Tips Rencanakan Kehamilan Agar Sukses Hamil

Friday, October 12, 2018

"Anak kamu udah berapa?"
"Belum hamil juga, emang udah berapa tahun? Udah periksa ke dokter?" 
"Kurang konsumsi vitamin tuh!" 
"Belum hamil juga. Banyak pikiran ya?" 

Saya yakin, beberapa pertanyaan itu pasti pernah dilontarkan ke kita, termasuk saya salah satunya. Saat bertemu teman lama (meskipun melalui media sosial), yang utama ditanya saat berkabar pasti tentang "anak sudah berapa" dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya. Bahkan, pernah suatu ketika jalan bareng teman-teman, menemukan spot yang instagrammable buat foto-foto, saya diminta buat fotoin mereka (padahal sih pengen ikutan) namun salah satu diantaranya melontarkan kata yang "kurang sedap" di dengar, yakni "yang jadi tukang foto yang belum punya anak aja" sembari menoleh kepadaku. Hiks, sakit. Padahal, niatnya hanya ingin bercanda, namun kenyataannya memang benar, sehingga candaan itu menjadi terasa menyakitkan. 

Pada hakikatnya, siapapun yang telah berumah tangga pasti menginginkan anak, entah itu sesegera mungkin ataupun ditunda sementara. Namun, pada kenyataannya tidak semua pasangan yang diberi kesempatan untuk punya momongan secepat itu. Ada yang tiga bulan menikah sudah hamil, bahkan mahluk Tuhan pun ada yang hingga di usianya ke 80an barulah dikaruniai anak. Tahu kan siapa dia? Yakni Nabi Ibrahim as.

Pasangan manapun tentu saja menginginkan keturunan. Begitupun saya, berbagai cara sudah dilakukan, mulai dari cek ke dokter, nyobain obat kampung dari yang suntik hingga tempel, namun Tuhan belum menitipkan karunia tersebut. Pernah terbesit dalam pikiran, "apa vitamin yang saya konsumsi selama ini masih kurang?, atau pola makan yang masih berantakan?". Hingga akhirnya pertanyaan itu terjawab setelah saya mengikuti Blogger Gathering bertema "Sebuah Perjalanan Menuju Kehamilan" yang bertempat di Ocha & Bella Resto - Jakarta Pusat. 

Perencanaan Kehamilan.

Pernah membuat jus? Nah, sebelum memulai dalam proses membuat jus tentunya kita akan merencanankan buah apa yang akan kita buat menjadi jus, jam berapa waktu yang tepat untuk membuatnya (Pagi kah, siang kah, malam kah atau saat berkumpul bersama keluarga), dan apakah kita membutuhkan bahan campuran lainnya agar jus tersebut berasa enaknya. Nah, seperti itulah kehamilan, perlu perencanaan. Kapan kah waktu yang tepat untuk berhubungan, seberapa sering frekuensi hubungan intim perlu dilakukan, hingga seberapa besar potensi akan hamil bulan ini. Tentu saja itu tidak jauh dari Perencanaan. Dan, hal yang paling mendasari dalam perencanaan kehamilan adalah seberapa jauh pengetahuan kita mengenai masa subur dan apakah sudah tahu cara menentukan masa subur tersebut? 

Untuk hal penentuan kapan masa subur itu datang, ternyata saya masih sering keteteran. Dalam perencaan kehamilan inilah menurut dr. Huthia Andriyana, Sp.OG dari RSU Bunda Margonda menyarankan agar seorang wanita perlu mengetahui masa suburnya, yakni bisa dengan mencatat siklus haid. 



Beliau juga memaparkan jika 
"Pada tiap bulannya wanita menghasilkan satu telur matang pada masa subur yang mana ia hanya mampu bertahan selama 24 jam yang apabila tidak segera dibuahi maka akan segera mati". 
Untuk hal itulah, mengapa begitu sangat penting kita mengetahui masa subur. Sebab, jika masa subur sudah diketahui tanggalnya, maka pada antara tanggal tersebut waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim, sebab potensi hamil mencapai 3 hingga 7 persen.  

Segera Cek Masa Subur.

Masa subur atau lebih dikenal dengan Ovulasi merupakan suatu proses pelepasan sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi. Untuk mengetahui masa subur diantaranya dengan:
  1. Mengetahui suhu tubuh basal.
  2. Mengetahui perubahan sekresi lendir leher rahim (serviks).
  3. Mengetahui Indikator Minor seperti nyeri pada perut ataupun perubahan payudara. 

Tapiii... Kok ya rempong menggunakan ketiga cara di atas! Mungkin diantara teman-teman ada yang berpikir seperti itu. Nah, pada acara Gathering beberapa hari lalu tersebut saya menemukan sebuah alat canggih yang dapat mengetahui masa subur tanpa repot mengetahui ketiga indikator penentu apakah kita sedang subur atau tidak, yakni dengan menggunakan Ovutest. For Your Information! 

Sekilas Tentang Ovutest 

Mungkin diantara teman-teman ada yang pernah mendengar mengenai Ovutest? Ovutes merupakan sebuah alat uji masa subur pada wanita dengan mengukur kadar LH pada urine.  

Ovutest ada tiga jenis, yakni Ovitest Digital, Ovutest Scope dan Ovutest Strip. Alhamdulillah pada kesempatan itu saya memperoleh Ovutest Strip. 




Cara Cek Masa Subur Menggunakan Ovutest Strip. 

Ovutest Strip ini bentuknya strip yang hanya bisa digunakan sekali pakai saja, yakni cukup dengan mencelupkan strip ke air seni dengan catatan tidak melewati garis pada strip. Untuk menggunakan Ovutest Strip ini, ada baiknya ketahui lebih dulu siklus menstruasi, yakni jumlah hari dari hari pertama menstruasi hingga hari sebelum menstruasi pada bulan berikutnya. 

Sebagai contoh: Semisal siklus haid 29 hari, maka tes dapat dilakukan pada hari ke-14. Cara menentukan hari ke-14 tersebut yakni: Misal tanggal 3 adalah tanggal pertama datangnya haid, maka anggal 11 hari mulai tes atau dapat dihitung dengan cara 3+11 = 14. Jadi, tes kesuburan dimulai pada tanggal 14 bulan terakhir. 

Perhitungan di atas dilakukan tentunya untuk mengetahui kapan waktu untuk memeriksa masa subur menggunakan Ovutest. 

Warning! 

  • Lakukan pengujian dengan menggunakan urin antara jam 10.00-20.00 tapi jangan gunakan urin pertama di pagi hari. 
  • Sebaiknya kurangi asupan cairan 2 jam sebelum melakukan tes sebab dapat mempengaruhi untuk mendapatkan hasil yang akurat.  

Apabila Ovutest menunjukkan tanda positif yang ditandai dengan munculnya dua garis warna atau jika garis warna pada daerah tes (T) lebih gelap atau sama dengan daerah garis Control (C), maka Ovulasi akan terjadi dalam 24-48 jam berikutnya. Jika menginginkan kehamilan, maka lakukan hubungan intim dalam waktu 24-48 jam. 

Ngomong-ngomong soal kehamilan, ada GIVEAWAY nih! Dengan cara teman-teman berbagi mengenai kisah perjalanan menuju kehamilan di kolom komentar. Dua komentar terbaik akan mendapat hampers dari Sensitif. Dan, jangan lupa menuliskan email pada akhir komentar, dengan tujuan untuk memudahkan konfirmasi hadiah bagi pemenang. Semoga kamulah pemenangnya 😍!
32 comments on "Tips Rencanakan Kehamilan Agar Sukses Hamil"
  1. Semoga disegerakan hamil ya, ku seneng bgt ada alat buat tes maaa subur, karena yang kalender aku ga paham, semoga aku juga bisa segera hamil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak Uci. Kita sama2 berdoa dan berusaha

      Delete
  2. Semoga cepat punya momongan ya va. Ikhtiar udah doa jangan putus.

    ReplyDelete
  3. Oooh pakai Ovutest ini mudah ya... tapi ga boleh urin pertama. Bolehnya mulai pk 10 pagi ya mb Elva, sampai jam 8 mlm. Mudah2an ada anda strip 2 berwarna ya aamiin biar lekas punya momongan aamiin 😊 btw aku ga paham pakai kalender2an hihihi.

    ReplyDelete
  4. Saya selalu gagal menghitung masa subur wkwkwk, apalagi kalau disuruh hitung masa subur pake kalender langsung deh mumet, kayaknya ovutest ini oke banget deh.

    ReplyDelete
  5. Aku percaya bahwa kehamilan adalah karunia dr Allah, semoga segera segera diberikan momongan oleh Allah ya mba

    ReplyDelete
  6. Wah, keren banget artikelnya Dan bisa aku kasih Tau night agar merencanakan kehamilan dengan baik

    ReplyDelete
  7. walaupun belum menikah, aku jadi tau nih buat program nanti saat menikah. cari jodoh dulu ahh hahahahaa

    ReplyDelete
  8. Sampe skrng aku ga tahu masa subur ku dulu kapan saja. Xixixixi...maklum dahulu susah yg namanya dunia teknologi dan internet. Saya jg lama memiliki buah hati. Tapi Alhamdulillah Allah memberikan kesempatan sy hamil dan memiliki buah hati. Sabar ya mba...suatu saat pasti bs hamil dan memiliki buah hati yg menggemaskan

    ReplyDelete
  9. Wah ka.. Ternyata penting banget ya mengetahui masa subur bagi pasangan yang sudah menikah. Btw, sistem kerja alat test masa kesuburan sama kayak alat test kehamilan ya kak?

    ReplyDelete
  10. Perencanaan kehamilan sangat diperlukan ya untuk yang sudah menikah dan semoga dengan adanya usaha tersebut dimudahkan oleh Allah Swt, aamiin

    ReplyDelete
  11. Perencanaan kehamilan insyaAllah smoga Allah mudahkan dan lancarkan ya mba. Karena bagaimanapun kita sebagai manusia selalu mengusahakan dan Allah yang memutuskan.

    ReplyDelete
  12. Ini alkurat ya hasilnya... dulu bentuknya beda skarng unik tmptnya kyk lipstik gitu.. smoga disegerakan ya mbaa

    ReplyDelete
  13. Urusan udah nikah apa belum, udah hamil apa belum, kerja dimana, penghasilan berapa, dan lain lain itu, kadang kalo ditanya sama temen yang belum pernah ngobrol heart to heart memang nyakitin. Soalnya kalo udah heart to heart biasanya nggak tega dan lebih nahan diri.

    Btw ini aku nyariin ovutest yang scope masih susah banget dicarinya ya ampun.

    ReplyDelete
  14. Yuk mari kita sama-sama mendoakan biar segera hamil yaaa :)
    Btw, Mba Elva sudah coba Ovutest nih kayaknya, manjur yaaa...

    ReplyDelete
  15. sekarang degan mudah mecek kehamilan, ada beberapa produk yang bisa disesuaikan dengan keinginan kita

    ReplyDelete
  16. deg2an yah kalau nungguin strip jadi solusi untuk tahu masa subur bagus juga dan membantu mengira ira kapan waktu yg tepat untuk rencana kehamilan

    ReplyDelete
  17. Kyknya alat ini tepat buat perempuan yang haidnya agak kurang teratur gtu ya mbak? Jd kurang bisa mengetahui masa subur. Enak jd gak usah ngitungin lg pakai kalender. Thx infonya.

    ReplyDelete
  18. Berdasarkan pengalamanku,klo sdh menikah diatas dua thn, klo blm hamil juga, hrs periksa ke dokter kandungan. Dua duanya hrs diperiksa intensif oleh dokter dan tdk hny bisa lewat alat pendeteksi masa subur saja.

    ReplyDelete
  19. Makasih infonya mba Elva, insyaAllah diberikan momongan di waktu yang tepat. Aamiin. Btw ovutest keren ya jadi pengen nyoba untuk kehamilan nanti.

    ReplyDelete
  20. Hal yang paling aku kurang suka dari orang Indonesia adalah kepo yang enggak tepat. Semisal nanyain kapan nikah lah, kerja dimana lah, kapan punya anak lah, kapan punya anak lagi lah dsb. Padahal kan kita sendiri yang menjalankan jadi lebih tahu dengan kondisi sendiri. Oya kudoakan semoga Mbak Elva diberikan kemudahan ya dalam segala urusan, termasuk dalam hal momongan.

    ReplyDelete
  21. Kenapa jangan gunakan urin pertama di pagi hari ya kak? Apakah karena belum dapat asupan baru ya

    ReplyDelete
  22. Semoga disegerakan hamil ya...tenang aja kak ga usah stres sama pertanyaan orang soale mereka ga tau kita hehe.

    ReplyDelete
  23. Jadi inget awal nikah..beberaoa bulan sempet kosong paling kesel ditanya hamil hehe...eh udah hamil terus hamilnya sering ttp aja ditanyain..gak kb..makanya aku mah cuekin aja org berkicau spt itu.anggap aja tanda dia peduli padaku .hihi..

    ReplyDelete
  24. Pada tiap bulannya wanita menghasilkan satu telur matang pada masa subur yang mana ia hanya mampu bertahan selama 24 jam yang apabila tidak segera dibuahi maka akan segera mati > naini nih yang harus banget diketahui sama semua wanita yang ingin cepat hamil ya mba. thank you sharingnya

    ReplyDelete
  25. Semangat terus ya mbak Elvaaaa.. InshaaAllah segera diberi momongan yaaaa.. Aamiin. Dengan adanya Sensitif Ovutest jadi lebih fokus juga ya mbak program hamilnya?

    ReplyDelete
  26. Semangat Elva semoga diberikan kemudahan ya utk cpt dapat momongan

    ReplyDelete
  27. Sabar ya Mba, semoga Allah segera menitipkan buah hati yang terbaik untuk Mba. Aamiin...

    Tetap ikhtiar dan semangat ya Mba Elva.

    ReplyDelete
  28. Semoga segera hamil ya elva. Stok alat ini di rumah. Biar cepat kalo mau cek.

    ReplyDelete
  29. Semoga ddisegerakan ya mba, dan dimudahkan segalanya

    ReplyDelete
  30. hmm jadi kepikiran buat jus nih. Jus apa yaa yang mengandung asam folat supaya manjur tips cepat hamilnya. :D

    ReplyDelete
  31. Doaku buat Elva dan suami moga disegerakan ya, semua pasti akan tiba dengan indah..Aamiin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature