ada penyakit serius yang sedang diderita.




Alasan Memilih Prive Uri-Cran

Ada beberapa alasan yang membuat saya memutuskan untuk memilih Prive Uri-Cran sebagai solusi atasi anyang-anyangan, diantaranya:
  1. Prive Uri-Cran ini terbuat dari bahan alami yang tidak berbahaya ✅
  2. Prive Uri-Cran aman dikonsumsi setiap hari sebab merupakan suplemen makanan yang juga bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh ✅
  3. Praktis dan mudah dibawa, sebab kemasannya tidak terlalu besar, baik Prive Uri-Cran sachet maupun kapsul ✅
  4. Prive Uri-Cran ini diproduksi oleh perusahaan terpercaya, yakni Combiphar.
"Waaah, banyak ya manfaat yang terkandung di dalam Prive Uri-Cran😍" iya dong. 
Uri-Cran Pas di Dompet (Dok. Pribadi)
"Tapi, pasti nyari Uri-Cran susah ya?😩" nggak kok. Teman-teman bisa dapatkan Prive Uri-Cran ini di apotek-apotek terdekat seluruh Indonesia seperti Century, Guardian, Kimia Farma, Viva Health serta apotik lainnya. Nah, buat teman-teman yang masih kesulitan nyari Prive Uri-Cran, teman-teman juga bisa kok beli secara online di beberapa e-commerce dan tentu saja dengan harga yang bervariatif tergantung penjualnya.

Bagaimana? Masih menunda-nunda untuk menjaga kesehatan? Kalau saya nggak mau deh, udah kapok😂. Bagaimana dengan teman-teman?

Semoga pengalaman saya dan informasi ini bermanfaat ya😘. 

Auto Post Signature