Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, review serta tips menulis FTV berdasarkan pengalaman penulis.

2 Aplikasi Dapat Dipakai Untuk Membuat Media Pembelajaran

Sunday, November 22, 2020
Aplikasi membuat media pembelajaran


Halo sobat pembaca setia www.elvanasira.com, dan teruntuk para tenaga pengajar. Di masa pandemi seperti sekarang ini, tentunya seorang pengajar dituntut untuk bisa lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran, dengan harapan agar peserta didik yang belajar dari rumah tetap dapat memahami pelajaran dan juga tidak merasa jenuh, alias happy dalam belajar, ya meskipun belajar di rumah saja.


Mengapa Saya katakan demikian, sebab beberapa waktu lalu Saya membaca curhatan teman satu grup di whatsapp, beberapa mengeluhkan betapa anak-anak mereka merasa terbenani dengan mata pelajaran dan segudang PR yang mesti dikerjakan oleh anak-anak mereka, bahkan saat weekend pun terkadang anak-anak juga ada yang diberi tugas oleh gurunya. Duh, sedih ya, apalagi kalau anak-anak sudah merasa tak nyaman dengan dunia belajar, yang terkesan terlalu dipaksakan. Bahkan, di beberapa media online Saya pernah membaca ulasan dimana seorang ibu merasa depresi, sebab tidak bisa sepenuhnya membantu anak-anak mereka dalam belajar, sebab para orangtua tidak semuanya mengusai mata pelajaran tersebut. 


Membaca curhatan tersebut, Saya jadi ingat dengan postingan seorang teman, namanya Dwi Apura Meity, S.Pd seorang guru Bahasa Inggris di SMPN 5 Bengkulu, yang mana ia membuat video tutorial mengenai membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi, dan tentu saja menggunakan smartphone. Keren banget ya! Karena penasaran, akhirnya Saya tonton video tutorialnya di youtube sampai habis, dan sungguh membuat Saya takjub. Dengan tutorialnya itu, siapapun sebenarnya bisa membuat semacam animasi itu, kemudian ajak anak-anak untuk turut serta, semisalnya membuat animasi percakapan dalam bahasa Inggris. Nah, buat orangtua yang belum fasih berbicara English, bisa banget download aplikasi google terjemahan melalui playstore, tidak hanya bisa menerjemahkan akan tertapi juga terdapat fitur pengucapan, dan tersedia beragam bahasa dari berbagai negara.


Google terjemanahan media pembelajaran


Media pembelajaran era digital


4 Fungsi Media Pembelajaran

Ada 4 fungsi media pembelajaran-khususnya media visual-yang perlu kalian ketahui (Levie & Lents, 1982) diantaranya:

  • 1. Atensi.

Fungsi media pembelajaran ini tentunya menarik perhatian siswa supaya makin berkonsentrasi serta memusatkan perhatian pada isi materi pelajaran yang diajarkan.


  • 2. Afektif.

Fungsi media pembelajaran Afektif ini memberikan kenyamanan pada siswa ketika proses belajar ataupun membaca, contohnya seperti teks bergambar.


  • 3. Kognitif

Fungsi media pembelajaran ini mempermudah siswa dalam mengingat serta memahami informasi dari apa yang diajarkan.


  • 4. Kompensantoris.

Fungsi media.pembelajaran ini membantu siswa yang lemah ataupun lambat dalam menerima pelajaran yang disajikan, baik secara verbal ataupun teks.



2 Aplikasi Pembuat Media Pembelajaran

Aplikasi-aplikasi berikut tentunya bisa dipakai oleh tenaga pengajar, apalagi proses belajar mengajar saat ini dilakukan secara online, aplikasi berikut tentunya dapat membantu agar anak-anak lebih bersemangat dan tetap paham apa yang diajarkan oleh gurunya. Tidak hanya guru sekolah, orangtua murid pun juga bisa loh membuatnya dan ajak anak untuk belajar bersama dengan menyenangkan.

  • 1. Plotagon

Plotagon aplikasi pembuat media pembelajaran


Plotagon merupakan sebuah aplikasi animasi gratis, dapat membuat cerita yang kita olah menjadi hidup. Selain itu, terdapat beragam karakter, pakaian, latar belakang, dan aksesori yang bisa dipilih.


  • 2. Voki.

Voki aplikasi pembuat media pembelajaran


Voki sama halnya dengan plotagon, yang merupakan aplikasi animasi.

Untuk dapat membuat Voki berbicara, kalian bisa lakukan langkah berikut, diantaranya:

 * Pilih karakter dari Perpustakaan yang terdapat pada Voki.

 * Pilih opsi rekam kemudian bicaralah ke mikrofon.

 * Ekspor, bagikan, serta tunjukkan karakter berbicara.


 Selain itu, pada aplikasi Voki juga terdapat Fitur tambahan, seperti:

  • Ratusan karakter yang beragam (vokis).
  • Tubuh, pakaian, fitur wajah, rambut, aksesoris dan masih banyak lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Rekam suara sendiri atau kalian isa ketik pesan menggunakan Text-to-Speech (TTS)
  • Terdapat dukungan untuk lebih dari 25 bahasa dan aksen berbeda dengan menggunakan TTS
  • Unduh lalu bagikan Voki ke semua jejaring sosial.


Manfaat Membuat Aplikasi Pembelajaran Dalam Pendidikan

Setiap aplikasi tentunya memiliki manfaatnya masing-masing, seperti pada aplikasi membuat media pembelajaran, diantaranya:

  • Dapat meningkatkan keterlibatan, retensi serta pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan.
  • Bagus untuk mengembangkan keterampilan serta kemampuan berbicara siswa.
  • Cara yang bagus bagi siswa untuk mengembangkan kepercayaan diri dalam berbicara maupun saat presentasi di depan umum.
  • Alat yang luar biasa untuk pembelajaran bahasa asing (mendukung lebih dari 25 bahasa).
  • Bagus untuk pelajaran guru, penilaian serta presentasi.
  • Alat yang nyaman untuk tinggal di rumah pendidik dan orang tua homeschool.


Nah, itulah beberapa informasi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat!

44 comments on " 2 Aplikasi Dapat Dipakai Untuk Membuat Media Pembelajaran"
  1. Kayaknya paling asyik Voki tuh. Bisa menjadi pilihan guru dalam mengajarkan mata pelajaran jadi ada suara2 yang berbeda ya. Murid2 makin senang dan penasaran deh. Aplikasi yang terjemahan juga penting sih, bermanfaat sekali buat anak2 kita ya apalagi anak2ku ada pelajaran Bahasa Arab-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba mbak Nurul dan semoga bermanfaat ya

      Delete
  2. Vlotagon dan Voki nya sangat bermanfaat. Terimakasih informasinya. Dua aplikasi yang beneran harus saya install dan ulik nih...

    ReplyDelete
  3. Belajar bahasa asing dengan mudah dan cara didiknya sesuai dengan dunia anak-anak dengan animasi

    ReplyDelete
  4. Iya mba aku juga sedih denger curhatan ibu-ibu di facebook aku. Yang ikutan stres anaknya dikasih banyak tugas. Aduh anak mah diem di rumah aja udah stres ditambah kalau dikasih banyak tugas. Gimana nggak tambah stres itu anaknya. Akhirnya belajar yang seharusnya menyenangkan itu jadi membosankan dan bkin stres. Hiks. Sedih aku. Itu kan jadi udah menyimpang dari tujuan belajar jadinya dan bikin anak ga suka belajar jadinya.

    Ngomong-ngomong makasih mba udah kasih tahu 2 aplikasi keren buat menunjang bkin media pembelajaran buat anak. Pasti ini bikin belajar lebih menyenangkan. Dan menurut aku, yang namanya guru itu ga boleh gaptek biar bisa mengikuti perkembangan zaman dan belajar sesuai karakter anak di zaman now ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sebagai guru tentunya mesti melek teknologi biar gak ketinggalan. dan semoga bermanfaat ya.

      Delete
  5. Saya malahan baru ngerti ada aplikasi pembelajaran yang sangat membantu ini, wah tambah enak nih anak2 belajarnya

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu nih tentang aplikasi pembelajaran dan ini sangat bagus sekali untuk mengembangkan guru dan murid jadi lebih kreatif lagi dalam belajar

    ReplyDelete
  7. Kereen..
    Terpukau sama kecanggihan teknologi. Aku cobain instal apps pembelajaran untuk anak-anak ini yaa..seru sekali, bermain sambil belajar.

    ReplyDelete
  8. Dengan aplikasi ini siswa dan guru jadi lebih bisa mengeksplor diri dalam belajar dan mengajar ya, keren nih.
    Dukungan bahasanya juga udah sampai 25 bahasa gitu, mantab dong ya.

    ReplyDelete
  9. wahh g rugi mampir kesini, aq jadi tahu gmn cara bikin media belajar yg menarik, makasih ya mbak...
    mau ku coba, aku guru soalnya, hehe

    ReplyDelete
  10. Wah sebagai orang pendidikan kah bar tahu aplikasi di atas Mbak. Tentunya memudahkan pada guru banget ya terutama di masa belajar online begini

    ReplyDelete
  11. Lucu yg Plotagon Story, bisa gratis bikin animasi.

    Cocok nih buat media ajar anak di rumah, biar ga bosen di rumah aja.

    ReplyDelete
  12. Keren ya ada aplikasi-aplikasi ini. Tinggal niat guru-gurunya nih untuk mau sedikit kreatif.

    ReplyDelete
  13. Dua aplikasi yang bermanfaat nih apalagi kalau siswanya kek daku ada yang SD dan SMP jadinya bikin mereka betah belajar ya

    ReplyDelete
  14. Plotagon Story dan Voki for Education ya Mbak, noted. Btw Plotagon dan Voki ini buatan Indonesiakah atau luar negeri ya Mbak... semoga semakin memudahkan anak2 kita belajar dg efektif ya,, amin

    ReplyDelete
  15. ya ampun aku baru tahu aplikasi ini, pengen coba deh buat mainan sama anak2 ehehehe kaya bikin animasi sendiri ya mbak el

    ReplyDelete
  16. Aku baru tau kalo ada aplikasi pembelajaran kyk vlotagon dan voki ini. Nuhun infonya kakk. Pengen instal dulu biar bisa tau langsung media belajarnyaa

    ReplyDelete
  17. Informasi bagus ini mbak. Saya baru tahu 2 aplikasi tersebut. Cukup memudahkan ya..jadi pengen coba. Ini bisa via HP juga nggak ya? Lumayan buat ngajari bocah

    ReplyDelete
  18. Selain guru, siswa pun dituntut untuk lebih kreatif ya mbak. Mungkin pandemi ini membawa hikmah agar kita semua menjadi kreatif dan out of the box

    ReplyDelete
  19. Kerenn nih aplikasi pembelajaran Vlotagon, emang nih ya di masa pandemi gini banyak para pendidik harus kreatif ciptakan media pembelajaran daring yang menarik sehingga selain anak didik tidak bosan mereka juga lebih mudah memahami materi semoga dapat menjadi inspirasi pendidik lainnya

    ReplyDelete
  20. Wah enak ya udah ada aplikasi membuat media pembelajaran terbantu sekali ya buat mengajari
    anak-anak , makasih infonya kak.

    ReplyDelete
  21. Baru tau aplikasi ini. Coba install ah biar tau seperti apa penggunaan nya. Kalo mudah dan menarik bis direkomendasikan untuk para guru

    ReplyDelete
  22. Baru tau aplikasi ini. Coba install ah biar tau seperti apa penggunaan nya. Kalo mudah dan menarik bis direkomendasikan untuk para guru

    ReplyDelete
  23. I don't know about these application and it's sound very interested. Bakalan download nih

    ReplyDelete
  24. Keren banget ini programnya,aku langsung kepoin loh,ternyata bagus yah program2 nya. Bener banget anak2 mah gitu,kalo media pembelajarannya gak seru langsung deh perhatiannya teralihkan.

    ReplyDelete
  25. Asik banget donk mb elva, para pengajar jadi banyak pilihannya nih ya untuk membuat media belajar yang asik biar ga bosen juga soalnya.

    ReplyDelete
  26. Waaaa menarik sekali ini aplikasinya
    Aku langsung download dan pakai buat nyiapin media pembelajaran di sekolah
    Makasi infonya ya kak

    ReplyDelete
  27. tak kusangka Kak ada aplikasi yang keren begini yang bisa membantu pekerjaan guru guru agar lebih mudah menyampaikan materi dengan animasi.

    ReplyDelete
  28. Guru juga dituntu kreatif agar belajar menjadi sebuah kegiatan menarik... tapi jadi kepikiran untuk menerapkan aplikasi ini tidak hanya di bidang pendidikan..

    ReplyDelete
  29. Baru tau ada aplikasi seperti ini, keren sekali mba. Anak-anak juga gak bosen belajar ya, kalo guru-gurunya pakai metode pembelajaran begini. Seru gitu. makasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
  30. Bagus juga ya Kak 2 aplikasi ini, jadi bisa digunakan untuk memberikan pilihan cara mengajar yang kreatif oleh guru atau orangtua jadi belajar jadi lebih seru, apalagi bisa dibuat hanya lewat handphone ya.

    ReplyDelete
  31. Wih, ini aku langsung kepoin loh, kak. Soalnya masih ada beberapa guru yang belum tau cara bikin media ajar yang menyenangkan. Bakalan aku rekomendasiin ke guru di sekolah anakku

    ReplyDelete
  32. Wah ternyata ada apkikasi pembelajaran sekeren ini ya kak ... Wah seru nih jadi memudahkan untuk menyiapkan berbagai metode pembelajaran ya kak

    ReplyDelete
  33. Seru banget yaa bisa dipakai untuk ilustrasi saat pembelajaran nih, andai para guru mau kreatif kaya gini yaa karena banyak sekali aplikasi kreatif yang bisa dipakai

    ReplyDelete
  34. Wah, aku baru tahu lho ada aplikasi pembelajaran kece gini, memudahkan banget buat anak-anak belajar ya kak. Keren sih!

    ReplyDelete
  35. Di era digital saat ini, banyak aplikasi yg bisa membantu kehidupan sehari-hari. Seperti aplikasi pembelajaran, yg tentunya sangat membantu para guru saat mengajar anak didik

    ReplyDelete
  36. aplikasi pendidikan telah banyak pilihannya di gadget qt, tggal gimana kebutuhan kita aja..instal dn gunakan

    ReplyDelete
  37. Wah, jujur baru tau banget ada aplikasi begini ya. Bisa banget ngebantu guru2 yang udah mentok buat ngajar online. Harus dikasih tw pak suami nih, kebetulan pak suami guru homeschooling. Makasih kak, nermanfaat banget infonya ❤

    ReplyDelete
  38. Penasaran dengan aplikasi plotagon story bikin animasi bergerak. Boleh juga nih coba siapatau bisa jadi bikin film anime singkat.

    ReplyDelete
  39. Wah, baru tau banget aplikasi ini. Menarik ya, yg gk bisa animasi jadi bisa bikin video yang keren juga

    ReplyDelete
  40. Baru tau ada aplikasi kayak gini. Jadi pengin nyobain bikin animasi juga

    ReplyDelete
  41. Ooo ternyata ada banyak aplikasi untuk pembelajaran ya Mbak. Cocok nih kalau yang suka otak atik bikin film untuk sosmednya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature