Warung Somay dan Bakso Enak di Kerinci

Tuesday, May 19, 2020

Assalamu'alaikum pecinta kuliner, sudah bereksperimen masakan apa aja nih selama di rumah? Kalau Saya sih baru beberapa menu masakan yang sudah Saya cobain, tentunya dengan berbekal tutorial yang Saya lihat di youtube. Berhasil? Ada sih yang gagal, seperti terlalu manis, kurang asin dan lain-lain 😂, namanya aja masih proses belajar. Meskipun nyontek resep, tapi kesalahan kan nggak bisa dielakkan. Wkwkwk... 

Kalau ngomong soal kuliner, Saya mau share kuliner yang selalu Saya incar saat pulang ke kampung halaman suami di Kerinci Provinsi Jambi, yakni Somay Goyang Lidah, yang rasanya emang benar-benar memanjakan lidahku, enak banget deh pokoknya. Kuliner enak ini Saya kenal waktu diajak teman kuliah (Neri, Nesva, Kak Eli dan Ariza) berkeliling ke Plaza Kincai, yang merupakan satu-satunya Plaza yang ada saat itu hingga sekarang. Karena sama-sama lapar, akhirnya Saya pun diajak ke sana, yang lokasinya dekat dengan lapangan Merdeka, sejajar dengan Bank BRI Kota Sungai Penuh. 


Awal mengenal tempat ini, Saya merasa menunya bakalan sama saja dengan penjual somay lainnya yang pernah Saya temui, tapi ternyata Somay di Goyang Lidah ini ada yang berbeda, yakni dimana isi mangkuk juga terdapat Mie Kuning. Jadi, isi mangkuk terdiri dari kentang rebus, tahu, pentol bakso, mie kuning, dan telur rebus. Tapi jika teman-teman tidak menyukai salah satunya bisa dipesan, agar diganti dengan apa yang diinginkan. Nah, yang bikin tambah yummy adalah kuah kacangnya yang kental 😋, sama taburan bawang goreng yang bikin makin berselera. Dan, makin enak ditambah sambalnya yang pedes (Ini sesuai selera juga ya, mau dikasih sambel ataupun kecap, karena kalau Saya pakai semua 😆). 


Nah, kalau teman-teman sedang berada di Kerinci, cobalah mampir. Karena nggak hanya somay aja yang disediakan, tapi juga ada mie ayam, bakso dan berbagai minuman seperti jus juga tersedia. Soal harga? Terjangkau banget. Dari pandangan pertama sama somay hingga terakhir tahun 2019 Saya dan suami kesana, rasanya nggak pernah berubah. Saya pikir, makin lama rasa bakal berubah seperti misal kuah kacangnya agak mencair, ternyata tidak. Ada harga, ada rasa. 
Harga per porsi menunya per tahun 2019: 
  • Siomay: Rp. 15.000 
  • Bakso: Rp. 15.000 
  • Mie Ayam: Rp. 15.000 
  • Bakso + Telor: Rp. 20.000 
  • Mie ayam + Bakso: Rp. 20.000 

Selamat mencoba dan selamat berkunjung ke Kerinci, jangan lupa pula mampir ke berbagai objek wisatanya yang akan Saya ulas di next tulisan ya!
22 comments on "Warung Somay dan Bakso Enak di Kerinci "
  1. Wahhh nampak enak,saya kira kaya makanan di bandung namanya baso tahu. Eh tapi kok pake mie sama baso ehehehe

    ReplyDelete
  2. Penasaran sama kuah kacangnya yang istimewa 🤗 Asiknya makan siomay begini. Nambah berapa porsi? Kurang afdol nih suami Elva mannnnaaa? Ga nyangkut di fotonya hahaha 😂

    ReplyDelete
  3. Aih baru tahu aku mba ada kuliner ini. Unik ya namanya siomay tapi tampilannya beda ama yang di Bandung :)

    ReplyDelete
  4. Wah paduannya ini favoritku banget, ditambah mie, disiram kuah kacang, mantap, beneran bikin lidah bergoyang ya

    ReplyDelete
  5. Somaynya unik yaa .. sebab ditambah mie hhee kalau makanan favorit saya soto mie Bogor mbak, duh udah lama banget menahan kangen makan kuliner satu ini. Btw ditunggu next post nya yaa

    ReplyDelete
  6. Duh aku jadi kangen baso dan somay. Alhamdullilah lebaran kemarin dikirimin baso Mwmez yang super lezatnya. Tinggal mau hunting somay ah

    ReplyDelete
  7. Wah, unik banget somay pakai mie kuning. Itu kuah kacangnya juga tampak endeus ya.. Harganya pun bersahabat... :) Mba Elva bikin aku pingin ke Jambi nih jadinya.. hehhe..

    ReplyDelete
  8. Beda banget ya sama jakarta siomay pakai pentol bakso. Nanti deh kalau saudara ke Jakarta mau dibeliin ini. Mau nyobain juga

    ReplyDelete
  9. Wah aku jadi penasaran mba ama rasanya. Iya ya beda lihat isi dalamnya. Itu buka cabang ga mba di jakarta atau tangerang selatan gitu ga? Kalau harus ke jambi kejauhan ama aku hihihi. Harganya juga ga mahal ya mba. Standar

    ReplyDelete
  10. Baru ini lihat mie ayam disiram dengan kuah kacang, jadi penasaran deh. Kalau di Jabodetabek ada gak ya mie ayam seperti di Kerinci ini jadi kepengen.

    ReplyDelete
  11. Ya ampun aku pengen banget sama siomay goyang lidahnya ini mantap banget tampilannya mbak e. Semoga bisa jalan kemari dan menikmati berbagai kulinernya. Btw harganya terjangkau banget ini mbak Elva.

    ReplyDelete
  12. Unik ya, pakai kuah kacang... Duh, mudah-mudahan kapan-kapan bisa main ke kerinci biar bisa nyobain...

    ReplyDelete
  13. Menggoda banget itu Mbak, hehe.. Mie terutama mie goreng itu kalau dimakan pakai sambal kacang memang enak, dulu suka makan gitu aja. Nah ini kalau digabung sama siomay kayaknya makin enak banget, hehe..

    ReplyDelete
  14. Aku suka banget somah batagor tapi suka pilih pilih hehe kecocokan lidah. Btw kalo disana pakai mie yah penyajian somainya?

    ReplyDelete
  15. Aihh jadi kangen makan bakso di warung langganan...
    Hiks smg pandemi segera berlalu, biar bisa jajan bakso

    ReplyDelete
  16. Mantappuu~
    By the way, aku uda lama banget ini gak makan siomay. Kangeeen bumbu kacangnya yang yahuudd..

    ReplyDelete
  17. Sebagai orang yang juga suka kulineran paling seneng deh ada review makanan gini. Kadang aku juga kalau pergi ke suatu daerah bingung mau cobain makanan khasnya, atau makanan yg enak disatu tempat. Referensi makanan seoesep ini ngebantu banget nih mba... Buat referensi.

    Barangkali aja ada kesempatan datang ke kerinci, bisa coba menu warung somay dan bakso ini

    ReplyDelete
  18. Penasaran banget nih makan siomaynya ditambah mie dan bumbu kacang. Rasanya enak pasti, cocok buat jadi cemilan.

    ReplyDelete
  19. Wah pas lihat fotonya aku kira itu mie ayam mba ternyata somay ya. Looks so yuuuumm. Tapi baru tahu ada somay dikasih mie kuning hehee. Double carbo dong ahahaha

    ReplyDelete
  20. Dari foto nya aja bikin aku ngiler kakaa, auto jadi kepingin cobain ini sih

    ReplyDelete
  21. Siomaynya pakai mie yah? wah saya belum pernah nyobain tuh, enak pastinya. Insya allah kalau ada rezeki bisa sampai Kerinci ingin cobain ah.

    ReplyDelete
  22. ada mi kuningnya segala. waaa makin kenyang deh makan seporsi. biasanya kalau makan di sini mah beli 2 porsi, suami habisin 1/2 porsi tapi saya yg 1,5 porsi, wkwkwk. kalau ada mi.kuning sepertinya cukup 1 porsi ajah deh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature