Skip to main content

Anyang-anyangan Menyerang, Basmi dengan Prive Uri-Cran

Assalamu'alaikum wr. wb.

     Halo pembaca setia, kali ini saya akan membahas mengenai Anyang-anyangan. Sebelum membahas lebih lanjut apa itu anyang-anyangan, penyebab hingga cara mengatasinya, saya punya pertanyaan. Pernahkah Anda mengalami hal ini? Rasa ingin buang air terus menerus, akan tetapi urine yang keluar hanya sedikit. Nah, hal semacam itulah yang disebut dengan Anyang-anyangan.

Infographic Prive Uri-Cran
Infographic Prive Uri-Cran

       Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya, namun volumenya sedikit-sedikit. "Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah dalam penyimpanan air seni di kandung kencing," jelasnya.

       Anyang-anyangan atau bahasa ilmiahnya Cylisis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang pada saluran kemih, dan dapat juga dikatakan sebagai gejala Infeksi Saluran Kemih, dimana apabila diabaikan akan menyebabkan masalah saat proses pembuangan limbah air seni bahkan dapat menimbulkan efek buruk khususnya pada ginjal jika tidak sesegera mungkin ditangani dan diobati dengan baik. Maka dari itu, menjaga saluran kencing dengan baik sangatlah penting. Seseorang yang menderita anyang-anyangan akan mengalami beberapa hal berikut, diantaranya:

  • Sakit atau nyeri ketika sedang buang air kecil (BAK).
  • Frekuensi buang air kecil meningkat dari sebelumnya, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Sakit di bagian perut bawah dan terasa seperti tertekan pada bagian panggul.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Urine berbau lebih menyengat.
  • Warna urine keruh bahkan terkadang bercampur darah.
  • Rasa tidak tuntas buang air kecil.
  • Mudah lelah bahkan ada yang mengalami demam.
       Anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih bisa terjadi pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita, tua dan muda. Akan tetapi, yang lebih beresiko terkena anyang-anyangan adalah seorang wanita bahkan kondisi ini dapat terjadi berulang kali hingga bertahun-tahun. Itu sebabnya seorang wanita harus lebih memperhatikan kesehatan kewanitaan karena saluran kemih lebih pendek dari pria sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih. Berikut adalah penyebab anyangan-anyangan, diantaranya:

  • Bakteri Escherichia Coli atau lebih sering dikenal dengan E. Coli, dimana bakteri itu masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra karena kurangnya menjaga kebersihan saat berkemih atau saat ke kamar mandi. E.Coli dapat menempel ke dinding kandung kemih dan membentuk biofilm yang kebal terhadap respon kekebalan tubuh.
  • Bakteri Chlamydia, yakni bakteri yang ada pada vagina wanita.
  • Kurang menjaga kebersihan organ intim terutama bagi pasangan suami-istri yang sebelum dan sesudah berhubungan tidak membersihkan organ intimnya.
  • Struktur organ intim yang tidak normal, dimana refluks urin yang lebih tinggi dibandingkan saluran kemih sehingga dapat meningkatkan tekanan hidrostatik yang bisa memunculkan infeksi saluran kemih.
  • Dehidrasi atau kurang minum air putih.
  • Terlalu sering menahan keinginan untuk buang air kecil.
       Agar terhindar dari anyang-anyangan, hendaklah sesegera mungkin diatasi, sebab mengatasi lebih baik daripada mengobati. Berikut adalah Cara Mengatasi Anyang-anyangan:

  • Menjaga kebersihan organ intim.
  • Membilas organ intim dengan benar, yakni dari depan ke belakang.
  • Jangan menahan ketika hendak buang air kecil.
  • Jangan menggunakan celana dalam yang ketat.
  • Mandi dengan air yang mengalir.
  • Rajin mengkonsumsi suplemen makanan yang mengandung ekstak buah Cranberry.
   Hendaklah anyang-anyangan segera ditangani agar tidak semakin parah sehingga menyebabkan semakin Sakit Buang Air Kecil. Berikut adalah beberapa Penyebab Sakit Saat Buang Air Kecil:

  • Adanya mineral keras dalam kandung kemih atau biasa disebut batu kandung kemih, dimana hal ini terjadi ketika Anda tidak mampu mengosongkan kandung kemih sepenuhnya saat buang air kecil.
  • Pembengkakan dan peradangan pada kelenjar prostat (sebuah kelenjar yang berukuran seperti biji kenari) yang terletak tepat di bawah kandung kemih pada pria, disebut prostatitis.
  • Pada wanita terjadi peradangan yang menyebabkan gatal dan nyeri saat buang air kecil. Ini disebabkan oleh adanya perubahan keseimbangan bakteria vagina atau infeksi vagina, dan juga dapat disebabkan oleh berkurangnya estrogen setelah menopause, disebut vaginitis.
  • Terjadinya penipisan dinding vagina yang disebabkan oleh penurunan kadar estrogen, disebut artofi vagina.
       Setelah mengetahui tentang apa itu anyang-anyangan, penyebab dan cara mengatasi serta dampak lainnya, maka hendaklah kita lebih memperhatikan kesehatan organ intim kita. Jangan sampai semua terlambat! Saya punya pengalaman tentang anyang-anyangan. Pernah suatu ketika saya ingin buang air kecil akan tetapi saya tahan, sebab saya merasa tujuan perjalanan saya tidak akan lama lagi. Tanggung jika harus berhenti hanya untuk pipis/ buang air kecil. Setibanya di rumah, barulah saya ke toilet. Namun, apa yang terjadi? Urine/ air kencing yang keluar hanya sedikit, setelah cebok dan keluar dari kamar mandi tiba-tiba rasa ingin buang air kecil itu muncul kembali, maka saya pun balik lagi ke kamar mandi. Dan begitu seterusnya hingga beberapa menit lamanya. Duh, kebayang nggak sih bagaimana rasanya?

Buah Cranberry

       Sebagai antisipasi dari penyakit anyang-anyangan, hendaklah mengkonsumsi ekstak buah Cranberry. Cranberry (Vaccinium oxycoccos) merupakan tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman ini memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry berwarna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini Cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan dan sebagai antioksidan. 

       Buah Cranberry mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin serta memiliki senyawa fitokimia yaitu salah satu sumber antioksidan polifenol, sehingga buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung. Bahkan pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFFSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Jus cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Selain itu juga, antioksidan yang terdapat pada buah cranberry juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi.
   
       Kini telah hadir Prive Uri-Cran dari Combiphar yang dapat Mengatasi Susah Buang Air Kecil. Prive Uri-Cran merupakan suplemen makanan yang mengandung ekstrak buah cranberry, yang telah diracik dalam bentuk kapsul dan sachet. Sehingga praktis dibawa kemana saja. Untuk lebih jelas, berikut dosis dan aturan minumnya:

1. Prive Uri-Cran Ekstrak Cranberry (Sediaan: Kapsul)
Atasi Anyang-anyangan dengan Prive Uri-Cran
Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry
Dosis: 1-2 Kapsul per Hari
Isi per Box: 30 Kapsul/ Box

2. Prive Uri-Cran Plus (Sediaan: Powder Sachet)
Prive Uri-Cran Plus
Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit.C, 0,1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0,1 mg Bifidobacterium Bifidum
Dosis: 1-2 Sachet per Hari
Isi per Box: 15 Sachet/ Box
     
       Sudah banyak yang telah membuktikan khasiat dari Prive Uri-Cran. Berikut testimoni mereka yang telah merasakan khasiatnya:



       Sehat itu mahal! Mulailah kita menjaga kesehatan dari sekarang, karena jika sudah terserang, penyesalan tidak akan berguna. Terima kasih Prive Uri-Cran.

Comments

  1. Wah, gak nyaman banget kalu kena anyang-anyangan. Apalagi jika sedang traveling,rasanya hilang semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, malah rasanya gak ingin kemana-mana, maunya hanya nongkrong di kamar mandi.

      Delete
  2. Rasanya nggak enak banget mbak anyang2an. Heuheu
    Sebulan lalu saya ngerasain gara2 perjalanan jauh ngampet pipis. Ah, uri cran bs jadi solusi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, rasanya ribet kalau diserang anyang-anyangan apalagi pas perjalanan jauh. Uri-Cran bisa menjadi solusi, mudah dan praktis dibawa kemana-mana.

      Delete
  3. Anyang-anyangan bikin nggak nyaman mba. Aku pernah rasain, ya ampun. Apalagi waktu hamil, bener2 deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata semua pernah mengalami ya mbak, nggak nyaman banget.

      Delete
  4. Wah ternyata bisa sampai seperti itu yah jadinya, terima kasih banyak artikel ini sangat informatif..

    ReplyDelete
  5. Kalau kena anyang anyangen biasanya saya cuma pijet aja, gaj kepikiran minum obat krn mengira itu evek dari kecapekan atau cuaca, gk taunya krn bakteri za...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak, tapi untungnya keburu tahu jadi setidaknya bisa segera diatasi

      Delete
  6. Ternyata pria juga bisa kena anyang-anyangan. Artikelnya blognya mau saya share agar orang lain mengetahui juga jika anyang-anyangan tidak boleh dibiarkan tapi harus diberantas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, baik pria maupun wanita harus hati2 agar tidak diserang anyang-anyangan

      Delete
  7. Saya pria dan anyang-anyangannya udah parah, kalau udah kumat aduuuh, menyakitkan! Udah pernah nyoba uri-cran tahun lalu dan terbukti cocok. Sayang di daerah carinya sulit, ga kayak di Bogor dulu. Mesti beli online kayaknya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Uri-Cran bisa dibeli secara online atau jika ada sanak saudara yang masih menetap di Bogor bisa diminta tolong utk mengirimkan paket Uri-Cran ke daerahnya. Semoga kedepannya Uri-Cran bisa hadir hingga ke pelosok nusantara.

      Delete
  8. Pri ve uri cran emang warbiyasaaak. Aku udah coba.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. saya pernah anyang-anyangan Mbaa, 2 kali malah :(

    Alhamdulillah sekarang udah gak lagi karena udah konsumsi uri-cran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, syukurlah kalau gitu mbak.

      Delete
  10. aku pernah ISK mba taun lalu alhamdulilah teratasi serem bgt sampe keluar darah soalnya hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagfirullah mbak, semoga nggak kambuh lagi ISK nya. Rutin aja minum suplemen ekstrak Cranberry mbak, Uri-Cran :).

      Delete
  11. Gak boleh sepele yah harus segera diatasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, harus segera diatasi sebelum semakin parah.

      Delete
  12. Saya pernah juga ngalamin anyang2an ini tapi susah ya nyari buah cranberry. Jadi mendingan minum Urin Cran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, lagipula Uri-Cran praktis dan mudah dibawa kemana aja.

      Delete
  13. anyang2an tdk bisa dipandang remeh ... untung ada urin cran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jika diabaikan bisa-bisa semakin parah anyang-anyangannya. Uri-cran rekommended buat yang terkena anyang-anyangan.

      Delete
  14. eh, kok aku tertarik dengan buah cranberrynya yah, baru kali ini lihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, apalagi setelah tahu manfaatnya, tentunya makin tertarik lagi.

      Delete
  15. wah pria ternyata juga bisa ayang-ayangan ya, harus menjaga kesehatan neh, dg minum air sesuai porsi kebutuhan setiap harinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, baik pria maupun wanita juga bisa kena anyang-anyangan dan minum ari saja sebenarnya belumlah cukup karena kita juga memerlukan asupan suplemen makanan. Semoga info ini bermanfaat ya

      Delete
  16. Makasih infonya mb. Saya sering banget anyang2an & udah lama nyari obatnya. Baru tau ada urin cran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak. Tulisan yg benernya Uri-Cran mbak bukan urin cran. Di apotik2 sudah tersedia.

      Delete
  17. iyap mbak, perlu banget waspada sejak dini ya, kl bs mencegah, why not? hehe

    ReplyDelete

  18. menyiksa sekali ya Mba klo terserang anyang2an, beraktifitas pun ga nyaman

    ReplyDelete
  19. Wah I know rasanya mbak...saya pernah ngalamin ini karena ngempet pipis lama gara-gara warung lagi ramai....gut lak mbak....Insya Allah berjaya...

    ReplyDelete
  20. jangan sampai kita terkena penyakit ini ya

    ReplyDelete
  21. Aku pernah anyang2an pas masih ngantor dan hamil..ga nyaman banget rasanya pengen cpt2 plg ke rmh. Bolak-balik ke dokter juga...mestinya pakai cranberry tapi berhubung susah dicari ya pake obat apotek. Nah skrg udah ada uri cran..teratasi semua. Tq infonya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak dan Syukurlah jika sudah teratasi dengan uri-cran.

      Delete
  22. Paling ga enak anyangan dulu pernah sampai bolak-balik berobat. Eh sekarang udah modern nih bisa pakai Uri Cran, beli dan taro di lemari obat. Simple banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sekarang sudah tersedia Uri Cran yang praktis karena bisa dibawa kemana aja.

      Delete
  23. Kalau jaman dulu atasi anyang anyang pakai kursi di panaskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, apa nggak bahaya ya? Tapi untungnya sekarang sudah ada Uri Cran.

      Delete
  24. suka lucu dulu klo ingat jaman blm sekolah, masih sering ngalamin beginia, tpi apa yah dulu obatnya, diikat pake apa gitu jempol kaki wkwkwkwk...katanya sih katanya....wkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekarang sudah ada Uri-Cran, praktis dan mudah dibawa ke mana aja

      Delete
  25. Dulu aku anggap remeh anyang-anyangan. Teryata nggak boleh dianggap sepele ya mba. Makasih sudah berbagi ya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.

Popular posts from this blog

Berpenghasilan dari Tulisan Bermakna

http://www.indosiar.com/shows/sayembara-sinema-indonesia-kispembacaaku
     Suka menulis dan ingin punya penghasilan? Inilah saatnya unjuk taring. Setelah FTV pada  beberapa stasiun televisi di Indonesia membuka kesempatan untuk penulis di seluruh Indonesia seperti Trans7, SCTV dan lainnya, maka Indosiar pun membuka kesempatan yang sama.
     Di sepanjang perjalanan hidup, kadang yang kita temui bukan hanya sukanya saja, akan tetapi duka pun hadir menjadi pelengkap. Dan dari sanalah kita belajar untuk menyikapi hidup dengan penuh kesabaran. Dan, Indosiar memberi kesempatan itu kepada penulis agar orang lain dapat memetik hikmah dari apa yang terjadi, dibuat dalam bentuk sinopsis.
     Berbicara soal sinopsis, menurut KBBI Offline Sinopsis merupakan ikhtisar dari sebuah karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu atau kata lain abstraksi atau rringkasan. Jadi, intinya sinopsis itu sebuah karangan sebab akibat yang ditulis ke dal…

Pentingnya Berhati-hati Saat Pergi

Assalamu'alaikum wr. wb

      Hallo pembaca setia, semoga selalu sehat dan lancar rezkinya. Apalagi di bulan yang penuh berkah ini, apalagi kalau bukan bulan Ramadhan. Oh iya, saya mau berbagi informasi dan tips nih buat kalian yang hobi jalan atau mungkin berbelanja. Tapi sebelumnya saya mau sedikit bercerita tentang pengalaman suami saya.
      Sabtu, 27 Mei 2017. Suami saya pergi mengambil barang pesanan ke gudang. Sekitar  jam tujuh berangkat dari rumah dan jam sembilan lebih lima belas tiba di gudang pakaian.  Cukup lama berkeliling mencari pesanan lainnya hingga kemudian dirasa cukup barulah suami saya memutuskan untuk pulang. Saat itu kondisi di sana tidak terlalu ramai, namun menurut penuturan suami saya entah mengapa pengunjung yang tadinya tidak ramai tiba-tiba membuat jalan yang ditempuh terasa sempit.

     Setibanya suami di rumah, saya merasa ada yang aneh dengan tas kecil yang disandangnya. Tampak seperti ada benda yang hendak keluar dari dalam tas itu. Dan benar saj…