Tips Merawat Rambut Agar Tidak Berketombe

Wednesday, July 14, 2021

 

Tips Merawat Rambut Agar Tidak Berketombe
Pict. Pixabay

Shampo untuk rambut ketombe tentunya setiap orang berbeda, sebab cocok bagi Saya belumlah tentu cocok untuk orang lain, begitu pula sebaliknya. Bagi Saya, memiliki rambut indah menjadi keinginan dan kebanggaan tersendiri, dan untuk mendapatkannya pun Saya akan melakukan perawatan khusus, terlebih rambut Saya ini tipe yang mudah berketombe.


Tahu sendiri, jika ketombe menjadi salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu dan menyebalkan siapa saja, terlebih Saya. Apalagi ketombe ini menimbulkan berbagai masalah rambut lainnya seperti kusam, rambut lepek hingga rontok. Bahkan, ada beberapa teman Saya pernah mengeluhkan jika ketombe membuat rasa percaya dirinya jadi berkurang. Sebab, ketombe membuat rambutnya tampak kotor, hingga suatu ketika temanteman berkelakar rambut bersalju 😂, dan Saya pun pernah mengalami hal seperti itu. 


Merawat rambut tentunya tidak mudah, akan tetapi juga tidak akan sulit jika mau belajar. Sebagai Ikhtiar Saya dalam mengatasi ketombe, maka Saya pun melakukan beberapa cara berikut, diantaranya:

  • Pastikan Kulit Kepala Selalu Bersih. 

Tips Merawat Rambut supaya Tidak Berketombe
Pict. Pixabay


Menjaga kebersihan kulit kepala sangatlah penting, dan bisa dilakukan dengan keramas rambut setidaknya 3 hari sekali, dan saat membilas rambut pastikan rambut dan kulit kepala benarbenar bersih tanpa sisa shampo yang tertinggal. Sebab, sisa shampoo yang tertinggal karena kurangnya bersih saat membilas bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe loh. 


  • Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Rambut. 

Mengonsumsi berbagai makanan yang dapat menyehatkan rambut itu penting loh, diantaranya mengonsumsi buah dan sayur serta makanan yang mengandung vitamin A (seperti wortel, keju, telur rebus dan lainnya),  Vitamin C (seperti brokoli, buah Jeruk, jambu biji, pepaya dan lainnya) dan Vitamin E (seperti kacang-kacangan, buah alpukat, mangga, ikan salmon dan lainnya).


  • Keringkan Rambut Dengan Benar. 

Salah dalam proses mengeringkan rambut nyatanya juga dapat membuat rambut berketombe, maka saat rambut basah ada baiknya mengeringkan menggunakan handuk dengan cara yang lembut dan secara alami, bisa dengan cara diangin-anginkan atau rambut ditepuk-tepuk. Hindarilah mengeringkan rambut menggunakan hair dryer.


  • Creambath dan Gunakan Kondisioner dengan Tepat. 

Jika kulit kepala masih berketombe, ada baiknya jangan dulu di creambath, sebab jika asal-asalan melakukan creambath dikhawatirkan dapat melukai kulit kepala bahkan membuat ketombe makin menjadi. Dan, ketika menggunakan kondisioner, ada baiknya gunakan hanya di ujung rambut saja, sebab jika digunakan hingga pangkal rambut dapat memicu adanya ketombe baru.


  • Untuk yang Berhijab. 

Nah, buat temanteman yang berhijab seperti Saya, usahakan tidak memakai hijab ketika rambut sedang dalam keadaan basah dan jangan biarkan kulit kepala terlalu lembab akibat hijab yang digunakan. Sebab, hal ini dapat memicu kulit kepala menjadi gatal hingga berketombe, sebab Saya pernah mengalaminya.


  • Gunakan Shampo yang Tepat. 

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Berketombe
Pict. Pixabay


Dalam menggunakan shampoo, kita mesti selektif dalam memilih, apakah shampo tersebut akan cocok untuk kita atau tidak. Sebab, Saya pernah mengalami dimana Saya menggunakan shampo merk A yang ternyata membuat kulit kepala adem dan rambut pun tidak berketombe, lalu suatu ketika Saya menggunakan shampo merk B karena shampo yang biasa Saya gunakan sedang habis. Alhasil, setelah menggunakan shampo merk B tersebut rambut Saya terasa lepek, kulit kepala terasa sangat gatal dan ketombe-an. Setelah kejadian itu Saya pun enggan menggunakan shampo merk B karena tidak cocok dengan Saya. 


Nah, itulah beberapa tips dari Saya mengenai cara merawat rambut agar tidak berketombe. Semoga bermanfaat!!

18 comments on "Tips Merawat Rambut Agar Tidak Berketombe"
  1. iya, sepertinya untuk shampo ada cocok cocokan juga ya. Saya termasuk yg jarang kramas, tapi seminggu or dua minggu sekali keramas, ketombe ilang dan ga gatal. Nah pake merk lain, ternyata dalam tiga harian pun sudah ada ketombe. Jadi kembali ke merk lama tersebut, ngga asal beli lagi.

    ReplyDelete
  2. wah poin yang JANGAN PAKE HIJAB SAAT RAMBUT BASAH itu seriiiing kulakukan
    justru karena pas pake hijab kayak panaaas banget dan lepek. Eh ternyata salah yaaa

    ReplyDelete
  3. Ketombe memang terasa mengganggu banget, ya. Gak hanya bikin kulit kepala menjadi gatal. Rasa percaya diri juga bisa menurun. Gak nyaman rasanya kalau harus garuk-garuk di depan umum. Belum lagi kalau ketombenya terlhat di baju yang gelap

    ReplyDelete
  4. Kalau aku ketombenya musiman. Kalau lagi dekat-dekat deadline atau ada ujian, wuuuh langsung musim ketombe. Abis selesai, tiba-tiba hilang sendiri. Apa ada pengaruh hormon ke ketombe ya? Salam sehat Elva

    ReplyDelete
  5. Saya juga biasa keramas dua hari sekali, kadang juga tiga hari sekali, tergantung dari seberapa kotor rambut. Soalnya kalo ketombean, bikin nggak nyaman banget, apalagi kalo pake baju item, pasti kan keliatan banget. Apalagi saya juga suka banget pakai baju warna gelap.

    Makasih remindernya ya Mba. Penting banget untuk tetap menjaga kesehatan rambut.

    ReplyDelete
  6. Bener nih kadang habis keramas langsung pakai hijab...jadi deh masih lembap kulit kepalanya...Berkali-kali seperti ini, ketombean deh jadinya. Memang mesti perhatikan tips di artikel ini agar rambut tidak berketombe

    ReplyDelete
  7. Penting banget untuk merawat rambut yang ditutup kerudung. Saya pernah mengalami ketombe yang parah waktu SMP. Segala shampoo gak mempan. Mempannya dengan jeruk purut yang dipanggang kemudian isinya diusap-usap di kulit kepala. Langsung sirna

    ReplyDelete
  8. waah saya banget nih masih sering bermasalah dengan ketombe secara masih sering banget pakai hijab dalam keadaan rambut yang masih belum kering benar, secara emang gak pakai hair dryer sih jadi kalau pas abis keramas dan harus keluar jadi deh langsung cus jilbaban aja, kulit kepala jadi kotor kembali deh, lepek juga dan ketombean, huhuhh.

    ReplyDelete
  9. Saya semenjak suka ketombe karena ganti ganti shampoo rasanya udah kapok deh mbak. Mending cari aman, sebab kalau udah ketombean ga nyaman gitu

    ReplyDelete
  10. Dulu ketombe jadi masalah utama rambutku.
    Alhamdulillah sekarang udah nggak lagi.
    Tapi masalah rambutnya ganti jadi rambut rontok, hehehe

    ReplyDelete
  11. Kalau saya paling ngaruh tuh sama shampoo. Ada memang merek shampoo tertentu yang malah bikin ketombe banyak banget. Nggak tau deh kenapa sebabnya. Ya, mungkin nggak cocok aja kali ya...

    ReplyDelete
  12. Tipsnya bagus nih, saya orang yang coba macam macam shampo dan nyatanya masih ketombean..
    Artikel ini, InsyaAllah bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
  13. Salah satu musuhku nih, si ketombe. Apa lagi kalau berhijab seharian, panas-panasan. Keringat di kulit kepala, uuh jadi cikal bakal ketombe. Tapi bener sih tips di atas. Dengan produk yang tepat dan rajin jaga kebersihan insyaAllah tuh ketombe bakal minggat dan segan datang lagi.

    ReplyDelete
  14. Tips yang sangat bermanfaat dan berguna untuk para perempuan, utamanya juga kaum muslimah. Apalagi kalau mau pakai jilbab, jangan biarkan rambut basah, baru dipakaikan jilbab. Intinya, tetap pakai jilbab, menutup aurat, rambut juga harus sehat.

    ReplyDelete
  15. Nah penting banget nih mengetahui kesehatan rambut dan cara menjaganya ya..makasih mbak tips nya

    ReplyDelete
  16. Kebetulan aku berambut pendek sedari kecil, dan abis baca ini aku baru ngeh bahwa kalo cara ngeringin rambut ngga bener, bisa membuat muncunya ketombe ya Kak. Make sense sih.

    ReplyDelete
  17. Aduh, ketombe emang masalah rambut yang bikin gak nyaman banget ya mbak. Kebayang kulit kepala gatel apalagi buat yang berhijab. Emang cocok-cocokan sih kalau milih shampoo

    ReplyDelete
  18. Wah aku catet semua nih syaratnya. Rambutku lumayan berketombe soalnya. Makasih kak. Kyaknya gara gara shampoo yang cocok sama ngeringkan rambut gak bener nih.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature