Dukungan Danone AQUA Terhadap Masa Depan Dunia

Sunday, January 28, 2018
Danone AQUA Mempromosikan B Corp untuk Mendukung Perubahan 
Demi Masa Depan Dunia yang Lebih Baik

   Bisnis dipercaya dapat menjadi kekuatan untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan yang saat ini berkembang. Hal inilah yang mendorong B-Lab, organisasi non profit, membuat standar sertifikasi kinerja sosial dan lingkungan  serta transparansi dan akuntabilitas yang diperuntukkan bagi pelaku bisnis, sehingga bisa menjadi agen perubahan untuk dunia yang lebih baik.


   Marcello Palazzi selaku B Lab Global Ambassador mengatakan, “Sertifikat B Corp menjadi standar bagi pelaku bisnis untuk memenuhi tata kelola yang baik dengan meningkatkan kinerja sosial dan lingkungan serta transparansi dan akuntabilitas. Dengan sertifikat B Corp, pelaku bisnis di dunia akan bersaing memberikan yang terbaik untuk dunia, tentunya yang dapat digunakan masyarakat untuk kepentingan dalam menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan.”


   Untuk bisa mendapatkan sertifikat B Corp ini, pelaku bisnis harus melewati proses audit oleh B Lab, dimana perusahaan diminta untuk memenuhi standard yang ditetapkan. Pada saat bersamaan, B Lab juga memberikan dukungan kepada pelaku bisnis agar dapat melakukan perbaikan dalam tata kelola operasional sehingga bisa menjadi perusahaan yang bertanggung jawab dan mampu menjadi agen perubahan yang dapat membawa pada kebaikan bagi dunia untuk menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan.
Bentuk dukungan B Lab kepada pelaku bisnis, diantaranya:
  • Membangun komunitas global dengan memberikan sertifikasi B-Corp
  • Menyediakan fasilitas sumber daya dan lembaga hukum untuk keuntungan perusahaan.
  • Melakukan B Impact Assesment  dimana membantu para pelaku bisnis dan juga institusi mengukur bisnis mereka agar layak di sertifikasi B Corp.
  •      Menginspirasi jutaan pelaku bisnis dan institusi lainnya dengan cara menyebarkan kebaikan melalui B the Change Media, dengan menjadi bagian B Corp.
   Setiap perusahaan harus mengedapankan tanggung jawab bagi kehidupan yang berkelanjutan. Corey Lim selaku  Vice Chairperson Asia Pasific B Corp Association menjelaskan bahwa, “setiap perusahaan harus memiliki standar yang cukup tinggi dalam hal tanggung jawab sosial dan prestasi dalam menjaga lingkungan, transparan dan harus bertanggung jawab akan bisnis yang dilakukan.  Disini kami menginspirasi para pelaku bisnis di seluruh dunia agar membangun bisnis dengan kepedulian dan bertanggung jawab, sehingga memberikan dampak positif bagi manusia dan planet bumi. Dengan semakin banyaknya pelaku bisnis yang peduli akan kehidupan yang berkelanjutan. Melalui B Corp, maka dunia akan menjadi lebih baik, masyarakat akan semakin menikmati peningkatan kesejahteraan serta terciptanya lingkungan yang lestari.”


   Kekuatan B Corp dalam membangun perubahan bagi dunia juga terlihat dalam tagline mereka yakni “Business as a Force for Good (Bisnis sebagai kekuatan untuk kebaikan)”, dimana B Corp ingin membangun komunitas yang terdiri dari para pelaku bisnis yang memiliki tujuan tidak hanya mencari profit namun juga bertanggung jawab sehingga bisa menjadi agen perubahan. Sertifikat Global B Corp menginspirasi para pelaku bisnis agar membangun bisnis dengan kepedulian dan bertanggung jawab sehingga memberikan dampak yang positif bagi manusia.

   Sebagai perusahaan sector FMCG yang bertanggung jawab, secara global Danone juga telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang akan tersertifikasi B Corp. Danone bermitra dengan B Lab untuk menguatkan kembali komitmen ganda Danone, bahwa kemajuan bisnis harus sejalan dengan kemajuan sosial dan lingkungan. Hal ini sejalan dengan tumbuhnya kesadaran konsumen untuk memilih produk yang diproduksi oleh perusahaan yang bertanggung jawab.  Survey yang dilakukan oleh Danone memperlihatkan bahwa 60 persen konsumen mengatakan bahwa mereka akan lebih memilih membeli barang dan jasa dari entitas bisnis. Sebanyak 51 persen konsumen juga mengatakan bahwa mereka ingin mengetahui apa saja aksi korporasi dari sebuah bisnis untuk kebaikan di balik brand  mereka.


Tentang Aqua

   AQUA merupakan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan minuman ringan di Indonesia yang didirikan pada tahun 1973. Sebagai perwujudan dari visi dan komitmen dalam mengelola operasional secara bertanggung jawab dalam sosial dan lingkungan. AQUA mengembangkan inisiatif AQUA Lestari yang terdiri dari empat pilar, yaitu:
  • Perlindungan Sumber Daya Air
  • Pengurangan CO­­2
  • Optimalisasi kemasan, dan pengumpulan sampah kemasan.
  • Distribusi produk secara berkelanjutan

   AQUA merupakan bagian dari kelompok usaha DANONE, salah satu produsen produk makanan dan minuman terbesar di dunia. Di Indonesia meliputi kategori utama, yaitu minuman (AMDK dan minuman ringan non karbonasi), Nutrisi untuk kehidupan awal (Nutricia dan Sarihusada), serta nutrisi media.

   Corine Tap selaku President Director Danone-AQUA menjelaskan bahwa “Danone berusaha mendorong bisnis unitnya untuk mendapatkan sertifikasi B Corp, dimana Danone Dairy – Spanyol, Happy Family – Amerika, Les2Vaches – Perancis dan Danone Dairy – Inggris telah mendapatkannya di Indonesia. Danone – AQUA yang telah berusaha menerapkan standar tertinggi dari kinerja sosial dan lingkungan serta transparansi dan akuntabilitas sedang dalam proses sertifikasi B Corp dan diharapkan dapat selesai di tahun 2018”.


   Tak hanya Danone – AQUA, dorongan perubahan inspiratif yang dilakukan B Lab juga dilakukan dengan membangun berbagai komunitas, dimana di Indonesia telah bergabung dengan beberapa para pelaku bisnis, seperti: Percolite Galactic dan Indosole. Dengan menjadi bagian dari sertifikasi B Corp, Danone – AQUA menghimbau agar setiap pelaku bisnis dapat bergabung membawa perubahan melalui B Corp dan juga turut aktif bertindak menjadi corong bagi pelaku bisnis lainnya untuk menyuarakan agar menjadi bagian dari B Corp.


8 comments on "Dukungan Danone AQUA Terhadap Masa Depan Dunia"
  1. semoga danone terus konsisten menjalankan 4 pilarnya aqua

    ReplyDelete
  2. Memenuhi standard yang ditetapkan tentunya sangat penting ya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Keren nih konsepnya dan Danone sudah menerapkannya. Semoga makin maju bisnis di Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Saya minum dua, eh itu bukan Aqua ya. Hehehe. Support 4 pilarnya...

    ReplyDelete
  5. ini dia nih brand yang sudah eksis lama dan teruji, makin inovatif

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature