Sukses MengASIhi Meski di Masa Pandemi

Tuesday, August 10, 2021
Mengasihi
Pict. Pixabay


Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, terutama soal pemberian ASI, berharap bisa memberikan ASI hingga usia anak dua tahun. Sehingga, tak sedikit ibu yang melakukan berbagai cara supaya ASI lancar dan berlimpah, entah itu melakukan pijat laktasi, kompres PD, minum air hangat dan cara lainnya. 


Dapat menyusui anak secara langsung tentu saja menjadi kebahagiaan seorang ibu, itulah yang Saya rasakan ketika berhasil setelah sempat gagal memberi ASI di hari pertama hingga ketiga pasca operasi caesar. 


Perlu kita ketahui, jika Air susu ibu (ASI) merupakan asupan yang terbaik bagi bayi, bahkan ASI diyakini dapat membuat imun tubuh bayi lebih kuat. Selain itu juga dapat memperkuat bonding antara ibu dan bayi. Itulah kenapa ASI eksklusif selama 6 bulan sangat dianjurkan sejak awal kelahiran si kecil, bahkan dianjurkan menyusui hingga bayi berusia 2 tahun.


Tantangan Menyusui Selama Pandemi

Selama pandemi, tentunya kita mesti jalankan protokol kesehatan dengan ketat, agar dapat menghentikan penularan virus. Lalu, bagaimana dengan ibu yang masih menyusui? Tentu ada rasa was-was, apalagi ibu yang masih aktif bekerja namun juga harus menyusui anaknya. Perlu diketahui ya, Moms, jika bagi bayi ASI merupakan sumber gizi terbaik dan sumber perlindungan, karena mengandung antibodi penting yang membantu sistem daya tahan tubuh bayi dalam melawan infeksi. Sedangkan bagi ibu dapat mengurangi risiko kanker, obesitas dan menguatkan ikatan emosional antara ibu-anak sebagaimana yang Saya kutip dari bisnis(dot)com.


Jadi, disituasi pandemi sekarang ini jika ingin menyusui anak maka hendaklah tetap gunakan masker dobel, gunakan hand sanitizer, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan bagi ibu yang dinyatakan terjangkit COVID-19 namun ingin tetap menyusui anaknya juga harus selalu menjaga kesehatan pernapasan dan menggunakan masker saat menyusui, mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bayi, serta rutin membersihkan permukaan puting (dapat dibersihkan dengan mandi lebih sering atau melalui pengolesan ASI di area puting sebelum dan sesudah menyusui) untuk membasmi kuman serta permukaan puting.


Penting pula untuk diketahui, jika keberhasilan menyusui akan meningkat jika ibu mendapatkan dukungan, baik dari keluarga seperti dorongan semangat dan bantuan dalam mengerjakan tugas rumah tangga dan orang-orang di sekitarnya. Dan, jangan lupa untuk terus menjaga asupan gizi yang baik.


Namun, jikalau pun keadaan urgent tak bisa menyusui langsung, tentunya pemberian ASI masih tetap dapat dilakukan dengan proses pumping. Nah, kalau ngomongin soal pumping, kita nggak boleh asal beli alat buat pumping.


Philips Avent

Ngomong soal pumping, siapa nih diantara moms yang saat pumping merasakan sakit pada area puting? Nah, kalau soal puting sakit saat dipumping Saya pernah mengalaminya, soalnya alat pumping yang Saya gunakan merk asal, karena Saya pikir alat pumping apa aja pasti bisa kasih rasa nyaman saat dipumping, namun nyatanya enggak, justru membuat puting terasa sakit. Dan, ternyata ada loh, Moms, alat pumping yang recommended banget buat para pejuang ASI kayak Saya, yakni Philips Avent, yang merupakan alat pompa ASI yang nyaman dipakai serta tidak membuat puting sakit. 


Avent Comfort Manual Breast Pump SCF330/2

Avent Philips


Philips Twin Electric Breast Pump Stan SCF334/31

Avent Philips Elektrik


42 comments on "Sukses MengASIhi Meski di Masa Pandemi"
  1. Semangat terus untuk mengasihinya bun! Btw, aku juga pakai produk avent karena kualitasnya yang sangat bagus dan rekomendasi dari teman-teman seperjuangan :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah anak2 dapat asi eksklusif

    ReplyDelete
  3. Wow, Elva semangat sekali mengASIhi baby 😍 Semoga bisa terus ASI eksklusif selama 2 tahun ya aamiin. Supaya imunitas si kecil, jangan lupa mamahnya mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi tinggi ya. Oh ya, kualitas ASI juga kudu diperhatiin. Pakai pompa ASI terbaik seperti Avent ini oke banget 😍

    ReplyDelete
  4. pandemi bukan halangan untuk bisa sukses menyusui ya mbak
    justru harus tetap menyusui agar bayi tumbuh sehat dan kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga kak Dee, karena momen mengASIhi akan menjadi hal yang berkesan dan terus dikenang ya

      Delete
  5. Wah ini bagus- aku juga make yang merek ini waktu masa asip Binar. Moga lancar ya

    ReplyDelete
  6. Aku banyak melihat para ibu yang berjuang memberi asi. Terutama dulu pas masih ngantor. Beruntung ada produk yang bisa mempermudah ibu menyusui dalam menyimpan asi.

    ReplyDelete
  7. Aku juga pakai Philips avent mba. Dari dulu jadi andalan pumping. Mau di rumah, pas traveling sebelum pandemi juga bawa ini.

    ReplyDelete
  8. Bener mba. Menyusui semasa pandemi itu bikin was was aku. Karena ada bayi ya jadi ekstra banget aku jaga protokol kesehatan aku ama suami. Karena khawatir ada virus. Jadi kalau menyusui itu aku suka cuci tangan dulu atau pakai sanitizer biar lebih tenang

    ReplyDelete
  9. Wah Philips sih selalu keren dan awet
    Semua peralatan saya dari Philips karena malas ganti ganti, mulai blender, mixer hingga rice cooker

    ReplyDelete
  10. Jadi inget mantan teman kerja daku waktu itu, dia semangat mengASIhi dengan menyiapkan waktu dan ijin sama bos untuk Pumping di ruang yang telah disediakan. Maka dukungan buat ibu mengASIhi harus terus dilakukan

    ReplyDelete
  11. Semoga bisa tercapai sampai 2 tahun ya say..

    ReplyDelete
  12. keren banget breast pump dari Philips ini.. aku juga dulu pake breast pump dari Philips Avent, tp yg warna kuning.. awet banget.. sampe skrg, masih bagus

    ReplyDelete
  13. Yang Electronic double breast pump enak banget dipakainya mbak, mempersingkat waktu juga untuk mengosongkan payudafa

    ReplyDelete
  14. Aku mengasihi Nayla selama Dua tahun, semoga dengan alat ini plus prokes yg baik mba Elva bisa mengasihi selama Dua tahun juga

    ReplyDelete
  15. Ini sih pumping andalanku banget desingnnya ringan banget ya jadi bisa dibawa kemana-mana juga banyak lagi keunggulan2 yang lain sehingga mengASIhi jadi mudah

    ReplyDelete
  16. Semangat berjuang mama sulhan, pastinya setiap mengASIhi anak punya tantangan tersendiri.
    Selalu makan asupan yang bergizi biar tetap sehat dan ASI berlimpah.

    ReplyDelete
  17. wahhhhhhhhhhh mbak elva udah lahiran ya? selamat ya. aku sampai ga updet berita apa-apa kayanya belakangan ini. semangat untuk terus mengASIhi yaaaaaaaaa.

    ReplyDelete
  18. selain menyusui secara langsung, untuk menjaga produksi asi bisa dilakukan dengan cara memompa asi ya mbak
    pastikan saat memompa memilih pompa asi yang recommend seperti philips Avent ini

    ReplyDelete
  19. Tantangan banget Va hamil dan menyusui dimasa pandemi harus hepi Va kalo busui jangan banyak pikiran apa-apa

    ReplyDelete
  20. Memang tantangan yang bisa memberi ASI di masa pandemi. Untung ada philips avent ya, jd lumayan membantu bisa menabung ASI perah

    ReplyDelete
  21. Meski pandemi banyak virus tak menghalangi kita untuk tetap memberikan ASI ya, apalagi ada Avent solusinya

    ReplyDelete
  22. Banyak tantangan ibu menyusui di masa pandemi ini yaa. InsyaAllah ibu-ibu tetap bisa menyusui bayinya, salah satunya dengan memerah asi dan kemudian diberikan kepada anak tercinta

    ReplyDelete
  23. Kebetulan bangeeet kakakku yang cewek juga sedang di masa mengASIhi mbak. Nanti coba aku kasih rekomendasi pump breast dari philips avent ini. Anyway semangat buat para ibu-ibu yang sedang mengASIhi di masa pandemi ini!

    ReplyDelete
  24. Tantangan tersendiri bagi Ibu menyusui apalagi dikala pandemi dan tetap harus bisa mengASIhi. Dengan alat yang tepat untuk mengambil dan menampung ASI, semua jadi mudah

    ReplyDelete
  25. Rasa was-was bisa mempengaruhi produksi ASI. Makanya tentu busui harus tau cara mengatasinya. Agar bisa tetap sukses menyusui selama pandemi

    ReplyDelete
  26. Semangat mengASIhi ya Mom, Philips Avent memang juara dan terpercaya

    ReplyDelete
  27. Semangaaat, bagi ibu2 pejuang ASI. Semoga senantiasa diberi kesehatan dan kelancaran dalam mengASIhi

    ReplyDelete
  28. ukuran botol kecil jadi praktis kalo dibawa bepergian

    ReplyDelete
  29. Pandemi bukan jadi halangan untuk berjuang mengASIhi. Semangat!

    ReplyDelete
  30. Semangat mengasihi 2 tahun mbaa. Semoga sehat terus dan dd bayi tumbuh jadi anak sehat cerdas dan bahagiaaaa <3
    Aku selalu salut deh sama ibu2 pejuang ASI seperti ini.

    ReplyDelete
  31. Meski pandemi yang serba kerasa berat ya..tetep semangat ASI nya..lancar..sehat semua ibu dan baby ya...

    ReplyDelete
  32. semangat kakak, apapun alasannya ASI adalah yang terbaik untuk si buah hati, dengan cara apapun harus diperjuangkan terutama untuk masa 6 bulan pertama harus dapat ASI eksklusif

    ReplyDelete
  33. Hmm tadinya kupikir apa masalahnya mengasihi dengan pandemi toh di rumah aja, trus baca artikel ini langsung nyadar, iyaya gimana klo ibunya aktif bekerja. Pulang kerja abak nangis minta asi, gak mungkin ditinggal mandi dan ganti baju. Tetep harus prokes ketat

    Sehat terus ya mbak untuk Ibu dan bayinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget kak, gak semua perempuan selalu di rumah, penting juga siaga ASI dengan pumping, jadi bisa segera dikasih, gak ribet ini itu dulu

      Delete
  34. Philips Avent emang the best banget sih keponakanku yang baru lahir juga disaranin dokternya pakai botol susu philips avent.

    ReplyDelete
  35. Sehat selalu mbak Elva dan dedek bayi.
    Walau aktif bekerja tetap mengasihi dengan prokes yang ketat

    ReplyDelete
  36. WOw, semangat memberikan asi! phillip avent ini kayaknya udah terkenal banget ya, aku sama teman-teman kalau ngasih hadiah yang baru melahirkan pasti belikan ini.

    ReplyDelete
  37. Aku belum berkeluarga jadi dapat insight nih, aku kira karena di rumah aja jadi bisa longgar prokes ternyata untuk mengasihi pun perlu ya mba, mencegah lebih baik.

    Kalo produk Philips jangan ditanya ya, kualitas terjamin 😁

    ReplyDelete
  38. Menyusui di masa pandemi memang menantang banget ya mbak. Alhamdulillah ada Philips avent yang membantu ibu untuk pumping

    ReplyDelete
  39. ASI ini ternyata emang sepenting itu ya bun buat pertumbuhan bayi, dan ternyata gak sembarangan alat pumping bisa nyaman dipakai. Wah, kalau nanti punya anak dan istri bekerja, produk philip ini bisa jadi salah satu pilihan memilih alat pumping

    ReplyDelete
  40. Terutama sih kalau bunda dalam kesibukan, sulit untuk menyusui secara langsung. Biasanya untuk bunda yang bekerja, nah itu perlu banget menggunakan pumping.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature