Peran Kebahagian Untuk Mendukung Tumbuh Kembang si Kecil

Jumat, 20 Maret 2020

Halo Moms, apa kabar perkembangan anaknya saat ini? Mulai dari tumbuh kembangnya hingga kecerdasan sang anak. Bye the way, tahukah Moms jika kebahagiaan yang anak Moms rasakan ternyata menjadi salah satu pendukung dari tumbuh kembangnya? Kok bisa? Tentu saja. Hal tersebut Saya dapatkan saat mengikuti live streaming melalui aplikasi zoom, dengan mengangkat tema "Peran Kebahagian Untuk Mendukung Tumbuh Kembang si Kecil". Terlihat sepele ya, Moms! Namun, jika anak-anak merasakan bahagia, maka tumbuh kembangnya pun akan sangat baik. 

Live streaming menghadirkan beberapa orang narasumber, diantaranya: 
  • Pramudita Sarastri, selaku Brand Executive Nestlé LACTOGROW 
  • Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), selaku Dokter Spesialis Anak
  • Ayoe P. Sutomo, M.Psi, selaku Child Psychologist
  • Sandra Dewi, seorang Celebrity Mom. 

Ciptakan Kebahagiaan Untuk Anak 

Perlu diketahui, jika rasa bahagia yang diciptakan oleh orangtua terhadap anak, tentunya akan sangat bermanfaat dalam membentuk karakter anak itu sendiri, begitupun untuk tumbuh kembangnya. Ada beberapa hal yang dapat membuat anak bahagia, sebagaimana yang dijelaskan oleh Ayoe P. Sutomo, M.Psi, selaku Child Psychologist, diantaranya:
  • Membangun Interaksi Positif dan Berkualitas.
Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara ajak anak ngobrol bareng, luangkan waktu untuk bermain bersama, dan peluk anak (Karena dengan memeluk anak, anak akan merasakan nyaman dan kasih sayang kita). 
  • Melatih Pengendalian Emosi. 
Yang dapat orangtua lakukan yakni tidak terbawa emosi anak (saat anak marah-marah, merengek dan sebagainya), bantu anak kenali emosi, tenangkan anak dan diskusikan masalah.
  • Membuat Rutinitas dan Aturan Bersama.
Yang mana rutinitas dan aturan tersebut dibuat dan disepakati bersama, maksimal 5 aturan yang harus dipatuhi bersama, no cheating, serta buat konsekuensi dan evaluasi bersama.
  • Membiasakan Bersyukur dan Berbuat Baik. 
Penting banget untuk kita tumbuhkan rasa syukur pada anak, sehingga ia tidak bersikap sombong terhadap Tuhan yang menciptakannya. Misalnya tanyakan pada anak mengenai perasaannya setelah mendapat mainan baru, setelah membantu orang lain dan melakukan hal-hal baik lainnya. Libatkan anak dalam berbuat kebaikan dan masih banyak hal positif lainnya yang dapat dilakukan bersama.

Dukung Anak Tumbuh Bahagia Dengan Menjaga Kesehatan Pencernaannya

Kalau anak sakit, Ibu manapun pastinya akan sangat sedih. Apalagi kalau sudah menyangkut soal pencernaan, jangankan anak-anak, Kita dewasa pun kalau pencernaan terganggu tentunya akan sangat mengganggu aktivitas. Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) memaparkan jika pencernaan sangat berhubungan erat dengan daya tahan tubuh, tumbuh kembang hingga perkembangan otak anak, dan sebanyak 80% sistim imun terdapat pada usus. Dan, disinilah peran orangtua terutama Ibu. 


Selain itu, Bu Ariani juga menjelaskan jika probiotik yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan saluran cerna adalah Lactobacillus Reuteri. Dan tentunya probiotik ini harus terpenuhi, karena saluran cerna dan otak saling berhubungan dua arah.
 "Bila ingin menjaga kesehatan pencernaan anak, Lactobacillus reuteri memegang peranan penting. Selain itu, dapat menurunkan resiko diare yang biasa terjadi pada anak-anak, terutama pada bayi dan balita!" imbuh Pramudita Sastri selaku Brand Executive Lactogrow.
Nah, Lactobacillus reuteri tersebut terdapat pada Lactogrow, Grow Happy. Yang bisa Moms berikan buat buah hati tercinta.

Tips Ciptakan Kebahagiaan Ala Sandra Dewi 


Moms pasti sangat mengenal Sandra Dewi, bukan? Seorang public figure dan juga seorang ibu Juga turut membeberkan rahasianya dalam menciptakan kebahagiaan buat buah hati tercinta, diantaranya: 
  • Penuhi Asupan Gizi Anak. 
Meskipun masih disibukkan dengan pekerjaannya, namun Sandra Dewi tetap memperhatikan asupan gizi untuk kedua anaknya, dan ia percayakan dengan memberikan Susu Lactogrow karena di dalamnya terdapat Lactobacillus reuteri yang baik untuk anak. 
  • Memprioritas Anak. 
Meskipun disibukkan dengan pekerjaan, namun saat berada di dekat anak, Sandra Dewi lebih memprioritaskan anak-anaknya dengan mengajak bermain dan tidak memegang gadget, pun dengan suaminya. Karena mengajak anak bermain bersama akan membangun bonding antara orangtua dan anak. 

Dan masih banyak hal positif lainnya yang Sandra Dewi lakukan dengan melibatkan sang suami dalam memberikan kebahagiaan buat kedua buah hati mereka. 

Nah, itulah Moms tips dari beberapa pakarnya. Semoga bermanfaat dan bagi Moms yang ingin mengetahui lebih lanjut program Grow Happy Club bisa cek ricek di webnya growhappy.co.id karena akan ada beragam benefit yang akan Moms dapatkan.
13 komentar on "Peran Kebahagian Untuk Mendukung Tumbuh Kembang si Kecil"
  1. Benar sekali, Mbak Elva. Segala sesuatu itu kalau dijalankan dengan bahagia, pasti hasilnya bahagia juga. termasuk dalam masa tumbuh kembang anak ya, Mbak. Peran orang tua wajin memberi rasa bahagia pada anak, Jadi proses tumbuh kembangnya berjalan lancar dan cepat.

    BalasHapus
  2. Oh ternyata ini alasan Dewi Sandra mengasuh anaknya, perlu dituru juga nih, apalagi Lactogrow memang pilihan terbaik untuk anak.

    BalasHapus
  3. Wah acaranya mengedukasi sekali mba. Sebagai ibu, aku berusaha menstimulasi aspek tumbuh kembang Erysha seperti yang ditulis di atas. Terutama aku juga mengingatkan diriku untuk menjadi ibu yang bahagia agar aku bisa membetsamai anakku dengan bahagia pula dan itu akan menjadikannya sebagai anak yang bahagia. Amin

    BalasHapus
  4. Wah senangnya hadir di acara ini Mba. Aku sepulang dari mendengar penjelasan psikolog ayu, tahun lalu begitu jumpa anak langsung deh kayak ibu peri. Berusaha menahan marah yang gak penting ke anak..

    BalasHapus
  5. Setuju ma Sandra Dewi untuk melibatkan suami untuk menciptakan kebahagiaan buah hati. Makanya kadang suka gemes liat bapak-bapak yang gak mau ikut campur urusan anak-anak, padahal bikinnya berdua ya berarti tanggungjawab berdua.

    BalasHapus
  6. Salfok sama Sandra dewi cantik banget artis yang satu ini. Btw pemenuhan nutrisi untuk anak emang penting banget sih jangan lupa sayangi dia agar mereka merasa lebih bahagia dan bangga akan dirinya sendiri.

    BalasHapus
  7. salut deh utk para mom yg terus meng-upgrade diri meningkatkan kemampuan. semoga anak2 Indonesia makin keren!

    BalasHapus
  8. wah ada lagi ya acaranya lactogrow.
    Tahun lalu saya ikutan, moga-moga tahun ini bisa ikutan lagi.
    Ada Sandra dewinya ya

    BalasHapus
  9. iya, perlu juga loh mengerti mainan anak berdasarkan usianya
    jadi usaha kita tuh gak sia-sia saat ngajak main enak
    meminimalkan lelah lah yaaa, hehe

    BalasHapus
  10. Membuat anak bahagia itu sebetulnya simpel ya Kak, cuma kadang orangtua berpikirnya ribet, jadi ribet mau bahagiain anak-anak.

    BalasHapus
  11. tanda-tanda anak sehat adalah bahagia, anakku tuh kalau lagi seneng makannya banyak. Tandanya dia bahagia. Nah, kalau sakit rumah malah sepi banget. hehehe.

    BalasHapus
  12. 4 hal yang membahagiakan anak menurut psikolog anak di atas memang benar adanya. Interaksi, emosi, rutinitas dan syukur ada;ah 4 hal yang harus membekas kuat pada anak sebelum masa bermain di luar rumah

    BalasHapus
  13. Kebahagiaan anak, itu yang paling utama. Tapi kebahagiaan yang bertanggungjawab.
    Saya sepakat dengn apa kata para pakar di atas

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature