Tetap Meriah Merayakan Kemerdekaan Meski Ditengah Pandemi

Wednesday, August 26, 2020


Hari merdeka nusa dan bangsa

Hari lahirnya Bangsa Indonesia

Mer ... de ... ka ...


Saya yakin, teman-teman pasti sudah tidak asing dengan penggalan lagu tersebut. Yups, penggalan lirik lagu tadi merupakan lagu Nasional ciptaan H. Mutahar yang sering dinyanyikan saat memperingati HUT Kemerdekaan RI. Perlu diketahui, jika lagu tersebut memiliki judul Hari Merdeka, namun hingga kini lagu tersebut lebih populer dengan sebutan lagu 17 Agustus. Dari penggalan lirik lagu tersebut, jelas menggambarkan tentang bagaimana gigihnya perjuangan pahlawan nasional untuk mempertahankan Indonesia.


Ada beragam kegiatan yang dapat dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan, seperti misalnya lomba makan kerupuk, lomba panjat pinang, lomba lari karung dan kegiatan lomba yang dishare oleh Kak Linda mengenai Keseruan Siswa SDN 81 Muara Bungo Menggambar Hari Kemerdekaan. Akan tetapi, bagaimana merayakan hari kemerdekaan tersebut di tengah pandemi seperti sekarang ini? Tentu saja akan menjadi dilema, bukan? Sebab, tidak memungkinkan untuk berkerumun di tengah pandemi, karena bisa menjadi pemicu penularannya.


Lomba kemerdekaan

Lomba makan kerupuk


Jika dulu (Pada hari Kemerdekaan) selalu rutin merayakan hari kemerdekaan tersebut di luar dan ikut berbagai perlombaan yang diadakan di RT, namun saat ini memilih di rumah saja merupakan salah satu wujud kepedulian kita untuk memutus mata rantai penularan virus.


Tips Merayakan Kemerdekaan Bersama Buah Hati di Tengah Pandemi

Di saat pandemi seperti sekarang, tentu saja kita (sebagai orangtua) tidak ingin anak-anak melakukan aktivitas di luar rumah. Akan tetapi, akan menjadi dilema ketika anak-anak merengek ingin ke luar rumah untuk mengikuti lomba perayaan kemerdekaan. Nah, agar anak-anak tetap dapat merasakan momen kemerdekaan, para orangtua dapat melakukan beberapa hal berikut bersama sang buah hati.

  • Lomba Menggambar dan Mewarnai.

Ayah ataupun Bunda bisa memberikan kertas gambar, untuk kemudian meminta anak-anak menggambarkan bendera beserta tiang bendera. Lalu minta anak mewarnai sesuai warna bendera Indonesia. 


Mewarnai di hari kemerdekaan


  • Lomba Mencocokkan Gambar.

Untuk lomba ini, Ayah dan Bunda dapat membuat gambar apa saja bertema kemerdekaan (gambar bisa dilihat di internet), kemudian gambar tersebut gunting hingga beberapa bagian. Nah, kemudian mintalah anak mencocokkan gambar yang telah di gunting beberapa bagian tersebut.


  • Lomba Mewarnai dan Menghias Masker.

Lomba yang satu ini tentunya menyesuaikan dengan keadaan pandemi yang sedang dihadapi saat ini, dan sekaligus dapat mengajarkan kepada anak mengenai pentingnya menggunakan masker saat ke luar rumah.


  • Lomba Menyanyikan dan Tebak Lagu Nasional.

Lomba ini dapat mengasah kemampuan anak dalam menghapal lagu-lagu nasional. Tentu saja ini diperuntukkan pada anak usia sekolah.


Nah, itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk tetap merayakan kemerdekaan meski di tengah pandemi.

15 comments on "Tetap Meriah Merayakan Kemerdekaan Meski Ditengah Pandemi"
  1. Tahun ini mungkin pertama kalinya dalam hidup kita sepi banget saat 17an ya kan kak..
    Rasanya terus berdoa semoga tahun depan kembali bisa melihat panjat pinang , balap karung dan segala lomba seperti dulu..
    Semoga lah pandemi ini segera berakhir kak

    ReplyDelete
  2. Agustus di masa pandemi merubah cara orang merayakan HUT RI. termasuk kegiatan lomba-lomba. kalo di tempat saya ada lomba bikin video baca teks proklamasi, bikin film pendek tentang kemerdekaan, menyanyikan lagu kemerdekaan, dll

    ReplyDelete
  3. Setuju kita tetap bisa kreatif merayakan kemerdekaan walauoun ditengah pandemi semangat ya mbak jg buat ananda tetap kreatif dan berkarya..

    ReplyDelete
  4. kalau aku sama anak sulungku yang 5 tahun memeriahkan 17an ikutan lomba lewat zoom sama teman2 virtual sama komunitas mainstream, seru deh berasa lomba hehe

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata bisa bikin lomba sendiri di rumah ya mbak Elva. Saya jadi kepikiran ngajakin keponakan lomba makan kerupuk nih jadinya :D

    ReplyDelete
  6. Lomba walau di tengah pandemi bisa disiasati sedemikian rupa agar tetap meriah. Sayang banget kalau kemerdekaan Indonesia tidak dirayakan ya mbak kan cuma setahun sekali

    ReplyDelete
  7. paling aman ikut lomba virtual ya mba kalau masih takut keluar rumah, tapi kemarin ada tuh merayakan kemerdekaan dengan tur virtual ke museum-museum, keren banget, ya. tetap bisa merayakan kemerdekaan meski di rumah aja.

    ReplyDelete
  8. Biarpun di tengah pandemi gini per a ya an Kemerdekaan RI masih sangat meriah ya kak, senangnya

    ReplyDelete
  9. Hari kemerdekaan kemarin, daku sama bocah-bocah di rumah asik main, kak. Mainan tradisional berbekal botol aqua. Hadiahnya martabak hehe

    ReplyDelete
  10. Dan semuanya dilakukan dengan keterbatasan yang ada... tidak bisa berinteraksi dengan banyak orang... semoga tahun depan sudah bisa kembali normal . . Hikss...kangen kemeriahan acara HUT RI

    ReplyDelete
  11. Wah benar juga ya kalau lomba menggambar dan mewarnai nggak perlu takut ya dan anak-anak pun tetap bisa merayakan hari kemerdekaan penuh warna

    ReplyDelete
  12. tetap meriah ya kak merayakan kemerdekaan tahun ini,dengan kreatifitas yang berbeda dari tahun sebelumnya,tetap seru sie kak apalagi virtual lucu aja.

    ReplyDelete
  13. Senangnya ya Mbak, lomba masih dilaksanakan. Di daerah saya tahun ini tidak ada perayaan apa pun, sehingga hari kemerdekaan berjalan sepi.

    ReplyDelete
  14. Udah beberapa tahun terakhir gak ada lomba agustusan di tempatku. Gak ada panitianya 😅😅😅

    ReplyDelete
  15. Banyak ya kak jenis lomba yang bisa dirayakan saat pandemi, yang terpenting tetap jaga kesehatan. Jaga jarak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature