Tips Foto Keren Hanya Bermodal Smartphone

Tuesday, March 13, 2018
"Duh, kok tangan berasa kram ya?"
"Yaah ... baru beberapa kali foto-foto, baterainya udah lobet. Huf!"


Itulah dua gelintir pengalaman buruk yang pernah saya alami. Buruk kenapa? Karena saya tak bisa mengabadikan moment yang mungkin tak bisa diulang, duuh😥. Apalagi hobi saya yang suka foto-foto, saat asik-asiknya berfoto ria, nemu lokasi yang keren buat foto selfie, eh batrainya habis. Nasib ... nasib...!

Dua tahun lalu suami ajak beli handphone, tapi kok belum lama dipakai baterainya udah nggak kuat, tangan juga lebih cepat pegal padahal baru sebentar dipakai buat chattingan. Dan, terpaksa harus nyari HaPe lagi buat mendukung segala aktivitas saya yang hobi nge-vlog maupun nge-blog, bahkan foto-foto. Saat bingung nyari handphone yang cocok, eh ketemu solusinya, yakni Smartphone Advan G2.

Oiya, sebelum saya menjelaskan tentang apa saja yang membuat saya jadi jatuh hati pada Advan G2, saya mau berbagi tips agar bisa mendapatkan hasil foto keren hanya bermodal smartphone. Simak terus ya😉

Smartphone dan Perkembangan Zaman.
Tak dapat dipungkiri, jika seiring perkembangan zaman teknologi, beragam fitur unggulan kamera DSLR saat ini sudah dapat ditemukan pada kamera smartphone. Yang mana pemakaiannya juga lebih mudah karena bisa dibawa kemana-mana. Terlebih lagi menangkap momen menggunakan kamera smartphone kini bukan hanya menjadi sekadar hobi saja, melainkan sudah menjadi sebuah profesi. 

Suatu hari saya melihat instagram teman, ia menggunggah foto di timeline-nya. Hasil jepretannya bagus dan warnanya juga bersih. Ada berbagai foto hingga video yang diunggah, mulai dari kuliner, saat ia melakukan perjalanan liburan dan masih banyak lagi. Membuat saya berdecak kagum😍.

Penasaran? Ya dong penasaran. Soalnya saya salah satu yang sangat hobi foto-foto hingga mem-video segala aktivitas maupun hal yang saya anggap menarik. Dan, saya berharap moga suatu saat bisa belajar teknik mem-foto maupun mem-video yang dapat membuat hasil jepretan saya makin menarik. Dan alhamdulillah, tanggal 10 Maret 2018 baru-baru ini saya bisa ikut belajar teknik mem-foto yang dapat menghasilkan jepretan menarik hanya dengan modal Smartphone, dimana acara tersebut di selenggarakan oleh @kompakersdepok yang bertempat di Gedung Felfest IFC UI Depok.
Workshop Dasar Fotografi.
Dalam kegiatan workshop yang saya ikuti, ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan, diantaranya: kamera, lensa yang tepat, tripod dan aksesori, perlengkapan lighting (lampu, reflektor, blocker, difuser), serta properti foto.

Untuk mendapatkan hasil foto yang keren, hal yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan, dimana jam yang tepat untuk memotret yakni pada jam 08.00 hingga jam 10.00 dan pada jam 15.00 hingga jam 17.00. 
Pada kesempatannya, Titus O. Mainassy (pemateri workshop) memberikan trik:
1. Rule of Third.
Dimana aturan ini digunakan sebagai pondasi keseimbangan elemen foto.

2. Cahaya
Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, maka waktu yang tepat untuk memotret di jam 08.00 s/d 10.00 Dan jam 15.00 s/d 17.00.

3. Peka.
Dimana kita harus peka terhadap apa yang akan difoto, sebisa mungkin apa yang difoto tersebut memiliki makna.

4. Moment.
Setiap peristiwa takkan pernah kembali. Nah, disinilah peran potography, untuk mengabadikan momen yang mungkin takkan terulang.

5. Timing.
Dimana kita harus bisa menentukan waktu pada objek yang mau diambil.

6. Aplikasi.
Untuk aplikasi, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit foto, diantaranya: Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Snapseed, dan masih banyak lagi.

Keunggulan Smartphone Advan G2

Setiap smartphone memiliki keunggulannya masing-masing, namun keunggulan produk Advan produk lokal ini membuat saya berdecak kagum, yakni Advanced G2. Keunggulan tersebut diantaranya:

1. Hasil selfie bagus.
Siapa sih yang nggak suka selfie di jaman now? Pasti pada suka. Dengan Advanced G2 ini, hasil foto selfie yang akan kita dapatkan tentu saja lebih bagus, sebagaimana slogannya "selfie in detail".

2. Desain Elegan.
Meskipun Advan G2 ini produk lokal, namun desainnya tak kalah menarik dari produk Internasional.

3. Bobot enteng.
Siapa yang pernah alami tangan pegel megang/ mainan handphone? Saya pernah ☝😁. Apalagi saat meliput kegiatan acara komunitas dan chattingan, pegelnya bukan main. Nah, produk Advan G2 ini memiliki bobot yang ringan, sehingga tangan nggak perlu alami adegan pegel meskipun seharian chattingan.

4. Baterai tahan lama.
Ini sering banget saya alami, saat asik memotret, eh baterainya habis apalagi jika digunakan untuk mem-video. Terpaksa deh momen indah yang mau diabadikan terlewat begitu aja😐. Namun, dengan menggunakan Advan G2 ini, kita nggak perlu repot-repot bawa powerbank lagi, sebab baterai Advan G2 tahan lama.

5. Sinyal stabil.
Untuk masalah sinyal, teman-teman nggak perlu khawatir. Advan G2 ini sinyalnya stabil dimanapun kita berada.

Tidak hanya itu saja, kelebihan Advan G2 yang bikin saya semakin berdecak kagum, ternyata smartphone Advan G2 ini memiliki kelebihan lain yang bikin teman-teman nggak bakalan menyesal deh, diantaranya:
* Terdapat Fitur anti theft, dimana fitur ini dapat melacak hp jika terselip.

* Fade in: dimana kita dapat membuka HP hanya dengan deteksi wajah.

*Privacy system: dimana kita dapat menyimpan file rahasia. Pokoknya aman deeh!

Nah, buat teman-teman yang masih penasaran sama produk Advan G2 ini, teman-teman bisa cek di Instagramnya @AdvanIndonesia atau datang langsung ke gerai Advan ya.
Terima kasih komunitas KOMPAKERSDEPOK dan Mbak Ade atas undangannya. Selain dapat ilmu saya juga mendapat teman baru dan juga oleh-oleh.

Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature