Darurat Membaca! Yuk, Ikut Gerakan 1 Bulan 1 Buku

Wednesday, January 8, 2020

Seperti yang telah diketahui, membaca merupakan kegiatan yang tidak semua orang menggemarinya. Bahkan di Indonesia pun, bisa dilihat di berbagai sosial media, banyak sekali bukti bahwa masyarakat kita kurang membaca sehingga sering kali menimbulkan salah persepsi.

Menurut Saya, membaca buku itu perlu dipaksakan sehingga dapat menumbuhkan kebiasaan membaca. Sebab, dengan membaca dapat membuka jendela dunia. Namun, yang menjadi pertanyaannya, bagaimana cara melakukannya? Berikut beberapa tips yang bisa teman-teman terapkan.


  • Cukup Membeli Satu Buku Setiap Satu Bulan
Agar Kita fokus menyelesaikan tantangan membaca satu bulan satu buku, maka ada baiknya cukup membeli satu buku saja dalam satu bulan dan memasang target bahwa harus bisa menyelesaikan membacanya dalam satu bulan. Sebab, membeli buku terlalu banyak dalam satu bulan hanya  akan membuat Kita bingung harus memulai dari mana. Sebagai permulaan, teman-teman bisa mencoba dengan genre buku yang disukai.



  • Ciptakan Suasana yang Tenang
Beberapa orang mungkin lebih nyaman dan senang apabila membaca di tempat yang lebih tenang, yang dapat memberikan efek pemahaman yang lebih baik. Untuk itu, apabila teman-teman termasuk tipe orang yang seperti itu, siapkan suasana yang tenang selama durasi membaca. Namun, apabila tidak terlalu menyukai kesunyian, Kita juga bisa menggunakan musik lembut untuk menemani sesi membaca.

  • Jadikan Rutinitas.
Agar terbiasa membaca, ada baiknya menjadikan kegiatan ini menjadi salah satu rutinitas penting. Luangkan waktu selama minimal 30 menit untuk membaca. Teman-teman bisa membuat pengingat untuk membaca di smartphone, selain itu juga bisa menyesuaikan waktu luang yang dimiliki untuk membaca, misal saat setelah makan malam, istirahat di kantor dan hari libur. Paling tidak, dalam satu hari Kita membaca satu halaman.

  • Matikan Semua Alat Elektronik
Nah, siapa nih yang masih terpengaruh dengan alat elektronik seperti Smartphone? Sayaaa 😁. Teman-teman yang tidak terbiasa membaca, tentu akan merasakan banyak sekali gangguan, misal seperti smartphone dan televisi. Untuk antisipasinya, maka ada baiknya matikan atau jauhi semua perangkat elektronik yang memiliki potensi untuk mengganggu kegiatan membaca tersebut.

  • Bawa Buku ke Mana Saja.
Mungkin hal ini akan sedikit memberatkan, namun inilah cara paling efektif sebagai pengingat untuk terus membaca buku. Atau teman-teman juga bisa membawa buku ketika akan berangkat kerja, saat mengantri membeli obat dan kemana saja, sehingga buku tadi bisa dibaca saat jam istirahat kerja ataupun sedang mengantri dan kegiatan lain sebagainya. Dengan cara ini, tentunya akan lebih sering membaca buku daripada mengecek sosial media.


Nah, itulah beberapa cara efektif untuk menyelesaikan tantangan satu bulan satu buku. Jika dibiasakan tentu saja membaca buku tidak akan terasa memberatkan. Justru sebaliknya, teman-teman akan merindukan buku bacaan. Selamat mencoba!!
Post Comment
adhealbian said...

nah bawa uku kemana saja sudah saya jalankan lho mba hehe, dan bisa baca dimana dan kapan aja. jadi satu bulan satu buku bacaan mah bInsa Allah bisa yah mba hehe

shareentayoo456 said...

Memang membaca banyak manfaatnya,selain mendapat pengetahuan baru, juga dapat melatih otak mengingat hal yang bermanfaat dari buku yang telah dibaca.

CREAMENO said...

Saya juga suka baca, dan selalu menyempatkan baca. Tapi nggak selalu buku hehe, kadang baca berita di internet, atau di koran. Kadang baca blog teman-teman, kadang baca e-book, dan baca banyak tulisan lainnya :D

Senangnya di-era digital seperti sekarang lebih mudah untuk kita mendapatkan bacaan, jadi lebih banyak pilihan. Meski menurut saya (setuju dengan mba), kalau buku masih tetap juaranya dan sebisa mungkin apabila ada waktunya, bisa diluangkan untuk membaca 1 judul setiap bulannya :3

Semoga semakin banyak yang tergerak untuk membaca ya, mba :D

duniamasak said...

wah di tahun 2020 aku sudah membuat resolusi untuk lebih banyak membaca buku, semangattt ya teman-teman :D

Ifa Mutia said...

Saya suka sekali membaca. Saya juga sering membacakan buku untuk anak anak saya sejak mereka bayi. Mungkin karena kebiasaan ini, anak anak saya jadi ikut suka membaca. Anak saya yang pertama sampai susah berhenti kalau sedang membaca buku baru. Sedangkan si bungsu lebih suka dengan buku buku bergambar.
Gerakan satu hari satu buku ini saya rasa merupaka salah satu cara yang jitu untuk meningkatkan minat baca.

blogger parenting said...

Bagus sekali gerakan ini Mba .
Jadinya yang kayak aku yang suka gak tertib baca buku, bisa jadi pembaca yang baik karena mau ikut gerakan ini..

Keke Naima said...

Kadang0kadang saya masih suka bawa buku ke mana pun. Tetapi, kuantitas membaca saya mulai jauh berkurang. Pengen kayak dulu lagi. Semoga bisa!

Dee_Arif said...

Duh jadi malu, tahu nggak sih mbak..
Kecepatanku membeli buku baru nggak sebanding dgn kecepatanku membaca bukunya..
Alhasil di rumah masih banyak buku baru yg blm terjamah

Irena Faisal said...

Aku lagi menerapkan nih mbak, tapi masih harus atur waktunya untuk baca buku apalagi yang dibaca halamannya banyak dan topicnya berat hehehe

Jeanette Agatha said...

Aku jadi diingatkan tahun kemarin dikit banget buku yang dibaca. Jadi tahun ini harus banyak baca buku lagi :)

Emma Malika said...

Aku juga lagi menerapkan banyak baca buku sama anakku biar pintar dan banyak pengetahuan😊

Rach Alida Bahaweres said...

Mba, semangat membaca aku menurun nih. Kayaknya harus digiatkan lagi baca satu buku sebulan :)

Andiyani Achmad said...

aku mau pengakuan nih, ada banyak buku yang udah numpuk di rumah belum aku baca huhuhu maafkan...

Nia K. Haryanto said...

Huhu iya banget, kita ini seperti itu keadaannya. Darurat membaca. Internet bikin kita terlena. Menjadi jarang buka dan baca buku. Huhu... Kudu mulai baca buku lagi deh. :(

www.grandysofia.com said...

Huhu entah kenapa literasi aku makin lama menurun karena ga tuntas untuk bisa sebulan baca 1 buku mba. Padahal udah d niatin dari bulan Januari, ga goal juga dan termasuk ud mematikan barang elektronik

Dian Restu Agustina said...

Aku sudah jalankan Mbak..bahkan punya resolusi #satuminggusatubuku. Meski Januari lalu hanya bisa 3 buku, dibaca dan direview. Tapi lumayan...dan paling bisa baca saat nunggu anak saat jemput sekolah atau les aku.

Kartika said...

Ini tipsnya nampol banget, sepwrtinya setelah memiliki anak rasanya agak sulit buat ngantongin buku kemanapun, kecuali buku gambar dan buku tulis saja yang selalu dibekel kemanapun pergi sama anak ..

Antung apriana said...

Hihi kalau aku sekarang malah seringnya baca buku di hape mbak pakai aplikasi ipusnas. Lebih gampang jadinya kalau baca buku bisa dimana aja

Meli Engku said...

Aku orang yang jarang baca buku huhu, lebih seneng nonton daripada baca. Kalaipin baca, Lebih sering baca dr hp juga.

Qoty Intan Zulnida said...

Wah iya nih kayaknya emang kudu nerapin tips-tips ini supaya tetap bisa membaca minimal satu buku tiap bulan. karena selama ini seringkali baca bukunya gak selesai hiks

Ainhy Edelweiss said...

Penulis YOT udah pernah ketemu tuh kece banget orangnya dan inspiratif. Semoga nanti bisa ketemu lagi 😊 oiya baca tulisan mba seolah sebagai REMINDER buatku, soalnya udah lama gak baca buku rutin lagi

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature