Pentingnya Penuhi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari

Thursday, October 1, 2020


Pentingnya minum air putih

Hai hai hai ... sobat pembaca setia elvanasira, balik lagi nih dengan info yang nggak kalah menarik untuk kalian baca. Btw, sudah berapa gelas kalian minum air putih hari ini? Ingat, penting banget buat kita memenuhi kebutuhan akan air putih, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Apalagi kalau sedang sakit, kita juga mesti banyak minum air putih supaya cepat sehat kembali. Tapi, kalau tiba-tiba kalian masuk angin, pas banget nih buat baca ulasannya Kak Aisyahdian, mengenai Resep dan Manfaat Sekoteng yang ternyata nggak hanya buat pembangkit stamina tapi juga pencegah masuk angin.


Nah, balik lagi ke soal pemenuhan kebutuhan air putih buat tubuh. Perlu kalian ketahui, berdasarkan data dari kemenkes RI, jika kandungan air dalam tubuh manusia sekitar ⅔ atau sekitar 60% hingga 70% dari berat tubuh. Makanya, tubuh kita jangan sampai kekurangan konsumsi air, sebab jika itu terjadi bisa membuat dehidrasi (kekurangan cairan tubuh). 


Infused water


Untuk tahu apakah tubuh kita kekurangam cairan atau tidak, bisa dirasakan dari beberapa ciri berikut, diantaranya selalu merasa haus, urine berwarna lebih gelap, buang air kecil dengan jumlah dan intensitas yang jarang, kelelahan, kurang energi dan masih banyak lainnya.


Kebutuhan cairan setiap orang tentunya berbeda-beda,  pada orang dewasa konsumsi air putih yang disarankan sekitar 8 gelas ukuran 230 ml atau 2 liter per hari, sedangkan kebutuhan cairan per hari untuk anak menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sebagai berikut:

  • Untuk anak berusia 7-12 bulan 👉🏻 800 ml atau sekitar 2-3 gelas.
  • Untuk anak berusia 1-3 tahun 👉🏻 1,3 liter atau sekitar 4 gelas
  • Untuk anak berusia 4-8 tahun 👉🏻 1,7 liter atau sekitar 5 gelas
  • Untuk anak di atas usia 9 tahun 👉🏻 2,1 – 2,4 liter atau setara 8-10 gelas.


Kalian juga perlu tahu, jika syarat air minum yang baik untuk dikonsumsi diantaraya tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, tidak mengandung logam berat serta tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh. By the way, kalian pasti tahu donk, jika asupan cairan tidak hanya bisa kita peroleh dari minuman saja, akan tetapi ternyata makanan juga bisa memberikan asupan cairan untuk tubuh, yakni 20%, yang mana cairan dari makanan diperoleh dari buah dan sayur, seperti semangka yang mengandung 90% air.


Tips Agar Kebutuhan Air Minum Terpenuhi

Agar kebutuhan air minum kalian terpenuhi setiap harinya, tentu saja ada caranya, yakni:

* Sediakan selalu gelas atau botol berisi minuman di meja kamar.

* Biasakan minum air putih ketika makan

* Kalian bisa tampahkan irisan buah ke dalam minuman, seperti pada minuman infused water.


Pentingnya minum air putih cukup


Nah, itulah beberapa info yang bisa Saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat

19 comments on "Pentingnya Penuhi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari"
  1. Wajib banget untuk kita penuhi asupan air putih, agar tidak mengalami dehidrasi. Bahaya jg sih kl sampai dehidrasi

    ReplyDelete
  2. Memang penting banget kak kebutuhan air minum dicukupi. Saya pernah punya pengalaman tentang anak yang kurang konsumsi air minum. akibatnya dia terkena wasir kak. Sedih kalo inget itu..

    ReplyDelete
  3. Saya biasanya juga sering lupa minum air putih. Etapi saat ini sepertinya sering minum karena bentar-bentar haus. Surabaya puanas cuaca

    ReplyDelete
  4. Minum air putih itu kaya sesuatu yang mudah. Tapi, nyatanya saat praktek, sungguh emang ngga mudah ya, kak. Masih suka lupa juga aku. Terutama kalau ada di ruangan berAC

    ReplyDelete
  5. sudah jadi kebiasaan air minum dikamar selalu siap, apalagi kalau keja depan komputer yang membutuhkan waktu lama, air minum wajib hehehe

    ReplyDelete
  6. betul nih kak, saya pernah kena gejala sakit ginjal, punggung sakit, ternyata karena kurang minum. kalo kurang minum penyakitmnya macam-macam. harus banyak minum supaya sehat.

    ReplyDelete
  7. banget banget, tubuh itu penting sama air putih. dulu waktu masih kerja saya tuh jarang banget minum. minum cuma setengah gelas aja dari pagi sampai sore. alhasil kalo duduk suka sakit di bagian tulang ekor. eh ternyata karena kurang minum. abis itu dibiasain minum 8-9 gelas per hari. emang sih ke kamar mandi terus, tapi tulang ekor gak sakit lagi abis itu, hihi.

    ReplyDelete
  8. Aku kalau di rumah jarang sekali minum air putih kak, sekarang lagi coba rutin minum air putih hangat. Kadang kalau sedang banyak kerjaan malah lupa makan dan minum. Padah penting banget ya untuk penuhi kebutuhan dengan minum air putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mba benerr jangan lupa minum. Penting banget loh, kadang kita gak sadar sih. Dianggepnya aman-aman aja padahal mah bisa jadi penyakit hehe. Semoga semakin rajin minum air putih mba.

      Delete
  9. Iya kalau saya suka minum air yang dikasih perasan jeruk nipis atau tea atau apapun itu yang penting nggak hambar gitu kecuali air panas dan air es

    ReplyDelete
  10. wah terkadang kita lupa nih untuk minum air putih, aku dan anakku mengakalinya dengan sedia tumblr di rumah minimal sehari 3kali refill itu kayanya pas deh kebutuhan anakku yang 5 tahun.. tapi dicek lagi deh ukurannya berapa ml

    ReplyDelete
  11. Dulu saya pernah minum air putih hampit 6 liter sehari dan terbukti bisa nurunin berat badan. Tapi balik lagi harus disiplin

    ReplyDelete
  12. Dulu saya gak suka air putih, sekarang saya udah mulai lumayan suka, ketularan suami dan anak yg hobi minum air putih

    ReplyDelete
  13. Aku pernah diet air putih, atau istilah lainnya water fasting selama 3 hari lumayan turun 3 kilo. Air putih emang penting banget dan banyak manfaatnya ya kak

    ReplyDelete
  14. Kebetulan dari dulu saya suka dengan air mineral atau air putih bahkan kemana mana selalu bawa botol minumnya... apalagi sekarang sudah ditambah jadi pecinta kopi dan teh... harus sering2 minum air putih biar ginjalnya ga bermasalah..

    ReplyDelete
  15. Benar banget kebutuhan air minum anak disesuaikan dengan usianya.. duh kadang kita suka maksa minum anak, padahal gak mesti 8 gelas untuk anak dibawah 9 tahun ya

    ReplyDelete
  16. Aku bangun tidur sudah minum air satu gelas besar, efeknya terasa ringan di badan kak.

    ReplyDelete
  17. Dulu si kecil pernah kekurangan minum sampai terjadi konstipasi. akhirnya aku memberikan dia botol untuk minumnya sebagai penanda agar kebutuhan airnya tercukupi dalam sehari.

    ReplyDelete
  18. Salah satu PR saya adalah rajin minum air putih dan memberi anak sulung minum air putih. Kami berdua ini sangat malas kalau suruh minum.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature