Sinopsis FTV Penjual Roti Berjamur

Saturday, March 17, 2018

Hai temans, balik lagi nih saya mau kasih info mengenai langkah-langkah yang dilakukan saat akan membuat skenario, yakni membuat sinopsis. Mungkin diantara teman-teman sudah ada yang tahu bahkan pernah bikin sinopsis, ya kan ya kan?๐Ÿ˜„. Tapi, nggak ada salahnya dong saya bahas dikit mengenai apa itu sinopsis menurut 'pandangan' saya.
Jadi gini nih teman-teman, sinopsis itu bisa dikatakan garis besar dari cerita yang akan kita angkat. Tujuannya, agar cerita yang kita tulis tidak melebar kemana-mana. Ibarat kompas gitu๐Ÿ˜. Dan berikut adalah sinopsis saya saat bikin karya FTV untuk MNCTV.

Penjual Kue Berjamur

Premis
Hera merasa uang hasil berjualan kue keliling sangat kecil, apalagi di kota besar saingannya banyak. Tanpa sengaja di jalan ia bertemu Karisa, teman semasa sekolah. Karisa seorang pengusaha kue,  Hera merasa iri melihat kesuksesan temannya itu, lalu berencana meminjam uang untuk modal. Ingin mendapat untung besar, Hera kemudian mengolah kembali kue yang sudah berjamur. Hingga akhirnya Hera meninggal akibat termakan perbuatannya sendiri.

Potensi Konflik
  • Hera berjualan kue keliling. Namun hasil yang didapat tidak sebesar apa yang diharapkannya.
  • Pulang dari pasar, Hera bertemu Karisa, teman sekolah yang telah menjadi pengusaha kue yang sukses.
  • Hera meminjam modal pada Karisa, dengan memberi jaminan motor yang ia pinjam pada orang lain.
  • Tak ingin keluar banyak modal, Hera melakukan cara yang licik, dengan mengolah kembali kue yang berjamur.
  • Kian hari keuntungan kian banyak, Hera semakin bersemangat membeli kue yang sudah berjamur dan mendaur ulang kembali menjadi kue yang lezat.
  • Karena ketahuan dan ingin membuktikan bahwa kue yang dijual itu layak dimakan, Hera akhirnya melahap dengan rakus di depan warga.
  • Akibat kebanyakan memakan kue expired, Hera akhirnya meninggal.


Proses Penguburan

  • Tikar pembalut jenazah Hera tiba-tiba dipenuhi jamur.
  • Trio cangkul kelelahan, sudah tiga kali menggali kubur karena setiap digali makam ditumbuhi jamur jenis Laktarius.
  • Semua warga menganggap tragedy yang menimpa Hera merupakan teguran agar lebih hati-hati ketika membeli makanan dan tidak berbuat seperti Hera.

Setelah sinopsis selesai dibuat, maka tahap selanjutnya adalah membuat plot yang mana contohnya akan saya share edisi berikut ya, agar nggak bosan bacanya ๐Ÿ˜. 

Catatan: setiap stasiun FTV punya kriteria sinopsis yang berbeda-beda, tapi intinya tulis garis besar cerita yang akan kita sajikan. Sebab, setiap tulisan akan menemukan jodohnya masing-masing, eh kok malah bahas jodoh๐Ÿ˜‚

11 comments on "Sinopsis FTV Penjual Roti Berjamur"
  1. kak itu karyanya dikirim kemana? saya pengin ngirim tulisan saya

    ReplyDelete
  2. Hihii.. jadi begitu ya mba. Terima kasih ya sharingnya. Menarik sekali ya jadi bisa bikin skenario ala2.. semangat terus mba, siap menunggu postingan ttg plotnya. :-)

    ReplyDelete
  3. Mmhh kayaknya aku belum pernah nulis sinopsis, mba. Tapi pengen juga belajar khusus bikin sinopsis :)

    ReplyDelete
  4. Naaah ini dia nih contoh yg saya cari. Mau aaah di simpen.janga dihapus yaa.. buat bantuan saya. Ma kasih ilmunya mba elva ^_^

    ReplyDelete
  5. Keren banget mba Elva bikin skenario gini. Semoga nanti makin banyak pesanan skenario.

    ReplyDelete
  6. Ternyata menulis skenario tak sesulit yg saya bayangkan ya. Hampir mirip dengan membuat novel

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata menarik ya penulisan sinopsis seperti ini. Apalagi kalau digeluti dengan serius bisa menghasilkan juga ya mbak.

    Sukses terus ya mbak..

    ReplyDelete
  8. Saya juga punya cerita tapi gimana ya cara ngirimnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature