Blog berisi tentang serba serbi gaya hidup, kesehatan, review serta tips menulis FTV berdasarkan pengalaman penulis.

Resep Sukses Menggapai Mimpi

Friday, November 27, 2020
Tips meraih sukses


Siapa yang punya mimpi dan ingin mewujudkan impiannya? Mimpi adalah sesuatu yang abstrak namun bukan berarti kita tidak bisa meraih dan mewujudakannya. Pastinya diantara kita punya impian semasa kecil dulu, jika besar ingin menjadi apa, ada yang menjawab ingin menjadi guru, pilot, dokter dan keinginan lainnya. Setiap orang tentunya memiliki mimpi yang berbeda namun dengan tujuan yang sama, yakni ingin meraih sukses dan mewujudkan mimpi itu menjadi kenyataan. Mimpi yang kita miliki itulah yang akan memotivasi dan mendorong kita agar lebih mengoptimalkan kemampuan serta bakat yang dimiliki. Namun, dalam mewujudkan mimpi itu, sangatlah tidak disarankan melakukan cara yang instan, sebagaimana yang diulas oleh mbak Steffi dalam tulisannya  https://www.steffifauziah.com/2020/11/jangan-mau-sukses-dengan-cara-instan.html dengan begitu detail.


Dalam mewujudkan sebuah mimpi, tentunya seseorang akan melakukan planning sedini mungkin, agar mimpi tersebut dapat segera diwujudkan. Namun, terkadang masih ada yang bingung harus memulai dari mana agar mimpi itu bisa direalisasikan tanpa hambatan. Tapi, tanpa disadari ternyata yang jadi penghambat dalam meraih mimpi itu adalah diri kita sendiri.


Tips Menemukan Mimpi

Dalam menemukan mimpi, mulailah dari sesuatu yang disukai, sebab dengan begitu akan membuat kita tekun menjalaninya. Sebab semua mimpi dimulai dari dirimu sendiri dan dari apa yang kamu sukai atau apa yang menjadi hobimu. Misal kamu hobi memasak, bisa jadi mimpimu menjadi chef terkenal. Atau mungkin hobimu menulis, jika ditekuni bisa jadi kamu akan menjadi penulis terkenal.


  • Buatlah List Apa yang Menjadi Minatmu

Saat sedang bersantai, coba kamu tulis pada sebuah buku mengenai pekerjaan yang paling dinikmati saat mengerjakannya. Cobalah kamu tetapkan cita-cita yang kamu minati dan bisa membuatmu merasa bahagia, sebab jika memilih cita-cita sesuai minat maka kamu akan termotivasi dalam menggapai impian tersebut, dan membuatmu akan merasa happy dalam menjalaninya.


  • Gali Apa yang Diminati

Setelah sebelumnya kamu sudah membuat daftar list apa yang menjadi minatmu, selanjutnya kamu mulai fokus pada list yang telah dibuat. Dari daftar tersebut (Misal ada 7 poin penting minat yang kamu masukkan ke dalam list tadi), kamu cermati lagi apakah beberapa diantaranya bisa dikembangkan menjadi profesi yang layak untuk ditekuni. Dari daftar tersebut bisa menjadi panduanmu untuk kemudian menetapkan masa depan yang akan kamu wujudkan. Jika semisal satu diantara minat tersebut tidak berhasil, kamu masih punya cadangan minat lainnya yang bisa kamu gali.


Langkah-langkah Menggapai Mimpi


Cara meraih sukses


Menggapai mimpi tidaklah terlalu sulit, asal punya niat, kemauan dan kerja keras dalam menggapainya. Nah, dalam menggapai mimpi tersebut, tentunya ada yang bisa kita lakukan, agar mimpi tersebut bisa terwujud, diantaranya:

  • Pilih Mimpi yang Kamu Inginkan

Setelah sebelumnya kamu memiliki list minat, apa yang menjadi hobimu dan menggali minat tersebut, saatnya kamu pilih salah satu mimpi yang paling kamu inginkan. Fokus pada target. Ini bisa kamu mulai sejak duduk di bangku sekolah. Misal kamu ingin menjadi arsitek, mulailah dengan belajar menggambar, ambil jurusan yang sesuai dan baca buku tentang arsitektur serta seringlah hunting foto-foto bangunan dan gedung untuk mengenali beragam arsitektur suatu bangunan. Tapi ingat, sebelum menentukan pilihan, ada baiknya kamu membuat pertimbangan yang matang, tak boleh ragu.


  • Komitmen

Berkomitmen terhadap mimpi apa yang ingin diraih itu perlu, supaya kamu bisa sampai ke tujuanmu. Dengan berkomitmen berarti kamu berjanji untuk teguh dalam mencapai cita-citamu tersebut, meskipun akan ada risiko yang dihadapi namun membuat tekadmu tidak mundur. Komitmen akan menguatkan tekad di saat kamu mulai goyah, ataupun saat mulai mengalami kendala.


  • Tekun

Yakinlah jika kerja keras akan berbuah manis. Untuk itu diperlukan ketekunan dalam mengejar mimpi, karena dengan ketekunan ituah yang membuat seseorang tidak mudah menyerah.


  • Terus Belajar dan Lakukan Riset

Jika kamu ingin menjadi entrepreneur, maka kamu bisa belajar dari banyak pengusaha yang sukses dalam bidangnya, cari informasi dan ikutlah workshop yang diadakan oleh mereka, jika punya kesempatan untuk bertanya maka gunakanlah kesempatan bertanya tersebut. Kumpulkan informasi dan catat poin-poin penting yang mereka sampaikan ataupun informasi yang kamu dapatkan dari berbagai web. Lakukan riset kecil-kecilan terkait impian yang ingin kamu capai tersebut, baca banyak buku. Hasil riset yang telah terkumpul itulah kemudian bisa kamu gunakan sebagai pijakan dalam mengejar karir dan impianmu.


  • Terus Berlatih

Percaya atau tidak, jika berlatih merupakan salah satu cara mengasah minat dan bakat yang kita miliki. Jika malas dalam berlatih, bisa jadi minat dan bakat tersebut hanya akan sia-sia. Sebab, dengan banyak berlatih akan membuat kita lebih menguasai bakat dan minat tersebut.


  • Beraksi

Agar impianmu tidak hanya sebatas mimpi, maka yang harus dilakukan adalah melakukan aksi. Tak peduli sesibuk apapun dirimu, namun luangkanlah setidaknya satu jam sehari untuk melakukan tugas dan latihan yang bisa mendekatkanmu pada mimpimu. Meski rasa capek atau malas mendera, namun jangan biarkan diri kita menunda-nunda untuk latihan dan beraksi, sebab menunda dalam melakukan aksi hanya akan menjauhkan kita dari tujuan semula.


Tips Sederhana Meraih Sukses 


Rahasia sukses meraih mimpi


Dalam berproses menuju sukses, tentunya kita harus memiliki rencana. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam meraih kesuksesanmu

  • 1. Ulet, bertekad kuat dan gigih.
  • 2. Bekali diri dengan pendidikan dan teruslah belajar.
  • 3. Pertimbangkan segala sesuatunya dengan matang
  • 4. Maksimal dalam mengerjakan tugas
  • 5. Kelola waktu sebaik mungkin
  • 6. Berpikir positif
  • 7. Percaya pada kemampuan diri
  • 8. Selalu percaya akan ada solusi


Setiap menuju kesuksesan pastinya akan ada rintangan, namun jangan pernah menyerah pada keadaan, terus berusaha dan berdoa agar dapat meraih mimpi dan cita-cita yang diinginkan.


Image: pixabay & canva

33 comments on "Resep Sukses Menggapai Mimpi"
  1. Memang ada yang memulai sesuatu dari menggali apa yang disukai. Kalau saya memulai dari menuliskan mimpi, baru diturunkan menjadi target jangka panjang dan jangka pendek.

    ReplyDelete
  2. Betul sekali, setiap orang pasti punya mimpi sejak kecil. Bahkan waktu sekolah guru bahasa indonesia pernah mennayakan kami "apa mimpi kalian", ayo tuliskan di buku kalian, kemudian kami para siswa disuruh maju untuk membacakan deskripsi mimpi tersebut. Seru dan masih teringat sampai ssekarang.

    Wah mimpi jadi guru ternyata sudah terwujud nih...hehe, dan bisa jadi mimpi-mimpi itu muncul dan banyak sekali yang dijadikan seseorang ingin berkembang. UNtuk menggapai mimpi dalam kesuksesan usaha, biasanya saya olah sesuai passion dan skill yang saya miliki. Sebab, sepengalaman saya bekerja sesuai passion itu akan lebih cepat berkembang.

    ReplyDelete
  3. Mimpi yg nyata adalah mimpi yang diusahakan, bukan sekadar rencana kosong atau bualan saja. Mau sesederhana apapun mimpi, jika kita ikhtiar menggapainya suatu saat akan menjadi besar. Namun, mau seindah dan setinggi apapun mimpi, tapi kalo kita gak ada usaha menggapainya ya selamanya gak bakal bisa menjadi kenyataan. Jadi benar tuh poin terakhir Mba Elva, mimpi itu harus BERAKSI.

    ReplyDelete
  4. Kita semua memang mau sukses, cuma ga semua bisa meraihnya. Kl di refresh2 terus ttg tips2 meraih sukses, insyaAllah tertanam dan sukses bs kita raih. InsyaAllah
    Tq 🙏😀

    ReplyDelete
  5. Nulis mimpi itu saya banget. Ada kepuasan tersendiri setelah beberapa lama saya bisa mencoret beberapa impian karena sudah tercapai dan termotivasi untuk segera mewujudkan list lainnya ^^

    ReplyDelete
  6. Kemampuan riset itu memang diperlukan terus ya sepanjang masa. Bahkan yang termasuk industri kreatif itu sektor Research & Development ya

    ReplyDelete
  7. Betul setuju mbak masa depan ada pada orang yang berani mewujudkan mimpi karena disitulah tantangannya terlebih di era digital ini ya mbak

    ReplyDelete
  8. Betul banget resep suksesnya. Saya selalu percaya bahwa disiplin, ulet, percaya diri dan positif thinking ini merupakan kunci kesuksesan. Selain itu memang attitude penting, jujur, inovatif dan pastinya harus punya skill.

    ReplyDelete
  9. Banyak orang yang punya mimpi ya. Tapi banyak juga yang keteteran mewujudkannya. Nah, artikel ini bisa jadi panduan mewujudkannya. Tekun dan terus berlatih menjadi kunci...eh semua langkah di artikel ini jadi kunci ding. hehe...

    ReplyDelete
  10. konsisten dalam meraih mimpi dan juga konsisten untuk bisa melakukan hal yang kecil susun planning untuk masa depan

    ReplyDelete
  11. Betul mbak setiap orang harus punya mimpi dan itu harus diwujudkan serta diperjuangkan semangat ya mbak mengejar mimpi jangan menyerah

    ReplyDelete
  12. Seringkali orang tidak tahu bagaimana proses dan perjuangan yang dialami orang-orang menuju sukses. Dikiranya menjadi sukses itu mudah. Mereka hanya melihat ujungnya (hasilnya). Karena itu banyak kejadian pengin sukses tapi gagal di tengah jalan disebabkan oleh tidak memiliki 8 faktor itu.

    ReplyDelete
  13. Terima kasih banyak kak elva, saat ini saya sedang berusaha mewujudkan mimpi menjadi blogger nih, pas banget artikelnya kak elva nih jadi penyemangat terima kasiiiih

    ReplyDelete
  14. Menggapai mimpi sesuai kemampuan, kalau belum tercapai mimpinya harus bersabar dan selalu bersyukur , tetap semangat memperjuangkannya tapi jangan jadi stress dalam mengejar mimpinya.

    ReplyDelete
  15. poin nomor satu itu krusial banget. Banyak yang memiliki kemampuan namun kurang gigih. Salah satunya saya. Agak sulit bangkit dari kegagalan dan masih struggle buat melawan itu, makanya sekarang ini saya mencoba untuk selangkah demi selangkah, namun konsisten setiap harinya agar semakin dekat dengan apa yang ingin saya capai.

    ReplyDelete
  16. Semua berawal dari mimpi yang kadang orang bilang ga mungkin ya mb elva, makanya keyakinan itu penting. Sudah yakin usaha dan doa insyaAlloh pasti jalan selalu ada. Liku-liku harus dilalui juga setuju banget sama resep sukses menggapai mimpi dari mb elva nih.

    ReplyDelete
  17. Jujur aku sempat kecewa ketika gagal mewujudkan mimpi..tapi kemudia balik lagi aku sadar bahwa mimpi itu sah sah saja namun juga harus realistis ya.

    ReplyDelete
  18. Sukses menggapai mimpi kuncinya adalah bangun dari tidur dan beraksi. He he... Seringkali kali kalo saya menuliskan mimpi2 itu dalam sebuah buku agenda, dan berikutnya beraksi untuk mewujudkannya. Meskipun masih ada juga yg belum kesampaian

    ReplyDelete
  19. Meraih Mimpi dengan cara instan kayaknya itu cuma privilege bagi beberapa orang aja yang memang terlahir dalam keadaan berlebihan lebih harta atau kelebihan Bakat dan lain-lain.. kalau kita mah memang harus selalu konsisten kerja keras dan itu yang membuat hidup lebih hidup hehehe

    ReplyDelete
  20. Setiap orang yang normal pasti memiliki mimpi walaupun hanya sedikit. Banyak cara menuju Roma, tapi yang terpenting kita memulai satu langkah dari seribu langkah

    ReplyDelete
  21. Komitmen dan tekun ini yang kadang masih susah saya lakukan mbak. Ada aja hal yang membuat goyah, akhirnya slow lagi dalam upaya meraih mimpi. Kalau dapat suntikan semangat, baru deh giat lagi

    ReplyDelete
  22. Saya selalu mengingat ini kak Elva "tidak ada mimpi yang terlalu tinggi" bila kita konsisten mengejar mimpi tersebut.

    ReplyDelete
  23. Dream is amazing we can make dream come true if we are trying to make it true. Banyak orang takut bermimpi karena merasa apa yang diimpikan itu jauh dari kenyataan pada hak dengan bermimpi maka kita akan berusaha mewujudkan mimpi itu menjadi nyata

    ReplyDelete
  24. Aku pernah mbak, ada di titik yang sangat dekat dengan mimpi tapi tidak kuambil. Nyeselnya bahkan sampai bertahun-tahun kemudian. Sekarang lagi mau mengejar mimpi yang sama, semoga ada kesempatan bertemu lagi di titik itu, nggak bakal kulepasin dah. Semangat!

    ReplyDelete
  25. Komitmen dan ketekunan ini nih, dua hal yang sering disebut setiap pelatihan personal branding sampai hal lain. Karena emang mencangkup banyak profesi ya, kak

    ReplyDelete
  26. Meraih mimpi memang nggak mudah, benar-benar butuh ketekunan dan sikap pantang menyerah untuk meraihnya

    ReplyDelete
  27. Dari semua yang ditulis sama mba Elva tentang resep sukses menggapai mimpi ini benar adanya. Hampir semua yang ditulis saya praktekkan. Meski ada beberapa mimpi yang masih belum tercapai. Tapi tidak sedikit dari mimpi-mimpi saya berhasil saya capai dan wujudkan. Saya biasanya juga menulis di kertas lalu saya tempel di kamar, di beberapa spot yang sering saya lewati supaya saya semakin giat berusaha meraih mimpi itu.

    ReplyDelete
  28. Katanya kita kudu tau apa jalan yang akan kita tempuh untuk mencapai tujuan itu, supaya impian dapat tergapai. Dan di postingan ini terurai dengan lengkap. Keren mbak

    ReplyDelete
  29. Sekarang ada cara Tallent Mapping itu ya, untuk kita mengetahui sebaiknya ke arah mana kita melangkah, apa yang harus dilakukan untuk meraih mimpi. Gitu sih kurang lebih yang saya fahami.Makasih Mbak tipsnya.

    ReplyDelete
  30. setuju banget mba, emang awalnya tuh sulit ya. menggapai apa yang kita cita-citakan pasti ada aja cobaannya. tapi selama kita yakin kita bisa pasti akan ada jalan kok. makasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
  31. Menggapai mimpi kuncinya ulet, berdo'a dan yakin akan tercapai ya kak. Btw mimpi kak Elva apa? Aku sih ingin jadi blogger yang handal. hihihi

    ReplyDelete
  32. Semua orang punya mimpi tapi ga semua orang mampu menjadikan mimpi itu nyata, kepengennya kedepannya jadi istri yang berbakti

    ReplyDelete
  33. Dan mimpilah yang membuat kita mampu bertahan untuk terus melangkah hingga mencapainya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature