Tips Agar Berpeluang Lulus Tes CPNS

Thursday, August 20, 2020
Tips agar berpeluang lulus tes CPNS

Halo sobat pembaca setia blog elvanasira, biasanya ulasan Saya mengenai review objek wisata, hingga berbagai jenis produk. Namun, kali ini Saya mau berbagi mengenai tips lulus tes CPNS atau lebih dikenal dengan Calon Pegawai Negeri Sipil. Seperti yang kita ketahui, jika hingga saat ini pun tes CPNS paling banyak digandrungi oleh kebanyakan orang, meskipun faktanya peluang lolos tes CPNS tidak begitu besar. Teman-teman bisa bayangkan, dari sekian ribu orang yang mendaftar, tidak sampai 50 persen dari jumlah keseluruhan yang diterima, alias hanya 5-8 orang saja. Tentu saja dengan persaingan yang amat ketat.


Namun, meskipun begitu, kita tentunya jangan langsung menyerah, akan tetapi terus berusaha dan tentu saja kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan sematang mungkin. Selain itu, kita juga harus pastikan jika semua persyaratan dan kelengkapan administrasi sudah dipenuhi sejak jauh-jauh hari, sebab beberapa dokumen memerlukan waktu pengerjaan yang agak lama loh. Nah, setelahnya kamu wajib berlatih mengerjakan soal tes CPNS secara rutin dan disiplin sebelum tes dilaksanakan, agar bisa mendapatkan hasil ujian yang lebih baik.


Ngomong-ngomong soal pengerjaan soal ujian, Kak Sepwal punya tips loh, yakni mengenai Strategi Menebak dan Cara Mengerjakan Soal Pilihan Ganda. Kalau udah tau strategi dalam mengerjakan soal pilihan ganda, pastinya kita nggak perlu khawatir lagi bahkan kita pun jadi dapat mengerjakan soal pilihan ganda dengan cepat dan tepat.


Beberapa Tips Yang Dapat Dilakukan Sebelum Melakukan Tes CPNS 

Setiap orang pasti memiliki triknya masing-masing dalam mengikuti tes CPNS, hal itu dilakukan tentunya dengan tujuan agar nilai tes yang dimiliki di atas rata-rata. Untuk itulah diperlukan kesiapan yang matang, diantaranya sebagai berikut:

  • Pilih Instansi Yang Sesuai Minat

Sebelum mendaftar tes CPNS, ada baiknya kalian cari tahu terlebih dulu mengenai instansi yang kalian inginkan. Ada baiknya memilih instansi yang sesuai dengan minat ataupun selaras dengan jurusan yang kalian ambil saat kuliah, agar peluang untuk lulus tes CPNS semakin besar. Apalagi jika kalian memilih posisi yang memiliki lowongan banyak, tentu saja kalian makin berpeluang untuk dapat lolos dalam tes tersebut.


  • Belajar Latihan Soal Tes CPNS

Ada baiknya kalian belajar latihan soal sebelum mengikuti tes CPNS, agar lebih mudah menjawab soal-soal tes. Sebab, selama pengalaman Saya mengikuti tes CPNS, soal yang disajkian hampir memiliki kemiripan. Untuk tesnya sendiri, ada dua jenis, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Untuk tes kompetisi dasar, dibagi lagi menjadi tiga, yakni Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


  • Perbanyak Doa.

Sebelum dan sesudah berlatih mengerjakan soal, ada baiknya berdoa, agar dibukakan pintu ilmu oleh Tuhan YME. Begitupun ketika akan menghadapi hari H tes CPNS, akan lebih baik jika kalian mulai dengan berdoa.


Mengapa Harus Dipersiapkan?

Saya rasa, semua orang juga tahu alasan mengapa segala sesuatunya harus dipersiapkan sebelum mengikuti tes, apalagi tes yang diikuti tersebut adalah tes CPNS. Tentu saja agar potensi lolos tes CPNS makin besar. Nah, untuk itu perlu kalian pelajari beberapa poin berikut, diantaranya:

  • Jenis Soal TKB

Inilah pentingnya untuk memilih posisi yang sesuai dengan minat ataupun sesuai dengan jurusan kuliah, sebab soal-soal tes yang keluar memiliki kaitan dengan posisi yang akan kalian ambil, sehingga kalian memiliki peluang lebih besar karena telah memahaminya.


  • Jenis Soal TIU

Soal TIU akan mudah dijawab jika kalian teliti serta rajin berlatih mengerjakan soal. Saran Saya, jika kalian mengerjakan soal ini, ada baiknya kerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dulu baru mengerjakan soal yang dianggap rumit.


  • Jenis Soal TWK

Untuk jenis soal, TWK ini lebih pembahasan mengenai soal Pancasila, sejarah perjuangan bangsa, UUD 45, hingga sistem tata negara Indonesia. Meskipun soal TWK ini jenis soal yang dianggap sepele bagi sebagian orang, namun kamu tetap harus mempelajarinya dengan maksimal agar dapat menjawab semua pertanyaan.


  • Jenis Soal TKP

Soal TKP merupakan soal yang harus dijawab dengan jujur dan mencerminkan siapa dirimu. Untuk jenis soal ini bisa kalian pelajari melalui buku latihan soal tes CPNS, sebab soal yang ke luar rata-rata memiliki kemiripan.


Itulah beberapa hal yang dapat kalian lakukan sebelum memutuskan untuk mengikuti tes CPNS. Yang terpenting usahanya, soal bagaimana hasil, kita serahkan saja pada sang Pemilik alam semesta.

16 comments on "Tips Agar Berpeluang Lulus Tes CPNS"
  1. Ini cocok banget buat yang lagi incer tes cpns. Apalagi buku buku persiapan ujian tes cpns bisa dibeli di toko buku terdekat. Jadi bisa nyiapin diri lebih mateng ya

    ReplyDelete
  2. Membaca ini bikin saya teringat 6 tahun lalu pernah nyoba ikut test CPNS gara2 suami yang daftarin kak..

    Alhamdulillah saat itu saat ujian pertama saya lulus dengan nilai tertinggi.
    Alhamdulillah pas test kembali nama saya gak keluar.. hihihi

    ReplyDelete
  3. wah bermanfaat sekali mba untuk yg mau test cpns jadi lbh tau nih peluangnya..mksh ya infonya

    ReplyDelete
  4. Thanks kak mulai dari sekarang harus saya persiapkan sebelum saya mengikuti Tes nantinya

    ReplyDelete
  5. Yup...informasi yang diberikan lengkap..tinggal berlatih dan berlatih serta berikhtiar kepada Tuhan agar diberikan yang terbaik

    ReplyDelete
  6. Bagi yg masih ada peluang daftar PNS bisa mengikuti tips2 di atas. Semoga berhasil dan lulus diterima PNS

    ReplyDelete
  7. Dulu saya sempat punya hampir sepuluh buku tes agar berhasil CPNS tapi sudah saya kasih2kan ke kerabat. Skrng usia udah ga bisa ikut CPNS lagi

    ReplyDelete
  8. masyaAllah mbak elva kalau ngomongin tes cpns, aku udah pernah ikut 2kali dan gagal eheh. bukan jalannya di situ kali ya...smg tips ini bs membantu para pejuang cpns ya

    ReplyDelete
  9. Yang mau daftar jadi PNS wajib baca ini ya, tipznya pasti sangat bermanfaat bagi mereka.

    ReplyDelete
  10. Telat bacanya, seharusnya aku baca ini ya sebelum ujian hihi... Tapi benar banget ya banyak berdoa itu penting, selain belajar terus seperti adik aku

    ReplyDelete
  11. Wah terimakasih banyak tips nya kak, bermanfaat banget nih agar kita punya peluang lulus ya

    ReplyDelete
  12. Belum pernah coba untuk tes cpns sie, soalnya udah pesimis duluan tidak diterima wkwkwk, ya jadi pegawai swasta aja. Tapi bole juga nie dipraktekkan untuk coba siapa tau rezeki ya.

    ReplyDelete
  13. Tahun 2018 lalu saya ikutan tes CPNS, semuanya lolos, kecuali TKP. Wkwkw jadi istilahnya wawasan kebangsaan saya lumayan, intelegensia saya lumayan, tapi kepribadian saya kurang banget. Hiksss

    ReplyDelete
  14. Berguna banget nih, untuk menghadapi ujian SKB. Sayangnya ujian CPNS kemarin gak lulus lagi. Perlu persiapan lagi kayaknya, semangat ujian lagi semoga diberi kesempatan

    ReplyDelete
  15. Belajar buat tes cpns emang penting banget. Waktu suamiku daftar, aku sampe beliin buku soal-soal tes cpns. Alhamdulillah lolos

    ReplyDelete
  16. wah tipsnya oke punya nih, coba dulu udah baca, mungkin bisa berhasil masuk cpns hihi. semoga yang sedang berjuang untuk masuk pns dimudahkan. Aamiin.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature