Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, tips, serta review produk dan jasa

Pensiun Bahagia Dibangun di Masa Muda

Minggu, 19 Desember 2021


Pensiun itu pasti!

Pensiun bahagia itu pilihan!


Pensiun bahagia


Jika ditanya mau seperti apa di hari tua nanti, pasti rata-rata semua orang akan menjawab ingin bisa hidup bahagia sejahtera tanpa menyusahkan anak dan cucu. Namun, dari keinginan itu, hal apa yang sudah dilakukan untuk mewujudkan kebahagiaan tersebut? Semua jawaban ada di pribadi masing-masing. 


Hidup bagai roda yang berputar, kadang berada di atas dan kadang berada di bawah. 


Kisah Orang Sukses yang Susah di Masa Tuanya

Sebut saja namanya Maimunah, ia dulunya sangat populer bahkan pernah membintangi berbagai film di televisi, sehingga dari hasil kerja kerasnya itu ia kemudian menjadi orang yang kaya raya, punya segalanya. Tak bisa dibayangkan, betapa enaknya hidup di posisinya. 


Namun, apakah ia tetap bisa menikmati kekayaannya itu hingga di usianya yang telah lanjut? Ketika tak mampu lagi untuk bekerja, bahkan makan dan minum saja minta bantuan orang-orang di sekelilingnya. Faktanya, di usia tuanya justru ia hidup di dalam kemiskinan bahkan sempat depresi karena tak lagi memiliki pekerjaan. Naudzubillah.


Ini kisah nyata, dan kita bisa ambil ibrah dari kisah tersebut supaya lebih mempersiapkan diri untuk menyongsong bahagia di masa tua selagi masih kuat bekerja di masa muda. Sebab, waktu terus berjalan, ia takkan menunggu bahkan akan terus berlalu. Karena itulah perlunya mempersiapkan dana pensiun.


Kapan Seharusnya Merencanakan Dana Pensiun?

Disadari ataupun tidak, saat seseorang telah memasuki usia senja, mau tidak mau ia akan terpaksa untuk berhenti dari pekerjaannya, terlebih jika ia bekerja di sebuah perusahaan, ia pun harus pensiun dikarenakan posisinya akan diganti oleh tenaga yang lebih muda (Pernah dialami oleh uwak Saya😢).

Ciptakan pensiun bahagia


Lantas, apa yang harus dilakukan selagi masih kuat bekerja di masa muda seperti sekarang ini? Mulailah menyiapkan dana pensiun, disamping dana pendidikan untuk anak dan dana lainnya. 


Dari kisah yang Saya ceritakan sebelumnya, semoga membuka lebar hati kita, betapa pentingnya mempersiapkan dan memiliki dana pensiun, sebab kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya, seperti misalnya yang kita semua rasakan saat ini dimana sejak pandemi banyak pekerja yang di PHK, Sehingga sulitnya mendapatkan kerja. Jadi, saat terbaik memulai mempersiapkan dana pensiun ataupun tabungan hari tua ketika masih muda dan sudah memiliki pendapatan sendiri. 


Menurut UU Nomor 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, menjelaskan jika usia pensiun pertama kali adalah 56 tahun. Namun sejak Januari 2019 batas usia pensiun bertambah 1 tahun menjadi 57 tahun, hingga mencapai batas usia 65 tahun. Jadi dalam penghitungan untuk menggarkan dana pensiun bisa dengan cara berikut:

Usia Saya saat ini 33 tahun, bila diasumsikan usia pensiun pada usia 65 tahun maka Saya memiliki waktu 32 tahun masa produktif untuk mempersiapkan kebutuhan masa pensiun.


"Pengen sesegera mungkin mempersiapkan dana pensiun, tapi masih bingung harus mulai dari mana!"


Mulailah dengan niat, dan carilah lembaga keuangan yang menyediakan solusi finansial seperti apa yang diinginkan, misalnya menyediakan perlindungan hari tua.


Pensiun Bahagia Bersama DPLK Manulife

Rahasia pensiun bahagia


Sebagai seorang freelancer Saya sadar jika penghasilan Saya tidak tetap setiap bulannya, bisa dalam jumlah yang cukup banyak ataupun tidak. Untuk itulah pentingnya memikirkan untuk memulai mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin, selagi tubuh masih kuat dan jiwa masih bersemangat. Aamiin. Dan, solusi tersebut Saya jumpai pada Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia yang merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia yang bertujuan untuk mengelola serta menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun berdasarkan landasan hukum dana pensiun dan terdapat pada UU Nomor 11 tanggal 20 April 1992 yang disertai peraturan pelaksanaannya.


Terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini, sepanjang tahun 2020 hingga kedepannya #DPLKManulife Indonesia berkomitmen untuk senantiasa menggelar edukasi mengenai pentingnya perencanaan dana pensiun bagi perusahaan ataupun pemberi kerja secara virtual. Kegiatan tersebut merupakan komitmen Manulife Indonesia dalam membantu memudahkan keluarga Indonesia serta menyediakan solusi perlindungan hari tua guna membantu keluarga Indonesia meraih hidup #semakinharisemakinbaik dalam hal finansial.


Selain itu, yang membuat hati semakin mantap, DPLK Manulife Indonesia telah mendapat pengesahan dari Menteri Keuangan No. KEP-231/KM. 17/1994 tanggal 5 Agustus 1994. Bayangkan, hingga akhir tahun 2020 program DPLK Manulife Indonesia telah diikuti lebih dari 570.000 peserta dan 2.300 perusahaan. 


Kesimpulan

Jika ingin bahagia di hari tua, ada baiknya mulai mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin, kemudian cari layanan keuangan yang tidak hanya menawarkan layanan asuransi jiwa dan kesehatan saja, akan tetapi juga layanan dana pensiun. 


Yuk, kita mulai dari sekarang! Sebab, kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan kita, siapa lagi? Sebelum semua terlambat.


Referensi:

https://www.manulife.co.id/id/artikel/6-langkah-siapkan-tabungan-hari-tua-untuk-pensiun-sejahtera.html

Image: pixabay dan Manulife

48 komentar on "Pensiun Bahagia Dibangun di Masa Muda"
  1. Saya sudah mulai nih menyiapkan dana pensiun, tapi masih belum itung gaya hidup saat pensiun nanti, memang perlu perhitungan ya biar nanti saat masa tua bisa menjalani hidup dengan bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener juga nih, selain sibuk nabung juga perlu ada perhitungan biaya pensiun karen gaya hidup setiap orang berbeda-beda

      Hapus
  2. Aku juga sama mba, pensiun ga mau menyusahkan anak dan keluarga, dan aku seneng karena punya solusi dengan bergabung dengan DPLK Manulife.

    Pensiun mungkin masih lama, tapi ternyata harus sejak dini mempersiapkannya karena akan terasa begitu cepat masa kerja kita.

    BalasHapus
  3. Setiap masalah yang ada di sekitar kita bisa menjadi pelajaran untuk berkaca sebuah kehidupan di masa mendatang yaa, kak.. Doa terbaiknya adalah semoga masa tua tetap sehat dan mandiri secara finansial. Solusinya harus direncanakan sebaik mungkin saat usia masih produktif.

    BalasHapus
  4. Banyak banget cerita org yg susah di masa pensiun gt. Sedih liatnya, padahal pas masih muda berlimpah harta & ketenaran. Emang semuanya harus dipersiapkan sejak awal ya

    BalasHapus
  5. Setuju banget kalo Dana Pensiun memang harus dipersiapkan agar hari tua lebih aman dan terkendali, untung udah kenal nih produk Manulife

    BalasHapus
  6. Menyiapkan dana pensiun emang penting banget kak, agar masa tua lebih bisa lebih terjamin. Dan Manulife ini bisa jadi solusi

    BalasHapus
  7. masa pensiun emang harus kita rancang, tentunya dengan kecukupan uang yang kita miliki. asuransi sebagai proteksi sekaligus pengalihan risiko emang penting banget kita punya.

    BalasHapus
  8. Beberapa kali aku juga melihat ada orang yang hidup berkecukupan bahkan berlimpah harta di masa mudanya. Tapi kemudian saat usia senja, hartanya malah habis. Dia terpaksa bekerja ala kadarnya. Karena saat tubuh sudah renta, kita nggak bisa lagi bekerja seperti saat masih muda.

    Oleh karena itu, aku juga merasa penting banget untuk mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin. Agar kelak saat kita tak lagi memiliki pekerjaan, kita bisa menikmati apa yang telah kita persiapkan.

    Kita bisa memanfaatkan DPLK Manulife sebagai salah satu pilihan.

    BalasHapus
  9. Ini yg sering saya pikirkan sekarang karena usia makin bertambah. Semoga saat usia tua sya tidak menyusahkan anak

    BalasHapus
  10. Bener kak, untuk masa tua harus punya dana pensiun sejak dini agar sgala sesuatu jgn merepotkan anak dri biaya dll..

    BalasHapus
  11. Harapan semua orang nih, pensiun kaya raya, sehat dan bahagia. Hal tersebut bisa dicapai dengan usaha sekarang ya kak, semoga kita dimudahkan dalam segala urusan dan impian aamiin

    BalasHapus
  12. Semoga saja nanti pas tua ga menyusahkan anak. Maka dari itu, saat ini sdh kepikiran jg untuk menyiapkan dana pensiun, biar saat tua nanti bs mandiri secara finansial.

    BalasHapus
  13. Penting banget sih emang nyiapin dana pensiun dari muda. Bahkan dari awal mulai kerja

    BalasHapus
  14. sy juga sudah menyiapkan dana pensiun, malah jadi dana darurat sekarang, karena kerja di swasta kan ga ada pensiun, jadinya disiapkan sendiri aja

    BalasHapus
  15. bener banget sih harus punya pensiun at least ya persiapan dr muda

    BalasHapus
  16. Bener banget keuangan di masa pensiun emang perlu dipersiapkan sedari sekarang salah satunya lewat asuransi ya mba, saya masih butuh belajar banyak soal ini

    BalasHapus
  17. Bener banget keuangan di masa pensiun emang perlu dipersiapkan sedari sekarang salah satunya lewat asuransi ya mba, saya masih butuh belajar banyak soal ini

    BalasHapus
  18. Bener banget keuangan di masa pensiun emang perlu dipersiapkan sedari sekarang salah satunya lewat asuransi ya mba, saya masih butuh belajar banyak soal ini

    BalasHapus
  19. Masih banyak orng yang belum ngeh akan pentingnya memiliki dana pensiun. Semoga semakin banyak sosialisasi kepada masyarakat tentang cara mengelola dana untuk pensiun nanti

    BalasHapus
  20. Kita bisa mempersiapkan dana pensiun sadari dini mungkin yaa mba. Biar di hari tuanya nanti bisa hidup dgn tenang dan bahagia yaa

    BalasHapus
  21. Dana pensiun memang penting banget ya disiapkan sejak awal ya mba.Apalagi ditengah pandemi begini

    BalasHapus
  22. Jujur, saya terinspirasi dengan tulisan ini. Jadi membuka pemikiran bahwa "fasilitas pensiun" bukan hanya milik pegawai yang sebelumnya memiliki penghasilan tetap. Luar biasa, kak. Terima kasih untuk artikelnya.

    BalasHapus
  23. Penting banget ya menyiapkan dana pensiun, agar bisa hidup bahagia, enggak menyusahkan anak cucu... Terima kasih remindernya...

    BalasHapus
  24. Setuju sekali nih, Kak. Masa tua harus dipersiapkan sebaik mungkin,salah satunya dengan simpanan untuk masa depan sepeerti dengan asuransi.

    BalasHapus
  25. Wahhh, mengerikan sekali hidup tanpa ada tabungan yaaa
    bener sih sepertinya uang pensiun harus dikumpulkan sejak dini agar nnti di masa tua tidak menderita.. Saya ikut produk Manulife di aplikasi reksa dana, lumayanlah setiap bulan nabung jadi terhindar prilaku konsumtif berlebihan

    BalasHapus
  26. MAsa tua bahagia dan tetap mandiri, adalah dambaan semua orang. Persiapan menuju ke sana harus sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Ikut program DPLK MAnulife menjadi alternatif nih... Banyak banget keuntungannya. Mudah lagi caranya... gak pake ribet. Yuk buruan cuee...

    BalasHapus
  27. Hai kakak aku Dennise.Awal 2021 aku sudah mengajukan pensiun dini di sebuah perusahaan retail.Namun sebelumnya aku sudah menyisihkan uang secara teratur beberapa tahun yang lalu untuk dana pensiun kelak.Awalnya memang agak berat tetapi karena tau manfaatnya jadi semangat ya

    BalasHapus
  28. Bener banget dana pensiun memang harus disiapkan sejak dini ya mba, belajar dari pengalaman orang tuaku

    BalasHapus
  29. Persiapan yg matang, dari muda memang, nice share kak.

    BalasHapus
  30. Perencanaan keuangan di masa mendatang membutuhkan pemilihan perangkat perlindungan salah satunya asuransi Manulife.

    BalasHapus
  31. Saya juga mengetatkan dana tabungan dari sekarang biar masa tua nanti tidak bergantung kepada orang lain. Semoga goal ya. Aamiin...

    BalasHapus
  32. berharap banget emang pada saat nanti usia udah gak produktif lagi dan masuk dalam masa pensiun, hidupku gak ganggu keluarga. tapi ya aku sepakat kalau pensiun pun harus kita siapkan dananya.

    BalasHapus
  33. Merencanakan hendak melakukan apa di masa pensiun memang penting. Apalagi skrng situasi serba tidak menentu.

    BalasHapus
  34. Dana pensiun memang kudu jadi perhatian yah. Semoga bisa memaksimalkan apa yang ada saat ini.

    BalasHapus
  35. Manulife memang selalu terdepan ya?

    paham akan kebutuhan warga masyarakat di setiap tahap kehidupan

    termasuk menyiapkan dana pensiun agar tidak kapiran di hari tua

    BalasHapus
  36. Ah, bener banget ini, pensiun terlihat masih lama saat ini tapi justru harus dipersiapkan sedini mungkin. Suka banget dengan kalimat pembukanya "pensiun itu pasti, pensiun bahagia itu pilihan."
    Makasih Mba udah sharing dan membuka wawasan finansial tentang persiapan pensiun ini..

    BalasHapus
  37. Keren nih ada blogger gathering yang membahas pentingnya pensiun khususnya tema Rahasia Pensiun Bahagia. Sangat cocok nih buat para blogger, apalagi full blogger, cocok pake banget.

    BalasHapus
  38. Dana pensiun itu memang harus disiapin sejak sekarnag gak boleh ditunda-tunda biar anak kita gak jadi generasi sandwich

    BalasHapus
  39. Hidup jalan terus usiapun bertambah jangan terlena dengan masa muda mari persiapkan masa tua dengan menyiapkan dana pensiun sejak dini.

    BalasHapus
  40. Masa pensiun itu perlu dipikirkan dari sekarang.
    Maka persiapannya juga sejak dini, biar tenang nantinya

    BalasHapus
  41. Nah iya, saya pun pernah menjumpai orang yang begitu kaya saat mudanya, tapi saat tua kok untuk berobat saja nggak bisa.

    Memang mempersiapkan dana pensiun untuk hari tua itu penting ya mbak, walau freelancer bisa juga ya mempersiapkan dana pensiun lewat DPLK Manulife

    BalasHapus
  42. miris banget yaa melihat banyak orang tua yang hidup merana di masa tuanya. Semoga kita semua bisa hidup senang di masa tua, gak nyusahin anak-anak kita, amiiin

    BalasHapus
  43. Melihat orang tuaku yang punya dana pensiun yang cukup dan sekarang hidup dengan nyaman membuat aku juga punya cita-cita pensiun dengan bahagia. Makanya dana pensiun ini harus disiapkan sejak masih muda agar ketia sudah tua nanti bisa tetap bahagia..

    BalasHapus
  44. menyimak ulasan diawal dan cerita maimunah jadi mikir juga nih, iya ya kita perlu untuk menyiapkan dari sekrg mumpung masih berada di usia produktif

    BalasHapus
  45. Saya sedang memulai untuk menyisihkan sedikit demi sedikit dana untuk di masa tua nanti nih. Semoga di masa tua nanti bisa menikmati hidup dengan aman, damai dan bahagia. Aamiin..

    BalasHapus
  46. Semoga saya bisa merasakan pensiun bahagia nanti. Meskipun sekarang harus banyak berpikir dan mengurus ini itu, tapi di belakang nanti bakal lebih nyaman dan tidak terbebani.

    BalasHapus
  47. Penting banget menyiapkan dana untuk masa depan kita termasuk dalam menyambut masa senja dimana kita udah gak bisa atau produktif lagi untuk bekerja.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature