Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, tips, serta review produk dan jasa

Pensiun Bahagia Dibangun di Masa Muda

Minggu, 19 Desember 2021


Pensiun itu pasti!

Pensiun bahagia itu pilihan!


Pensiun bahagia


Jika ditanya mau seperti apa di hari tua nanti, pasti rata-rata semua orang akan menjawab ingin bisa hidup bahagia sejahtera tanpa menyusahkan anak dan cucu. Namun, dari keinginan itu, hal apa yang sudah dilakukan untuk mewujudkan kebahagiaan tersebut? Semua jawaban ada di pribadi masing-masing. 


Hidup bagai roda yang berputar, kadang berada di atas dan kadang berada di bawah. 


Kisah Orang Sukses yang Susah di Masa Tuanya

Sebut saja namanya Maimunah, ia dulunya sangat populer bahkan pernah membintangi berbagai film di televisi, sehingga dari hasil kerja kerasnya itu ia kemudian menjadi orang yang kaya raya, punya segalanya. Tak bisa dibayangkan, betapa enaknya hidup di posisinya. 


Namun, apakah ia tetap bisa menikmati kekayaannya itu hingga di usianya yang telah lanjut? Ketika tak mampu lagi untuk bekerja, bahkan makan dan minum saja minta bantuan orang-orang di sekelilingnya. Faktanya, di usia tuanya justru ia hidup di dalam kemiskinan bahkan sempat depresi karena tak lagi memiliki pekerjaan. Naudzubillah.


Ini kisah nyata, dan kita bisa ambil ibrah dari kisah tersebut supaya lebih mempersiapkan diri untuk menyongsong bahagia di masa tua selagi masih kuat bekerja di masa muda. Sebab, waktu terus berjalan, ia takkan menunggu bahkan akan terus berlalu. Karena itulah perlunya mempersiapkan dana pensiun.


Kapan Seharusnya Merencanakan Dana Pensiun?

Disadari ataupun tidak, saat seseorang telah memasuki usia senja, mau tidak mau ia akan terpaksa untuk berhenti dari pekerjaannya, terlebih jika ia bekerja di sebuah perusahaan, ia pun harus pensiun dikarenakan posisinya akan diganti oleh tenaga yang lebih muda (Pernah dialami oleh uwak Saya😢).

Ciptakan pensiun bahagia


Lantas, apa yang harus dilakukan selagi masih kuat bekerja di masa muda seperti sekarang ini? Mulailah menyiapkan dana pensiun, disamping dana pendidikan untuk anak dan dana lainnya. 


Dari kisah yang Saya ceritakan sebelumnya, semoga membuka lebar hati kita, betapa pentingnya mempersiapkan dan memiliki dana pensiun, sebab kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya, seperti misalnya yang kita semua rasakan saat ini dimana sejak pandemi banyak pekerja yang di PHK, Sehingga sulitnya mendapatkan kerja. Jadi, saat terbaik memulai mempersiapkan dana pensiun ataupun tabungan hari tua ketika masih muda dan sudah memiliki pendapatan sendiri. 


Menurut UU Nomor 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, menjelaskan jika usia pensiun pertama kali adalah 56 tahun. Namun sejak Januari 2019 batas usia pensiun bertambah 1 tahun menjadi 57 tahun, hingga mencapai batas usia 65 tahun. Jadi dalam penghitungan untuk menggarkan dana pensiun bisa dengan cara berikut:

Usia Saya saat ini 33 tahun, bila diasumsikan usia pensiun pada usia 65 tahun maka Saya memiliki waktu 32 tahun masa produktif untuk mempersiapkan kebutuhan masa pensiun.


"Pengen sesegera mungkin mempersiapkan dana pensiun, tapi masih bingung harus mulai dari mana!"


Mulailah dengan niat, dan carilah lembaga keuangan yang menyediakan solusi finansial seperti apa yang diinginkan, misalnya menyediakan perlindungan hari tua.


Pensiun Bahagia Bersama DPLK Manulife

Rahasia pensiun bahagia


Sebagai seorang freelancer Saya sadar jika penghasilan Saya tidak tetap setiap bulannya, bisa dalam jumlah yang cukup banyak ataupun tidak. Untuk itulah pentingnya memikirkan untuk memulai mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin, selagi tubuh masih kuat dan jiwa masih bersemangat. Aamiin. Dan, solusi tersebut Saya jumpai pada Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia yang merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia yang bertujuan untuk mengelola serta menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun berdasarkan landasan hukum dana pensiun dan terdapat pada UU Nomor 11 tanggal 20 April 1992 yang disertai peraturan pelaksanaannya.


Terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini, sepanjang tahun 2020 hingga kedepannya #DPLKManulife Indonesia berkomitmen untuk senantiasa menggelar edukasi mengenai pentingnya perencanaan dana pensiun bagi perusahaan ataupun pemberi kerja secara virtual. Kegiatan tersebut merupakan komitmen Manulife Indonesia dalam membantu memudahkan keluarga Indonesia serta menyediakan solusi perlindungan hari tua guna membantu keluarga Indonesia meraih hidup #semakinharisemakinbaik dalam hal finansial.


Selain itu, yang membuat hati semakin mantap, DPLK Manulife Indonesia telah mendapat pengesahan dari Menteri Keuangan No. KEP-231/KM. 17/1994 tanggal 5 Agustus 1994. Bayangkan, hingga akhir tahun 2020 program DPLK Manulife Indonesia telah diikuti lebih dari 570.000 peserta dan 2.300 perusahaan. 


Kesimpulan

Jika ingin bahagia di hari tua, ada baiknya mulai mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin, kemudian cari layanan keuangan yang tidak hanya menawarkan layanan asuransi jiwa dan kesehatan saja, akan tetapi juga layanan dana pensiun. 


Yuk, kita mulai dari sekarang! Sebab, kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan kita, siapa lagi? Sebelum semua terlambat.


Referensi:

https://www.manulife.co.id/id/artikel/6-langkah-siapkan-tabungan-hari-tua-untuk-pensiun-sejahtera.html

Image: pixabay dan Manulife

5 komentar on "Pensiun Bahagia Dibangun di Masa Muda"
  1. Saya sudah mulai nih menyiapkan dana pensiun, tapi masih belum itung gaya hidup saat pensiun nanti, memang perlu perhitungan ya biar nanti saat masa tua bisa menjalani hidup dengan bahagia

    BalasHapus
  2. Aku juga sama mba, pensiun ga mau menyusahkan anak dan keluarga, dan aku seneng karena punya solusi dengan bergabung dengan DPLK Manulife.

    Pensiun mungkin masih lama, tapi ternyata harus sejak dini mempersiapkannya karena akan terasa begitu cepat masa kerja kita.

    BalasHapus
  3. Setiap masalah yang ada di sekitar kita bisa menjadi pelajaran untuk berkaca sebuah kehidupan di masa mendatang yaa, kak.. Doa terbaiknya adalah semoga masa tua tetap sehat dan mandiri secara finansial. Solusinya harus direncanakan sebaik mungkin saat usia masih produktif.

    BalasHapus
  4. Banyak banget cerita org yg susah di masa pensiun gt. Sedih liatnya, padahal pas masih muda berlimpah harta & ketenaran. Emang semuanya harus dipersiapkan sejak awal ya

    BalasHapus
  5. Setuju banget kalo Dana Pensiun memang harus dipersiapkan agar hari tua lebih aman dan terkendali, untung udah kenal nih produk Manulife

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature