Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, review serta tips menulis FTV berdasarkan pengalaman penulis.

4 Penyebab Umum Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya

Friday, November 13, 2020
Sakit Gigi berlobang

"Daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi ini, biar tak mengapa!"


Masih ingat dengan sepenggal lagu di atas? Pastinya ya. Dan menurutmu lebih baik mana, sakit gigi apa sakit hati? Kalau Saya sih berharap jangan keduanya, soalnya sama-sama nggak enak. Hehe. Apalagi kalau sakit gigi, udah makan nggak enak, tidur pun nggak nyenyak. Ini pernah dulu Saya alami, dan berharap tidak mengalaminya lagi. Benar-benar deh, sakit gigi itu menyiksa banget karena sakitnya nyut-nyut sampe ke ubun-ubun. Tapi, kalau udah terlanjur sakit, kalian bisa baca ulasannya Kak Kornelius Ginting mengenai 6 Cara Sederhana Menghilangkan Sakit Gigi yang sudah terlanjur sakit dan berlubang. 


Kalau gigi sudah terlanjur berlubang dan sakit, tentunya membutuhkan penanganan yang khusus, sebab gigi yang telah berlubang rentan menjadi tempat sarang kuman dan bakteri berkumpul, yang bisa saja membuat gigi makin sakit lebih parah. Dan, kalau memungkinkan untuk dicabut, ada baiknya gigi yang berlubang parah tersebut dicabut saja. Tapi, untuk mencabut gigi yang berlubang parah jangan di saat gigi terasa sakit, akan tetapi cabutlah saat gigi tidak terasa sakit. Ini pernah Saya alami, dimana Saya mendatangi dokter gigi untuk mencabut gigi yang telah berlubang cukup parah, karena berharap jika gigi yang sakit tersebut dicabut maka sakitnya tak akan lagi terasa. Namun, alhasil batal karena saat itu gigi Saya benar-benar sakit banget


Dokter menjelaskan, jika mencabut gigi di saat gigi sedang sakit dikhawatirkan akan terjadi kontak bakteri yang lebih banyak lagi, sehingga dapat memperburuk kondisi infeksi yang terjadi usai pencabutan gigi yang sakit tersebut. Saya kemudian diberi obat untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, dan kembali lagi setelah gigi Saya benar-benar tidak terasa sakit untuk kemudian dicabut.


Sakit Gigi untuk dewasa


Penting banget untuk kita bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut, dan sebelum gigi kembali sakit dan berlubang tentu saja kita bisa mencegah sakit gigi sedini mungkin. Dan, teman-teman perlu tahu terlebih dulu apa saja penyebab yang dapat membuat gigi menjadi sakit, lalu setelahnya kita bisa mencari solusi untuk dapat mencegah sakit pada gigi. Sebab, dengan mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya, setidaknya kita bisa menghindari diri kita agar tidak mengalami hal demikian (Sakit Gigi).


Penyebab Sakit Gigi

Gigi berlubang sudah tentu dianggap menjadi penyebab sakit gigi, akan tetapi adanya gigi berlubang itu karena bisa terjadi karena beberapa hal berikut:

  • Kekurangan Kalsium. 

Kekurangan kalsium dapat berakibat tidak baik untuk gigi, sebab dapat menyebabkan gigi keropos yang dikarenakan tubuh tidak mendapat asupan kalsium yang cukup, sehingga tubuh akan mengambil cadangan kalsium pada gigi dan tulang. Untuk itu, penting banget buat kita untuk mengkonsumsi makan makanan berkalsium tinggi.


Berdasarkan yang Saya kutip dari alodokter, jika pada umumnya jumlah asupan kalsium yang disarankan untuk kelompok usia dewasa yakni 1000 mg per hari, sedangkan jumlah asupan kalsium yang disarankan untuk wanita di atas 50 tahun dan pria di atas 70 tahun yakni 1.200 mg per hari. Dan untuk anak-anak yang berusia 9-18 tahun, jumlah yang dianjurkan sebanyak 1.300 mg kalsium per hari.


  • Lubang Pada Gigi atau Karies Gigi.

Karies gigi merupakan kerusakan pada jaringan yang terjadi akibat tidak seimbangnya siklus remineralisasi dan demineralisasi, yang mana proses demineralisasi lebih sering terjadi sehingga menyebabkan terkikisnya lapisan enamel gigi, kemudian lapisan dentin di bawahnya rusak, sehingga akhirnya menyebabkan gigi berlubang.


Penyebab sakit gigi


  • Lepasnya Tambalan Gigi.

Ini pernah Saya alami, dimana gigi yang ditambal tersebut tambalannya copot, sehingga gigi yang tadinya berlubang kembali kemasukan sisa-sisa makanan dan membuat gigi kembali nyeri dan sangat sakit.


  • Plak Menumpuk Pada Gusi

Perlu kalian ketahui, jika plak yang dibiarkan menumpuk pada gusi ternyata dapat menyebabkan terjadinya radang gusi, dan perlu segera ditangani, sebab jika tidak bisa-bisa berujung pada radang gusi yang lebih parah bahkan dapat terjadi pembentukan abses pada gusi. Infeksi inilah yang kemudiam bisa menyebar dan akhirnya merusak jaringan pendukung gigi.


Mencegah Sakit Gigi


4 Cara Mencegah Sakit Gigi

Jika gigi kalian belum ada yang berlubang ataupun sakit, maka ada baiknya diperhatikan kesehatan gigi sedini mungkin. Namun, apabila terlajur berlubang dan sering sakit, maka teman-teman bisa melakukan 4 cara berikut untuk mencegah rasa sakit pada gigi, diantaranya:

  • Penuhi Kebutuhan Kalsium Harian.

Kalsium harian penting untuk dipenuhi dan tentunya bisa didapat dengan mengkonsumsi olahan susu seperti Yoghurt dan keju, selain itu terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, oatmeal, tongkol, salmon, ikan sarden dan masih banyak lainnya.


  • Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut.

Agar gigi tidak mengalami sakit dan berlubang, maka ada baiknya rutin cek kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali, agar plak dan karies pada gigi dapat ditangani sedini mungkin. Selain itu, sikatlah gigi pada pagi dan malam hari sebelum tidur secara rutin.


  • Kurangi Konsumsi Gula Tinggi dan Berlebih.

Perlu teman-teman ketahui, jika mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi bahkan berlebih tentunya tidak baik untuk kesehatan, selain dapat mengakibatkan diabetes dan beragam penyakit lainnya, ternyata juga dapat mempercepat pembusukan pada gigi.


Sakit Gigi makan gula


Nah, itulah beberapa informasi yang bisa Saya sampaikan mengenai penyebab dan cara mencegah sakit gigi. Semoga bermanfaat dan sehat selalu!


Ket: Semua image sumber dari pixabay

29 comments on "4 Penyebab Umum Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya"
  1. Gula nih aslinya nggak bagus memang ya kak baik buat tubuh maupun kesehatan gigi. Mungkin sudah saatnya aware sama kesehatan gigi dan mulut ya, karena sekali sakit gigi saja bisa kacau semua urusan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bagus kl berlebihan kak, kl dibatasi in Syaa Allah gak masalah

      Delete
  2. Pas banget kak aku juga lagi mengalami tambalan gigi yang lepas. Mana lagi pandemi begini, banyak dokter gigi yang tutup praktek. tadinya cuman bisa bolak-balik menjaga agar tidak ada makanan yang masuk ke dalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti nyeri banget ya, kupernah nyobain

      Delete
    2. Enggak nyari sih Kak karena Lo lubangnya belum kena ke saraf gigi.
      Tapi karena terbuka jadi takut lubang tambalan semakin besar.

      Delete
  3. PR bagiku: ngurangi minuman manis, masih suka ama es teh dll. Padahal buruk untuk gigi ya.
    Tapi kalau sudah sakit gigi ya bisa sampai gak bisa tidurr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan nggak bisa tidur aja pastinya, tapi jg gak enak banget mau kunyah makanan

      Delete
  4. Paling gak enak itu sakit gigi, mau ngapain aja gak enak. Makan gak nikmat. Badan meriang. Bawaannya emosi mulu.

    Setelah baca postingan di atas, jadi tau kalo jumlah asupan kalsium juga ikut berpengaruh. Terima kasih atas informasinya dan semoga kita semua diberi kesehatan dan dijauhkan dari yang namanya sakit gigi serta penyakit lainnya, aaamiiin

    ReplyDelete
  5. Duh, jadi ingat sama tambalan gigi yang copot, ke dokter gigi masih takut..kapok deh enggak merawat gigi dengan baik. Apalagi ngemil terus selama pandemi hiks. Beneran mesti dicegah deh sakit gigi ini

    ReplyDelete
  6. Selama hamil aku ngerasain banget gigi lebih ngilu atau sakit. Makanya asupan vitamin kalsiumnya ditambahin. Memang klo ada gigi berlubang itu yg bikin sakit banget. Terima kasih utk info pencegahannya, sangat bermanfaat 😊

    ReplyDelete
  7. Wah, saya baru tahu kalau konsumsi gula bisa mempercepat pembusukan pada gigi. Padahal saya suka banget makanan yang manis-manis. Berarti harus mulai dikurangi dari sekarang.

    ReplyDelete
  8. Xixixi.. baca ini sambil senyum-senyum. Soalnya bener banget nih mbaj, sekarang lagi sakit gigi karena emang bolong. Udah ditambal dan lepas. Mau ke dokter gigi rada was-was di kondisi saat ini.

    ReplyDelete
  9. Sakit gigi bisa disebabkan karena kurang menjaga kesehatan rongga mulut. Apalagi banyak makan gula atau tepung mungkin bisa jadi penyebabnya seperti yang dijelaskan di artikel atas. Saya juga sekarang mulai kurangi makanan gula tinggi.

    ReplyDelete
  10. Aduuuuh, saya setiap baca postingan tentang gigi jadi ngilu sendiri. Huhuhu. Saya nih banyak plaknya mba, tapi belum sempat-sempat juga bersihin ke dokter gigi. Mau total saja nanti semuanya bertahap. Terima kasih informasinya mba.

    ReplyDelete
  11. Aduh, anakku nih kak. sukanya makan gula. diperingatin nambeng ae. manis katanya. ya iyalah.kalau asin namanya garam. wkwkwk... gimana ngatasi anak yang doyan nyomot gula dan masukin ke mulutnya ya.binun saya

    ReplyDelete
  12. Kalau baca tentang sakit gigi, saya jadi inget ayah saya, dulu beliau bisa menyembuhkansakit gigi anak2nya hanya dengan doa doa khusus

    ReplyDelete
  13. Bener banget sakit gigi itu lebih sakit daripada patah hati wkwkwk aku pernah sakit gigi rasanya dunia jungkir balik ga bisa ngapa2in..sejak itu aku rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut ..duh engga lagi deh klo harus sakit gigi

    ReplyDelete
  14. emang ya sikat gigi sebelum tidur itu perlu sih, saya tuh tergolong paling rajin sikat gigi dibanding kakak saya. terbukti kaka saya bolak balik ke dokter gigi untuk tambal gigi, saya seumur2 cuma sekali aja ke dokter gigi buat nambal, biasanya cuma bersihin karang doang. makasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
  15. Duh ngilu membaca tulisn tentang gigi. Apalagi dulu masa kecil sering ngalamin itu yang namanya sakit gigi. Ampyuun gak mau lagi alamin begituan.

    ReplyDelete
  16. Ya Allah baca artikel mba Elva , aku jadi inget rujukanku ke dokter gigi yang belum aku datangi. Emang kalau sakit gigi paling ga nahan aku mbak

    ReplyDelete
  17. Kalau udah sakit gigi ampun, ga lagi-lagi dehh pernah pas puasa sakit gigi , beli obat di warung ehh malah tambah sakitnya. Idealnya sih selain sikat gigi harus rutin ke dokter gigi setia 6 bulan sekali ya biar karang gigi bersih juga.

    ReplyDelete
  18. Plak pada gigi ini yg masih menjadi peer kak..secara kopi sama teh nya ga bisa dikurangin.. hiks...

    ReplyDelete
  19. Gula selain gak bbaik buat gigi juga sebenarnya gak baik buat yang punya program nurunin berat badan. Jadi emang sebaiknya dikuraangin ehehhe

    ReplyDelete
  20. Lubang di gigi nih yg parah punyaku. Sakit gigi tuh emang ampun deh. Rasanya seluruh badan ikut sakit dan jadinya emosian

    ReplyDelete
  21. Kekurangan kalsium yg menyebabkan Gigi keropos dan akhirnya berlubang. Gigi brrlubang dan kemasukan makanan inilah yg membuat sakit dan bau mulut. Terima kasih kak infonya

    ReplyDelete
  22. Sakit gigi tuh termasuk penyakit yang bisa bikin uring-uringan, ya kak. Sakitnya ngga nahan. Tapi, ke dokternya selalu pas nunggu sakit hehe. Saat disuruh balik lagi kadang suka ketunda mulu. Huhu, udah waktunya banget nih buatku aware sama kesehatan mulut

    ReplyDelete
  23. sebelum dapat pengalaman perawatan syaraf aku suka miss bgt abis makanan manis ga gosok gigi dan cara gogsok gigi ku tuh ga bener huhu..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature