Mengkampanyekan Manfaat Buah Pear

Friday, November 30, 2018

Buah Pear? Pastinya nama buah yang sudah nggak asing di telinga kita. Bahkan buah ini sering kita temukan di penjual buah pinggir jalan maupun toko-toko buah besar sekalipun. Rasa khas "Kres" yang dirasakan saat menggigit kulit buah pear tentunya menjadi ciri khas tersendiri. 

Dulu, saya pikir, buah pear hanyalah buah biasa. Namun, ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsinya, terlebih jika rutin. 


Sekilas Sejarah Buah Pear 

Berdasarkan catatan sejarah tertua, ternyata buah pear atau lebih dikenal denga Pir ini dianggap sebagai buah ajaib yang digunakan untuk proses penyembuhan, yang mana khasiatnya ditemukan pada tablet Lempung di Sumer - Mesopotamia kuno. 

Homer menyebutkan jika dalam 10 SM lalu buah Pir dianggap sebagai "karunia keajaiban para dewa," dan menjadi salah satu dari buah-buahan yang hadir di Taman Alcinous. Selama berabad-abad lamanya, catatan sejarah telah mencatat kehadiran buah pir dalam sejarah monarki di seluruh Persia, Cina, dan Roma. Namun, ketika peradaban menyebar, ada sebanyak ribuan varietas buah pir muncul dan dibudidayakan di seluruh Eropa. 

Dari info yang saya dapatkan, ternyata buah Pear di Cina kuno dipercaya sebagai mewakili keabadian dan kemakmuran, itu dikarenakan pohon pear hidup untuk waktu yang lama. Namun, berbeda lagi di Korea, yang mana buah pear dianggap melambangkan rahmat dan kebangsawanan, sedangkan pohon pear merupakan sebuah simbol kenyamanan. Dan, dalam banyak legenda Korea, buah Pear dianggap dapat memberi kesuburan pada wanita. Ini jugalah yang membuat buah pir kemudian dipercaya khasiatnya yang juga dapat memberikan kebijaksanaan dan kesehatan. 

Lalu, bagaimana dengan di Indonesia?? 


Kampanye Sehat Makan Buah Pear

Adakah diantara kita yang belum tahu manfaat dari mengkonsumsi buah Pear? For Your Information! Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan menghadiri acara Pesta Supear 2018 di Restoran Cerita Rasa yang berlokasi di 
Jalan Ampera Raya 9, Kemang - Jakarta Selatan. Acara ini terselenggara dalam rangka merayakan World Pear Day 2018. 


Pada pemaparannya, Pak Kafi Kurnia menyampaikan jika tepatnya setahun yang lalu beliau telah meluncurkan sebuah gerakan kemasyarakatan “Sembutopia”, yang mana gerakan ini diadakan bertujuan untuk memotivasi serta menginspirasi masyarakat Indonesia agar dapat memberdayakan kemampuan diri sendiri untuk menyembuhkan diri masing-masing, tentunya dari segala macam gangguan, baik berupa masalah jiwa maupun raga. Selain itu, hal ini bertujuan agar gaya hidup lebih holistik dan berenerji. 

Buah Pear ini, dibalik kesegarannya terdapat berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan terlebih jika kita mengonsumsi secara rutin. Beberapa manfaat makan buah pear diantaranya:

  • Terdapat Kandungan Antioksidan. 

Seorang pakar kesehatan menyebutkan jika buah pear yang sudah matang sangatlah kaya akan kandungan antioksidannya, sebab dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, radikal bebas. Tidak hanya itu, pada sebuah penelitian yang dilakukan di University of Innsbruck, Austria, menyebutkan jika kandungan klorofil pada buah Pear yang matang ternyata mampu berubah menjadi antioksidan aktif yang sangat baik bagi tubuh kita.


  • Memperkuat Sistem Imun. 


Pakar kesehatan menyebutkan jika buah Pear sangat kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K. Dimana tingginya kandungan vitamin C tersebut akan sangat baik bagi sistem imun tubuh serta membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik.


  • Mengurangi Risiko Terkena Kanker.


Mengonsumsi satu buah Pear dapat memenuhi 8% asupan vitamin K harian yang akan menurunkan risiko terkena kanker hingga 45 persen lebih rendah.


  • Melancarkan Pencernaan. 


Satu buah Pear ternyata dapat mencapai 5 gram atau sekitar 20 persen kebutuhan harian serat tubuh kita, sehingga apabila dikonsumsi rutin tentunya dapat memperlancar saluran pencernaan. Selain itu, adanya serat ini juga akan membuat sistem imun tubuh menjadi lebih kuat serta membuat kita mampu menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab berbagai macam penyakit.


  • Menyehatkan Otak.


Dengan mengkonsumsi satu buah Pear berukuran sedang, ternyata tubuh kita bisa mendapatkan asupan copper (mineral minor) harian sebanyak 15 persen. Ada sebuah penelitian, yang dilakukan oleh University School of Medicine di Missouri, Amerika Serikat, menyebutkan jika kandungan copper ini bisa memperbaiki kekuatan sistem saraf dan membuat kinerja otak menjadi jauh lebih baik. 


  • Menurunkan Berat Badan. 


Nah, buat yang sedang program diet, ternyata khasiat buah Pear sangat bagus loh buat menurunkan berat badan.


  • Mengatasi Penyakit Kardiovaskular dan Kolesterol. 


Sebuah peninjauan dari 67 uji coba terkontrol terpisah, menemukan bahwa jika mengkonsumsi sekitar 10 gram buah Pear per hari dapat meningkatkan asupan serat dalam tubuh, selain itu juga dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol “jahat”) dan kolesterol total. 

Dan, tentunya masih banyak lagi manfaat dari mengkonsumsi buah Pear. Karena pertimbangan akan kesehatan itulah, sehingga Sembutopia akhirnya memprakarsai sebuah kampanye kreatif “SUPEAR”, sehingga pada setiap tanggal 1 Desember, dicanangkan menjadi hari buah Pir (Pear) sedunia. 


Yuk, kita mulai sehat dari diri sendiri dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan terutama buah Pir
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature