5 Manfaat Traveling yang Perlu Kamu Ketahui

Thursday, September 17, 2020
5 Manfaat traveling


Halo sobat pembaca setia Elvanasira, bagaimana situasi di lokasi kalian masing-masing? Semoga sehat-sehat selalu. By the way, siapa sih diantara kalian kangen buat traveling kayak dulu sebelum pandemi? Tentu saja kita pasti sangat merindukan momen seperti dulu, dimana kita bisa bebas mau kemana-mana tanpa rasa was-was, apalagi setelah berselancar ke blognya mbak Richa Miskiyya, mendadak saya tertarik buat membaca karya tulisnya yang  berjudul "5 Hal Unik dan Khas yang Akan Kamu Temukan di Yogyakarya" yang tentunya sayang banget jika dilewatkan.


Membaca ulasannya tersebut, saya jadi pengen jika suatu saat bisa berkunjung ke sana untuk melihat langsung beragam keunikan dan segala khasnya. Dari dulu Saya suka banget melakukan kegiatan traveling, sebab bagi Saya traveling banyak manfaat yang bisa dirasakan bahkan lebih dari sekadar jalan-jalan.


Manfaat Traveling 

Seperti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya, jika traveling memiliki beragam manfaat yang bisa kita rasakan, diantaranya:

  • Memberi Pengalaman

Diantara teman-teman pastinya pernah melakukan kegiatan traveling, baik itu di dalam kota maupun hingga ke luar kota. Dan, tentu saja akan mengunjungi banyak tempat baru, dengan suasana yang baru pula. Selain itu, dengan melakukan traveling kita juga  akan banyak menemui berbagai kuliner khas, bertemu masyarakat sekitar yang memiliki tradisi serta kebudayaan yang berbeda-beda.


Dari perjalanan tersebut, tentunya kita akan mendapat beragam pengalaman baru, sehingga memberikan kesan tersendiri yang akan membuat mental seseorang lebih positif sebab dapat lebih memaknai kehidupan.


  • Menambah Keterampilan dan Wawasan Baru

Saat melakukan traveling, kita akan menemukan banyak hal yang tidak hanya mengasah kreativitas, namun juga menambah wawasan kita, baik itu mengenai  objek wisata yang kita kunjungi, bahasa yang penduduk lokal setempat gunakan, dan masih banyak lagi hal-hal baru yang akan kita temukan. Dari perjalanan tersebut secara tidak langsung akan mengasah kemampuan kita untuk berkomunikasi serta berkesenian. Bahkan, untuk mendapatkan beragam pengalaman dari traveling, tidak sedikit mereka yang dengan sengaja mengikuti paket wisata tertentu, entah hanya untuk belajar membatik, memasak, bahkan untuk mengikuti kegiatan konservasi hutan saat traveling yang mereka lakukan.


  • Dapat Mengurangi Stres

Dengan melakukan traveling, tubuh kita akan lebih segar dan dapat terhindar dari stress, sebab traveling memberi energi positif untuk tubuh dan otak kita. Selain itu, kegiatan traveling akan membuat tubuh lebih banyak bergerak sehingga baik untuk kesehatan otot, jantung, dan sendi juga lebih terjaga.


  • Bisa Menjadi Sumber Inspirasi

Saat traveling, banyak hal yang kita temukan dan bisa menjadi sumber inspirasi. Maka itu, tidak sedikit orang melakukan  traveling, sebab kegiatan traveling dapat memberi penghasilan, seperti misalnya dengan menerbitkan buku catatan perjalanan, baik itu tempat wisata, kuliner dan lainnya sesuai ciri khas seorang travel blogger. 


  • Menambah Jaringan Perteman

Saat traveling, tentunya kita akan bertemu dengan banyak orang baru, yang mana orang-orang baru tersebut datang dari berbagai latar belakang, baik ia warga lokal, petugas wisata, dan sesama wisatawan yang berasal dari berbagai daerah. Dan, dengan membangun komunikasi pada orang-orang yang kita temui saat traveling, tentu saja dapat sekaligus memperluas jaringan perteman tersebut. Bahkan bisa jadi, orang-orang yang kita temui itu suatu saat akan menjadi mitra bisnis di masa depan.


Manfaat traveling


Nah, itulah manfaat yang akan teman-teman rasakan saat melakukan traveling. Namun, sebelumnya kalian harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum memutuskan untuk berangkat traveling, seperti misalnya keadaan fisik yang fit, ada teman perjalanan, bekal yang akan dibawa dan jangan lupa berdoa agar perjalanan jadi menyenangkan tanpa hambatan. 

33 comments on "5 Manfaat Traveling yang Perlu Kamu Ketahui"
  1. kelimanya aku sudah merasakannya ka elva. asalkan berangkatnya benar2 ikhlas, jadi banyak hal yang bisa dirasakan. apalagi berangkatnya bareng keluarga tercinta, bnr2 ngurangi stress

    ReplyDelete
  2. Iyaa, kujuga rindu jalan-jalan. Tapi, masih harus ditahan lagi. Udah rindu pengen menghirup udara di tempat lain gitu. Sambil pengen jeprat jepret juga.

    ReplyDelete
  3. Traveling buat saya merekatkan keluarga juga, karena di rumah semua anggota keluarga, hobby jalan-jalan. Kadang kita berempat camping ke gunung. Selain seru, tercipta banyak moment bahagia yang tidak hanya sekedar ngobrol tapi pengalaman hidup di luar rumah.

    ReplyDelete
  4. setuju banget, bisa menambah jaringan pertemanan ya mba. soalnya aku punya temen yang suka traveling, temennya bule semua, jadi dia pinter banyak bahasa.

    ReplyDelete
  5. Kenangan yang didapat saat traveling pun bisa jadi investasi memori yang menyenangkan ya kak Elva.. apalagi kalo traveling bareng anak. Si anak akan jadi orang yang supel karena udah biasa liat perbedaan orang di saat traveling..

    ReplyDelete
  6. Jadi kangen travelling nih. Sejak pandemi ini, hobi travelling aku dan suami jadi tidak bisa tersalurkan hehehe....

    ReplyDelete
  7. Aku paling seneng travelling dan cari yang minim budget. Emang kita banyak dapat pengalaman setelah melakukan perjalanan ya mbak

    ReplyDelete
  8. Sayangnya lagi pandemi gini traveling jadi kegiatan tertunda lama. Bisa dialihkan ke traveling virtual dulu. Memang jalan-jalan itu bakal ngasih pengalaman yang nggak bisa diduga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak.. lebih aman ikut traveling virtual kali ya..
      Atau traveling ke tempat yang masih belum diketahui orang kayak ke air terjun yang sepi..

      Delete
  9. Betul kak, manfaatnya banyak. Semakin banyak dan jauh traveling nya keuntungan nya juga semakin banyak ya kak

    ReplyDelete
  10. Setuju kak elva traveling ini beneran membuat kita bertambah pengalaman, wawasan, pertemanan juga inspirasi tentunya. Jadi kangen jalan-jalan nih

    ReplyDelete
  11. Kalau buat saya traveling tuh bisa menambah wawasan dan jejaring pertemanan sehingga kita bisa melihat dunia luar yang sesungguhnya

    ReplyDelete
  12. Ah benar lho,travelling bisa membuat refersh...
    Jadi kangen travelling

    ReplyDelete
  13. Kangen traveling.. ga harus jauh sekitaran jabodetabek aja cukup... etapi kan .masih belum boleh kemana mana dulu ya kak

    ReplyDelete
  14. Ternyata banyak juga ya manfaat travelling terutama untuk anak-anak, jadi kangen pingin jalan-jalan bareng keluarga, next pingin travelling lagi ah sekalian menambah wawasan untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  15. Huhu, ngomongin traveling jadi kangen jalan-jalan lagi. Udah penat rasanya ya diem diri di rumah. Tapi sementara sih, kudu ditahan-tahan dulu. Biar kondisi aman dulu. Semoga pandemi lekas berlalu ya. Biar kita bisa traveling ke mana-mana lagi.

    ReplyDelete
  16. Paling senang kalau travel bareng keluarga. Bisa nambah keeratan Keluarga juga ya selain lima manfaat tersebut di atas. Apalagi kalau travelingnya dibayar alias job kerja. Mantap betul itu

    ReplyDelete
  17. Untungnya sebelum pandemi awal tahun 2020, aku sempat travelling yang agak lama , huhuhu kalau gak aku tahun 2020 gak travelling dong , nabung aja dulu ya sebelum pandemi usai, travelling itu memberikan banyak manfaat dan pelajaran ya kak.

    ReplyDelete
  18. bener banget, dulu zaman masih seneng traveling sebulan sekali, semua manfaat diatas dirasakan banget. sampai niat punya tour travel sendiri karena begitu sukanya traveling tiap bulan haha. duh jadi kangen jalan-jalan nih. kapan ya bisa traveling dan merasa aman di luar rumah.

    ReplyDelete
  19. Sekarang tuh kalaupun kangen traveling harus dutahan deh :( Padahal aku pun merasakan banyak manfaat yang di rasakan karena traveling ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat aku traveling tipis2 juga udah berasa buat ngilangin stress kerjaan kak

      Delete
  20. Travelling kalo buatku juga bisa menyembuhkan patah hati, ini masuk ke bagian mengurangi stres juga ya

    ReplyDelete
  21. Bisa memberikan ketenangan ya Mbak traveling. Sepertinya saya saya s membutuhkan ini saat ini. Berasa suntuuk banget saya tu.

    ReplyDelete
  22. sebelum traveling jadi sengehits sekarang bahkan sebelum ada instagram, aku juga sudah suka traveling, mbak. kangen deh traveling zaman dulu saat belum ngandelin google maps :D

    ReplyDelete
  23. Setuju banget kak, ada banyak sekali manfaat traveling yang pastinya membuka wawasan dan sekaligus bersenang-senang

    ReplyDelete
  24. Rindu suana jalan-jalan bareng kawan, selama pandemi betul2 stayAthome, kapan ya pandemi ini berakhir

    ReplyDelete
  25. Jaringan pertemanan jadi lebih banyak dengan traveling, karena kan ketemu yang satu ide satu misi yaitu halan-halan ke tempat yg belum disinggahi

    ReplyDelete
  26. Bener banget , apalagi traveling bareng keluarga bisa mempererat satu sama lain.

    Aku jg suka bgt mom jalan2 bareng keluarga meskipun gak jauh2

    ReplyDelete
  27. Kalau menurut saya efekntravelling yang paling berasa adalah menghilangkan stres dan kepenatan karena bisa melihat hal baru

    ReplyDelete
  28. Setuju banget mba. Dari lima hal yang mba sebutkan ini, pengalaman benar-benar jadi hal yang membekas banget buat aku, sekaligus kenangan sih haha.

    ReplyDelete
  29. Traveling memang memiliki banyak manfaat ya Mbak salah limanya seperti yang sudah Mbak sebutkan di atas. Sayangnya di masa pandemi ini masih belum bebas jalan-jalan.

    ReplyDelete
  30. Ayukk kutunggu di Jogjakartaku, kota penuh kenangan yang katanya kalau sudah singgah akan susah lupa dengan semua kenangannya.

    ReplyDelete
  31. Ternyata manfaatnya banyak ya traveling ini, jadi kangen tour nih mbak. Hehe, semenjak pandemi emang kegiatan Plesiran ini kami batasi sampai situasi kembali normal.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature