Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, tips, serta review produk dan jasa

Jenis, Manfaat dan Tips Investasi

Senin, 01 Agustus 2022
Jenis, manfaat dan tips investasi aman


"Bagusnya investasi apa ya? Yang aman namun menguntungkan?"


Halo sob, pernah nggak sih kepikiran buat memulai investasi namun bingung mau investasi apaan? Nah, supaya nggak bingung dan dapat menentukan pilihan, kenali dulu yuk apa itu investasi 😉


Apa Itu Investasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan agar memperoleh keuntungan. Dengan kata lain, investasi adalah cara untuk memperoleh keuntungan di masa depan, bisa berupa emas maupun properti.


Namun, seiring berkembangnya zaman, investasi tidak hanya bentuk fisik (emas dan properti) saja, namun berupa paper asset seperti saham, reksadana hingga cryptocurrency.


Jenis-jenis Investasi

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya kita kenali dulu jenis investasi yang akan kita ambil, dan kenali pula jenis investasi berdasarkan jangka waktu dan prosesnya supaya tidak menyesal nantinya.


Jenis Investasi berdasarkan jangka waktu

Jenis investasi ini diantaranya:

  • Investasi jangka pendek, merupakan investasi yang berlangsung tidak lebih dari satu tahun, dan investasi jenis ini biasanya imbal hasilnya rendah, seperti contohnya deposito.

  • Investasi Jangka menengah, ialah investasi yang rentang waktunya dari 1 hingga 10 tahun, seperti investasi emas, reksadana, properti hingga saham.

  • Investasi jangka panjang, ialah investasi yang dilakukan di atas 10 tahun, seperti investasi modal usaha langsung.


Jenis investasi berdasarkan proses.

Selain harus tahu investasi berdasarkan jangka waktunya, kita juga mesti tahu jenis investasi berdasarkan prosesnya, diantaranya:

  • Investasi langsung, merupakan investasi yang dilakukan tanpa perantara, seperti misalnya melakukan penanaman modal usaha sendiri. 

  • Investasi tidak langsung, merupakan jenis investasi yang dilakukan menggunakan perantara atau yang dilakukan melalui perusahaan investasi. Investasi jenis ini merujuk ke jenis investasi reksadana, saham atau jenis investasi sektor keuangan yang lain.

Jenis investasi


Manfaat Investasi

Sebelum memantapkan diri untuk memilih jenis investasi, kita perlu tahu apa saja manfaat dari investasi itu sendiri, diantaranya:

  • Dapat Melawan Inflasi

Inflasi merupakan kenaikan harga barang dan jasa secara umum yang terjadi dalam jangka waktu tertentu. Terjadinya inflasi menyebabkan mata uang kita semakin menurun yang mengakibatkan harga barang dan jasa akan semakin mahal. Nah, dengan melakukan investasi tentunya kenaikan barang dan jasa dari waktu ke waktu dapat diimbangi dengan keuntungan yang diperoleh dari hasil investasi tersebut. Sebab, jika tidak melakukan investasi, maka nilai mata uang yang dimiliki pun semakin tergerus.


  • Dapat Memberikan Pendapatan Pasif

Perlu diketahui, jika investasi yang kita lakukan akan memberikan pendapatan pasif, semisalnya memilih investasi di bidang properti maka pendapatan akan didapat dari sewa dan kenaikan harga.


  • Dapat Memenuhi Kebutuhan di Masa Depan

Tanpa disadari, usia akan makin bertambah dan itu artinya kita tidak mungkin akan terus-menerus bekerja, ada masanya tubuh butuh istirahat untuk melakukan aktivitas kerja, dengan investasi tentu saja akan mendapatkan keuntungan di masa depan saat pensiun. Selain itu, nilai investasi juga cenderung naik dari waktu ke waktu yang keuntungannya dapat  menjadi sarana pemenuhan kebutuhan sehari-hari.


Tips Investasi Agar Menguntungkan

Kita tentunya ingin memperoleh keuntungan dari investasi yang dilakukan bukan? Nah, bisa dilakukan dengan membeli aset di harga rendah, lalu menjualnya di harga tinggi. Akan tetapi, adakalanya seseorang mengalami kegagalan dalam berinvestasi, supaya dapat terhindar dari kerugian investasi, perlu diketahui beberapa hal berikut:

  • Tetapkan Tujuan Awal Investasi

Sebelum investasi, maka harus memantapkan diri dulu pada tujuan investasi yang dilakukan, misalnya tujuan investasi untuk mempersiapkan dana pensiun maka jenis investasi yang bisa dipilih adalah jenis investasi jangka panjang. Dengan menetapkan tujuan dan jenis investasi, kita dapat mengetahui jangka waktu investasi yang diperlukan, jumlah dana yang perlu disisihkan.


  • Perhitungkan Risikonya

Ingat! Tidak ada investasi yang 100 persennya tanpa risiko. Jadi, sebelum investasi ada baiknya pertimbangkan dulu apa saja sekiranya risiko yang bisa sewaktu-waktu dialami, agar kedepannya tidak rugi besar.


Pilihan Investasi ala Elva Nasira

Kalau ditanya Saya pilihnya mau investasi apa, maka Saya menjawab jika Saya akan memilih investasi di bidang properti, seperti misalnya mendirikan bangunan untuk dijadikan kos-kosan. Sebab, setiap orang pasti butuh tempat tinggal. Nah, kalau mau membangun kos-kosan juga pastinya tidak bisa sembarangan, mesti mencari tukang bangunan yang berpengalaman, supaya tidak merugi. Sebab, pengalaman dari orangtua Saya yang salah dalam memilih tukang bangunan saat renovasi area cuci piring, akhirnya dinding bagian yang direnovasi tersebut mengelupas dan pasirnya berguguran hingga keliatan bata merahnya. Supaya pengalaman buruk tersebut tidak menimpa kalian, perlu banget baca ulasannya Kak Bayu tentang tips memilih tukang bangunan, dan semoga bermanfaat.

Post Comment

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature