Darurat Membaca! Yuk, Ikut Gerakan 1 Bulan 1 Buku

Wednesday, January 8, 2020

Seperti yang telah diketahui, membaca merupakan kegiatan yang tidak semua orang menggemarinya. Bahkan di Indonesia pun, bisa dilihat di berbagai sosial media, banyak sekali bukti bahwa masyarakat kita kurang membaca sehingga sering kali menimbulkan salah persepsi.

Menurut Saya, membaca buku itu perlu dipaksakan sehingga dapat menumbuhkan kebiasaan membaca. Sebab, dengan membaca dapat membuka jendela dunia. Namun, yang menjadi pertanyaannya, bagaimana cara melakukannya? Berikut beberapa tips yang bisa teman-teman terapkan.


  • Cukup Membeli Satu Buku Setiap Satu Bulan
Agar Kita fokus menyelesaikan tantangan membaca satu bulan satu buku, maka ada baiknya cukup membeli satu buku saja dalam satu bulan dan memasang target bahwa harus bisa menyelesaikan membacanya dalam satu bulan. Sebab, membeli buku terlalu banyak dalam satu bulan hanya  akan membuat Kita bingung harus memulai dari mana. Sebagai permulaan, teman-teman bisa mencoba dengan genre buku yang disukai.



  • Ciptakan Suasana yang Tenang
Beberapa orang mungkin lebih nyaman dan senang apabila membaca di tempat yang lebih tenang, yang dapat memberikan efek pemahaman yang lebih baik. Untuk itu, apabila teman-teman termasuk tipe orang yang seperti itu, siapkan suasana yang tenang selama durasi membaca. Namun, apabila tidak terlalu menyukai kesunyian, Kita juga bisa menggunakan musik lembut untuk menemani sesi membaca.

  • Jadikan Rutinitas.
Agar terbiasa membaca, ada baiknya menjadikan kegiatan ini menjadi salah satu rutinitas penting. Luangkan waktu selama minimal 30 menit untuk membaca. Teman-teman bisa membuat pengingat untuk membaca di smartphone, selain itu juga bisa menyesuaikan waktu luang yang dimiliki untuk membaca, misal saat setelah makan malam, istirahat di kantor dan hari libur. Paling tidak, dalam satu hari Kita membaca satu halaman.

  • Matikan Semua Alat Elektronik
Nah, siapa nih yang masih terpengaruh dengan alat elektronik seperti Smartphone? Sayaaa 😁. Teman-teman yang tidak terbiasa membaca, tentu akan merasakan banyak sekali gangguan, misal seperti smartphone dan televisi. Untuk antisipasinya, maka ada baiknya matikan atau jauhi semua perangkat elektronik yang memiliki potensi untuk mengganggu kegiatan membaca tersebut.

  • Bawa Buku ke Mana Saja.
Mungkin hal ini akan sedikit memberatkan, namun inilah cara paling efektif sebagai pengingat untuk terus membaca buku. Atau teman-teman juga bisa membawa buku ketika akan berangkat kerja, saat mengantri membeli obat dan kemana saja, sehingga buku tadi bisa dibaca saat jam istirahat kerja ataupun sedang mengantri dan kegiatan lain sebagainya. Dengan cara ini, tentunya akan lebih sering membaca buku daripada mengecek sosial media.


Nah, itulah beberapa cara efektif untuk menyelesaikan tantangan satu bulan satu buku. Jika dibiasakan tentu saja membaca buku tidak akan terasa memberatkan. Justru sebaliknya, teman-teman akan merindukan buku bacaan. Selamat mencoba!!
3 comments on "Darurat Membaca! Yuk, Ikut Gerakan 1 Bulan 1 Buku "
  1. nah bawa uku kemana saja sudah saya jalankan lho mba hehe, dan bisa baca dimana dan kapan aja. jadi satu bulan satu buku bacaan mah bInsa Allah bisa yah mba hehe

    ReplyDelete
  2. Memang membaca banyak manfaatnya,selain mendapat pengetahuan baru, juga dapat melatih otak mengingat hal yang bermanfaat dari buku yang telah dibaca.

    ReplyDelete
  3. Saya juga suka baca, dan selalu menyempatkan baca. Tapi nggak selalu buku hehe, kadang baca berita di internet, atau di koran. Kadang baca blog teman-teman, kadang baca e-book, dan baca banyak tulisan lainnya :D

    Senangnya di-era digital seperti sekarang lebih mudah untuk kita mendapatkan bacaan, jadi lebih banyak pilihan. Meski menurut saya (setuju dengan mba), kalau buku masih tetap juaranya dan sebisa mungkin apabila ada waktunya, bisa diluangkan untuk membaca 1 judul setiap bulannya :3

    Semoga semakin banyak yang tergerak untuk membaca ya, mba :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature