Skip to main content

Social Media: Cari Tahu Manfaatnya dan Hasilkan Rupiah

"Emang bisa mendapat penghasilan dari Social Media?"

     Memetik hasil dari kerja yang sudah cukup keras dengan menggunakan social media, maka saya berani mengatakan "YA" bahwa melalui social media saya bisa mendapat penghasilan. 

     Dulu, sebelum tahu manfaat dari social media itu sendiri, saya menggunakan fitur- fitur yang ada seperti facebook, blackberry Massager hanya sebagai alat komunikasi untuk menjalin silaturahmi dengan teman nun jauh dimana-mana. Bahkan, hingga launching fitur terbaru yakni WhatsApp, saya pun masih menggunakan fitur tersebut dengan kegunaan yang sama, yakni menjadi ajang menjalin tali silaturahmi. Namun, seiring berjalannya musim waktu, saya mulai memahami segudang manfaat apa saja yang bisa saya ambil dari ber-social media itu sendiri. Bahkan, ketika saya bergabung ke salah satu grup kepenulisan, saya mulai tertarik untuk terjun ke dunia sastra. Hingga sekarang berlanjut ke blogger, twitter, instagram dan masih ada banyak lagi. 

Sudah dapat penghasilan dari social media? Tentu saja semua butuh proses dan kerja cerdas. Saya saja entah berapa lama purnama baru mendapatkan manfaat dari kerja keras saya selama ini. Lalu, mengapa harus kerja cerdas? Kerja cerdas itu ibarat masakan yang kita olah, kalau menunya itu-itu terus tentu saja timbul rasa bosan, coba kalau sesekali kita buat menu lainnya, atau mungkin bereksperimen dengan ide sendiri. Kan sekarang apa-apa tinggal browsing di internet yang penting jangan plagiat ya :D.

Mengapa harus social media? Sebab, peluang terbuka selebar-lebarnya untuk kamu yang mau berusaha.

Media merupakan alat, sedangkan sosial suatu interaksi, dengan menggunakan teknik komunikasi yang sangat mudah dan scalable. Social media atau media sosial adalah penggunaan teknologi berbasis web dan mobile untuk mengubah komunikasi menjadi dialog interktif. Majunya perkembangan teknologi saat sekarang ini tentu saja berbanding lurus dengan perkembangan social media. Mengapa demikian? Sebab, banyaknya jumlah social media dikarenakan sifat dasar manusia yang merupakan makluk sosial.

Menurut Para Ahli


  • Wikipedia. Social media atau yang lebih sering kita kenal dengan media sosial merupakan sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi bahkan menciptakan isi, meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia firtual.
  • Andreas Kaplan dan Michael Haenlein. Social media merupakan sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.

Facebook

Facebook yang dibuat oleh Mark Zuckerberg menjadi social media paling populer di dunia. Sejak diluncurkan pada tahun 2004 silam, facebook sudah dilengkapi berbagai fitur yang memanjakan para penggunanya, mulai dari yang awam soal internet hingga yang sudah ahli sekalipun tidak akan mengalami kesulitan menggunakan facebook sebagai sarana berbagi informasi di dunia maya.

Masih segar dalam ingatan, kira-kira tahun 2006, saat saya baru pertama kali kenal facebook dan itu pun tahu dari sepupu. Awalnya saya belum begitu paham cara membuat dan menggunakan facebook, namun saya pun kemudian membrowsing di internet mengenai cara belajar facebook dan hasilnya saya pun mengerti.

Twitter

Twitter merupakan social media yang mirip dengan microblog ini tercatat sebagai social media yang paling aktif penggunanya. Sejak diluncurkan pada tahun 2006, twitter tumbuh pesat dengan ratusan juta pengguna. Meskipun twitter hanya bisa membagikan status dengan singkat, namun hampir seluruh pengguna internet menggunakan twitter untuk kepentingan masing-masing.

Google Plus

Google plus merupakan jejaring sosial yang dibesut oleh google pada tahun 2011. Kepopuleran google plus atau Google+ juga sudah mendunia. Google+ menyediakan layanan profile, Google map, Google buzz serta beberapa lainnya.

Instagram

Instagram merupakan social media yang menjadi tempat berbagi foto atau video yang paling populer saat ini. Fitur yang tersedia hampir sama dengan social media yang lainnya, yaitu ada hashtag, comment, mention, like, follow, dan masih banyak lainnya.

Pinterest

Pada situs ini, kamu dapat meng-upload foto ke pinboard, lalu kemudian meng-share ke dalam website atau social media lainnya. Akan tetapi, di Indonesia fitur ini kurang populer jika dibanding dengan social media lain.

Tumblr

Tumblr merupakan social media yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan post yang berbentuk blog mini yang bisa dilihat di dashboard pengguna lain yang mengikuti kamu. Seperti layaknya layanan web lain, Tumblr juga mendesain tampilan dengan HTML. Jadi, kamu bebas mendesain tampilan profil kamu sesuai keinginan. 

Dan, masih banyak lagi fitur social media yang bisa kamu gunakan untuk meng-upload kegiatan, foto pribadi, hingga bisnis yang sedang kamu geluti, agar semakin banyak pelanggan yang berdatangan.

Image: Dok. Pribadi saat sedang belajar desain di Dumet School, Depok.
Berikut tutorial setelah saya belajar mandiri di rumah:

Dan, inilah hasil akhir:
Image: Dok. Pribadi. Hasil karya belajar desain di Dumet School dan berencana lanjut ke belajar digital marketing

Social media
 
menjadi bagian yang sangat diperlukan untuk pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien, serta menjadi media yang lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak, iklan televisi, brosur hingga selebaran. Selain itu, social media menjadi alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga membuat jaringan bisnis menjadi lebih luas jangkauannya.

Saat sekarang ini, social media memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar, serta memberikan kontribusi kesuksesan dan perkembangan pada segala aspek. Untuk itu, bagi kamu pemilik bisnis atau yang baru mau terjun ke dunia bisnis, hendaklah mengetahui bahwa belajar digital marketing itu sangat penting.

Digital marketing merupakan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan. Tipe pemasaran secara digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan menguasai teknik digital marketing kamu bisa mendapatkan customer di internet dengan cepat, mudah dan juga efektif. Sehingga kamu bisa memperoleh pundi-pundi rupiah.

Next, informasi buat kamu yang ingin belajar digital marketing, kamu bisa mendaftarkan diri ke Dumet School. 

Mengapa harus di Dumet School? Sebab, ada banyak kemudahan dan yang kamu dapatkan setelah belajar di Dumet School.

Sebagai informasi yang bikin kamu tidak bakalan menyesal belajar di Dumet School, yakni adanya jaminan pemahaman materi training sampai bisa meskipun kamu tidak punya basic digital marketing. Dan asiknya lagi, Dumet School juga memberikan garansi 100% uang kembali jika kamu tidak puas dengan kualitas materi pembelajaran. Ingat ya! Seratus persen! Soalnya, yang akan membimbing kamu adalah mentor yang telah ahli di bidangnya.

Berikut adalah testimonial murid digital marketing.
Kalau kamu kapan mau berkreasi dan memulai bisnis? Lalu, kemudian share ke social media dan punya banyak penghasilan? Jangan menunggu sampai besok, lusa, minggu depan atau mungkin tahun depan deh. Sebab, sekarang ini sudah banyak peluang usaha di depan mata yang fee-nya bikin ngiler menggiurkan.

Kamu dapat mendaftarkan diri ke salah satu alamat yang tertera di atas!

Desclaimer: Tulisan ini diikutkan lomba menulis blog Dumet School dengan tema "Social Media".

Comments

  1. wow...

    bagi bagi ilmunya tentang dumet school ka hehe.

    semoga berhasil ka:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar di Dumet School itu asik, kebetulan saya baru nyoba daftar di free trial mbak. Setelah belajar ada rencana sih mau daftar untuk ikutan kelas digital marketingnya, tapi lagi nyari waktu luang. Di Dumet School cara belajarnya langsung praktek dan kl belum paham nanti mentor akan membantu

      Delete
  2. wuih mba keren infografisnya kedip-kedip manja xixixi :) gudluck y mba dan aku adalah salah satu yang merasakan juga penghasilan lewat sosmed ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeipin mbak Herva :D. Iya mbak, sosmed benar2 manfaat deh

      Delete
  3. Wow, kayaknya bagus juga nih si Dumet School.. Saya paling suka FB, Twitter dan Instagram, sarat hiburan, terutama instagram.... Sukses ya lombanya, penjelasannya detail dan jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Om Hendra daftar ke Dumet, ada banyak program pilihan belajar juga

      Delete
  4. Ulasannya keren, sarat informasi :)

    ReplyDelete
  5. Thanks banget informasinya mbak, kayaknya menarik untuk dicoba ne!

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah berkat internet kita bisa menghasilkan pemasukan ya mba :)

    ReplyDelete
  7. Wahhhhh ... makin kesini idup di bumi jadi makin mudah yaaa terlebih lagi untuk orang yang bisa memanfaatkan apapun menjadi uang terutama medsos yang banyak dibutuhkan dan digunanakn orang
    salam kenal ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yg penting digunakan ke hal positif maka hasilnya pun jg positif

      Delete
  8. wah keren banget mba infonya. Goodluck ya mba buat lombanya :)

    ReplyDelete
  9. Wah, mantep bener ini, Mbak. Belajar otodidak sendiri begitu, sampai buka kursus websiste. Semoga sukses terus, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hanya mengulang dari apa yg saya dapat setelah belajar sehari di Dumet School mbak :)

      Delete
  10. Pengen juga belajar desain, kayaknya banyak yg dipelajari dan bagi kita online marketing pas banget yg dibutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak daftar aja ke Dumet School. :)

      Delete
  11. Mantep ulasannya mba. Sekarang ini sosmed memang banyak manfaat, selain buat branding, promosi juga bisa menghasilkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, bener banget mbak. :) Saya pun sudah merasakan manfaatnya

      Delete
  12. Mantep bener deh, iya Sosmed emang bisa ngasilin duit, apalagi di IG yang followernya banyak dah pasti banyak jobnya..

    ReplyDelete
  13. Pengen bgt bisa bljr desain :D

    ReplyDelete
  14. Jaman skrg sosmed memang menguntungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, yang penting lakukan hal yang penuh manfaat

      Delete
  15. Setujuuu Mba, sosmed untuk kebaikan apalagi bisa dapat penghasilan..TFS dan salam kenal ya Mbak 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak, terus semangat berbagi kebaikan dan peroleh penghasilan ;)

      Delete
  16. wahhh belum juga nemu utk bagian manfaat keuangannya mb hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.

Popular posts from this blog

Berpenghasilan dari Tulisan Bermakna

http://www.indosiar.com/shows/sayembara-sinema-indonesia-kispembacaaku
     Suka menulis dan ingin punya penghasilan? Inilah saatnya unjuk taring. Setelah FTV pada  beberapa stasiun televisi di Indonesia membuka kesempatan untuk penulis di seluruh Indonesia seperti Trans7, SCTV dan lainnya, maka Indosiar pun membuka kesempatan yang sama.
     Di sepanjang perjalanan hidup, kadang yang kita temui bukan hanya sukanya saja, akan tetapi duka pun hadir menjadi pelengkap. Dan dari sanalah kita belajar untuk menyikapi hidup dengan penuh kesabaran. Dan, Indosiar memberi kesempatan itu kepada penulis agar orang lain dapat memetik hikmah dari apa yang terjadi, dibuat dalam bentuk sinopsis.
     Berbicara soal sinopsis, menurut KBBI Offline Sinopsis merupakan ikhtisar dari sebuah karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu atau kata lain abstraksi atau rringkasan. Jadi, intinya sinopsis itu sebuah karangan sebab akibat yang ditulis ke dal…

Anyang-anyangan Menyerang, Basmi dengan Prive Uri-Cran

Assalamu'alaikum wr. wb.

     Halo pembaca setia, kali ini saya akan membahas mengenai Anyang-anyangan. Sebelum membahas lebih lanjut apa itu anyang-anyangan, penyebab hingga cara mengatasinya, saya punya pertanyaan. Pernahkah Anda mengalami hal ini? Rasa ingin buang air terus menerus, akan tetapi urine yang keluar hanya sedikit. Nah, hal semacam itulah yang disebut dengan Anyang-anyangan.

       Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya, namun volumenya sedikit-sedikit. "Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah dalam penyimpanan air seni di kandung kencing," jelasnya.

       Anyang-anyangan atau bahasa ilmiahnya Cylisis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang pada saluran kemih, dan dapat juga dikatakan sebagai gejala Infeksi Saluran Kemih, dimana a…

Pentingnya Berhati-hati Saat Pergi

Assalamu'alaikum wr. wb

      Hallo pembaca setia, semoga selalu sehat dan lancar rezkinya. Apalagi di bulan yang penuh berkah ini, apalagi kalau bukan bulan Ramadhan. Oh iya, saya mau berbagi informasi dan tips nih buat kalian yang hobi jalan atau mungkin berbelanja. Tapi sebelumnya saya mau sedikit bercerita tentang pengalaman suami saya.
      Sabtu, 27 Mei 2017. Suami saya pergi mengambil barang pesanan ke gudang. Sekitar  jam tujuh berangkat dari rumah dan jam sembilan lebih lima belas tiba di gudang pakaian.  Cukup lama berkeliling mencari pesanan lainnya hingga kemudian dirasa cukup barulah suami saya memutuskan untuk pulang. Saat itu kondisi di sana tidak terlalu ramai, namun menurut penuturan suami saya entah mengapa pengunjung yang tadinya tidak ramai tiba-tiba membuat jalan yang ditempuh terasa sempit.

     Setibanya suami di rumah, saya merasa ada yang aneh dengan tas kecil yang disandangnya. Tampak seperti ada benda yang hendak keluar dari dalam tas itu. Dan benar saj…