Pentingnya Mencuci Tangan Pakai Sabun

Wednesday, October 7, 2020
Pentingnya cuci tangan pakai sabun


Cuci tangan pakai sabun, emang perlu? Pastinya perlu banget. Namun, meskipun cuci tangan itu perlu dalam menggunakan air kita juga mesti berhemat. Nah, buat kalian yang mau tahu cara hemat air, apalagi saat musim kemarau, bisa banget jalan-jalan ke blognya Kak Mashurin Bagus seorang blogger dari Jawa Timur, yang judul ulasannya mengenai 5 Cara Hemat Air Pada Musim Kemarau


Perlu teman-teman tahu, jika tangan kita tentunya banyak melakukan hal, seperti memegang hewan peliharaan, menyiapkan makanan, memberi makan anak, membersihkan kotoran dan aktivitas lainnya, yang jika tangan tidak dicuci maka dapat memindahkan kuman penyakit. Apalagi tangan kita selalu lembab dikarenakan tangan mengandung lemak, karena itulah kuman ataupun kotoran mudah menempel di tangan, dan kemudian akan berpindah ke benda maupun makanan yang kita pegang. Sebab, kuman penyakit sangat senang berada di tempat yang kotor. Itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk rajin cuci tangan, terutama pakai sabun. Apalagi selama pandemi seperti sekarang ini, kita mesti menjaga kebersihan terutama area tangan.


Baca juga: Pentingnya Penuhi Kebutuhan Air Putih


Cuci tangan sebelum makan


Mencuci tangan dengan sabun hendaklah dengan air mengalir, sebab dengan begitu dapat mencegah Infeksi saluran pernapasan atas hingga lebih dari 50%, mencegah penyakit diare, menurunkan 50% insiden Avian Influensa, hepatitis A, kulit, mata bahkan cacingan. Dalam mencuci tangan pun ada langkah-langkahnya dan tidak boleh asal-asalan agar kita benar-benar terhindar dari kuman penyakit. 


6 Langkah Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Kalau mencuci tangan, meskipun menggunakan sabun, kita tidak boleh sembarangan agar kuman yang menempel pada tangan benar-benar hilang, 6 langkah tersebut diantaranya:

  1. Basahi tangan, lalu gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan dengan lembut, dengan arah memutar.
  2. Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian.
  3. Lalu gosok pula sela-sela jari tangan hingga bersih.
  4. Kemudian bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
  6. Selanjutnya letakkan  ujung jari ke telapak tangan, kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih lalu keringkan.


Cuci tangan pakai sabun


Nah, bagaimana? Pastinya langkah-langkah tadi sangat mudah buat dipraktekkan sehari-hari ketika mencuci tangan. Selain itu, teman-teman juga perlu tahu, waktu penting untuk Mencuci tangan pakai sabun, diantaranya: Sebelum makan, sebelum menjamah makanan, setelah BAB ataupun habis dari toilet, sebelum menyusui hingga setelah beraktifitas. 


Itulah beberapa hal info menarik yang bisa Saya share kali ini, semoga bermanfaat dan teruslah jaga kebersihan. Sebab kebersihan sebagian dari iman.

Sumber pict: Pixabay

20 comments on "Pentingnya Mencuci Tangan Pakai Sabun"
  1. Sumber penyakit dari tangan yg kotor atau kuku yg kotor, makanya kita harus rajin cuci tangan, agar kuman gak masuk ke mulut. Termasuk virus Corona ya kak.. kita harus sering cuci tangan pake sabun agar terhindar dari virus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, soalnya semua aktivitas menggunakan tangan, jadi mesti rajin cuci tangan

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Ternyata cuci tangan gak bisa sembarangan ya kak..ada arah dan aturannya..hmm harus diperhatikan lagi nih cara cuci tangan saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak, krn mencuci tangan dgn benar itu penting agar kuman2 di tangan gak nempel lagi di tangan

      Delete
  4. Kehadiran pandemi ini ada hikmah yang paling terlihat ya, kak. Kesadaran masyarakat Indonesia untuk cuci tangan mulai tampak. Padahal sebelumnya, sampai ada gerakan cuci tangan hingga diadakan acara talkshow mengenai pentingnya cuci tangan. Tapi, belum terlihat perubahannya. Justru saat pandemi ini, kesadaran warga makin terlatih dan tampak. Semoga kebiasaan baik ini bisa terus dipraktekkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, aamiin. Semoga saja meski pandemi berlalu aktivitas mencuci tangan tetap dilakukan

      Delete
  5. membiasakan mencuci tangan memakai sabun memang harus ditanamkan sejak dini ya kak elva..biar anak2 biasa..jangan lupa sediain sabunnya yang terjangkau dan mudah dipakai biar ga nyari2 ehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, kl dah terbiasa dari kecil bakalan terus terbiasa sampai dewasa

      Delete
  6. yes memang penting banget tuh cuci tangan pakai sabun, karena itu salah satu kebiasaan baik untuk kita. biar terhindar dari penyakit yang berbahaya, cara simple banget padahal ya. makasih pengingatnya.

    ReplyDelete
  7. Memang penting cuci tangan pakai sabun ini ya kak, dulu ga terlalu diperhatikan caranya seperti apa. Sesuatu kebiasaan yang baik.

    ReplyDelete
  8. Baca ini auto keinget lagu anakku waktu PAUD dulu. ada 6 langkah dalam cuci tangan mulai dari depan sampai ke belakang sela-sela jari buku-buku jari kuku kuku jari jempol pergelangan.

    ReplyDelete
  9. Nice info kak, Cuci tangan pakai sabun memang lebih afdol ya kak. Terasa bersih dan kesetnya. Kebiasaan baru memang bentar bentar cuci tangan nih.

    ReplyDelete
  10. setuju paling penting memang di tangan pakai sabun supaya kuman benar beneran mati minimal sekian persen dibanding kalau kita cuci tangan cuma pakai air doang apalagi kalau habis keluar abis jalan-jalan nah cuci tangan pakai sabun itu wajib hukumnya baik sebelum covid atau sesudah covid berlalu

    ReplyDelete
  11. Setuju mbak, cuci tangan emang bisa mematikan virus karena sabun itu mengikat virus dan mematikannya

    ReplyDelete
  12. Ternyata cuci tangan ga asal cuci ajah, ada aturannya juga
    ini penting buat diterapin biar jadi kebiasaaan

    ReplyDelete
  13. Thank Mbak panduannya. Selama ini banyak yang ngasal aja ya cuci tangan.

    ReplyDelete
  14. Dan cuci tangan ini sudah menjadi kebisaan rutin selama pandemi semoga menjadi kebiasaan seterusnya

    ReplyDelete
  15. Kayaknya nanti pun udah gak pandemi, kebiasaan mencuci tangan pakai sabun gini kudu tetap diterapkan ya mbak Elva

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar yang dapat membangun tulisan saya.
Mohon maaf, komen yang mengandung link hidup tidak saya publish ya :)

Auto Post Signature