Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, tips, serta review produk dan jasa

Tips Berwisata Membawa Anak 1 Tahun

Minggu, 17 Juli 2022
Tips Berwisata bersama keluarga


Halo Moms, libur panjang ini digunakan buat apa? Apakah hanya di rumah saja dengan melakukan beragam aktivitas bersama keluarga, ataukah pergi berwisata? Namun apapun itu, tentunya melakukan beragam kegiatan positif yang menyenangkan dan dapat membangun bonding antara orangtua dan anak itu sangat penting.


Nah, baru-baru ini Saya bersama anggota keluarga pergi berwisata ke Pantai Panjang yang berlokasi di Kota Bengkulu, dan tentunya jauh-jauh hari sebelum pergi ke tempat wisata, Saya sudah menyiapkan beberapa hal berikut agar berwisata jadi menyenangkan, apalagi saat itu Saya membawa bayi usia 1 tahun, perlu dicatat apa saja yang sekiranya mesti dibawa. 


Manfaat Berwisata Bersama Anak

Tidak hanya sebagai jalan membangun bonding antara anak dengan orang tua sebagaimana yang Saya sebutkan sebelumnya, namun mengajak anak berwisata tentu saja akan memberikan manfaat, diantaranya:

  • Menjadi sarana belajar yang seru

Saat akan traveling ke tempat wisata, ajaklah anak ke tempat wisata yang tidak hanya membuat si anak merasa senang semata, akan tetapi juga bisa menjadi media belajar, seperti misalnya ke museum, ke objek wisata budaya, dan tempat-tempat lainnya.


Berwisata bersama anak usia 1 dan dewasa


  • Dapat Melatih anak berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan lingkungan sosial

Dengan mengunjungi ke tempat-tempat wisata tentunya akan menjumpai banyak orang  dan biarkan anak membaur dengan anak-anak lainnya, sebab tidak hanya menambah teman akan tetapi dapat melatih anak cakap berinteraksi dengan orang lain serta dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.


  • Dapat menumbuhkan rasa cinta dengan keluarga

Berlibur adalah waktu yang tepat untuk saling menumbuhkan rasa cinta antara anak dengan orang tua pun sebaliknya, terutama orang tua yang sangat jarang bisa menghabiskan waktu dengan anak. Selagi menikmati waktu liburan, ada baiknya jauhkan ponsel lalu berikan perhatian ekstra pada anak agar mereka merasa diperhatikan.


Perlengkapan Berwisata yang Perlu Dibawa

Tips berwisata menyenangkan bersama anak dan keluarga

Apabila anggota keluarga yang ikut berwisata dalam jumlah yang cukup banyak, ada baiknya menyiapkan beberapa perlengkapan berikut, meski sedikit ribet tapi setidaknya bisa menghemat pengeluaran, kecuali kalau kalian termasuk keluarga Sultan ya tidak perlu repot-repot bawa perlengkapan namun cukup bawa badan dan anggota keluarga saja, hehe

  • Tikar yang Cukup Lebar

Di tempat wisata biasanya ada yang sudah menyediakan tikar yang dapat disewa, namun jika merasa tidak kerepotan ada baiknya membawa tikar sendiri, dan bawalah tikar anti air agar mudah menjemur dan melipatnya kembali.


  • Bekal Makanan dan Minuman.

Ada beberapa tempat wisata yang terkadang melarang pengunjung untuk membawa makanan dan minuman, maka ada baiknya cari tempat yang sekiranya boleh membawa makanan dan minuman, dan itu biasanya di luar dari wilayah tempat berwisata. 


  • Handuk Kecil dan Sabun Cuci Tangan

Di beberapa tempat wisata terkadang tidak menyediakan sabun cuci tangan, maka ada baiknya bawa sendiri sabun cuci tangan yang dimasukkan ke dalam wadah botol kecil agar mudah dibawa.


  • Pakaian Ganti dan Pempers Cadangan

Barang ini wajib dibawa jika membawa si kecil ke tempat wisata, karena di tempat wisata biasanya sangat jarang yang menjual pempers, sedangkan pakaian ganti diperlukan jika pakaian anak kotor saat bermain, seperti misalnya ketika berwisata ke pantai, tentunya pakaian anak akan kotor saat bermain pasir pantai. 


  • Kantong Plastik.

Bawalah kantong plastik, karena pasti akan sangat berguna untuk menyimpan pakaian kotor dan kantong plastik lainnya untuk menjadi tempat sampah sisa makanan. 


  • Bantal dan Kain Panjang atau Selimut Kecil.

Hal ini terjadi pada anak Saya, dimana saat lelah bermain dan pakaian pun diganti, ia mengantuk dan akhirnya tertidur, untungnya Saya membawa kain panjang untuk selimut dan jadi bantalnya, sehingga ia pun tertidur dengan nyenyak.

Itulah beberapa tips agar berwisata menyenangkan dan beberapa manfaat mengajak anak berwisata. Bagaimana dengan, Moms? Perlengkapan apa saja nih yang biasa dibawa saat berwisata? Btw, kalau teman-teman juga mau jelajah ke tempat wisata lainnya bisa loh baca tulisannya Kak Ina dengan judul 5 tempat wisata antimainstream di Bogor yang cocok untuk healing akan tetapi ada baiknya persiapkan budget jauh-jauh hari agar tidak merogoh tabungan lainnya. Dan happy berwisata bersama keluargašŸ„°

Post Comment

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature