Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, tips, serta review produk dan jasa

Kelas Gratis BRT Network dan Keseruan Ikut Kelasnya

Rabu, 08 Desember 2021

Kelas gratis BRT Network kembali diadakan, Alhamdulillah Saya menjadi salah satu peserta yang beruntung mengikutinya yang jatuh pada bulan Desember.


suka Duka ikut kelas Gratis BRT Network


Tepatnya beberapa bulan lalu, form mengenai kelas gratis yang membahas tentang blog kembali dishare di WhatsApp Grup Blogger Ruang Tunggu (BRT), dan Saya pun tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini karena jarang-jarang akan diadakan kembali.


Sebenarnya Saya sering sekali ikut kelas blog, bahkan sebelum pandemi Saya pun selalu ikut kegiatan offline juga, yang mana kegiatannya mempraktekkan langsung cara menulis yang baik di blog, tips agar blog bertengger di halaman utama mesin pencarian dan seputar blog lainnya. Namun, ada sesuatu yang memikat hati Saya saat ikut mendaftar kelas gratis BRT Network, yakni di kelas tersebut akan membocorkan soal bagaimana cara supaya Domain Authority (DA) naik, sebagai seseorang yang pernah DA-nya di posisi 32 lalu merosot drastis hingga DA turun menjadi 13 tentu saja memacu untuk mengikuti kelas tersebut. Bukan semata-mata ingin DA kembali naik seperti dulu (meskipun ini sebenarnya juga iya sih), tapi ingin lebih tahu bagaimana dengan isi blog Saya tersebut, apa yang sekiranya perlu diperbaiki dan di-update kembali.


Suka Duka Ikut Kelas Gratis BRT Network

Kalau ditanya apa suka dukanya ikutan kelas ini, menurut Saya banyakan sukanya. Sebab di kelas ini semua peserta benar-benar digembleng untuk bisa melek dengan apa yang dibahas saat ini, kelas juga sangat disiplin sehingga kita tidak bisa hanya diam memantau grup begitu saja tanpa action terhadap blog yang kita miliki, atau siap-siap saja di kick dari grup.


Jujur, Saya itu sebenarnya sedikit agak lamban untuk bisa mengerti bahasa pemrograman, dan ini Saya alami ketika diminta oleh coach untuk mengecek SEO check pada blog masing-masing dan itu diberi waktu untuk memperbaiki. Alhamdulillah, dari sekian orang coach Saya pun akhirnya bisa paham dengan apa yang disampaikan oleh Coach Marita dan berhasil menyelesaikannya.


Pelajaran dari Kelas Gratis BRT Network

Buat teman-teman yang punya keinginan untuk ikut kelas gratisnya, semoga apa yang Saya sampaikan bisa jadi patokan, ingin ikut ketika kelas kembali dibuka atau memilih tidak ikut dikarenakan kesibukan di dunia nyata. Sebab, kamu harus bisa memilih mana prioritas yang bisa dijalankan, kalau keduanya bisa seiring sejalan, why not!


Tugas pertama yang diberikan oleh kami yakni cek SSL blog masing-masing, apakah sudah terpasang atau belum. Nah, kalian bisa cek SSL blog di https://www.ssllabs.com/ssltest/index.html, kalian bisa tes di blog sudah terpasang SSL atau belum dengan ketik domain kalian tanpa www dan https. Contohnya: elvanasira.com, saat Saya cek ternyata eror tampilannya, harusnya yang benar langsung tampil redirect https:// plus kalau ada www ya pakai www dan kalau tidak ada ya tidak. Dan, setelah Saya aktifkan SSL barulah tampil redirect blog Saya.


Setelah blog terpasang SSL, next kami belajar tentang cek blog menggunakan meta SEO inspector, mencoba benerin yang ada warning merahnya supaya bisa berubah menjadi hijau, kemudian mengubah 'lang' agar menjadi 'lang ID', kemudian urutan heading yang tidak boleh loncat-loncat, bahkan yang baru-baru ini materi yang diberikan adalah mengenai 18 parameter yang harus diterapkan dalam menulis di blog, cara pasang Google Analytic dan Google Search Console dan masih akan ada banyak materi lainnya yang akan dibagikan.


Suka Duka ikut kelas gratis BRT Network


Kesan Teman Kelompok Tentang Kelas Gratis BRT Network

Nah, di tugas yang ketiga ini kami dibagi menjadi perkelompok, dimana masing-masing kelompok ada yang beranggotakan 6, 7 bahkan 8 orang, sayangnya sebelum tugas berjalan sudah ada teman yang mengundurkan diri😢, sebab ditantangan tugas ketiga ini dimana apabila salah satu anggota kelompoknya tidak mengerjakan tugas maka semua satu kelompok tersebut akan dikick.


  • Kesan Teman Pertama

Namanya Euis Sri Nurhasanah, pemilik blog isrinur.com, yang memulai menulis blog sejak tahun 2007. Meskipun saat ini kegiatannya sedang disibukkan mengurus balita namun semangat belajarnya tinggi, itu ditunjukkan dengan semangatnya mengikuti kelas gratis BRT Network ini. Tahu donk, mengurus balita itu sibuknya kayak apa? Bahkan ia juga pernah ikut kelas blog writing. Yang membuatnya berkesan mengikuti kelas ini, ia bisa mendapatkan ilmu SEO on page bahkan mesti ngulik kode html yang baginya masih awam sekali. Bahkan karena kerumitan yang dihadapi ketika belajar inilah yang memacu semangat dan motivasinya untuk belajar.


  • Kesan Teman Kedua

Teman kedua dari kelompok Saya bernama Gita Sarrah pemilik blog sarrahgita.my.id yang telah kenal blog tahun 2010 namun memulai serius ngeblog sejak tahun 2016 hingga kemudian ia memutuskan menjadi freelance blogger. Mengikuti kelas ini menuntutnya untuk bisa mengatur waktu lebih baik, antara menyimak materi sembari langsung praktek. Dan yang membuatnya berkesan dengan kelas ini dimana sesama peserta jadi saling bantu agar bisa maju dan berkembang bersama-sama.


Kesimpulan

Meskipun kelas ini sifatnya gratis, bukan berarti bisa seenaknya masuk grup, menyimak, diam, tidak tahu tetap diam, akan tetapi membuat kita jadi termotivasi untuk bisa dan tahu, disiplin dalam menyimak dan mengerjakan tugas. Sejak ikut kelas ini pula Saya makin dipahamkan akan pentingnya SEO on page dalam menulis blog, dan masih banyak lagi. Selain itu, Saya juga mendapat teman baru yang sama-sama semangat untuk terus belajar.


Terimakasih untuk para coach, diantaranya: Kak Marita, Kak Zen, Mbak Adriana, Mbak Monica, Kak Priyo, Mas Punto dan Mbak Gilang yang senantiasa sabar menghadapi pertanyaan-pertanyaan kami yang kadang pertanyaannya itu lagi itu lagi😆. Ini mesti rajin scroll chat grup yang sampai ratusan.

12 komentar on "Kelas Gratis BRT Network dan Keseruan Ikut Kelasnya"
  1. Beruntungnya bisa ikutan kelas blog dari BRT. Pasti bakalan dapat banyak ilmu baru nih. Apalagi coach-nya berpengelaman semua dalam dunia blogging. Kelasnya aktif banget ya, setiap peserta juga harus berdiskusi dan bertanya, biar hasilnya lebih maksimal...

    BalasHapus
  2. BRT kalo bikin kelas tuh top banget deh peraturannya, aq pernah ikut sekali bukannya kapok tapi malah pengen ikut lagi, cuma nunggu anak agak gede dikit biar bisa diajak kerja sama

    BalasHapus
  3. Wah menarik ya bisa belajar g
    Blog gratis. Pengen juga dong kak ikutan

    BalasHapus
  4. Kelas BRT membantu mewujudkan blogging lebih baik ke depannya

    BalasHapus
  5. Semangat ikut kelasnya mba , jan lupa bagi2 yang asik2 di blog sini yaa mba..
    moga bisa di terapkan di blog ku juga :) semangat

    BalasHapus
  6. Aih mupeng banget ikut kelasnya
    Apa daya waktuku lagi (sok) sibuk
    Jadi sekarang nunggu bocoran materi tipis-tipis dari postingan temen deh
    Keren ya kelasnya, konsisten ningkatin kualitas blog

    BalasHapus
  7. Wah, dapat teman yang hebat-hebat ya kak. Saya jadi malu karena sering mundur kalau ada kegiatan seperti ini dengan alasan lagi ada dedek yang enggak bisa ditinggal. Padahal Mbak euis sri saja bisa.

    BalasHapus
  8. Udah lama tahu kalau emang kelasnya BRT ini mantep banget materinya. Sayang aku masih belum bisa ikutan karena emang sibuk, good luck ya kak!

    BalasHapus
  9. Tantangan kelas BRT luar biasa, apalagi coach nya disiplin. Semangat terus sampai tahap akhir ya Mbak.

    BalasHapus
  10. Ikut kelas seketat ini jadwalnya pasti membutuhkan komitmen dan manajemen waktu. Semoga sukses mengikuti sampai akhir ya Mba Elva.

    BalasHapus
  11. Tertata banget ya blognya habis ikut kelas ini. Hehe...keren

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature