Skip to main content

Taman Nasional Penang Tempat Wisata Asyik di Penang


Source: travelworld.ae
     Berwisata merupakan kegiatan perjalanan ke suatu tempat dan tentunya akan menjadi pilihan yang selalu dilakukan saat seseorang ingin menyegarkan otak dan menenangkan hati. Melakukan perjalanan berwisata tentunya akan lebih menyenangkan jika bersama teman ataupun keluarga. Selain di dalam negeri, tentu saja ada beberapa lokasi wisata luar negeri yang menjadi pilihan ketika  hendak menentukan ingin berwisata kemana, dan salah satu pilihan lokasi berwisata tersebut adalah negara Malaysia. 

     Ketika berkunjung ke Malaysia, rasanya tidak lengkap jika belum mengunjungi objek wisata yang ada di sana. Nyatanya bukan hanya Kuala Lumpur, namun Penang juga menjadi destinasi pilihan menarik bagi yang ingin merasakan sensasi lain dari negara tersebut.

     Salah satu tempat wisata di Penang yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Penang. Selain menjadi pilihan tempat berlibur bersama keluarga, Taman Nasional ini juga bisa menjadi arena bermain dan belajar bagi sang buah hati. Sehingga membuat liburan menjadi tidak membosankan, bahkan sebaliknya akan terasa sangat menyenangkan. Sebab ada banyak hal yang dapat dipelajari ketika berwisata ke Taman Nasional.

     Taman Nasional di Penang ini dulunya terkenal dengan sebutan Cagar Hutan Pantai Acheh, memiliki luas 2.562 hektar yang kemudian diresmikan pada tahun 2003. Setelah itu kemudian berganti nama menjadi Taman Nasional Penang. Taman ini memiliki keanekaragaman flora maupun fauna. Malaysian Nature Society menyebutkan bahwa terdapat 417 species flora dan 143 species fauna di taman tersebut.
Source: maisinggah.com
     Ada banyak hal yang dapat kita lihat di tempat wisata Taman Nasional Penang. Di tempat wisata tersebut terdapat 46 species burung, yang diantaranya adalah burung Kuntul, unggas air berdada putih, dan Pekakak berparuh bangau, taman ini juga memiliki sebuah pantai yang bernama Pantai Kerachut. Dimana pantai ini merupakan tempat bersarangnya penyu hijau. Jika ingin melihat penyu-penyu hijau tersebut, maka datanglah ke Taman Nasional Penang di bulan April sampai dengan Agustus. Selain itu terdapat juga penyu jenis Olive Ridley, dimana penyu jenis ini akan singgah di sekitaran pantai pada bulan September sampai bulan Februari. Maka, jika ingin melihat penyu jenis Olive Ridley, datanglah te Taman Nasional pada bulan tersebut. Pantai Kerachut sendiri memiliki penangkaran telur penyu yang telah didirikan pada tahun 1995.

     Di dekat pantai juga terdapat Danau Meromiktik. Danau Meromiktik merupakan danau yang memiliki lapisan air berbeda, yang terkumpul tetapi tidak tercampur satu sama lain. Dimana air tawar merupakan lapisan atas, sedangkan air asin merupakan lapisan bawahnya yang berasal dari pantai Kerachut itu sendiri. Di Asia, fenomena Danau Meromiktik hanya ada di dua tempat yakni Penang - Malaysia, dan Tibet di Cina.
Source: flickr.com
     Tak hanya Pantai Kerachut, di Taman Nasional Penang ini juga terdapat satu pantai dimana Anda beserta keluarga dapat melihat mercusuar, yaitu Monkey Beach. Namun, di Monkey Beach ini kita tidak akan menemukan monyet berenang seperti di Monkey Beach Thailand. Dengan panjang pantai sekitar 600 meter dan masih banyak terdapat hutan, wajar saja jika pantai ini masih banyak monyet yang berkeliaran. Dan untuk mencapai tempat ini pun kita harus melewati jembatan gantung yang cukup menantang.

     Karena kawasan Taman Nasional ini masih berbentuk hutan, maka jangan berharap jalur yang ditempuh akan mulus. Sebab, di kawasan ini terdapat pohon-pohon kayu yang besar dan masih banyak jenis pohon kayu lainnya. Tempat wisata ini juga merupakan jalur trekking. Namun, jangan khawatir, sebab di kawasan tersebut terdapat banyak tempat beristirahat, seperti Gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat. Taman ini juga menjadi satu-satunya kawasan di Penang yang terdapat pohon Gelam merah dengan kulit yang seperti kertas tumbuh.
Source: tripsavvy.com
     Yang paling menarik adalah taman ini juga merupakan satu-satunya tempat di Malaysia yang memiliki enam jenis habitat berbeda, yaitu habitat Danau Meromiktik (Danau yang muncul pada saat-saat tertentu, dan memiliki lapisan air yang jelas), rawa-rawa, kawasan bakau, lumpur, gugusan koral dan pantai tempat penyu bersarang. Sehingga tak ada alasan untuk tidak berkunjung ke Taman Nasional Penang.

Comments

  1. Wah negeri Jiran ternyata juga punya pantai yg indah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Hanya saja blum terlalu diexpose sehingga banyak yg belun tahu.

      Delete
  2. Keren juga ya mba tempat wisata di negeri jiran. Jadi pengin kesana deh

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Oh pernah ke sana nih mbak? Waah pasti enak-enak ya makanan di sana

      Delete
  4. eh, cantik ya, jadi mau traveling, semoga kita-kita nanti bisa jalan-jalan ke sana, aamiin

    ReplyDelete
  5. bagus banget pantainya mba, semoga ssewaktu-waktu bisa kesana

    ReplyDelete
  6. Mau ikh sambil liat penyu gitu anakku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo berkunjung kesana mbak, pasti seru jika bareng keluarga

      Delete
  7. indah sekali pemandangan pantainya mbak, mantap kalau bisa kesini.

    ReplyDelete
  8. Baru tahu ternyata di Penang ada Taman Nasionalnya juga. Cantik ih. Makin pengen ke Penang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak berwisata ke Penang, saya juga jadi kepingin kesana

      Delete
  9. Nyesel kenapa waktu tinggal di medan dulu g ikut ke malay sm kawan kos. Padahal ongkos medan malay cuma maratus rebo. Bahkan pernah promo cuma seratus rebo. Semoga suatu hari bisa ke sana ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah sayang banget ya mbak, Moga bisa kesana suatu saat mbak

      Delete
  10. Belum pernah ke Malaysia. Indah pemandangannya apalagi yang di jembatan itu ya. Mesti banyak foto2 nih diabadikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indah banget mbak, semoga ya mbak bisa ke sana suatu saat

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.

Popular posts from this blog

Berpenghasilan dari Tulisan Bermakna

http://www.indosiar.com/shows/sayembara-sinema-indonesia-kispembacaaku
     Suka menulis dan ingin punya penghasilan? Inilah saatnya unjuk taring. Setelah FTV pada  beberapa stasiun televisi di Indonesia membuka kesempatan untuk penulis di seluruh Indonesia seperti Trans7, SCTV dan lainnya, maka Indosiar pun membuka kesempatan yang sama.
     Di sepanjang perjalanan hidup, kadang yang kita temui bukan hanya sukanya saja, akan tetapi duka pun hadir menjadi pelengkap. Dan dari sanalah kita belajar untuk menyikapi hidup dengan penuh kesabaran. Dan, Indosiar memberi kesempatan itu kepada penulis agar orang lain dapat memetik hikmah dari apa yang terjadi, dibuat dalam bentuk sinopsis.
     Berbicara soal sinopsis, menurut KBBI Offline Sinopsis merupakan ikhtisar dari sebuah karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu atau kata lain abstraksi atau rringkasan. Jadi, intinya sinopsis itu sebuah karangan sebab akibat yang ditulis ke dal…

Anyang-anyangan Menyerang, Basmi dengan Prive Uri-Cran

Assalamu'alaikum wr. wb.

     Halo pembaca setia, kali ini saya akan membahas mengenai Anyang-anyangan. Sebelum membahas lebih lanjut apa itu anyang-anyangan, penyebab hingga cara mengatasinya, saya punya pertanyaan. Pernahkah Anda mengalami hal ini? Rasa ingin buang air terus menerus, akan tetapi urine yang keluar hanya sedikit. Nah, hal semacam itulah yang disebut dengan Anyang-anyangan.

       Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya, namun volumenya sedikit-sedikit. "Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah dalam penyimpanan air seni di kandung kencing," jelasnya.

       Anyang-anyangan atau bahasa ilmiahnya Cylisis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang pada saluran kemih, dan dapat juga dikatakan sebagai gejala Infeksi Saluran Kemih, dimana a…

Pentingnya Berhati-hati Saat Pergi

Assalamu'alaikum wr. wb

      Hallo pembaca setia, semoga selalu sehat dan lancar rezkinya. Apalagi di bulan yang penuh berkah ini, apalagi kalau bukan bulan Ramadhan. Oh iya, saya mau berbagi informasi dan tips nih buat kalian yang hobi jalan atau mungkin berbelanja. Tapi sebelumnya saya mau sedikit bercerita tentang pengalaman suami saya.
      Sabtu, 27 Mei 2017. Suami saya pergi mengambil barang pesanan ke gudang. Sekitar  jam tujuh berangkat dari rumah dan jam sembilan lebih lima belas tiba di gudang pakaian.  Cukup lama berkeliling mencari pesanan lainnya hingga kemudian dirasa cukup barulah suami saya memutuskan untuk pulang. Saat itu kondisi di sana tidak terlalu ramai, namun menurut penuturan suami saya entah mengapa pengunjung yang tadinya tidak ramai tiba-tiba membuat jalan yang ditempuh terasa sempit.

     Setibanya suami di rumah, saya merasa ada yang aneh dengan tas kecil yang disandangnya. Tampak seperti ada benda yang hendak keluar dari dalam tas itu. Dan benar saj…