Domus, Rumah Instant Masa Kini

Wednesday, November 7, 2018

Tahun 2000, dimana merupakan tahun yang paling menyedihkan buat keluarga saya dan orang-orang di daerah kami, Bengkulu. Saat itu kami ditimpa musibah, sebuah gempa yang mendadak datang tanpa diundang, lalu memporak porandakan rumah, dan bangunan-bangunan lainnya. 

Saat itu saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), saat dimana saya dan teman-teman sedang menghadapi ujian sekolah. Saat gempa usai, rumah rata dimana-mana. Kami pun terpaksa membangun tenda pengungsian darurat di sepanjang jalan depan rumah. 

Apakah bantuan datang? Tentu saja iya. Sekantong makanan dan terpal menjadi hal yang sangat berharga. Meskipun tenda telah berdiri, namun kami tetap masih diselimuti rasa takut, takut kalau-kalau gempa datang lagi, lalu roboh menimpa kami. Sehingga, beberapa orang laki-laki dewasa sepakat untuk bergantian menjaga kami semua. Ibaratnya ronda malam. 

 Jika mengingat hal itu, saya jadi teringat dengan saudara kita di Palu yang baru-baru ini tertimpa musibah, yakni bencana gempa. Mereka dengan terpaksa mengungsi dengan peralatan dan tenda seadanya. Bahkan, masih diliputi rasa takut akan gempa susulan yang sewaktu-waktu bisa saja merusak tempat pengungsian. 

Dari peristiwa itu, tentunya mereka membutuhkan sesuatu yang kokoh dan dapat melindungi dari rasa kekhawatiran, yakni sebuah bangunan/ tempat tinggal yang layak huni. 


DOMUS, Rumah Permanen Instant Masa Kini.

Rumah permanen? Hmmm... Setiap orang tentu saja menginginkan rumah idaman yang permanen, namun tentu saja yang aman serta nyaman untuk ditempati, apalagi jika bangunan tersebut tahan atau anti gempa. "Emang ada?", mungkin diantara teman-teman ada yang bertanya-tanya seperti itu. Tentu saja ada, yakni DOMUS. 


Awal perkenalan saya dengan DOMUS saat saya bersama teman-teman menghadiri acara Pameran Kontruksi Indonesia di Jakarta International Expo (JiExpo) pada tanggal 31 Oktober 2018 lalu. 

Pagi, jam 09.00, semua tamu undangan telah turut hadir memadati kursi di tenda, dengan hikmat mengikuti acara demi acara hingga pada sesi Pak Jokowi memberikan pidatonya yang kemudian secara resmi membuka Eksibisi Kontruksi Indonesia 2018. Pada pembukaan pidatonya, Pak Jokowi menyapa seluruh tamu undangan serta turut menyapa seluruh penerima sertifikasi tenaga kerja kontruksi. 

Usai meresmikan pembukaan Eksibisi Kontruksi Indonesia, Pak Jokowi beranjak menuju Hall B untuk melihat secara langsung booth yang ada di dalamnya, alhamdulillah sebelum memasuki Hall, saya dapat menyapa dan menyalami Pak Jokowi secara langsung saat itu, meskipun tidak sempat foto bersama. 

Ada beberapa tamu saja yang dapat ikut Pak Jokowi masuk ke Hall B dan melihat Booth di dalam secara langsung, akan tetapi sekitar jam 11.00 barulah Hall dibuka untuk umum. Saya dan teman-teman pun langsung masuk Hall dan menuju Booth PT. Tatalogam Lestari, melewati Stand Domus yang menjadi salah satu pameran CONSTRUCTION INDONESIA (IC) yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR dan LPJK, yang menjadi ajang pameran untuk para arsitek, kontraktor dan konsultan. 

Salah satu inovasi terbaru dari PT Tatalogam Lestari adalah teknologi/sistem pembangunan rumah yang cepat, kuat, indah dan tahan gempa yang dinamakan DOMUS, DOMUS Membangun Rumah Hanya 5 Hari. 

DOMUS merupakan Rumah Permanen yang dibangun dengan sebuah sistem yang dikembangkan oleh PT. TataLogam Lestari, yang kemudian memungkinkan kita membangun rumah dengan cepat. Dan, tentu saja kuncinya terletak pada PERENCANAAN yang matang, MATERIAL yang tepat serta TEKNIK pengerjaan yang benar, efektif serta efisien. Teknologi Domus bisa diaplikasikan untuk bangunan rumah tinggal, pasar, ruko, pabrik dan gudang dll. Dengan komponen struktur dinding memakai kanal U dan rangka atap baja ringan, menjadikan DOMUS sebagai bangunan permanen yang kuat, indah, dan tahan gempa.

Teknologi DOMUS bukan hanya bisa diaplikasikan untuk bangunan permanen, teknologi ini ternyata sangat tepat diterapkan bagi hunian sementara (Huntara) bagi korban bencana alam. 

Beberapa keunggulan Domus diantaranya: 
*Kuat.
Rangka bangunan Domus ini selain kolomnya praktis juga rangka atapnya menggunakan baja ringan dari PT Tatalogam Lestari. Selain itu, kombinasi dinding bata ringan, genteng metal serta material berkualitas lainnya, sehingga menjadikan Domus sebagai bangunan permanen yang kuat dan tahan terhadap gempa. 
*Cepat.
Pada proses pengerjaannya, Domus telah melalui perencanaan matang. Selain itu, penentuan bahan, pengadaan material, tahap perakitan serta proses pemasangan, pembagian kerja tukang yang sesuai dengan keahliannya. Tentu saja semua dilakukan dengan manajemen waktu yang terukur dan sistematis serta telah terangkum dalam satu paket Siap Pasang.
*Hemat.
Selain hemat biaya bahan karena dapat meminimalisir bahan sisi yang terbuang, sistem Domus juga menghemat waktu. Hanya dengan empat orang tukang terlatih yang disebut METALMAN, proses penyiapan laham, perakitan, pembangunan hingga ke tahap finishing sebuah rumah tipe 21 dapat dibangun hanya dalam waktu lima hari saja.
*Indah.
Kualitas material, rasa tanggungjawab pada hasil pekerjaan, serta sentuhan artistik mereka padukan sehingga menghasilkan produk yang indah serta memuaskan konsumen. 

Dengan beberapa keunggulan tersebut, tentunya DOMUS layak menjadi pilihan bagi siapapun yang memerlukan rumah, baik itu di perkotaan, di daerah urban, perkebunan, pertambangan maupun pada daerah bencana.

DOMUS tersedia dalam 3 tipe standar : Tipe 21, Tipe 30, Tipe 36 dan Tipe 45, yang tentunya dapat disesuaikan dengan keinginan kita. 

DOMUS memiliki 3 Pilihan Paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, diantaranya:
1. Paket Rangka, yang meliputi: Rangka PRAKTIS, Rangka kuda-kuda TASO, Rangka plafond, Genteng metal Sakura MX, Cladding. 
2. Paket Putih, yang meliputi: Paket Rangka ditambah Bata Ringan, Roster Keramik, Kloset + kran, Jendela dan pintu, Penutup Plafond (gypsum 9 mm) Instalasi listrik dan air.
3. Paket Komplit, yang meliputi: Paket Putih ditambah Plesteran + aci ( bagian luar), Acian ( bagian dalam) serta Pengecatan. Catatan: tidak termasuk pondasi, septic tank, lampu dan biaya pengiriman. Selain itu, listrik, air dan lantai kerja disiapkan oleh owner. 

Sekilas Tentang PT Tatalogam Lestari.

Tatalogam Lestari merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang genteng metal dan baja ringan terbesar di Indonesia. Dimana hal tersebut dibuktikan dengan peraihan penghargaan oleh lembaga independen ReBi (Rekor Bisnis Indonesia). 

Di tahun 2016, Tatalogam Lestari meraih penghargaan OCI (Outstanding Corporate Innovator) dari badan independen di Amerika Serikat yaitu PDMA (Product Development Management Association) atas inovasinya dalam menyediakan produk-produk inovasi yang ramah terhadap lingkungan. 

Berdirinya PT. Tatalogam Lestari sebenarnya berawal dari sebuah mimpi, yakni untuk mengatapi seluruh Nusantara, dimana pendirinya berkeinginan untuk mengganti atap seng gelombang yang mudah berkarat pada tahun 1994. Tatalogam Lestari memiliki Paten genteng metal dengan Nomor ID0-000-116-S dan Paten untuk atap sirap Nomor 000332-S. Serta telah diakui oleh konsumen serta industri di Indonesia dengan mendapatkan ISO9001-2015, sertifikasi untuk Quality Management System sejak tahun 2003.

Bagaimana? Sudah siapkah memiliki rumah permanen instant by DOMUS? 
10 comments on "Domus, Rumah Instant Masa Kini"
  1. Canggih banget teknologi Domus :) Bukan hanya perencanaan yang matang ya tapi juga material yang tepat dan teknik pengerjaan yang benar, menjadi hal utama Domus. Pas sekali ini untuk membangun hunian sementara bagi para pengungsi saudara2 kita yang sedang tertimpa musibah tsunami dan gempa. Perusahaannya pun sudah memiliki hak paten dan mengantongi ISO. Maju terus Domus!

    ReplyDelete
  2. Asyik ya bangun rumah hanya 5 hari tapi dengan pondasi yang baik dan tahan gempa pula.

    ReplyDelete
  3. Mbak aku kepo bentuk rumah nya? Adakah fotonya?

    ReplyDelete
  4. Mba Elva, kebayang sedihnya ya kalau jadi korban gempa. Rumah hancur padahal mendirikan rumah itu nggak mudah. Andaikan tahu Domus sejak dulu ya mba. Ini info baru yang menurutku menarik sekali untuk diketahui

    ReplyDelete
  5. Cocok nih mbak Elva kalau rumah domus dibuat di Bengkulu.. kayaknya tahan gempa konstruksinya

    ReplyDelete
  6. Menarik nih. Dari dulu nyari artikel yang menulis tentang Domus.

    ReplyDelete
  7. Ini jadi tertarik sama teknologi Domus buat betulin atap rumah, dihitung ternyata lbih murah mba..

    ReplyDelete
  8. Nggak kebayang ya, sekarang bahkan rumahpun bisa dibangun secara instan.
    Keren euy idenya

    ReplyDelete
  9. Wah keren ya ada inovasi pembuatan rumah kayak Domus begini. Semoga makin banyak yang menggunakannya ya...

    ReplyDelete
  10. Wah keren inovasi Domus ini ya. Semoga ke depannya makin banyak juga bermunculan inovasi begini jadi korban2 gempa bisa terbantu dengan cepat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature