Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, tips, serta review produk dan jasa

Tips Menjaga Kesehatan Mental

Jumat, 12 Agustus 2022

 

Tips menjaga kesehatan mental
Pict.: Pixabay

Kesehatan mental tentunya sama penting untuk dijaga seperti kesehatan fisik. Sebab, jika mental seseorang sehat maka ia dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik, lebih percaya diri dan dapat lebih produktif. Apalagi selama pandemi ini, tidak sedikit yang harus kehilangan pekerjaan yang menjadi sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga berimbas pada kesehatan mental seseorang, terutama bagi seorang wanita. Nah, untuk menghindari hal-hal negatif yang tidak diinginkan, kita perlu tahu cara untuk mengatasinya.


Cara Menjaga Kesehatan Mental

Perlu diketahui, jika kesehatan mental seseorang dapat memengaruhi pemikiran, suasana hati hingga perilakunya dan gangguan mental ini juga dapat berimbas pada aktivitas sehari-hari. Bahkan, pada kondisi yang lebih berat si penderitanya dapat melakukan percobaan bunuh diri. Nauzubillah.


  • Selalu Berpikir Positif.

Disadari atau tidak, dengan berpikir positif akan membuat kita jadi lebih percaya diri dan dapat memperbaiki suasana hati serta dapat mengurangi kemungkinan-kemungkinan berkembangnya kondisi buruk seperti depresi, hipertensi hingga gangguan terkait stress lainnya.


Tindakan yang dikatakan berpikiran positif seperti misalnya kamu sedang ditimpa masalah akan tetapi tidak langsung mengambil keputusan, melainkan mencari tahu lebih dulu penyebabnya. Dengan begitu suasana hati akan menjadi lebih tenang dan tidak akan mudah cepat marah.


  • Sosialisasi

Pada hakikatnya, manusia merupakan makhluk sosial yang butuh sosialisasi dengan orang lain untuk interaksi, sebab pada dasarnya manusia sejak lahir bergantung pada orang lain. Melalui proses sosialisasi inilah seseorang dapat mengetahui kepribadian, tingkah laku hingga aturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat.


  • Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan agar kesehatan mental terjaga

Perlu diketahui, jika mengonsumsi makanan bergizi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, akan tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Sebab, karbohidrat yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi dapat meningkatkan hormon yang membangun suasana hati yang positif, sedangkan kandungan protein yang terdapat pada makanan dapat meningkatkan zat kimia pada otak yang membantu tubuh agar tetap waspada.


  • Kurangi Mengonsumsi Kafein

Seperti yang kita tahu, jika kafein merupakan stimulan yang ditemukan dalam kopi, teh, coklat serta minuman energi. Untuk itulah disarankan agar mengurangi konsumsi kafein sebab apabila mengonsumsi dalam dosis yang tinggi dapat meningkatkan kecemasan.


  • Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga, setidaknya 30 menit setiap hari akan melatih fisik dan mental agar makin prima, sebab tubuh yang aktif bergerak tidak hanya baik untuk kesehatan fisik namun juga berkontribusi positif pada kesehatan mental. 


  • Rekreasi

Adakalanya seseorang akan merasakan penat dalam melakukan aktivitas pekerjaannya, dan apabila dipaksakan melakukan dan menyelesaikan pekerjaan tersebut membuatnya tertekan yang kemudian perlahan menimbulkan rasa stres. Maka ada baiknya luangkan waktu untuk rekreasi agar pikiran kembali fresh.


Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar kesehatan mental senantiasa terjaga. Dan, diantara pembaca tulisan Saya ini pun tentunya juga punya cara tersendiri dalam menjaga kesehatan mentalnya. Dan, salah satu yang menjadi cara Saya adalah dengan membaca buku ataupun membaca tulisan seperti  Kak Noven tentang Kehebohan menjadi ibu. Selamat membaca 🤗😊

Post Comment

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature