Penampilan Blog Makin Cantik Setelah Belajar Infografis

Friday, April 26, 2019
Penampilan Blog Makin Cantik Setelah Belajar Infografis
Dok. Komunitas Indonesian Social Blogpreneur
Melihat suatu blog dengan konten menarik ditambah kelengkapan infografis yang cantik, kira-kira apa yang akan teman-teman lakukan? Hanya berdecak kagum lalu kepoin aku pemiliknya, tanpa usaha untuk mencoba? Atau berusaha dengan bertanya dan langsung mempraktekkannya? Kalau saya lebih ke kategori kedua, suka bertanya, dan mencoba untuk mempraktekkannya. Tapi, mempraktekkan tanpa ada yang membimbing secara offline tentu saja hasilnya akan berbeda, meskipun nggak beda-beda amat

Tanya ke teman melalui chat ataupun japrian WhatsApp tentang membuat infografis dan langkah-langkahnya, kadang dibalas kadang juga lama balasnya. Ya karena butuh, saya mesti bersabar dan berbesar hati menunggu jawabannya dari pertanyaan saya 😁. Yang namanya belajar, butuh proses dan kesabaran dalam berproses tersebut #mencobabijak 😅


Mbak Ani Berta, Founder Komunitas ISB (Dok. Indonesia Social Blogpreneur).

Makanya, saat mbak Ani Berta yang merupakan founder dari Komunitas Indonesian Social Blogpreneur atau lebih dikenal dengan komunitas ISB woro-woro di grup WhatsApp, perihal akan diadakannya workshop mengenai infografis bersama CNI, saya langsung cepat-cepat mendaftar, karena hanya ada 3 seat lagi. Kan sayang jika ilmu dilewatkan begitu aja. Nah, bagaimana keseruannya? 


Dok. Komunitas Indonesian Social Blogpreneur

Keseruan Workshop di TCC Batavia. 

Oiya, sebelum hari H kami diwanti-wanti buat membawa laptop karena akan praktek langsung membuat infografis, dan mendownload link berikut di laptop https://drive.google.com/file/d/1ehvv39bZusGPto_3Kw3l3iBpT-3Y-Tx2/view?usp=drivesdk, karena kami juga akan belajar photoshop dasar. Photoshop ini sangat portable dan ringan buat laptop apa saja, jadi kalian juga bisa download loh


Jumardan Muhammad (Dok. Pribadi)

Workshop bertema “Infographic for Beginner” yang akan disampaikan oleh Jumardan Muhammad atau lebih dikenal dengan Mas Ardan, pemilik akun Instagram @jumardanm, diadakan pada hari Sabtu, 20 April 2019 yang bertempat di TCC Batavia Tower One-Jakarta, tepatnya di lantai 6 VR Office. FYI, VR Offices ini merupakan suatu layanan bisnis solusi satu atap termasuk Serviced Office & Private Office, coworking space, meeting room, virtual office, company incorporation, PT, PMA, CV dan lain-lain. Tempatnya kece banget buat siapapun yang kerja namun tidak punya tempat ngantor, seperti saya yang kerjanya bisa dimana saja. Jika kalian mau merasakan kerja di kantor sendiri, kalian bisa banget menyewa tempat di VR Offices ini, tentunya dengan menghubungi adminnya melalui chat langsung pada link yang tertera pada bio akun Instagramnya, yakni @vroffices. Tapi, jangan lupa bawa KTP, atau SIM yang masih berlaku untuk ditukar dengan ID Card, sebab tanpa ID Card nggak bisa naik lift yaaa!! 


Suasana Ruangan VR Office 

Sebelum acara dimulai, kami dipersilahkan mbak Ani Berta untuk mengambil snack dan juga mencicipi kopi by CNI, aroma kopinya nikmat banget, membuat mata jadi makin melek buat memulai belajar. Acara yang didukung oleh produk #CNIbioplus ini kemudian dimulai dengan games Kahoot, yang diadakan oleh Bu Asti Eka Putri selaku product marketing CNI Indonesia. 



Bu Asti Eka Putri product marketing CNI Indonesia

For Your Information! CNI BioPlus merupakan suplemen sinbiotik yang memadukan probiotik dan prebiotik dalam satu produk yang mana berfungsi untuk menjaga keseimbangan bakteri serta usus sehingga kesehatan pencernaan selalu terjaga. CNI BioPlus ini mengandung tiga jenis bakteri baik, yakni: 
• Clostridium butyricum 
• Bacillus mesentricus 
• Bifidobacterium breve 
Karena mengandung tiga jenis bakteri baik inilah sehingga #CNIbioplus sangat cocok dikonsumsi untuk keluarga, sebab kombinasi ketiga bakteri baiknya mampu bekerja lebih efektif dan karena berbentuk serbuk yang dikemas dengan stik aluminium membuat kandungan bakteri baiknya bertahan secara stabil dalam kondisi lingkungan seperti apapun. Sehingga, menjadi satu-satunya produk sinbiotik dengan kualitas terbaik dan berteknologi Jepang. 

Ibu Asti menjelaskan sekilas mengenai sejarah CNI, yang mana perusahaan ini berdiri pada tahun 1986 dan dibangun dengan menerapkan perilaku semut yang suka bergotong royong, pekerja keras, disiplin dan lain sebagainya. Selain itu, produk dan brand CNI telah berkembang di dunia Internasional, bahkan ratusan Distribution Center (DC) telah tersebar di seluruh Nusantara. Keren yaaa! Soalnya sejak kecil saya sudah tahu produk CNI ini, karena ada tetangga yang menawarkan produk-produknya yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. 

Usai Bu Asti memberi penjelasan, tibalah saatnya belajar mengenai Infografis yang disampaikan oleh Mas Ardan. Oiya, acara ini juga bertabur hadiah loh! Yang mana masing-masing peserta memposting keseruan selama acara berlangsung di akun instagram masing-masing, dan boleh banget berfoto-foto di ruangan VR Offices dari sudut mana saja. Mantul deh! 



Balik lagi ke soal infografis! Kalian tahu nggak sih mengapa harus infografis? Tentu saja dengan adanya infografis yang kita terapkan di dalam tulisan blog kita, pembaca akan lebih tertarik alias menarik perhatian pembaca, selain itu juga dapat memperindah tampilan blog. Tapi nih gaes, agar infografis sedap dipandang mata, tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya: 

  • Penggunaan Latar. 

Hendaklah menggunakan latar berwarna putih, kalaupun ingin menggunakan latar berwarna, lebih baik jangan menggunakan warna ataupun gambar yang terlalu mencolok. Sebab, dapat menyulitkan pembaca melihat isi dari apa yang ingin disampaikan.

  • Penggunaaan Warna. 

Ada baiknya kita menggunakan jenis warna pastel atau soft, dan hindari juga penggunaan lebih dari 3 warna agar pembaca tetap fokus pada isi infografis yang kita buat.

  • Penggunaan Huruf. 

Untuk penggunaan huruf, Mas Ardan merekomendasi 3 jenis huruf, diantaranya Myrad Pro, Calibri, serta Coolvetica. Boleh kurang, asal jangan lebih dari 3 penggunaan jenis hurufnya, agar pembaca tidak bingung. Selain itu, untuk membedakan antara judul, pengantar dan isi dari infografis yang dibuat, kita bisa menggunakan bold ataupun Italic



Next, sebelum memulai membuat infografis, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan, diantaraya:
  1. Dalam membuat infografis lebih baik gunakan format portrait, sebab mayoritas pembaca blog kita menggunakan smartphone. Jangan sampai akhirnya pembaca tidak nyaman karena tampilan infografis yang sulit dimengerti karena bentuknya berbeda ketika tampil di layar HP mereka.
  2. Mainkan kata kunci. Ini bertujuan untuk memudahkan dalam memilih dan memilah informasi yang diinginkan.
  3. Selalu cantumkan sumber. Membubuhkan sumber pada infografis yang kita buat sangat penting, agar apa yang kita tulis dan sampaikan melalui media gambar tidak dianggap HOAX. 


Nah, saatnya kita memulai membuat infografis, yeaaay!!
  1. Pertama-tama kita tentukan judul, dan berdasarkan saran Mas Ardan, ada baiknya kita buat judul yang eye-catching yang membuat pembaca penasaran untuk melihat. Ingat! Judul jangan terlalu panjang bagai kereta api, cukup seperlunya saja.
  2. Langkah berikutnya, buatlah sedikit pengantar. Ini penting banget, ibarat kita mau masuk ke rumah orang ya mesti mengucapkan salam. Sedangkan pada Infografis, pengantar dibuat dengan sedikit penjelasan tentang masalah yang akan dibahas pada infografis kita tersebut. Agar pembaca paham, apa tujuan dan pesan yang ingin kita sampaikan, dan ini diletakkan di bawah judul.
  3. Kemudian kita buat isi semenarik mungkin, tentunya dengan memperhatikan komposisi latar, warna dan penggunaan huruf yang telah saya jelaskan sebelumnya.
  4. Dan, terakhir kita buat sumber dari mana kita mendapatkan informasi tersebut. Agar apa yang ditulis dapat dipertanggungjawabkan dan tidak dianggap Hoax belaka. 

Oiya, untuk membuat infografis, saat belajar kami menggunakan aplikasi Canva dan Photoshop loh! Photoshop digunakan ketika kami akan membuat warna pada pola gambar yang diinginkan. Saking bersemangat untuk belajar, nggak terasa waktu cepat berlalu dan kami belajar lagi di rumah masing-masing. Dan, ini hasil infografis buatan saya, masih terdapat kekurangan, namun setidaknya saya paham.


Hasil belajar Infografis (Pict. Dokpri)

Perbaikan karena kolom putih terlalu boros penggunaan, tidak ada pengantar (Dok. Pribadi)
Hasil setelah diedit dan menerapkan saran Mas Ardan (Pic. Pribadi) 


Mas Raden Firman Agung P, Graphic Designer 

Terakhir, Mas Raden Firman Agung P, posisi Graphic Designer menjelaskan jika kami ingin menjadi member di VR Officer bisa banget dan siapapun juga bisa menjadi membernya, tentu saja dengan mengisi formulir dan bila ingin berkantor di VR Office pastikan kalian memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku ya! 

Alhamdulillh, selain dapat ilmu kami juga dapat oleh-oleh berupa produk CNI, yakni Honey Lemon Tea. Honey Lemon Tea ini merupakan minuman serbuk Teh Instan dengan Lemon dan Madu yang paling enak diminum dalam keadaan dingin dan hangat. Saat cuaca hujan enak diminum anget-anget, dan ketika cuaca panas enak diminum dengan ditambah es batu. 




Terima Kasih ISB, CNI dan VR Offices! 


 Ilmu tidak akan didapat jika kita tidak berusaha untuk mendapatkannya!
2 comments on "Penampilan Blog Makin Cantik Setelah Belajar Infografis "
  1. Wah makin jago nih tante Elva bikin infografis. Aku kadang-kadang pake infografis tapi seringan sih enggak karena butuh waktu untuk membuatnya.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum. Lengkap sekali ulasannya, bunda. Jadi nambah ilmu dan wawasan. Terimakasih, nice info 👍

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature