Tips Menjadi Konsumen Cerdas di Era Digital

Saturday, September 14, 2019

Sebagai konsumen terlebih sebagai Ibu Rumah Tangga, tentunya Saya harus jeli sebelum membeli kebutuhan rumah tangga, baik itu berupa makanan, bahkan obat sekalipun. Sebab, apabila yang dikonsumsi tersebut tidak sehat bagi tubuh tentu saja akan berdampak buruk, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

"Sehat itu mahal!" 

Sebelum berbelanja, Saya selalu cek kedaluarsa dan label kehalalannya, sebab Saya tidak mau keluarga yang mengkonsumsi apa yang Saya beli tersebut menjadi sakit. 

Pentingnya Cek Klik Sebelum Belanja

Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 7 September 2019, Saya mengikuti Talk show bertema "Ayo Cek Klik, Pilih Obat dan Makanan yang Aman", berlokasi di Lippo Mall Kemang. Pada acara Talkshow tersebut menghadirkan beberapa orang narasumber, diantaranya: 
  1. Ibu DR. IR. Penny K. Lukito, MCP, Kepala Badan POM RI 
  2. Bapak Tulus Abadi, Ketua YLKI 
  3. Bapak Ojak S. Manurung, SE, M, Kementerian Perdagangan 
  4. Bapak Fathurrahman, ST, APRINDO 
  5. Ussy Sulistiawaty, Womenpreneur dan Selebrity 


Selama ini, Saya berpikir hanya dengan cek kedaluarsa dan label halal saja sudah cukup, namun dalam talkshow yang Saya ikuti ternyata tindakan Saya tersebut masih kurang lengkap, Saya harusnya melakukan empat langkah pengecekan yakni melakukan cek klik terhadap makanan maupun obat yang Saya beli. 

  • Cek Kemasan. 

Sebelum membeli obat dan makanan, pastikan jika kemasan produk tersebut dalam kondisi yang baik, tidak berlubang, penyok, sobek, hingga karatan.

  • Cek Label. 

Baca dengan teliti informasi produk yang tertera pada label. 

  • Cek Izin Edar. 

Pastikan produk yang akan dibeli memiliki izin edar dari Badan POM, izin edar tersebut dapat dicek melalui aplikasi android Cek BPOM. 

  • Cek Kedaluwarsa. 

Pastikan produk yang akan dibeli tersebut tidak melebihi masa kedaluwarsa. 

Di negara kita, BPOM menjadi lembaga perijinan tertinggi, yang tentu saja tugasnya melakukan pengawasan terhadap obat serta makanan yang sesuai dengan perundang-undangan, apabila menemukan produk obat dan makanan yang membahayakan, maka BPOM berhak penuh untuk menarik produk tersebut dari peredaran, tentunya hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa sehat. 

Jangan Mudah Tergiur dengan Diskon dan Kemasan Bagus 
Nah, siapa sih yang tidak akan tergiur dengan diskon? Apalagi kalau diskonnya gede-gedean. Disinilah kita harus menampatkan diri, untuk lebih jeli sebelum membeli. Jangan langsung tergiur dengan diskon dan kemasan bagus saja, akan tetapi cek juga apakah makanan dan obat-obatan tersebut mengandung bahan dan zat yang berbahaya seperti Methanil Yellow (Pewarna sintetis berwarna kuning yang biasa digunakan sebagai pewarna tekstil, cat lukis dan cat kayu) dan Rhodamin B (Pewarna sintetis berbentuk serbuk kristal berwarna hijau atau ungu kemerahan yang biasa digunakan sebagai pewarna tekstil dan kertas). Ngeri banget yaaa!! 


Gerakan Cek Klik BPOM Sebelum Membeli 
Kadangkala Saya pernah menghadapi sebuah kondisi keragu-raguan terhadap suatu produk, apalagi produk tersebut belum familiar, meskipun pada kemasannya terdapat label, BPOM dan Kedaluawarsa. Sebagaimana baru-baru ini Saya alami, dimana produk yang akan saya beli tidak terdapat izin edar. Beruntungnya, saat mengikuti Talkshow saya mendapat info penting, yakni Cek Klik menggunakan aplikasi. Pasti teman-teman penasaran kan, seperti apa aplikasinya! Aplikasi tersebut bernama BPOM Mobile, selain mudah digunakan, aplikasi ini juga ringan sebab hanya 6,5 MB. Dengan aplikasi ini, tentunya kita sangat terbantu. 

1. Download Aplikasi BPOM Mobile


2. Lalu daftar dengan mengisi identitas diri seperti email, nama lengkap, telepon dan password. 


3. Pada layar akan tertera: 
  • Cek produk. Dimana ini digunakan untuk mengecek produk melalui scan barcode yang terdapat pada produk, apabila produk tersebut belum memiliki 2D Barcode (karena saat ini belum semua produk memiliki 2D Barcode) maka dapat dicek dengan cara memasukkan Nomor Izin Edar pada aplikasi BPOM Mobile. 
  • Riwayat Scan. Untuk melihat riwayat produk secara detail saat kita melakukan Scan sebelumnya. 
  • Berita. Berisi informasi mengenai penjelasan Badan POM terhadap beberapa produk makanan dan obat-obatan. 
  • Pengaduan. Dimana kita dapat mengadukan mengenai produk makanan dan obat yang dicurigai tidak tertera izin edar dari BPOM. 


Apabila saat scan dilakukan, maka akan terlihat pada layar apakah produk tersebut sudah terdaftar BPOM atau belum.




Bagaimana, mudah bukan? Yuk kita lakukan Cek Klik, agar makanan dan obat yang kita konsumsi aman bagi kita dan keluarga.
9 comments on "Tips Menjadi Konsumen Cerdas di Era Digital "
  1. naaah bener banget, suka tergiur cashback nih :D

    ReplyDelete
  2. Sudah saatnya setelah rapi ceklist ya lengkapi belanja kita dengan CEK Klik
    Nyaman aman deh bawa barang pulang

    ReplyDelete
  3. Semakin sadar kalau harus semakin smart saat berbelanja, apalagi kan setiap bulannya pasti ada aja Agenda belanja ini, entah bulanan atau mingguan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai salah beli Produk yang gak aman deh ya, penting nih cek dulu di Cek KLIK ini.

    ReplyDelete
  4. Wah, sekarang ada cara asik buat kita terutama mamah yg belanja :) Ternyata caranya gampamg ya tinggal download aja aplikasinya. Jadi kita bisa tau cek BPOM, tanggal kedaluarsa dll. Aih, mau coba ah, biar jadi konsumen yg makin cerdas kayak mb Elva :)

    ReplyDelete
  5. Aku selalu berusaha untuk mengecek mba apakah ada tanggal kadarluarsa mba. Dan menurutku ini memang harus aku sosialisasikan ke banyak orang

    ReplyDelete
  6. Kadang kita lupa ya cek cek hal penting gini sebelum belanja.. seringnya logo halal dan kedaluarsa aja.. dengan adanya aplikasi BPOM Mobile ini masyarakat jadi semakin aware ya untuk cek dulu sebelum membeli

    ReplyDelete
  7. Wah jadi mudah banget nih dengan aplikasi BPOM tinggal scan barcodenya, udah ketauan deh produknya terdaftar di BPOM atau enggak.

    ReplyDelete
  8. aku ada aplikasinya udah paham juga kemudahannya. jadi gak peelu wktu lama ngecek barangnya udh aman atau tidak yah

    ReplyDelete
  9. Bener nih harus teliti ya, kadang karena hurupnya kecil kecil kita males teliti. Main beli aja

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature