Jangan Berharap Banyak, Tapi Banyaklah Berbuat

Friday, September 15, 2017
          Saya ingat sekali, awal mula saya terjun ke dunia literasi, begitu senang. Bergabung ke beberapa komunitas kepenulisan serta mengikuti kegiatan komunitas tersebut. Awal belajar saya merasa minder, semua teman-teman mendapat apresiasi oleh pendiri komunitas tersebut karena tulisan mereka bagus-bagus dengan ide yang begitu hidup dan mengalir. Lah saya apa atuh? Ilmu bahasa masih secuil, keberanian masih seiprit, di luar jangkauan. Akhirnya saya hentikan sejenak mengikuti aktivitas grup sambil sesekali mengintip kegiatan grup. :D

          Setiap hari saya perhatikan perkembangan grup, diantara sekian teman grup, ada yang sudah memiliki buku karya sendiri, bahkan telah banyak yang memesan buku karyanya. Jealous? Tentu saja ada. Siapa sih yang nggak jealous lihat teman sudah berhasil. Dan batin saya hanya menggumam penuh harap, "Kapan ya saya bisa begitu?, Kapan ya punya buku sendiri?, Kapan dan kebanyakan berharap dengan kapan. Akhirnya saya benar-benar vakum dan hanya berharap jika suatu saat saya pun bisa. Namun apa? Apa saya berhasil dengan pertanyaan kapan itu? Atau mungkin telah meraih pencapaian yang tinggi dengan semua kalimat "Kapan" tersebut? Tentu saja tidak. So, bukankah di dalam Al-Quran pun dijelaskan bahwa "Dia (Tuhan) tidak akan mengubah nasib suatu kaum kalau bukan kaum itu sendiri yang mengubahnya". 

         Nah, untuk meminimalisir hal tersebut, berikut tips yang saya comot dari pengalaman pribadi:
  1. Buat catatan khusus pada buku pribadi, dan tulis apa saja yang ingin dicapai dan bagaimana cara mendapatkannya.
  2. Bergerak. Maksudnya adalah melakukan tindakan demi untuk mencapai apa yang telah ditargetkan, sebab jika hanya membuat sebuah catatan tanpa mengaplikasikannya, tentu saja hal tersebut hasilnya akan NOL.
  3. Berdoa dan meminta kepada-Nya, sebab tanpa meminta itu sama saja kita sombong. Masa sama Tuhan yang Maha Pemberi mau berbuat sombong!!
  4. Meminta restu orangtua dan suami jika sudah punya suami ya, yang belum ayo berusaha :D.
  5. Yakin dan percaya, jika rezeki takkan pernah tertukar.
          Ok Sobat, hanya itu tips dari saya. Intinya, apapun itu segeralah untuk dilakukan selagi berdampak positif. Jangan ditunda-tunda nanti diambil orang. Bagaimana dengan pengalaman sobat? Yuk bagi tipsnya

Sumber Image: pexels.com

8 comments on "Jangan Berharap Banyak, Tapi Banyaklah Berbuat"
  1. Aku pun kadang suka merasa "wahhh dia udah bikin buku, aku kapan ya?" Trus jadi kebawa baper beberapa saat. Tapi akhirnya aku mikir, yang penting aku terus menulis, terlepas dari jadi buku atau enggaknya, aku terus menulis, karena aku suka.
    Tapi biar bagaimanapun tulisan yang baik katanya adalah tulisan yang dibaca orang lain. Makanya aku lebih betah di blog, meski enggak mudah juga membuat orang mau mampir dan membaca tulisan aku.

    ReplyDelete
  2. padahal aku uda punya target sendiri mba tapi sayang malesnya warbiyasah buat nerusin lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak, sama2 kita berantas rasa malesnya :D

      Delete
  3. Siip deh. Ayo terus bergerak :)

    ReplyDelete
  4. Selain list apa yang ingin kita capai, penting dan harus juga segera action, kemudian berdoa dan pasrah sama yang kuasa ya, Teh.
    Baru maen kesini, salam kenal ya..

    ReplyDelete
  5. intinya langsung start action ya mbak jangan cuman berharap harap tanpa adanya aksi :D

    ReplyDelete
  6. wah sepakat mb, do more talk less and more power wkwkwk (ntah apa artinya wkwkkw)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.

Auto Post Signature