Manfaat Bersepeda yang Harus Diketahui

Thursday, September 3, 2020
Manfaat bersepeda


Akhir-akhir ini, bersepeda tentunya menjadi salah satu olahraga favorit yang sedang digandrungi oleh siapapun, baik muda ataupun yang tua. Melakukan aktivitas bersepeda saat ini nggak hanya saat Car Free Day aja, akan tetapi juga di setiap waktu yang dikehendaki, entah itu di pagi, siang atau malam hari. Bahkan, saat pandemi seperti sekarang ini banyak yang mengincar sepeda sebagai salah satu alat transportasi sekaligus ajang olahraga yang menyehatkan. 


Manfaat bersepeda bagi anak
Pict. Pixabay


Ngomong-ngomong soal sepeda, Saya jadi teringat sewaktu duduk di bangku SMP, dimana waktu kelas dua Saya dibelikan sepeda oleh Bapak. Karena sejak kecil telah diajarkan bersepeda oleh teman sebaya, sehingga Saya cukup mahir dalam mengendarainya. Tapi, sayangnya ada hal yang tidak saya ketahui saat itu, yakni teknik bersepeda, alhasil entah berapa kali Saya terjatuh dari sepeda. Nah, buat teman-teman yang masih pemula menggunakan sepeda, ada baiknya baca ulasannya Kak Hadi Kurniawan mengenai Teknik Bersepeda yang Benar. Sebab, ini penting loh, agar selamat saat bersepeda. 


Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Nah, usai teman-teman baca ulasannya Kak Hadi, berikut Saya infokan mengenai manfaat bersepeda untuk kesehatan yang perlu teman-teman ketahui. 

  • Mengurangi Rasa Stres

Dengan melakukan aktivitas fisik--bersepeda--tentunya membuat tubuh kita segar,  selain itu membuat suasana hati bahagia. Bersepeda nggak perlu sampai bermil-mil, cukup berkeliling di sekitar komplek tempat tinggal sudah cukup 😉.


  • Memperkuat Otot

Nggak hanya dapat membakar kalori, namun dengan rutin bersepeda juga dapat membentuk serta memperkuat otot tubuh kita. 


  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika ingin memiliki berat badan yang ideal, bersepeda menjadi salah satu cara terbaik. Sebab, bersepeda diklaim dapat membakar kalori dalam tubuh. Sehingga, makin lama durasi kita bersepeda, maka akan lebih banyak membakar kalori. Apalagi buat Saya pribadi yang ingin memiliki tubuh sehat dan ideal, cocok banget dilakukan setiap hari. Tapi ingat ya, tetap jaga pola makan dan tidur.


  • Menurunkan Risiko Penyakit

Disadari atau pun tidak, dengan melakukan kegiatan bersepeda, dapat membantu menurunkan risiko penyakit, seperti misalnya kanker, diabetes, jantung hingga sendi. Itu karena dengan bersepeda dapat membantu memompa darah ke seluruh tubuh, menyehatkan paru-paru, dan tubuh jadi lebih bugar.


Manfaat bersepeda bagi tubuh
Pict. Pixabay


Nah, itulah beberapa manfaat bersepeda yang dapat Saya jabarkan. Tentunya masih banyak manfaat yang dapat kita rasakan dengan melakukan aktivitas olahraga satu ini. Semoga bermanfaat!

13 comments on "Manfaat Bersepeda yang Harus Diketahui"
  1. Alhamdulillah tren yang lagi muncul di tengah pandemi gini, termasuk tren yang sehat ya, kak. Tapi, emang harus mempersiapkan terutama keselamatan saat bersepeda juga, ya.

    ReplyDelete
  2. Bisa juga bersepeda untuk menghangatkan hubungan dalam keluarga kak. Apalagi kalo menghabiskan Quality time di akhir pekan bareng sekeluarga sepedaan di car free day atau taman komplek misalnya.

    ReplyDelete
  3. Banyak banget ya Mbak manfaat naik sepede. Selama ini mah naik ya naik aja buat anter kemana kebutuhan. Gak nyangka naik sepeda besar manfaatnya. Thanks Mbak infonya.

    ReplyDelete
  4. setuju kak, selain sebagai sarana olahraga bagi saya bersepeda sebagai sarana refreshing, penghilang stress dan ketegangan. saya lebih suka bersepeda di area pegunungan. rasanya fresh dan sehat

    ReplyDelete
  5. wah manfaat bersepeda banyak ya mbak elva. jangankan anak dewasa, anak balitaku pun senang bgt sama olah raga ini

    ReplyDelete
  6. Ayo seepedaan kak..saya juga sekarang gandrung lagi sepedaaan... masih kuat gowes sejauh 24 KM ..lumayan biar badan tetap sehat dan bugar

    ReplyDelete
  7. bener sepeda tuh bikin badan segar dan bugar, karena banyak gerak ya mba. makanya saya tuh kalo abis sepedahan badan suka enakan, kalo rebahan aja malah sakit-sakit badan hehe.

    ReplyDelete
  8. Kalau sekarang kayaknya tambah relasi baru juga kak, soalnya banyak muncul kelompok atau komunitas bersepeda

    ReplyDelete
  9. Wiiih manfaat bersepeda banyak sekali ya kak, keren Nih apalagi gabung di komunitas gowes gitu keren banget sih selain sehat banyak tambah teman

    ReplyDelete
  10. Bersepeda itu selain sehat juga banyak manfaat ya sista, baru tahu lho kalau bersepeda juga bisa menghasilkan stress... Pengen belajar naik sepeda jadinya

    ReplyDelete
  11. Memang manfaat sepeda tuh bagus ya apalagi di masa pandemi gini, olahraga sambil rekreasi bisa dilakukan dengan sepeda

    ReplyDelete
  12. Kalau sya sepeda statis aja di rumah. Hehhee. Habis rasanya malaz keluar rumah ganti baju sport sepatu dll. Di rumah , dasteran aja bisa sepedaan..hihihi

    ReplyDelete
  13. Bener nih kak, dengan bersepeda fisik jadi sehat dan daya tahan tubuh jadi kuat. Jadi penyakit pergi ya, begitu juga dengan Corona. Yuk, rajin bersepeda.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature