Tips Mengenali Online Shop Terpercaya

Monday, February 24, 2020

Halo para pecinta online shopping, tentunya sudah pasti ketaggihan ya dengan belanja secara online. Di era digital seperti sekarang ini, berbelanja pun sudah mudah dilakukan, bahkan Kita pun bisa sambil mengerjakan aktivitas lainnya, misalnya sambil memasak di rumah, menonton televisi, bahkan sambil tiduran sekalipun, sebab hanya tinggal memencet smartphone yang Kita miliki, setelah itu tunggu hingga barang pesanan datang ke rumah. Beres tanpa harus mengalami kemacetan!😁 Akan tetapi, meskipun mempunyai banyak kelebihan saat belanja online, seperti belanja baju gamis atau melihat daftar harga baju gamis, namun tak dapat dipungkiri lagi bahwa sering sekali terdapat para konsumen yang berbelanja secara onlie merasa tertipu, entah itu karena barang yang dipesan dengan yang diterima tidak sesuai, bahkan sama sekali tidak menerima barang yang telah dipesan, dengan kata lain penipuan yang membawa lari uang dan tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, Saya punya beberapa tips mengenali online shop agar Kita lebih selektif lagi untuk mengetahui juga mengenali seperti apa online shop yang terpercaya. 


  • Jangan Langsung Tergiur Promo.

Saat melihat barang yang diidam-idamkan, sebaiknya sebelum membeli barang di online shop jangan langsung terbuai oleh penawaran-penawaran seperti harga murah, diskon yang berlebihan ataupun gambar produk yang bagus dan hal lainnya yang membuat Kita dapat langsung terpengaruh dan ingin segera order bahkan segera melakukan transaksi pembayaran. Ada baiknya Kita telusuri dahulu atau stalk akun online shop tersebut dengan cara memperhatikan segala unsur seperti: foto-foto produk yang diunggah di akun media sosial online shop yang Kita incar, lalu lihatlah dengan teliti bahwa foto produk yang diunggah merupakan foto asli bukan foto atau gambar yang diambil dengan copy paste di internet. Jika gambar atau foto produk yang terlalu bagus maka patut dipastikan lagi untuk melihat aspek yang lainnya. 




  • Cek Jumlah Follower. 

Ada baiknya cek juga jumlah followers atau pengikut yang mengikuti akun media sosial online shop tersebut. Akan tetapi, siapa yang tidak tahu saat ini bahwasannya followers dapat dibeli dengan mudah sehingga bagi kalian jangan tertipu dengan banyaknya followers pada akun online shop tersebut, cara mengetahuinya dengan cek banyaknya followers dengan banyaknya komentar juga like disetiap postingan foto produk, jika banyaknya komentar dirasa sesuai dengan jumlah followers yang ada serta mempunyai like yang jumlahnya banyak, maka akun online shop tersebut dapat dipercaya, namun jika berbeda alias jomplang antara pengikut yang banyak namun di setiap postingan foto produk tidak ada yang berkomentar dan jumlah like yang sedikit menjadikan online shop tersebut belum dapat sepenuhnya dipercaya. Hal hal berikut dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi teman-teman yang bingung saat akan berbelanja online.


  • Cek Testimoni. 

Melihat bukti testimoni dari online shop itu sangat penting, dari testimoni atau komentar yang diberikan oleh pembeli ke penjual akan terlihat asli jika memiliki sesuatu seperti watermark yang ada pada bukti sebagai ciri bahwa bukti testimoni itu benar adanya dan tidak fake. Kemudian cek seberapa berani online shop tersebut memberi tahu identitasnya seperti alamat lengkap, nomer telpon jelas, dan berani untuk bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan pada konsumen. Biasanya online shop yang terpercaya, tidak takut untuk mempublikasikan secara langsung mengenai identitas dirinya dibalik akun online shop tersebut. 


  • Pastikan Sebelum Melakukan Pembayaran.

Dan yang terakhir, perhatikan pada saat akan melakukan transaksi pembayaran, jika penipu biasanya selalu menggiring dan tidak sabar alias mengebu-gebu mempengaruhi untuk menyuruh pembeli segera melakukan pembayaran produk sesuai yang diminta. Hal ini berbeda pada online shop terpercaya, yang biasanya mereka akan bersabar dan mengutamakan melayani konsumen terlebih dahulu hingga benar-benar deal. 



Nah, itulah beberapa tips dari Saya, semoga membantu🙂.
Post Comment
Mutia Ramadhani said...

Kalo online shop dari platform terpercaya, seperti tokopedia, bukalapak, blibli mah rata-rata jarang yg tipu-tipu ya mba. Yg susah itu online shop yang di Instagram. Tapi masalahnya saya lebih suka belanja via IG daripada platform lainnya. Hihihi. Benar, semua poin yg Mba Elva paparkan di atas harus menjadi pertimbangan kita sebelum berbelanja.

kartika said...

Aku biasanya ke market place mbak biar aman. Lalu lihat testi, jumlah barang yg dijual juga minimal harus puluhan ribu. Lalu ada kan status nya sudah star, top. Biar lebih yakin. Klo bisa ada teman yg pernah belanja disana, jd adh rekomended

jendelamamak said...

Memang harus hati-hati kalo mau membeli barang secara online. Kalo nggak bisa zonk alias pesen apa dapetnya apa. Ditambah lagi susah retur nya. Bisa esmosi kita nanti. Makasi tips nya ya mbak.

Melina Sekarsari said...

Aku tergolong manusia yang setengah jadul sih kalau menyangkut belanja online. Hanya ada beberapa jenis barang yang aku mau belanja online. Belanja di market place mungkin lebih tenang, tapi kalau ada barang menarik di IG, misalnya, aku melakukan hal yang sama seperti Kak Elva.

Cek-cek follower dan interaksi serta kontak dan alamatnya, hihihi ... Banyak banget soalnya kasus penipuan di dari olshop di media sosial begini.

Dyah (Author roemahaura.com) said...

Setuju banget ma tipsnya mbak. Aku juga nerapin ini kalau mau beli online. Tapi lebih bagus lagi kalau yang jual sudah sering interaksi dengan kita.

Reyne Raea (Rey) said...

JAdi pengen buka Blibli lalu belanja gamis Mba hahaha
Memang belanja online itu butuh kecermatan, kalau enggak salah pilih terus menyesal hihihi.

Susindra said...

Kalau beli online, jujur, saya hanya percaya e-commerce atau rekomendasi teman. Faktor trust lebih penting, ya. Karena memang kadang tak mudah memastikan apakah OS itu benar2 terpercaya.

Bambang Irwanto said...

Benar sekali, Mbak Elva. Saat membeli barang online harus benar-benar yang bonafid Online shop-nya. Dan sampai saat ini, saya beli apa-apa itu via online baru panci presto dan tiket bulutangkis. Kalau baju, sepatu, celana, saya masih nyaman beli langsung. karena bisa dicoba juuga. soalnya beda merek beda ukuran, Mbak.

arenapublik.com said...

testimoni kadang nipu juga sih mba, ripper tuh bnyak ambil testi punya orang dan ngaku ngaku punya dia hehe.repot deh emang

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature