Pentingnya Membangun Bonding Ibu dan Anak

Monday, December 2, 2019

Salam sejahtera buat kita semua, Moms. By the way, hari ini sudah melakukan bonding kah dengan anak? Mesti selalu diciptakan ya Moms. Sebab, begitu banyak manfaat yang akan dirasakan, terutama oleh anak. Saya sendiri baru mengetahui apa itu bonding dan mengapa seorang Ibu mesti menciptakan bonding ke anaknya saat mengikuti acara Talk Show di Jakarta Convention Center (JCC) beberapa waktu lalu, dengan tema "Manfaat dan Tips Membangun Bonding Ibu dan Anak", yang mana acara tersebut diselenggarakan oleh minyak telon Air MancurPastinya kita sudah tidak asing lagi ya, Moms, dengan brand yang satu ini. 

Saat mengikuti Talk Show tersebut dan mendapatkan informasinya langsung dari narasumber, barulah saya tahu jika membangun bonding dengan anak itu sangat bermanfaat, dan bertujuan untuk menciptakan kedekatan antara ibu dan anak sehingga anak akan merasa nyaman saat bersama kita (Ibunya). 

Sekilas Tentang Bonding

Beberapa Ibu mungkin masih ada yang belum tahu, apa itu Bonding? For Your Information! Jadi, Bonding itu merupakan sebuah ikatan emosional yang kuat antara ibu (selaku orangtua) dengan anaknya), sehingga apabila bonding ini terjalin tentunya kita dapat membuat anak menjadi bahagia merasakan kehangatan serta cinta yang tersalur dari bonding tersebut. Dari ini, Saya menarik kesimpulan, jika sudah tercipta hubungan emosional antara anak dengan orangtuanya, dan merasa nyaman, anak-anak tentunya akan terbuka jika ketika mereka remaja menghadapi sebuah problem. Karena merasa bahagia jika sudah bercerita kepada kedua orangtuanya. 

Cara Membangun Bonding Ibu dan Anak

Diantara Moms, ada yang belum tahu mengenai apa itu Bonding? For Your Information! Saat mengikuti acara Talk Show, ada dua narasumber, yakni: 

  • Dr. Diana Chandra Sp. A, selaku dokter dari RS. Omni
  • Astrid Maria, selaku Brand Manager Air Mancur.
  • Dan juga menghadirkan Bidan Tia yang mempraktekkan cara melakukan pijat bayi. 



Pada kesempatannya, Dr. Diana menjelaskan jika Bonding Time merupakan sebuah aktivitas dalam membangun ikatan emosi antara ibu dan anak, yang mana hal ini dapat dilakukan sejak dari dalam kandungan. Dalam hal ini, melakukan bonding bisa dilakukan oleh seorang Ibu yang sibuk sekalipun, sibuknya dengan pekerjaan bukan berarti si Ibu tidak bisa membangun bonding dengan anaknya. Dr. Diana membeberkan jika beberapa waktu dimana seorang ibu dapat melakukan bonding dengan anaknya, yakni:
  • Saat makan bersama. 
Nah, pada momen makan bersama ini, seorang Ibu dapat membangun bonding dengan anaknya, baik itu ketika sarapan maupun ketika makan malam.

  • Ketika akan tidur dan bangun tidur. 
Saat akan tidur, bonding bisa dibangun dengan cara si anak di sisi kita, kemudian kita bacakan cerita atau kisah-kisah yang dapat diteladani oleh anak.

  • Mengajak anak bermain.
Saat orangtua disibukkan dengan pekerjaannya, tentu saja mainan adalah barang yang dianggap ampuh untuk membuat anak tidak rewel. Namun, Moms tahu tidak, ada rasa yang berbeda ketika kita (orangtua) yang langsung mengajak anak-anak bermain. Bahkan dapat semakin mendekatkan kita ke anak.

  • Pijat bayi. 
Nah, untuk anaknya yang masih bayi, kita bisa membangun bonding dengan melakukan pijat bayi. Soal pijat memijat bayi, juga tidak boleh sembarangan ya, Moms. Ada tahapan dan gunakan minyak pijat yang tepat untuk anak. Seperti minyak telon Air Mancur yang baru-baru ini dilaunching. 



Air Mancur Persembahkan Minyak Telon Untuk Membangun Bonding Ibu dan Anak 

Kalau ngomongin soal minyak pijat, tentunya kita tidak bisa sembarangan menggunakan minyak Moms, alih-alih ingin memberi yang terbaik untuk anak malah sebaliknya. Jangan sampai ya, Moms! Nah, untuk soal urusan minyak urut, Ibu Astrid Maria selaku Brand Manager Air Mancur memperkenalkan produk Minyak Telon Air Mancur yakni Minyak Telon Khas Wangi Bayi yang dapat digunakan untuk melakukan pijat bayi dan juga merupakan Minyak Telon Anti Nyamuk. 



Produk Minyak Telon Air Mancur terdiri dari 2 Varian, yakni Lavender dan Natural yang aromanya wangi bayi banget. Selain itu, formulanya bebas dari bahan kimia, sehingga sangat aman untuk bayi yang baru lahir. Dan yang nggak kalah menarik, Minyak Telon Air Mancur ini sudah bersertifikasi halal MUI loh. 

Pasti bertanya-tanya ya, kok minyak telon air mancur aroma bayi banget? Tentu saja, sebab Minyak Telon Air Mancur mengandung minyak Kelapa, minyak Adas, serta minyak kayu putih, selain itu mengandung aroma essential oil dan tidak mengandung parfum, sehingga aman dipakai. 



Usai pemaparan oleh kedua narasumber, selanjutnya tutorial memijat bayi oleh Bidan Tia, dan ternyata cukup mudah, namun tetap ya Moms kita mesti memerhatikan keselamatan bayinya. 

Happy Membangun Bonding!
25 comments on "Pentingnya Membangun Bonding Ibu dan Anak "
  1. Kebersamaan antara ibu dan anak ini memang tidak bisa dipisahkan oleh jarak maupun waktu. Antara ibu dan anak seolah sudah punya ikatan batin. Yang jika kita maksimalkan justru akan lebih memperkuat kebersamaan diantara keduanya ya

    ReplyDelete
  2. Jujur saya lebih suka minyak telon yang natural, wanginya khas, tapi juga akhir-akhir ini suka beli yang lavender, biar anak jadi terlindungi dari nyamuk ya :)

    Minyak Telon Air Mancur memang benar-benar sahabat dalam membangun bonding antara ibu dan anak.

    ReplyDelete
  3. Bonding antara ibu dan anak itu harus, seperti aku seorang ibu dengan satu org anak perempuan. Alhamdulillah anak ku dekat sekali dengan ku.

    ReplyDelete
  4. Sekarang itu enak ya mba Eva. Kita bisa dapet ilmu banyak dan mudah salah satunya kita jadi tahu bahwa sebenernya membangun bonding pada anak itu mudah salah satunya caranya lewat pijat bayi ini. Asalkan pakai hati pasti bondingnya itu dapet. Apalagi ada minyak telon air mancur yabg teksturnya itu lebih licin ya jadi cocok buat pijat anak ya 😃

    ReplyDelete
  5. Anak-anakku dulu semua aku pijat pakai minyak telon, emang bagus banget untuk perkembangan anak dan juga bangun bonding dengan orangtua. Kadang bapaknya gantian yang pijat. InsyaAllah kalau ada bayi lagi mau cobain minyak telon Air Mancur ah. Kayanya yang wangi lavender enak tuh, bikin rileks

    ReplyDelete
  6. Memang yah bonding itu perlu banget apalagi antara ibu dan anak. Minyak telon pun juga bisa menciptakan bonding antara ibu dan anak

    ReplyDelete
  7. Orang dewasa aja suka dipijat ya. Bayi juga suka dong. Ternyata caranya mudah banget..coba tau dari dulu sejak anak-anakku masih bayi hehe.

    ReplyDelete
  8. Memang bonding anatara ibu dan anak harus di mulai sejak dini salah satunya dengan lewat sentuhan ya atau lewat pijatan yang lembut untuk bayi yang manfaatnya sangat luar biasa untuk dukung kembang si kecil ya, dan memang rekomended MILON Air Mancur untuk pijat bayi yang aman

    ReplyDelete
  9. Aku suka milon Airmancur all variant, baunya ngegemesin n nenangin banget. Lagi sering pijatin Kenzo pakai milon Airmancur ini :)

    ReplyDelete
  10. Bonding anak dan ibu itu penting banget. Supaya anak selalu merasa aman dan nyaman. Dan salah satu cara yang tepat dalam membuat bonding anak-ibu makin kuat adalah dengan pijat bayi. Kerasa banget deh efeknya :)

    ReplyDelete
  11. Aku baru tau air mancur punya telon hehe malah ternyata ad yang aroma lavender ya

    ReplyDelete
  12. Selain pijat bayi, dulu pas mereka sudah batita gitu, cara meningkatkan bonding yang paling aku suka adalah saat membacakan dongeng sebelum tidur. Bisa mpe berbuih-buih gitu nyeritainnya. Tapi ketika respon mereka bagus, akunya jadi hepi gitu. Dengan didongengin, boboknya jadi pules karena mereka tidur dengan perasaan bahagia.

    ReplyDelete
  13. Aku tuh paling suka sama wanginya minyak telon, apalagi waktu Air Mancur release produk Milon ini rasanya seneng gitu aromanya enak! Plus memang bonding yg kuat antara ibu dan anak itu bisa d bangun dengan massage ya

    ReplyDelete
  14. Bener banget mbak, membangun bonding itu penting banget bagi orangtua kepada anak-anaknya. Salah satunya dengna pijatan. Apalagi mijatnya pake minya telon air mancur ya

    ReplyDelete
  15. Yup menciptakan bonding yang kuat dengan anak memang penting banget ya. Apalagi bonding pada anak yang baru lahir. Salah satunya seperti yang mbak sebutkan di atas. Dengan melakukan pijatan bayi secara rutin, selain itu manfaat pijat ini juga banyak banget.

    ReplyDelete
  16. Terasa banget bila bonding anak-anak dan orangtua kuat, anak-anak jadi semakin mudah diarahkan. Dan kita jadi paham betul komunikasi yang tepat dan baik untuk masing-masing karakter anak.

    ReplyDelete
  17. Selalu suka banget dengan wangi minyak telon. Dan memang setelah pakein minyak telon ke anak, bawannya pengin uwel-uwel, peluk, dan cium anak. Jadi, buat anak yang ga seberapa suka dipijet seperti anakku, tetep minyak telon bisa bantuin menciptakan bonding antara aku dan anakku, :) mau nyobain ah minyak telon nya Air Mancur ini, kayaknya enak banget wanginya, <3

    ReplyDelete
  18. Senang banget kalau cerita membangun bonding dengan anak. Apalagi di usia mereka masih balita. Salah satunya biar tetap sehat dengan minyak telon ini. Penasaran sama wanginya mbak mau cari di minimarket.

    ReplyDelete
  19. Penting sekali ya peran pijatan dalam membangun bonding dengan anak kita semenjak masih bayi. Senangnya ada MILON Air Mancur yang membantu dalam memberikan kehangatan dalam setiap pijatan Bunda

    ReplyDelete
  20. Bonding time memang sangat berguna banget ya mbak, apalagi sebagai ibu yang setiap harinya bekerja.. Ngomongin bonding time, akun juga lagi pakai Minyak Telon dari Air Mancur ini, aku suka banget yang Arima Lavender. Kadang aku pakai buat minyak wangi, karena wanginya yang khas banget

    ReplyDelete
  21. Aku plg suka sesi pijat bayi sm anak sembari kasih telon. Soalnya anak tuh suka ketawa2 dan kita jg seneng sm wangi telonnya. Blm pernah coba air mancur. Pgn coba yg lavender 😍

    ReplyDelete
  22. tips bonding sama anak ini emang pas banget untuk di sebar luaskan ya mba Elva, karena kita sebagai org tua tetap inginkan anak kita dekat selalu dengan kita

    ReplyDelete
  23. Huwaaa langsung belajar mraktekin olesin yang benar ya ini Mba Elva
    ini minya favorit aku mba, wanginya bikin nyaman.

    ReplyDelete
  24. jadi meski ibu pekerja tetap bisa ada bonding time dengan sang buah hati yak. hmmm nambah pengetahuan banget kalau hadir di acara ini. bisa bawa pulang minyak telon anti nyamik, lagi

    ReplyDelete
  25. Minyak telon air mancur ini emang juara banget. Bonding timenya lebih berasa karna ibu dan anak sama2 suka pake minyak telon ini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature