Resolution RUN Bersama Sun Life Financial Indonesia

Saturday, January 19, 2019

Resolution. Bicara soal resolusi, siapa nih yang salah satu resolusinya adalah hidup sehat? Sudahkah menjalani hidup sehat tersebut? Atau hanya sebatas wacana? 😅. Semoga resolusi hidup sehatnya terwujud ya! 

"Sehat itu mahal!" 
Pernah mendengar pesan tersebut? Saya rasa, kita semua pernah mendengar, atau bahkan menyatakan langsung saat mengingatkan orang orang yang kita kasihi agar lebih aware terhadap kesehatan. 

Menyinggung soal kesehatan, tentunya tidak lepas dari aktivitas fisik. Sayang, masih ada yang belum paham akan hal itu, sebagaimana yang pernah saya alami sendiri. Saya menganggap jika melakukan pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci, menyapu, hingga menyetrika pakaian adalah ajang olahraga, padahal olahraga tentu saja membutuhkan aktivitas fisik yang sedikit berat dari mengerjakan pekerjaan rumah. Aktifitas fisik tersebut salah satunya adalah Lari (bukan lari dari kenyataan ya 😂). 
"Lari merupakan salah satu cabang olahraga tertua di dunia. Sebelum menjadi sebuah cabang olahraga, lari sudah dikenal oleh peradaban-peradaban manusia kuno." -Wikipedia 


Wujudkan Resolusi Hidup Sehat Generasi Muda Indonesia Bersama Sun Life Resolution Run 2019 

Pada tanggal 17 Januari 2018, saya bersama teman blogger dan media menghadiri acara Press Conference Sun Life Resolution Run 2019 di FX Sudirman Jakarta. Mengawali tahun 2019, untuk pertama kalinya PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) menggelar sebuah kompetisi lari, yang mana kompetisi tersebut sekaligus untuk menggalang donasi bertajuk Sun Life Resolution Run 2019. Kompetisi lari tersebut digelar pada hari Minggu, 20 Januari 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan. 

Pada kompetisi lari yang akan digelar secara rutin setiap tahunnya ini akan ada lebih dari 1.500 peserta yang turut serta, dan tentunya dari berbagai usia. 

For Your Information! Kegiatan yang menjadi bagian dari kampanye regional perusahaan ‘Live Healthier Lives’ ini, tentunya ingin mengajak masyarakat, khususnya generasi muda agar mulai menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Sebab, generasi muda merupakan generasi penerus, harapan bangsa. 

Ngomong-ngomong soal generasi muda, berdasarkan data Riskesdas 2018, menyatakan jika angka prevalensi kelebihan berat badan (overweight) pada generasi produktif Indonesia (yakni usia di atas 18 tahun) mengalami peningkatan, yang mana pada tahun 2013 hanya 11,3% saja, di tahun 2018 menjadi 13,6%. Miris! 

Tidak hanya itu saja, yang mengejutkan ialah dimana peningkatan juga terjadi pada prevalensi obesitas, dari 14,8% di tahun 2013 menjadi 21,8% di tahun 2018. Tentu saja fakta ini sejalan dengan hasil riset yang dilakukan oleh Sun Life Financial Asia Health Index yang menemukan bahwa profesional muda di Asia saat ini terancam masuk dalam kategori ‘Generasi O’ – yang terlalu banyak bekerja (overworked), banyak makan tidak sehat (overeating) serta hidup makin kewalahan (overwhelmed). 

Melihat hal tersebut, Sun Life kemudian menggelar ‘Sun Life Resolution Run 2019’ yang bertujuan mengajak masyarakat untuk berani mengambil langkah pertama dalam menerapkan gaya hidup sehat, sebagai resolusi penting dalam hidup. 
 "Kegiatan ini sekaligus mempertegas komitmen perusahaan dalam mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial.” 
Tingginya prevalensi overweight dan obesitas yang terjadi di masyarakat Indonesia, berbanding lurus dengan kurangnya aktivitas fisik dan ditunjukkan dengan peningkatan jumlah masyarakat yang dinilai kurang gerak - dari 26,1% pada 2013, menjadi 33,5% di 2018. 
 “Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur tentunya dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit, meningkatkan kondisi kesehatan, serta kualitas hidup secara menyeluruh. Sebagai langkah awal, olahraga mendasar seperti lari dapat dijadikan pilihan yang tepat. Karena jika dilakukan secara rutin, dengan intensitas sedang hingga tinggi (3-5 kali per minggu), olahraga lari dapat membantu mencegah obesitas, meningkatkan kebugaran tubuh, hingga akhirnya berdampak pada peningkatan produktivitas.” terang Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018. 

Berdasarkan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index di 2016/17, sebanyak 60% responden memilih melakukan olahraga lari, dibanding jenis olahraga lainnya, hal ini dibuktikan dengan catatan jumlah kompetisi lari yang digelar di Indonesia sepanjang 2018 mencapai lebih dari 340 kompetisi. 

Persiapan Menjelang RUN Sebagaimana ujian sekolah, sebelum melakukan kompetisi lari tentu saja kita mesti melakukan latihan secara rutin serta menjaga pola makan jauh hari sebelum kompetisi lari berlangsung. Hal ini dilakukan untuk menghindari cidera dan agar tubuh tetap berstamina. 

Untuk peserta lari, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan untuk meraih hasil yang maksimal pada saat mengikuti kompetisi, diantaranya: 

  • Menjaga asupan yang sesuai.
  • Mengenali kondisi diri.
  • Lakukan latihan secara rutin. 


Siapapun wajib untuk menjalani pola hidup sehat, akan tetapi berkomitmen menjaga pola hidup sehat tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan, sebab pola hidup sehat dibutuhkan komitmen yang berkelanjutan serta membutuhkan kesinambungan antara aktivitas fisik rutin, dengan aspek kesehatan lain seperti istirahat yang cukup serta pola makan yang sehat. 

Digelar di awal tahun, ‘Sun Life Resolution Run 2019’ menjadi momentum yang pas untuk memulai resolusi hidup yang lebih sehat. 
 "Melalui kegiatan ini, Sun Life juga ingin mengajak dan memotivasi berbagai generasi untuk mencapai resolusi yang mereka tetapkan, karena resolusi lebih dari sekedar komitmen, ini tentang melakukan aksi nyata" jelas Shierly Ge, selaku Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia. 

‘Sun Life Resolution Run’ merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Sun Life di Lima negara Asia yaitu Filipina, Hong Kong, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Namun, di Indonesia merupakan kali pertama ‘Sun Life Resolution Run’ digelar, dan pada tanggal 20 Januari 2019 ini akan hadir dalam 3 kategori lomba, yakni 5K, 10K dan Family Run 1.5K. 

Tidak hanya masyarakat umum saja, namun dua orang public figure (Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono) juga turut berpartisipasi pada kegiatan ini, yang kemudian juga ikut mengkampanyekan semangat ‘Live Healthier Lives’ serta pentingnya rutin melakukan aktivitas olahraga lari. 



Dalam ajang kompetisi lari ini, Sun Life Resolution Run 2019 turut mengajak peserta kompetisi untuk ambil bagian dalam gerakan kolektif untuk melawan diabetes, yakni berdonasi, dimana seluruh biaya pendaftaran yang dibayarkan peserta akan didonasikan untuk mendukung edukasi serta peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia. 

Bagaimana? Sudah siapkah untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat? Say to YES. Sebab, kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi!
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature