Membangun Sukses Masa Tua di Masa Muda

Thursday, January 31, 2019

Hidup seseorang bagaikan roda yang berputar, tidak selamanya berada di atas, pasti ada kalanya berada di bawah. 

Alkisah ada seorang yang kaya raya, belum menginjak usia 30 tahun ia sudah menyandang gelar sukses dengan ketenarannya. Ia dikenal karena kekayaannya, sehingga banyak yang mengagumi. Ya, hingga ia menjadi seorang yang terkenal se kampung. Hidupnya penuh gelimang harta, mobil, rumah bagus, semuanya dia punya. Apa yang teman-teman bayangkan dengan hidup orang tersebut? Pasti enak ya, dan bikin ngiri

Namun, apa ia menikmati kekayaannya hingga di usianya yang telah lanjut? Apa ada sesuatu yang bisa diwariskan untuk anak dan cucunya? Tentu saja tidak! Loh, tahu cerita itu dari siapa? Bukankah menceritakan kisah seseorang itu sama saja membuka aibnya? Itulah kenapa di awal saya hanya memberi gambaran sebuah alkisah, karena yang saya harapkan semoga kisahnya dapat menginspirasi kita semua agar menanam selagi muda sehingga ketika tua tinggal memetik hasilnya. 


Next ke cerita si orang kaya tadi. Nahas, di saat tua hidupnya jauh dari kata sederhana, bahkan menumpang hidup pada anak anaknya. Naudzubillah. Mengapa demikian? Sebab, dikala senang ia lupa berinvestasi. Menganggap kekayaannya akan abadi, takkan habis hingga tujuh sampai sepuluh keturunan. Ia menghabiskan harta hanya untuk foya-foya. 


Belajar Investasi Bersama GeTI 

Secara tidak sadar, ketika seseorang telah memasuki usia senja tentu saja ia akan terpaksa untuk berhenti dari pekerjaannya, yang lebih sering dikenal dengan sebutan pensiun, yang mungkin saja bisa terjadi karena kondisi tertentu seperti sakit, tubuh menua sehingga sudah tidak sanggup lagi bekerja, dan masih banyak faktor-faktor lainnya. 

Ngomong soal masa tua, jadi ingat penggalan lagu "Muda sebelum tua". Jadi, gunakanlah masa muda untuk berinvestasi. Ada beberapa investasi yang bisa dilakukan, diantaranya: investasi properti, rumah kontrakan, emas, tanah dan masih banyak lainnya. 


"Lalu, apa hubungannya dengan GeTI?" 

For Your Information! GeTI merupakan Pengusaha Inkubator & Akselerator yang menjadi lembaga pendidikan informal - inkubator untuk percepatan kemampuan wirausaha melalui sarana, prasarana serta jaringan bertaraf Internasional, yang juga bertujuan untuk membangun ekosistem pengembangan usaha mulai dari peningkatan kemampuan Pemasaran Digital, menyediakan infrastruktur pendukung usaha seperti produk/ produk, pengetahuan ekspor, hingga membuka jalur-jalur cepat pertemuan dengan pembeli Internasional. 

Nah, hal inilah yang kemudian ditawarkan oleh GeTI kepada para wirausaha untuk mengembangkan kewirausahaannya agar dapat lebih berkembang, hingga akhirnya dirasakan manfaatnya bagi mereka yang ingin memulai usaha. 

Mengapa berwirausaha itu penting? Sebab, disadari ataupun tidak, apabila seseorang memiliki tekad untuk berwirausaha, kemudian dapat mengembangkan usahanya tersebut maka setidaknya kehidupannya di hari tua dapat terjamin. Sebab, jika dapat mengembangkan usaha, disaat ia tidak bekerja, ia akan tetap bisa mendapatkan penghasilan. Hal inilah yang disebut dengan kebebasan finansial. 

Agar dapat terwujud, tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni: 

  • Harus kuat dalam mengendalikan pengeluaran. Jangan besar pasak daripada tiang. 
  • Buat anggaran pengeluaran dari bisnis/ usaha yang dikelola. 
  • Rajin menabung. Menabung hendaklah dilakukan secara rutin minimal 2 kali sehari, meskipun uang yang ditabung tersebut tidak seberapa. 
  • Sebaiknya hindari berhutang, namun apabila mendesak sebaiknya berhutang tidak banyak dan segeralah kembalikan hutang tersebut agar tidak menumpuk. 
  • Buatlah tujuan keuangan, tentu saja ini bermaksud agar kita tahu kemana larinya uang tersebut. 

"Banyak ya manfaat memulai investasi. Pengen sih, tapi investasi rumah, emas, tanah, kan butuh modal besar!" 

Tenang! Buat kamu yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki modal, tentu saja ada caranya, yakni dengan bergabung bersama Detalase


Mengapa harus Detalase? 

Ada beberapa hal mengapa kamu harus bergabung bersama Detalase, diantaranya: 
✔ Meskipun Detalase baru mulai beroperasi pada tanggal 01 November 2018 lalu, namun Detalase telah menyediakan produk, jasa logistik, metode pembayaran yang aman serta customer service yang responsif.
✔ Di Detalase siapapun dapat berjualan (termasuk generasi Millenial) secara online dengan mudah, gratis dan tanpa stok.



Bagaimana? Mudah bukan untuk memulai sukses? Tentu saja, asal punya niat!


3 comments on "Membangun Sukses Masa Tua di Masa Muda "
  1. Wah bener banget ni kak. Makasih informasinya sangat bermanfaat dan membuatku terinspirasi

    ReplyDelete
  2. Agar masa tuanya terjamin, masa muda harus bisa mengelola keuangan dengan baik ya mba ^^

    ReplyDelete
  3. Masa muda memang menjadi masa yg penuh tantangan ya pastinya agar masa tua bisa terjamin.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature