Skip to main content

Sejarah Budaya Menjadi Warisan Terbaik


     Sejarah, sebagaimana dilansir dari wikipedia berasal dari bahasa Yunani historia yang berarti penyelidikan, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian. Sejarah adalah studi tentang masa lalu, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia. Ada banyak sejarah yang tersimpan di Negeri kita, Indonesia. Salah satunya sejarah tentang presiden pertama, Ir. Seokarno.

     Budaya atau kebuayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal), diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Budaya merupakan cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan karya seni. Sebagaimana dalam bentuk bangunan, di Bengkulu terdapat beberapa bangunan bersejarah yang menjadi warisan untuk generasi, seperti Benteng Marlborough, Rumah pengasingan Bung Karno, dan masih banyak lagi peninggalan bersejarah lainnya.

          Pernah mendengar atau pergi ke Rumah Pengasingan Bung Karno? Berikut penjelasannya. 

     Rumah pengasingan Bung Karno merupakan tempat Soekarno menjalani hukuman pengasingan sebagai tahanan politik. Lokasi pengasingan Soekarno kala itu yakni Ende, flores pada tahun 14 Januari 1934, diasingkan selama empat tahun. Lalu, setelah itu Soekarno diasingkan ke Bengkulu. Rumah pengasingan di Bengkulu terletak di tengah kota Bengkulu, tepatnya di jalan Sukarno Hatta kelurahan Anggut Atas kecamatan Gading Cempaka. Soekarno menempati rumah pengasingan tersebut pada tahun 1938-1942. Di rumah pengasingan di Bengkulu terdapat barang-barang peninggalan Soekarno, diantaranya: ranjang besi yang pernah dipakai Soekarno dan keluarganya, koleksi buku yang mayoritas berbahasa Belanda  serta seragam grup tonil Monte Carlo, asuhan Soekarno semasa di Bengkulu. Dan, yang tak kalah menarik adalah sepeda tua yang dipakai Soekarno selama di Bengkulu.

     Rumah pengasingan ini menjadi lokasi wisata yang selalu ramai dikunjungi, baik dari dalam maupun luar Kota Bengkulu. Seperti baru-baru ini telah diselenggarakan sebuah acara "Jejak Warisan Budaya Bengkulu". Dalam rangka memeriahkan kegiatan yang diadakan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu bersama Media Center Provinsi Bengkulu serta Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi mengadakan serangkaian lomba. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan membantu Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu dalam mensosialisasikan Cagar Budaya yang ada di Provinsi Bengkulu, agar lebih dapat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

     Ketika acara berlangsung, setiap pengunjung yang datang sangat antusias ingin melihat bahkan terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. Ada banyak perlombaan yang dapat diikuti para peserta, dan yang tak kalah serunya sebuah atraksi seni lukis dimana seniman tersebut bernama Zaenal Beta melukis di atas kanvas menggunakan  tanah liat.

       Dan, masih banyak lagi lomba seru lainnya.
     Dari kegiatan tersebut secara langsung telah mengajarkan kepada pengunjung terutama kepada anak-anak agar mereka lebih mencintai budaya, yang dimana telah menjadi sebuah warisan yang tak ternilai harganya.


Sumber: wikipedia, Utiket.com
Image: Komunita Blogger Bengkulu (Bobe).

Comments

  1. Kapan Ke bengkulu lagi yuk
    dodo ajak ke rmh bung karno

    ReplyDelete
  2. Insyaa Allah lain kali akan ke Bengkulu lagi

    ReplyDelete
  3. Acaranya menarik ya, Mbak. Penting banget untuk melestarikan sejarah budaya agar tidak terlupakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, apalagi untuk generasi penerus tentunya harus dilestarikan

      Delete
  4. Menarik dan seru banget ya mengajak anak-anak untuk belajar budaya.
    Ternyata banyak cerita dari ujung sana ya
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah kalau ditelusuri lagi akan lebih banyak mbak

      Delete
  5. selain di Bengkulu ternyata pernah diasingkan di Ende Flores aku pengen ih menjejakkan kaki menelusuri jejak sejarah semoga kesampean hehehe :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.

Popular posts from this blog

Berpenghasilan dari Tulisan Bermakna

http://www.indosiar.com/shows/sayembara-sinema-indonesia-kispembacaaku
     Suka menulis dan ingin punya penghasilan? Inilah saatnya unjuk taring. Setelah FTV pada  beberapa stasiun televisi di Indonesia membuka kesempatan untuk penulis di seluruh Indonesia seperti Trans7, SCTV dan lainnya, maka Indosiar pun membuka kesempatan yang sama.
     Di sepanjang perjalanan hidup, kadang yang kita temui bukan hanya sukanya saja, akan tetapi duka pun hadir menjadi pelengkap. Dan dari sanalah kita belajar untuk menyikapi hidup dengan penuh kesabaran. Dan, Indosiar memberi kesempatan itu kepada penulis agar orang lain dapat memetik hikmah dari apa yang terjadi, dibuat dalam bentuk sinopsis.
     Berbicara soal sinopsis, menurut KBBI Offline Sinopsis merupakan ikhtisar dari sebuah karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu atau kata lain abstraksi atau rringkasan. Jadi, intinya sinopsis itu sebuah karangan sebab akibat yang ditulis ke dal…

Anyang-anyangan Menyerang, Basmi dengan Prive Uri-Cran

Assalamu'alaikum wr. wb.

     Halo pembaca setia, kali ini saya akan membahas mengenai Anyang-anyangan. Sebelum membahas lebih lanjut apa itu anyang-anyangan, penyebab hingga cara mengatasinya, saya punya pertanyaan. Pernahkah Anda mengalami hal ini? Rasa ingin buang air terus menerus, akan tetapi urine yang keluar hanya sedikit. Nah, hal semacam itulah yang disebut dengan Anyang-anyangan.

       Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya, namun volumenya sedikit-sedikit. "Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah dalam penyimpanan air seni di kandung kencing," jelasnya.

       Anyang-anyangan atau bahasa ilmiahnya Cylisis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang pada saluran kemih, dan dapat juga dikatakan sebagai gejala Infeksi Saluran Kemih, dimana a…

Pentingnya Berhati-hati Saat Pergi

Assalamu'alaikum wr. wb

      Hallo pembaca setia, semoga selalu sehat dan lancar rezkinya. Apalagi di bulan yang penuh berkah ini, apalagi kalau bukan bulan Ramadhan. Oh iya, saya mau berbagi informasi dan tips nih buat kalian yang hobi jalan atau mungkin berbelanja. Tapi sebelumnya saya mau sedikit bercerita tentang pengalaman suami saya.
      Sabtu, 27 Mei 2017. Suami saya pergi mengambil barang pesanan ke gudang. Sekitar  jam tujuh berangkat dari rumah dan jam sembilan lebih lima belas tiba di gudang pakaian.  Cukup lama berkeliling mencari pesanan lainnya hingga kemudian dirasa cukup barulah suami saya memutuskan untuk pulang. Saat itu kondisi di sana tidak terlalu ramai, namun menurut penuturan suami saya entah mengapa pengunjung yang tadinya tidak ramai tiba-tiba membuat jalan yang ditempuh terasa sempit.

     Setibanya suami di rumah, saya merasa ada yang aneh dengan tas kecil yang disandangnya. Tampak seperti ada benda yang hendak keluar dari dalam tas itu. Dan benar saj…